Alasan Pilih Blogger Untuk Platform Blog

Saya pertama kali bikin blog di multiply. Platform blog gratis yang pertama kali saya pakai. Sudah nyaman ngeblog bertahun-tahun, dapat kabar kalau multiply tutup. Panik banget. Sudah terlanjur banyak tulisan di sana plus ribuan mega foto.

Waktu itu, saya coba migrasi data dari multiply tapi gagal. Terpaksa siap-siap pindahan. Rencananya akan bikin bikin blog baru lalu semua postingan di blog lama dipindah secara manual ke blog baru. 

Mulailah cari info ke sesama teman multiply. Saya ingin cari 'rumah baru' yang gratis dan nyaman. Ada dua pilihan blogger atau wordpress. Saya sengaja bikin blog di dua platform tersebut. Buat membandingkan. Mana yang paling cocok di hati.

Saya utak-utik semua tool yang ada di dua platform tersebut. Saya coba berbagai layanan yang ditawarkan. Seminggu sebelum multiply resmi ditutup, saya putuskan untuk memakai blogger. Saya masih tetap pakai blogger sampai sekarang. Masih belum ingin pindah ke yang lain. Kenapa pilih blogger sebagai platform blog yang digunakan sampai sekarang?
 
1. Gratis
Ini alasan pertama dan yang utama. Saya dulu belum paham kalau blog bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Saya ngeblog hanya untuk senang-senang. Bahagia bisa kumpul dengan teman di komunitas blog. Saya punya prinsip hobi itu jangan sampai memakai banyak uang hasil kerja.

Biaya operasional blog ini tak banyak. Saya hanya beli domain, hosting tetap pakai blogger. Memang blog ini sudah menghasilkan uang tapi saya bertahan di sini. Bukan karena pelit tapi ada alasan tersendiri.

Saya ingin blog ini akan terus ada meski saya meninggal nanti. Anak cucu masih tetap bisa membaca blog ini. Doa saya selama ini semoga blogger masih tetap gratis selamanya. Kalau saya meninggal, domain akan diset kembali ke blogspot.com. Keluarga tak perlu lagi repot bayar domain. Saya sudah pesan ke beberapa orang tentang hal ini.

2. Mudah digunakan
Saya termasuk gaptek soal blog. Saya tak paham bahasa html. Saya juga tidak telaten kalau bikin blog dengan aneka widget yang rumit. Blogger sangat mudah digunakan untuk bloger setipe dengan saya.

Settiing layout blog sudah tersedia. Tinggal pindah letak saja dengan menggeser posisinya. Aneka widget gratis juga sudah ada. Tinggal tambahkan tanpa perlu download. Template banyak pilihan. Tinggal tambahkan saja. Sebenarnya bisa pakai templete dari luar fasilitas blogger. Tinggal copy paste di setting html. Saya pernah coba tenyata kok berantakan. Agar sesuai harus ngecek di setting html. Waduh saya jadi bingung. Akhirnya pakai templete bawaan dari blogger.

Kebetulan blogger ini kan 'satu saudara' dengan google. Untuk masalah koneksi blog dengan google analityc dan google console sangat mudah. Cukup satu klik langsung terkoneksi. Keduanya adalah senjata andalan untuk laporan performa blog ke Client atau agency. Kalau sampai tidak terkoneksi dengan baik pada blog, bahaya banget.  

3. Kapasitas penyimpanan data besar
Jika menggunakan platform gratis tidak enaknya kita akan mendapatkan jatah penyimpaan data blog. Kapasitas data yang didapatkan di blogger lumayan besar. meskipun digabung dengan data di email. 

Tak masalah. Ada jalan keluarnya agar jatah penyimpanan data tidak cepat habis. Saat menggunggah foto di blog ukurannya maksimal 100kb. Lebih sedikit tak apa. Asal jangan sampai menyentuh angka 150kb.

Selain itu juga harus rajin menghapus email dengan attachment data yang besar. Kalau memang file tersebut penting simpan saja di laptop. Fasilitas data di email bisa diminimalisir dan bisa dipergunakan untuk blog. Jika nanti data blog sudah semakin banyak, bisa berlangganan blogger premium. Sistemnya sama seperti menyewa hosting.

Mungkin bagi Anda alasan saya menggunakan blogger sepele. Bagi saya keputusan ini memerlukan pemikiran yang matang. Sampai sekarang, saya masih betah tinggal di blogger. Doa saya selama ini, semoga blogger memberi fasilitas platform gratis untuk selamanya. Sudah nyaman dan malas kalau harus pindahan blog. 

Komentar