5 Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa

Bulan Ramadan hanya 1 kali dalam setahun. Bulan istimewa dimana semua Ibadah dan segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Itulah kenapa saya mungkin terlihat ngoyo selama bulan Ramadan. Saya mikirnya, mungkinkah saya bisa bertemu dengan Ramadan tahun depan? 

Batas umur tak ada yang tahu. Saya juga tidak tahu kapan akan meninggal. Saya berpikir, mumpung masih bisa ketemu bulan Ramadan akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini hal-hal yang ingin saya lakukan saat bulan Ramadan:

1. Khatam Al Qur'an 
Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk khatam Al Qur'an di bulan Ramadan. Umat muslim hanya dianjurkan untuk lebih banyak membaca Al Qur'an. Sewaktu saya kecil ikut mengaji di Masjid setiap sore. Saat sudah bisa lancar baca Al Qur'an,  ikut baca Al Qur'an bersama setiap selesai tarawih. Satu malam 1 juz. Nah pas hari terakhir Ramadan selesai 30 juz. Rasanya bahagia sekali.

Sensasi bahagia itu yang selalu teringat dalam memori. Kalau Ramadan tidak khatam Qur'an rasanya ada yang kurang lengkap. Apalagi pahalanya kan dilipat gandakan. Rasanya sayang banget. Kan lumayan bisa ngumpulin banyak pahala. Siapa tahu setelah Ramadan saya meninggal.

Ternyata setelah menikah, bisa khatam Al Qur'an saat Ramadan harus penuh perjuangan. Apalagi buat yang tak punya asisten rumah tangga dan bekerja pula. Harus pinter-pinter curi waktu. Seringkali target 1 hari 1 juz tak terpenuhi. Biasanya 10 hari terakhir, saya ngebut khataman. Alhamdulillah Ramadan tahun ini sudah banyak yang berjualan takjil. Urusan buka puasa dan sahur bisa beli. Lumayan ada banyak waktu untuk baca Al Qur'an.

2. Qiyamul lail setiap hari
Ini target saya setiap Ramadan. Sekalian sebelum menyiapkan sahur. Terkadang kalau setelah sahur masih ada waktu lama sebelum subuh, ya sholat lagi. Lumayan dapat 2 rokaat.

Saya sering bablas tanpa qiyamul lail di luar bulan Ramadan. Jadi pas bulan Ramadan rasanya sayang banget kalau sampai kelewat. Bonusnya sahur tidak akan terlewat. Prosesi persiapan sahur tidak buru-buru. Padahal aslinya saya hanya tinggal manas-manasin masakan. Mulai hari pertama Ramadan saya belum masak sendiri sama sekali.

3. Sedekah sebanyak-banyaknya
Ada yang bilang sedekah jangan dilihat jumlahnya, yang penting ikhlas. Iya juga sih. Rasanya nggak mungkin kan kalau urusan jumlah ini tidak diperhitungkan. Misalnya punya uang lebih 1 juta. Buat sedekah seribu rupiah. Lainnya buat belanja foya-foya. Pakai dalih biar cuma sedekah 1000 rupiah yang penting kan ikhlas.

Ini sih pakai kata ikhlas untuk alasan. Aslinya pelit. Bulan Ramadan saat yang paling tepat menghambur-hamburkan uang untuk sedekah. Uang disedekahkan insyaa Allah akan kembali ke lagi berkali-kali lipat. Syaratnya cuma satu. Ikhlas. Mumpung bulan Ramadan sedekah harus diperbanyak baik kuantitas maupun kualitasnya.

4. Fokus Ibadah di 10 hari terakhir Ramadan
Saya ingin ikut suami I'tikaf selama 10 hari terakhir Ramadan. Suami biasanya pergi rombongan dengan teman-temannya. Selama pandemi, masjid tidak boleh mengadakan i'tikaf. Alhamdulillah pemerintah sudah mengijinkan i'tikaf tahun ini. Namun biasanya masjid selalu sesak. Lihat kondisi saja. kalau tidak memungkinkan untuk ikut suami i'tikaf, saya masih bisa beribadah di rumah.

Saya sudah ngebut enyelesaikan semua hutang pekerjaan sejak sebelum puasa. Targetnya, semua pekerjaan selesai sebelum masuk 10 hari terkhir ramadan. Biar bisa khatam Al Qur'an sebelum bulan puasa selesai. Bismillah. Semoga bisa.   

5. Sering kumpul dengan keluarga
Semua anggota keluarga jadi lebih sering berada di rumah saat bulan puasa. Saat buka puasa pun selalu berusaha di rumah. Biasanya pulang malam. Bahkan makan di luar rumah bersama teman atau kolega kerja sampai malam juga.

Ada banyak waktu untuk kumpul dengan keluarga. Mulai dari makan sahur bersama. buka puasa, sholat taraweh bersama di masjid. Bahkan juga dilanjut tilawah bersama. Paling seru saat menunggu buka puasa bersama.

Semakin sering berkumpul dengan keluarga saat bulan puasa ramadan tentu akan meingkatkan kualitas pertemuan. Semakin besar kesempatan untuk saling ngobrol dari hati ke hati. Hubungan dengan pasangan dan anak jadi semakin erat. 

Alhamdulillah sudah masuk 10 hari pertengahan puasa. Semoga ibadah kita semakin giat. Semoga semakin banyal amal ibadah di bulan ramadan ini. Semoga kita semua bisa menikmati ramadan hingga akhir nanti tanpa sia-sia. Aamiin yaa mujibassailin.

Komentar