Pilih Monetize Blog atau Santuy Blog

Sebagai seorang bloger, Anda termasuk penganut mazhab monetize blog atau santuy blog?

Saya pada mulanya penganut santuy blog. Begitu sudah merasakan gimana enaknya nulis blog lalu dibayar. Jadilah saya beralih jadi penganut monetize blog. Mohon maaf mana mungkin saya membiarkan duit lewat begitu saja. Ya harus ditangkap lah.

Masih bimbang mau pilih yang mana?
Baiklah saya ceritakan tentang perbedaan dan persamaannya. Bisa jadi bahan renungan sambil nunggu matahari terbit. Kalau mau mikir sampai lebaran datang, janganlah. Terlalu lama. Urusan cinta aja kalau mikir lama bisa diambil orang. Apalagi duit. Ditinggal meleng sebentar duit melayang. Sekarang ini jamannya sat set maszeeh. 

Perbedaan
Saya mulai dari perbedaan dulu ya. Kan yang beda ini justru yang sering nyelonong masuk kepikiran. Gampang juga terlihat di mata. 
  
Sebentar, monetize ini apa sih?
Secara bahasa artinya bisa dijadikan uang atau menghasilkan uang. Jadi monetize blog adalah blog yang bisa menghasilkan uang. Kalau santuy blog biasanya dibuat untuk menyalurkan hobi menulis pemiliknya. 

Bagaimana bisa blog menghasilkan uang?
Bisa saja kalau tulisan di blog menarik dan bermanfaat. Otomatis banyak pembaca yang akan berkunjung ke blog tersebut. 

1. SEO friendly
Apalagi kalau setiap tulisan di blog menggunakan rumus SEO. Ini jadi nilai plus. Tulisan di blog bisa banyak yang masuk ke daftar halaman pertama google search. Hal ini bisa bikin banyak client yang titip backlink di blog. Tentu saja client akan bayar. Saya pernah bahas tentang cara optimasi blog dengan SEO pada tulisan sebelumnya.

Bagi pemilik santuy blog tak perlu ribet mikir nulis pakai rumus SEO. Tulis saja apa yang ada di kepala. Pokoknya yang penting tulisan jadi dan ada pembaca yang berkunjung di blog.

2. Pasang Google AdSense
Salah satu sumber penghasilan blog dari Google Adsense. Ini bukan keharusan. Ada juga para pemilik monetize blog tidak pakai sama sekali. Mereka mengandalkan penghasilan dari content placement serta job menulis dari client atau agency.

Jika pilih santuy blog tak perlu mengkoneksikan blog dengan google adsense. Daripada ribet nanti harus menyambungkan blog dengan AdSense. Nunggu verifikasi dari google. Urusan menunggu surat pemberitahuan dari google ini yang bikin deg-degan. Kalau ada data atau setting blog yang tak sesuai harus diutak-utik lagi sampai terkoneksi dengan sempurna sesuai standar dari google.     

Persamaan
Ternyata perbedaan monetize blog dan santuy blog hanya ada 2. Bagaimana dengan persamaan keduanya?.

1. Konten menarik
Satu ini adalah syarat wajib bagi suatu blog. Konten harus menarik agar banyak pengunjung yang membaca blog kita. Bukan hanya monetize blog yang harus diisi dengan konten menarik. Pemilik santuy blog juga harus bikin tulisan yang menarik. Para pemilik blog tentu tak rela kalau blognya sepi pengunjung.

2. Sering research
Bagaimana caranya agar punya konten yang menarik?
Harus rajin research. Banyak membaca. Pemilik blog juga harus peka dengan trend dan kondisi terkini yang berlangsung di masyarakat luas. Tulisan yang menarik dan up to date akan lebih diminati para pembaca blog. Bukan hanya para monetizer blog, penganut santuy blog juga harus melakukan hal ini.

3. Rajin posting tulisan
Semua pemilik blog wajib melakukan hal ini. Tidak terkecuali. Tak peduli apakah penganut monetize atau santuy. Para pengunjung setia blog tentu akan kecewa, setiap singgah ke blog tapi tak ada tulisan yang baru. Mereka akan malas berkunjung ke blog lagi. Bahaya nih. Pengunjung loyal bisa kabur.

4. Promosi di Media Sosial
Promosi di media sosial adalah salah satu cara agar tulisan di blog banyak yang baca. Cara ini untuk memperluas pangsa pasar pembaca blog. Sama seperti menjual barang. Jual tulisan juga perlu pemasaran. Nanti kalau orang sudah tertarik dan jadi pelanggan loyal di blog, akan lebih mudah. 

5. Capek mikir dan ngetik
Namanya mikir itu capek. Ngetik ratusan kata juga capek. Blog dibikin monetize atau santuy ternyata sama-sama capek. Bedanya kalau monetize meski capek bisa dapat uang. Bisa pijat atau relaxing ngapain gitu pakai uang dari blog. Kalau ngeblog santuy dan ingin refreshing ya harus pakai duit hasil kerja lain. Rugikan? Wong ya sama capeknya.

Ternyata ada 5 persamaan ngeblog monetize atau santuy. Kalau saya sih milih monetize blog saja. Biar ada tambahan penghasilan. Hari gini cuan depan mata dibiarkan saja. Huaaa sayang banget.

Komentar