Soft Skill di Abad Digital

Selama pandemi aktivitas fisik dibatasi. Ini adalah hal baru bagi banyak orang. Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Orang dewasa yang sudah dalam fase kematangan emosi saja mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Apalagi anak-anak. Inilah yang tidak disadari banyak orang. Anak-anak adalah hidden victim pandemi Covid-19.

Anak-anak dipaksa harus berdiam diri di rumah. Sekolah daring. Tak boleh bermain di luar rumah. Anak-anak mengalami gejolak emosi. Muncul masalah pada anak seperti depresi, agresi, susah konsentrasi, emosional, serta berbagai masalah komunikasi dan sosialisasi.

Anak Kreatif

Beberapa waktu lalu saya mengikuti workshop yang diadakan Faber Castell. Menarik temanya, tentang soft skill yang diperlukan di abad digital. Jadi penasaran. Pembicara workshop adalah Kak Yohana Theresia, M.Psi. Psikolog anak dan keluarga dari Yayasan Heart of people.id.

Soft skill yang harus dimiliki oleh anak sebagai bekal hidup di abad digital adalah kreatif. Menjadi kreatif adalah jalan keluar untuk survive dalam kehidupan. Mengapa demikian?

Anak yang kreatif mempunyai beberapa keunggulan, antara lain:
1. Mampu memaknai masalah dengan cara yang unik. Bisa mempunyai sudut pandang yang berbeda dengan orang kebanyakan jika melihat suatu masalah.
2. Berani ambil resiko.
3. Menyajikan ide yang berbeda (Out of Box).
4. Tahan banting dalam menghadapi berbagai masalah.

Kriteria anak yang kreatif inilah yang nanti akan bisa membuat mereka bertahan dalam kehidupan kelak. Bukankah tidak semua anak kreatif? Ya memang. Tenang saja. Anak yang kreatif tidak terpengaruh dengan faktor keturunan. Anak yang tidak kreatif bisa dilatih menjadi anak kreatif. Berapapun usia anak tidak masalah. Tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan 'sisi' kreatif pada anak.

Ada beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan kreatifitas anak, antara lain:
1. Memberikan aneka ketrampilan yang mengasah kreatifitas pada anak. 
2. Mengajak anak untuk menghayal tentang tempat, peristiwa atau suatu kejadian. 
3. Mengajak anak bermain untuk merangkai, membangun atau membuat sesuatu. Misalnya lego dan sejenisnya.
4. Memperbanyak kegiatan yang berhubungan dengan seni. Menggambar atau mewarnai.

Creative Art Series

Anak-anak saat ini sudah masuk sekolah tapi masih belum normal sepenuhnya. Ada yang seminggu hanya 3 atau 4 hari. Ada juga yang sehari 2 - 3 jam sehari. Waktu anak-anak masih lebih banyak di rumah. Jika Kita merasa anak kurang kreatif tidak ada salahnya mulai dari sekarang. Tidak pernah ada kata terlambat untuk masalah pendidikan anak. Bikin apa ya enaknya yang bisa meningkatkan kreatifitas anak?

Pada workshop sesi ke 2 ada Mas Imam, art trainer dari Faber Castell mengeluarkan produk baru berupa Creative Art Series yang bisa digunakan semua usia. Para orang tua bisa juga 'bermain' dengan anak. Saya kebetulan mencoba paket Glow in Dark Clock. 

Paket ini berisi papan lingkaran untuk dasar jam dinding, mesin jam, cat arklirik, bubuk glow in dark, kuas, lem dan berbagai ornamen dari kertas linen hitam. Berbagai ornamen ini tinggal copot dari lembar kertas dan dipasang pada papan jam dinding jika selesai dicat nanti. 

Seru ternyata merakit paket jam ini. Ada 10 pilihan paket aktivitas yang seru lainnya, antara lain:
1. Basket Arcade.
2. Glow in Dark Clock
3. Colour Your Own Drawstring Bag
4. Fingger Printing Art Set
5. Stone Deco Art
6. Origami Fashion Design
7. Colour Your Own Tote Bag
8. Air Jet Sport Car
9. Make Your Own Kite
10. 3D Art Frame

Creative Art Series mempunyai banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh para Ibu, antara lain:
- Kegiatan baru di masa pandemi
- Melatih kemampuan motorik halus
- Mengasah kreatifitas
- Meningkatkan self esteem dan self confidence
- Meningkatkan kelekatan orang tua dan anak
- Media mengekspresikan emosi

Kalau ingin beli paket tersebut bisa ke IG @fabercastell_id. Bisa juga beli official store Faber Castell di tokopedia atau shopee. Harganya sekitar Rp 100.000. Cobain, yuk.

Komentar

  1. Creative art series sudah paling cocok nih produk2nya Faber Castell, anak2 saya sudah menggunakan beberapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesukaan anak-anak Nih Kak. Seru semua. Sampai bingung milih hehe

      Hapus
  2. widihh keren banget. creative art series bisa jadi kegiatan menyenangkan di rumah untuk anak2 ya mbak. Dewasa juga bisa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Bisa buat semua umur sebenarnya.

      Hapus
  3. Selama pandemi ini aku kadang seminggu atau dua kali ngikutin anak kelas art juga mbak, lumayan sih buat memupuk kreativitas anak gtu.
    Juga supaya anak gak kecanduan gadget soalnya sekolanya ada udah keseringan online2 gtu kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide yang bagus nih. Bisa ditiru. Sekolah online ini emang bikin anak jadi pegang gadget dalma waktu lama. Kadang kecolongan juga buka2 yang bukan pelajaran hehe.

      Hapus
  4. Ada di tokped atau shopee ya ini. Anak2 bisa ada kegiatan seru. Anak kreatif harus stimulus kayak gini2 nih 😍 keren faber castell udah jagoannya dari jaman dulu deh. Makin kreatif ajaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Kak. Tinggal klik kata shopee dan tokopedia di akhir artikel. Langsung ngelink ke official store Faber Castell

      Hapus
  5. Fibet Castell memanv dexuatu banget. Cucu bunda jd suka mewarnai karena dulu dapat hadiah dari Fabel Castell. Eee...mama n neneknya juga jd suka mewarnai hehe...Btw anak2 yg kreatif "biasanya emak2nya juga kreatif"
    ."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya gitu. Anak-anak ketularan habit dari orang tuanya. Jadi anak yang kreatif Deh hehe. Sehat dan bahagia selalu Bunda Sayang.

      Hapus
  6. Iya nih selama pandemi anakku suka uring-uringan soalnya udah kelamaan dan mungkin bosan belajar daring, solusinya aku cariin aktivitas yang bikin mereka senang dan lupa dengan rasa bosannya, beberapa creative art dari Faber Castell udah aku coba dan bikin mereka antusias, tapi kalau produk yang ini belum...next mau beli juga ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama masalahnya. Iya kali ya. Anak-anak udah bosan sekolah daring. Yuk Kak bisa dibeli. Banyak stock.

      Hapus
  7. Produk faber castell ini memang juara, anak saya yg sdh kuliah juga masih pake pensil warna dari faber castell utk ngerjain tugas kuliahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak. Aku juga masih setia pakai Faber Castell buat nggambar sampai sekarang.

      Hapus
  8. Melatih daya kreatif anak nih yang jadi tugas kita juga nih sebagai orangtua ya mba. Bagus banget ada makin banyak produknya Faber Castell ya mba. Ngebantu banget buat latih anak kreatif. Mau beliin juga buat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya e. Ternyata kita harus terus merangsang anak untuk kreatif. Yuk Mbak dicoba produknya.

      Hapus
  9. Kreatif ini juga salah satu ketrampilan abad 21 yang harus dikuasai oleh anak-anak.

    Menarik nih isinya Creative Art Series faber castell, jadi pengen beli juga buat anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik banget Kak. Banyak jenisnya dan seru semuanya.

      Hapus
  10. Aduh, kece banget creative art artnya. Jd pengen juga. Krn selama pandemi srg banget mati gaya di rumah ngajarin anak. Heu

    BalasHapus
  11. Nah, aku jadi tahu nih..kalau Faber Castell mengeluarkan Creative Art Series.
    Ini bisa berkreasi dengan bebas dari awal hingga akhir yaa.. Dan banyak manfaatnya. Bisa dijadikan pajangan juga, rekam jejak kreasi ananda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Anak-anak pasti bangga kalau karyanya dipajang. Banyak orang yang lihat.


      Hapus
  12. Senang bangeeet Faber Castell ini maju terus pantang mundur wow keren hiihiiii
    jadinya kreativitas tak pernah mandeg dengannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faber Castell andalan banget ya Mbak hehe.

      Hapus
  13. Sayang bngt kemarin gàk bisa ikutan acaranya klo kreativitas art gini pasti bikin anak2 seneng y mba . Bukan hanya anak2 bisa jadi ajang bljara bersama juga

    BalasHapus
  14. soft skill emang penting mak bekal gitu buat banyak hal di kemudian hari :")

    seru ya sama faber castle jadi bikin jam yang bisa nyala kalau malam hari

    BalasHapus
  15. Harganya terjangkau itu 100ribu-an udah dapat sepaket alat untuk mengasah kreativitas serta membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

    BalasHapus
  16. mainan faber castell ini edukatif banget yah, anak aku juga suka dan mereka itu awet menyimpannya, sebab ada kotaknya juga, terima kasih faber castell atas inovasinya

    BalasHapus
  17. KApan hari ada yang share kegiatan ini juga, auto langsung pingin bikin. Eh ternyata ini dijual ya, pingin beli buat me time bareng si kecil

    BalasHapus
  18. Mesti Cari skill yg lain di zona nyaman ya mba.. gàk Salah nih. Kita sbg ibu rumah tangga mencoba mngembangkn skill yg ada..

    Faber castell bukan hanya mewarnai ternyata Ada permainan edukasi nya juga

    BalasHapus
  19. Anak kreatif tu memang perlu dilatih, karena kreatifitas memang diperlukan buat kehidupan kalau sewaktu2 ada masalah ya, mereka bisa memikirkan berbagai problem solving

    BalasHapus
  20. Seru-seru ya paket faber castell creative art... Pengen koleksi semuanya deh, buat kegiatan di rumah, supaya anak menjadi lebih kreatif...

    BalasHapus
  21. keren banget ini kreasi bersama faber castell dan bikin anak happy walau banyak di rumah aja

    BalasHapus
  22. Aku jadi pengen deh punya koleksi dari faber castell. Dulu sih anak-anak pakai pensil warnanya Faber Castell, spidol juga dan top deh, rekomend

    BalasHapus
  23. Kalo produk faber castell emang bagus2 yah kak aq juga ada dirumah

    BalasHapus
  24. soft skill ini memang penting banget ya diasah karena kemampuan hardskill aja sekarang nggak cukup dalam menentukan kesuksesan seseorang

    BalasHapus
  25. Alternatif kegiatan anak di luar gadget ini.maksij

    BalasHapus

Posting Komentar