Selasa, 26 November 2019

Cara Gambar dengan Faber Castell Soft Pastell Art

Soft Pastell Art Starter Kit

Baru buka WAG eh ada pesan dari salah satu anggota, "Ada yang mau ikut workshop menggambar sama Faber Castell?"

Tentu saja saya ngacung pertama kali. Saya selama ini hanya bisa mewarnai. Kalau untuk menggambar nol besar. Kapan lagi bisa mengambar diajari sama para master Faber Castell.

Tanggal 24 november 2019 siang saya sudah datang di gedung art center Faber Castell Surabaya. Worshop diadakan di studio lantai 4. Studio ini memang khusus untuk tempat worshop. Kebetulan saya datang 30 menit lebih awal, masih banyak waktu. Saya memilih naik ke Galery di lantai 5.

Puas-puasin dulu mata melihat berbagai lukisan cantik. Ada beberapa koleksi baru dari terakhir kali saya ke sini. Saya baru beranjak ketika ada pengumuman kalau workshop akan segera dimulai. Begitu saya masuk ke ruang workshop ternyata sudah banyak peserta yang hadir.

Sebelum workshop dimulai kita dibagikan sebuah kotak plastik transparant. tertera tulisan Soft Pastell Art Starter Kit. Di dalam kotak ini berisi satu set soft pastel 24 warna, eraser pensil dengan kuas, kneadable eraser, eraser combi dengan refill, stencil, kertas gambar khusus 8 lembar ukuran 15x15 cm dan 5,7 x 15 cm.

Produk Faber Castell untuk anak, dewasa dan seniman profesional

Kemasan soft pastel ini berwarna putih dengan nuansa biru, Loh kok pensil warnanya bukan kemasan warna merah seperti biasanya. Ternyata oh ternyata. Faber castell ini mempunyai produk pensil warna untuk semua umur. Dari mulai anak-anak hingga dewasa.

Isi Soft Pastell Art Starter Kit

Pensil warna dengan kemasan merah khusus untuk anak-anak. Kalau untuk dewasa menggunakan pensil warna kemasan biru dan hijau. Kemasan hijau ini khusus untuk seniman profesional. Ya ampun, padahal selama ini saya selalu pakai pensil warna kemasan merah. Harus segera kembali ke jalan yang benar nih.

Memang berbeda untuk pensil warna kemasan merah, biru atau hijau? Tentu saja berbeda. saya akan membandingkan untuk yang kemasan merah dan biru saja ya. Sebanding soalnya. Sama-sama untuk pengguna awam bukan seniman gambar profesional.

Pensil warna kemasan merah memang ditujukan untuk anak-anak sebagai sarana bermain dan pembelajaran. Kalau pensil warna biru ditujukan untuk dewasa yang memang sudah taraf serius mengambar dan mewarnai. Namun masih belum dalam tahap seniman profesional.

Kualitas pensil warnanya tentu berbeda. Pencil warna kemasan biru lebih pekat dan tajam warnanya. Hal mini karena pigmen warnanya lebih banyak. Selain itu juga mempunyai ketahanan terhadap cahaya (lightfastness) yang lebih tinggi. Gambar yang dihasilkan kalau dipajang akan bertahan sekitar 1 tahun, baru luntur warnanya.

Pensil warna kemasan merah menggunakan standar Faber Castel yaitu 2,5 - 2,8 mm. Sedangkan pencil warna kemasan biru isi pensilnya lebih besar yaitu 3,3 mm. Isi pensil yang besar membuat pensil lebih kuat dan tidak mudah patah.

hasil gambar selama workshop

Bagaimana dengan pensil warna kemasan hijau. Ini adalah produk premium Faber Castell. Bahan baku dengan kualitas no 1. Proses pembutannya diawasi dengan cermat agar kualitasnya sesuai standar seniman profesional internasional. Khusus untuk produk kemasan hijau ini hanya diproduksi pabrik pusat Faber Castell Jerman.

Produk Faber Castell Premium untuk seniman profesional ini Secural Bonding proses (SV). warna sama dari pangkal sampai ujung. Leadnya lembut dan menyatu pada kertas. Tidak mudah patah karena isi pensilnya lebih besar lagi yaitu 3,8 - 4,5 mm. Nyaman digunakan dan aman untuk pergelangan tangan bila digunakan dalam jangka waktu lama. Lukisan dengan menggunakan produk ini bisa bertahan selama 10 tahun tidak akan luntur.

Soft Pastell Art Starter Kit

Kembali ke workshop. Pengajar workshop kali ini adalah Kak Doni yang dibantu oleh Kak Budi. Sesuai dengan tema, kami akan diajari mengambar dengan menggunakan soft pastell Faber Castell. Bentuknya bukan seperti pensil warna batang kayu. Lebih menyerupai crayon, bentuknya segi empat. Namun bahannya sangat lembut.

Seni gambar dengan soft pastell sedang trend di Singapura dan Jepang saat ini. Bukan sekedar menggambar namun dijadikan sebagai salah satu cara stress healing. Siapa saja bisa menggambar dengan menggunakan soft pastell. Bahkan orang yang tidak bisa menggambar sama sekali bisa menggambar akhirnya.

Caranya mudah. Ambil warna yang Anda inginkan. Usahakan warna dengan jenis yang gelap dan terang untuk membuat efek gradasi. Bisa satu warna atau campuran dua warna. Lalu kerik soft pastel. di kertas lain. Bia juga langsung di kertas gambar. Soft pastell bisa dikerik dengan menggunakan catter, penggaris kaku atau apa saja. Kalau saya menggunakan pinggir stensil yang ada di dalam soft pastell art stater kit.

Oleskan di kertas butiran halus soft pastell hasil pengerikkan dengan menggunakan jari tangan atau cotton bud. Perlahan saja. Bebas mau dibuat bentuk apapun. Oleskan warna demi warna sesuka Anda. Kalau masih belum bisa bikin aneka bentuk benda bisa menggunakan bantuan stensil.

Bagaimana kalau nggak sreg dengan bentuk atau perpaduan warna? Tenang. Dalam soft pastell art stater kit kan sudah dilengkapi penghapus. Ada 3 macam penghapus yaitu berbentuk pensil, combi dan kneadable eraser. Penghabus combi ini bisa diulir keluar masuk. Bisa juga diraut agar bentuknya sesuai dengan yang kita inginkan. Kalau kneadable eraser bentuk dan teksturnya seperti mainan malam atau pledo.

Selain sebagai penghapus gambar atau warna yang kita buat, ternyata bisa untuk alat bantu gambar. Kneadable eraser bisa untuk menggambar awan. Bisa juga untuk memberi efek sapuan tipis pada gurun pasir yang terkena angin. Contoh cara membuat gambar bisa dilihat pada video yang ada di YouTube Faber Castell berikut ini.


      

Mudah kan? Saya dan sebagian besar peserta workshop termasuk kategori tidak bisa menggambar. Eh ternyata bisa menggambar. Sampai di rumah pun, jadi kecanduan pengen menggambar terus pakai Soft Pastell Faber Castell.

Eh iya Soft Pastell Art Starter Kit merupakan produk baru dari Faber Castell. Produk ini juga baru saja dipasarkan untuk wilayah Surabaya. Kalau yang ingin beli bisa mendapatkan produk ini di toko alat tulis atau di toko perlatan gambar yang terdekat dari tempat tinggal Anda.



Foto: koleksi pribadi
Video : koleksi Faber Castell Indonesia channel di YouTube.



33 komentar:

  1. Faber castell memang udah produk andalanku sejak kecil, soalnya hasil dari warna nya itu bagus banget dan sesuai dengan warna yang ada... Kadang kan kalo beli yang sembarangan itu kusam dan kasar dan membuat kertas jadi rusak gitu.. Jadiii kalau beli beli ke faber castell aja, produknya faber castell emang guuut lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku juga pakai Faber Castell sejak dahulu kala. Masih setia sampai sekarang.

      Hapus
  2. Anakku hobi menggambar manga
    dan dia fanatik banget dgn aneka produk Faber Castell.
    Moga2 next time anakku bisa ikutan workshop di mari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaa Allah hebat Kakak. Semoga nanti ada workshop tentang manga ya mbak.

      Hapus
  3. Anakku suka produknya Fabel Castell. Aku juga suka sih. Pilihan warnanya dan aplikasi pada karya jadi lebih maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ah sebagai sesama penyuka Faber Castell.

      Hapus
  4. Wah cara gambar yang menarik ini, beda dengan menggambar biasanya ya. Hasil gambarnya terlihat bagus2. Jadi pengin beli soft pastell faber castell ini buat hadiah ultah keponakanku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Seru gambar pakai soft pastell.

      Hapus
  5. Suka sih mewarnai dengan pastel Faber Castell. Hasil warnanya terlihat bagus. Sekarang malah inovasinya lebih keren lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku juga suka banget mewarnai pakai Faber Castell.

      Hapus
  6. Wah, aku jadi pengen menggambar juga, zaman dulu gambarnya gak pake Faber Castell tapi pakai spidol atau cat waran, hahaha. Lalu ketika cat warnaku terlalu encer, dibilang guruku pelit. padahal itu karena aku gak tahu cara pakenya atau proporsi antar cat dan air, huhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun pengalaman menggambar jaman sekolah seru juga. Ayo Kak menggambar lagi.

      Hapus
  7. Mupeng sangat sejak pertama liat produk ini. Tapi rupanya anak2 masih enggan gosok2 pake tangan. Aku jadi ga bisa modus minta dibeliin sama Suami hahahha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pepet terus suami mbak. Biar tetep dibeliin meski anak-anak nggak suka hehe.

      Hapus
  8. anaku lagi seneng menggambar nih. kayaknya kudu ikutan ws gambar bareng faber castel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada lagi workshop Soft Pastel buat anak-anak.

      Hapus
  9. Anakku ketagihan waktu soft pastelnya udah sampai di rumah nih, untungnya aku beli buku gambar khususnya jadi masih bisa lanjut gambar setelah kertas bawaannya habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ya mbak Soft Pastel ini bikin ketagihan menggambar.

      Hapus
  10. Faber castle sudah ada sejak jaman dulu ya mbak. Tapi aku baru lihat nih di youtubenya yang soft pastelnya. Keren bangeet ya. Kayaknya kalau lihat mudah banget menggambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mudah banget menggambar pakai soft Pastell. Cobain deh, Mbak.

      Hapus
  11. Anakku yang sulung suka menggambar, dia punya beberapa produk Faber Castell. Tahu ini pasti tergoda minta beli nih..
    Dan aku baru ngerti kalau dibedakan warna kemasan untuk usia. Jadi pengin beli yang untuk dewasa. Karena mewarnai dan mennggambar bisa jadi salah satu terapi diri, apalagi kalau pakai Faber Castell Soft Pastel Art ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tahu mbak kalau ada produk khusus untuk dewasa.

      Beliin mbak. Bisa dipakai untuk semua keluarga juga mesti sebenarnya ditujukan untuk dewasa.

      Hapus
  12. Faber castel ini masih jadi juara ya. Soft pastel artnya kok jadi bagua banget gitu mbkk...mupeng bangwt pingin beli, pingin nggambar sama anakku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliin mbak. Mumoung baru release nih. Masih banyak promo.

      Hapus
  13. Faber Castell kekinian nih, karena soft pastell lagi trend banget di Singapore atau Jepang, kini hadir di Indonesia. Walah, bisa untuk stress healing. Mau banget untuk mencoba nih. Karena siapa saja bisa menggambar dengan soft pastell.

    BalasHapus
  14. Menggambar itu hobby anak saya, kalau ada workshop begini saya mau banget ikut mbak lumayan buat mengarahkan si kecil. Tapi sayang jauh di Surabaya ya.

    BalasHapus
  15. Wah bisa jadi referensi buat cucu-cucuku ini.
    Iya, aku tahu, pasti pada kepo, "kog cucu sih?"
    Beneran, aku sudah punya banyaaaaak cucu, hihihi.
    Cucu keponakan sih :)

    BalasHapus
  16. Mba, liat videonya jadi pengin ikutan nyobain. Kayaknya sih gampang hehehe... kayaknya, entah kalau menjalani langsung. Bisa asyik ya kalau pake soft pastel ini, sekalian nyobain kayak apa sih ya alat warna yang biasa dipake para profesional ;)

    BalasHapus
  17. Selama ini menggambar dan mewarnai hanya dengan pensil warna atau crayon. Ternyata mewarnai dengan soft pastel hasilnya bagus juga ya, jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  18. Ini warnany beneran soft y bikin jatuh hati bnget utk beli.. mau nih mba buat anakku yg perempuan suka bngt mewarnai

    BalasHapus
  19. Mak cakep banget ini gambarnya bisa jadi gt ya. Nyoba ah buat anak-anak biar makin pinter gambar warnaninya

    BalasHapus
  20. Ini Dema kalau kubelikan faber castell yang ini pasti seneng, soalnya dia suka mewarnai dan melukis gtu hehe. Kalau ada WS buat anak kecil juga seru kali yaa

    BalasHapus
  21. Beneran bisa stres healing ya? aku tuh nggak bisa gambar, dulu kalau pas pelajaran menggambar pasti malah tambah stres. beneran deh. Sekarang kalau gambar ya cuma buat seseruan sambil mendongen buat anak aja.

    BalasHapus