Senin, 08 April 2019

Cara Pijat Bayi Dengan Johnson Sentuhan Cinta

Pijat bayi adalah salah satu treatment di Indonesia yang berkembang sejak jaman dahulu kala. Mungkin sejak jaman kerajaan, pijat ini sudah ada. Namun masih banyak di berbagai daerah Indonesia yang menganggap #PijatBayi adalah bagian dari pengobatan.

cara pijat bayi johnsons


Kalau bayi sakit, susah makan atau sehabis jatuh maka baru dipijat. Lazimnya pijat bayi dilakukan oleh tetua atau dukun bayi. Beberapa tahun terakhir menjamur baby spa di perkotaan. Pemijat bayi menjelma sebagai terapis yang sudah terdidik dan mempunyai sertifikasi khusus terapi bayi. Urusan pemijatan bayi sering diserahkan pada pihak lain.

Namun seluruh persepsi awal saya ini buyar total ketika saya mengikuti acara Johnson's Sentuhan Cinta pada tanggal 6 April 2019 di Hotel Ibis Style Surabaya. Acara ini mengambil tema Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang si Kecil yang diadakan oleh #JohnsonsBabyid dan The Urban Mama.

Program Johnson's Sentuhan Cinta

Apa sih maksud program Johnson's sentuhan cinta. Johnson's mengajak para orang tua untuk sering melakukan sentuhan cinta melalui pijat bayi sendiri.

Ternyata eh ternyata, Pijat bayi lebih baik dilakukan oleh orang tuanya sendiri. Baik oleh Ibu ataupun Ayah. Aktivitas ini akan menaikkan hormon oksitosin yang berguna untuk memperbanyak ASI ibu. Selain itu juga untuk mempererat kedekatan antara orang tua dan anak.

cara pijat bayi johnsons


Plus masih banyak lagi manfaat lainnya. Nanti akan saya ceritakan dengan lengkap. Oleh karena itu Johnson's Indonesia mempunyai program untuk melatih para orang tua memijat bayinya sendiri. Program ini mulai dilakukan tahun 2018 di daerah pedalaman yang masih kurang akses informasi tentang kesehatan anak.

Tapanuli Utara, Sumba dan Maluku menjadi kota pilihan yang dikunjungi Johnson's Indonesia. "Pada tahun 2019 ini, kami akan berkeliling ke 15 kota di Seluruh Indonesia." ungkap Ibu Wynne Lukman, Branch Manager Johnson's Baby Indonesia. Hal ini sebagai perwujutan Johnson's Baby yang fokus terhadap perkembangan holistik anak melalui program #SentuhanCinta. Program ini di dukung oleh 22 Tim Edukasi Profesional dari Johnson's.

Manfaat Pijat Bayi          

Sesuai janji saya diatas. Manfaat apa lagi yang diperoleh bayi ketika dipijat?
1. Menurunkan produksi hormon stressor.
2. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi.
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan karena kolik atau tumbuh gigi.
4. Membantu mengatasi gangguan tidur. Bila bayi tidur lebih lelap dan lama, dapat meningkatkan perkembangan otak.
6. Membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi tubuh. Semua ini bisa meningkatkan berat badan bayi.
7. Memperbaiki sistem imun.
8. Mempererat bonding antara orang tua dengan anak.

cara pijat bayi johnsons
dr Dyah Retno Wulan Spa

Pijat bayi dapat merangsang sensorik panca indera penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecapan dan peraba. Ketika bayi dipijat, dia akan belajar untuk mengeksplorasi seluruh panca indera-nya. Stimulasi harus dilakukan terus menerus. Kapan saja, dari bayi bangun tidur sampai tidur lagi. Tidak hanya saat pijat bayi.

Stumulasi terbaik adalah skin to skin contact antara orang tua dengan bayi. Salah satunya adalah dengan pijat bayi. Bukan sekedar Ibu saja yang harus melakukan pijat bayi. Ayah juga harus bisa memijat bayinya sendiri. Pijat bayi ini dapat meningkatkan bonding antara Ibu/Ayah dan bayi.

"Jika bonding antara Ibu dan bayi kuat, Ibu dan bayi akan lebih tenang." kata dr Dyah Retno Wulan Spa, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Haji Surabaya sebagai pemateri kedua. Ibu bisa dengan mudah membedakan tangisan bayi karena lapar, buang hajat atau tidak nyaman dengan kondisi badannya.

Tangisan bayi adalah signal yang dikirim bayi pada ibunya. Jika bayi menangis namun Ibu tidak cepat tanggap, bisa menimbulkan stress baik di pihak Ibu atau bayi. Ibu bingung kenapa bayinya menangis terus. Sementara bayi pun akan semakin gelisah karena tidak mendapat apa yang diinginkannya.

manfaat pijat bayi


Bayi yang tidak nyaman, sering rewel. Tidak optimal belajar atau menyerap stimulasi. Tumbuh kembang menjadi tidak optimal. Kecerdasan kognitif dan emosional di kemudian hari bisa terganggu. Jika tidak segera mendapatkan penanganan bisa berlanjut hingga usia dewasa.

Ketika memijat dan memandikan bayi usahakan untuk menatap matanya, sentuh dengan lembut, ajak bayi berbicara, pancing respon dari bayi. Bathing dan infant massage (stimulasi pijat bayi) harus dilakukan secara rutin terutama saat bayi baru lahir hingga usia 2 tahun.

Bagaimana dengan Ibu yang melahirkan caesar dan masih kesakitan. Sementara suami masih belum berani 'pegang' bayi. Ya sudah nggak usah dipaksakan. Pijat bayi bisa dilakukan setelah badan ibu sudah terasa nyaman.

Meski begitu bonding tetap harus dilakukan. Bonding yang bisa dilakukan dengan sentuhan dan suara. Bayi digendong, dibelai, atau dipeluk. Semua treatment tersebut dilakukan sambil bayi diajak bicara.

Bonding sudah dilakukan semenjak bayi lahir. Ada salah seorang peserta yang kuatir kalau bonding berlebihan bisa membuat anak manja. Bau tangan kata orang Jawa. Benarkan demikian? "bonding berlebihan atau over stimulation tidak terlalu berpengaruh pada anak." tegas dr Dyah.

Paling penting, ajari anak mandiri ketika sudah dalam tahan control postural (anak bisa duduk dan berdiri). Pola asuh anak di Indonesia masih banyak anak yang dilayani. Baik oleh orang tua, nenek atau pengasuhnya. Ini yang bikin manja karena anak terbiasa dilayani.

Usia mulai 12 bulan anak harus diajari untuk mandiri. Ajari makan sendiri. Minimal menyuapkan makanan sendiri ke mulutnya. Banyak anak yang disuapi karena orang tua atau pengasuhnya tidak sabar melihat anak makan sendiri. Ini langkah awal. Semakin besar ajari anak untuk selalu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Nah, nggak perlu kuatir lagi kan kalau kita sering memberikan sentuhan cinta untuk anak. Sering 'megang' anak.

manfaat pijat bayi
Seluruh peserta beserta para pembicara


Cara Pijat Bayi Johnson

Sesi ketiga ini yang ditunggu-tunggu. Mbak Gina Puspanti Anggaeni beserta Mas Adi dan Mas Eko sebagai terapis bayi berpengalaman memandu sesi ketiga ini. Para peserta antusias menyimak dan praktek langsung. Buat para peserta yang tidak membawa bayi dipinjami boneka untuk praktek.

Sebelum melakukan pijat bayi ada beberapa hal yang harus dihindari Ibu atau Ayah, yaitu:
1. Jangan memijat bayi setelah minum atau makan.
2. Jangan memijat bayi saat tidur. Kalau bayi masih tidur padahal sudah waktunya pijat tidak usah dibangunkan. Biarkan bayi bangun sendiri.
3. Jangan memijat bayi saat sakit (sumeg, panas atau batuk pilek).
4. Jangan memaksakan posisi tertentu saat pemijatan. Ikuti saja respon bayi. Kalau bayi terlihat tidak nyaman, langsung hentikan.
5. Kuku tangan ibu atau ayah harus dalam kondisi pendek dan bersih.
6. Jangan menggunakan jam tangan dan perhiasan di jari serta tangan.
  
Ini nih yang palin penting. Sebelum memijat bayi harus cuci tangan dahulu. Sterilkan jari dan tangan. Kalau perlu Ibu atau Ayah ganti baju yang bersih dulu. Jauhkan segala kuman dan virus yang bisa membuat anak terpapar.

manfaat pijat bayi


Ciptakan kondisi yang nyaman saat pijat bayi. Siapkan alas tidur yang lembut dan tidak panas. Kondisikan suasana yang tenang selama proses pemijatan. Gunakan air hangat yang pas temperaturnya untuk mandi sang bayi.

Bayi dianjurkan untuk dipijat sejak baru lahir sampai usia 2 tahun. Pijat bayi bisa dilakukan saat pagi sebelum mandi atau sebelum tidur. Kalau pijat dilakukan sebelum mandi menggunakan Johnson's baby oil, bila pijat malam hari sebelum tidur menggunakan Johnson's baby lotion. Fleksibel saja. Menyesuaikan dengan kondisi Ibu dan bayi.

Untuk bayi usia 0-6 bulan lebih baik dipijat sehari 2 kali, pagi sebelum mandi dan malam sebelum tidur. Bayi prematur sangat dianjurkan untuk pijat rutin setiap hati untuk merangsang percepatan tumbuh kembang bayi.

Ketika memijat tatap mata bayi. Ajak bayi berbicara. Minimal ngudang. Sambil ucapkan doa untuk kesehatan, kebaikan dan kemulyaan sang bayi. Di kalangan Muslim, kalau memijat bayi ada yang sambil berdzikir, membaca sholawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam atau membaca surat-surat Al Qur'an. Bacaan doa diusahakan bayi mendengar dengan jelas. Biar terekam secara otomatis ke memorinya.

Ada 5 langkah pijat bayi Johnson's yang sesuai dengan rekomendasi IDAI. Berikut ini langkah dan rincian gerakan pijat bayi:

I. Pijatan Muka.
Tekanan dilakukan dengan sangat ringan dan menggunakan ibu jari kanan dan kiri. Kalau ibu jarinya terasa kebesaran, bisa menggunakan jari telunjuk. Pijatan muka ini ada 5 tahapan, yaitu:
1. Caress love.
Kedua telapak tangan letakkan di dahi bayi. Dalam 8 hitungan kedua telapak tangan diarahkan ke bagian belakang kepala bayi.
2. Relax.
Letakkan kedua jari di alis kanan dan kiri. Tekan berlahan sambil arahkan kedua jari ke samping sampai ke atas telinga dalam 8 hitungan.
3. Circle down.
Jari telunjuk letakkan di samping kanan dan kiri samping hidung. Lalukan gerakan memutar kecil ke atas telinga sampai ke bagian bawah telinga dalam 8 hitungan.
4. Smile.
Jari telunjuk diletakkan di bawah hidung lalu pijat perlahan sampai ke bawah telinga dalam 8 hitungan.
5. Cute.
Pijatan dimulai dari belakang telinga lalu diurut perlahan sampai kedua jari bertemu di dagu.

II. Pijatan Dada.
1. Buterfly
2. Cross

III. Pijatan perut.
   1. Mengayuh
   2. Bulan matahari
   3. I love you
   4. Walking finggers
   5. Relax

IV. Pijatan tangan.
   1. Milking, ada dua gerakan: milking India dan milking swedia
   2. Squeezing
   3. Thumb after thumb
   4. Spiral
   5. Fingger shake
   6. Relax, menyilangkan tangan kiri dan kanan. Jangan terlalu dalam menyilangkannya.

V. Pijatan kaki.
   1. Milking, ada dua gerakan: milking India dan milking swedia
   2. Squeezing
   3. Thumb after thumb
   4. Spiral
   5. Fingger shake
   6. Relax, ada 2 gerakan: menyilangkan kaki dan menekuk kaki bergantian.

VI. Pijatan Punggung.
   1. Go back forward
   2. Slip
   3. Mengayuh
   4. Sprial
   5. Menggaruk




Setiap gerakan pijat bayi diulang 6 kali dalam 8 hitungan. Ini adalah kondisi ideal secara teori. Namun ya situasional aja. Prakteknya disesuaikan dengan kondisi bayi. Tidak perlu dipaksakan. Nanti bayi malah jadi tidak nyaman.


WARNING: 
Ruas tulang belakang bayi tidak boleh dipijat.
Jangan terlalu keras menekan bayi. Pijatan ringan saja.


Oh iya, saat ini Johnson's Indonesia menggalang kerja sama dengan Habitat for Humanity membangun sarana kesehatan Ibu dan anak (posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Apabila Anda membeli produk Johnson's di Alfamart dan Shopee minimal Rp 25.000 atau membeli Johnson's oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau baby lotion 200ml di toko-toko lain yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta, maka secara otomatis turut menyumbang Rp 500,- untuk program ini.

Ternyata, pijat bayi yang biasanya cuma dilakukan sesekali mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembang anak. Harus merubah paradigma, nih. Harus sering-sering memijat anak. Terutama memijat anak sendiri.


Foto: koleksi pribadi

Sabtu, 06 April 2019

Takoyaki Enak di Surabaya

Apa sih takoyaki itu? Takoyaki adalah jajanan dari Jepang. Jajanan ini berbentuk bola-bola kecil. Bahan pembuatannya dari adonan tepung terigu lalu diisi gurita rebus di dalamnya. Takoyaki ini berasal dari daerah Kansai. Aslinya, takoyaki memang berisi gurita. namun kalau di Indonesia isinya bermacam-macam. Selain gurita ada sosis, kepiting, ayam, keju, salmon atau tuna.

takoyaki enak di surabaya
Takoyaki Jalan Ketintang Barat

Jajanan ini biasanya ada di pingir-pinggir jalan kalau di Jepang. Sama juga di Indonesia. Kios-kios kecil takoyaki banyak di pinggir jalan. Namun masih lebih banyak kios-kios takoyaki yang beredar di mall atau pusat pembelanjaan. Harga satu buah takoyaki adalah Rp 1.000 - Rp 3.000. Tergantung kualitas isian dan tempat kios berada. Tergantung merek dagang yang tampil di kios juga, sih.

Banyak penjual takoyaki di Surabaya. Namun tidak banyak yang rasanya enak. Maksud saya adonan dan bumbu komposisinya pas. Isi takoyaki tidak kecil banget. Ada beberapa kios yang menyediakan takoyaki enak di Surabaya. Sebagai catatan, penilaian enak ini menurut selera saya pribadi.

Urutan ini berdasarkan penemuan tempat saja. 4 Kios takoyaki enak di Surabaya, yang pernah saya coba:

takoyaki enak di surabaya
Takoyaki Jalan Ketintang Barat


1. Royal Plasa
Lokasinya di area kios-kios kecil jajanan. Satu area dengan bioskop 21. Kios takoyaki ini berwarna kuning. Sebelahan dengan kios penjual jamur crispy. Mbak yang jual berbadan besar dan rambut pendek. Orangnya ramah dan sabar.

Takoyaki di kios ini lembut dan berbumbu. Meski dimakan tanpa saos masih tetap enak. Sudah lama sekali saya nggak ke sini. Semoga saja kios ini tidak pindah tempat. Sebenarnya banyak penjual takoyaki di area foodcourt Royal Plasa, namun saya cuma cocok dengan rasa kios kuning satu ini.
Harga: Rp 12.000/pac (isi 4 takoyaki)

2. Jalan Sidotopo Wetan.
Kios ini ada di depan salon. Lokasinya di seberang lapangan futsal. Kalau dari arah Jalan Kenjeran ada di sebelah kiri jalan. Hanya ada 1 kios takoyaki di sepanjang Jalan Sidotopo Wetan.
Buka: jam 10.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp 10.000/pac (isi 5 takoyaki)

3. Jalan Kenjeran.
Lokasinya ada di Jalan kenjeran sebelum perempatan lampu merah ke arah Jembatan Suramadu. Kalau dari arah Jembatan Suramadu, perempatan besar lampu merah belok kanan ke arah Kapas Krampung. Kiosnya ada di sebelah kiri jalan. Hanya ada satu kios takoyaki di sepanjang jalan ini. Penjualnya Mamas masih muda. Kiosnya dihias dengan aneka pernik Jepang. Penjualnya juga menggunakan pakaian ala penjual jajanan Jepang. Kiosnya instagramable.
Buka: Jam 19.00 - 21.00 WIB
Harga: Rp 12.000/pac (isi 5 takoyaki)

4. Jalan Ketintang Barat.
Kiosnya ada di pelataran parkir Toko Karunia. Kalau dari Jembatan Karah ada di sebelah kanan jalan. Saya pelanggan di sini dari mulai awal di buka sampai sekarang. Penjualnya Mbak Berjilbab yang ramah dan sabar. Selalu ramai di sini. Jadi ya harus sabar antri kalau beli. Kios ini juga menjual aneka jajanan. Lebih bervariasi menunya. Macam isiannya juga lebih banyak.
Buka: Jam 11.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp 1.000 - Rp 1.200/biji takoyaki

Wah jadi pengen makan takoyaki. Cuss, yuk.



Foto: koleksi pribadi


Kamis, 04 April 2019

Tantangan Bisnis Pakaian Dalam Pria

Sebelumnya saya sudah membahas tentang dunia pakaian dalam wanita. Bagaimana dengan pakaian dalam pria? Apakah semeriah bisnis pakaian dalam wanita?

Jaman saya belia, merk pakaian dalam pria yang saya tahu adalah hing’s, Swan, GT Man, Reader ini untuk yang kaos dalam alias singlet. Kalau celana dalam yaitu GT Man dan reader. Kalau sekarang, lebih banyak lagi merek-merek baru pakaian dalam pria.

memilih pakaian dalam pria


Meski banyak merek baru yang bermunculan, merek-merek lama masih tetap ada di pasaran. Penggemarnya juga masih banyak.

Banyak pria yang masih berpikir bahwa yang namanya pakaian dalam itu nggak kelihatan. Ya wis lah pokoknya nyaman dipakai ya sudah. Banyak pula pria yang cenderung malas coba-coba kalau untuk pakaian dalam. Biasa pakai merek itu yo wis beli yang itu saja.

Mungkin juga ada yang nggak tahu merek pakaian dalamnya. Untuk ngurusi masalah pembelian ya istri. Dari kecil sampai sebelum menikah yang beli ibunya. Tinggal pakai saja. Pakainya sambil buru-buru pula tak sempat lihat mereknya. Nanti kalau dipakai terasa beda baru lihat mereknya. Barulah sadar. Loh kok beda merek sama yang biasanya.

memilih pakaian dalam pria

Paradigma pria yang ogah ribet urusan pakaian. Apalagi yang 'cuma' pakaian dalam menjadi pondasi bisnis pakaian dalam pria. Pengusaha menitik beratkan pada kenyamanan semata pada produknya. Design tak mungkin lagi diotak-atik. Paling banter inovasi design saja. 

Kaos singlet berevolusi menjadi t’shirt ketat melekat badan. Celana dalam yang biasanya model segitiga jadi ada model boxer. Permaianan warna pun hanya di ranah warna standar pria yaitu hitam, putih, abu-abu, biru, coklat, hijau. Kombinasinya hanya di warna tua atau muda.

Bagaimana para pengusaha menjual produknya? Mereka menjual kenyamanan. Bahan yang nyaman menjadi dominasi dalam riset produksi. Ada pameo dikalangan para pria, pakaian dalam itu kalau semakin lama dipakai akan semakin nyaman. Semakin molor, semakin enak digunakan. Semakin banyak yang bolong semakin adem di badan. 

Inilah yang sangat dipahami oleh para pengusaha pakaian dalam pria. Saya pernah membaca sebuah artikel tentang sebuah perusahaan pakaian dalam pria, yang sengaja membuat produknya bisa molor dalam waktu lebih cepat untuk memacu percepatan penjualan.

Untuk strategi marketing lebih menyasar pada para wanita sebagai decision maker. Saya jadi paham sekarang, kenapa banyak iklan pakaian dalam pria modelnya pada 'menonjol' atas bawah bikin gemes. Halah.

memilih pakaian dalam pria

Beberapa perusahaan pakaian dalam pria juga melakukan diversifikasi produk. Tidak hanya pakaian dalam pria dewasa yang di produksi. Mereka merambah ke ranah pakaian dalam pria untuk anak- anak. Bahkan ada yang memproduksi pakaian dalam wanita juga. 

Satu hal yang sangat dipahami perusahaan pakaian dalam pria. Jika seorang pria sudah merasa nyaman menggunakan suatu merek pakaian dalam, maka dia akan setia menggunakan merek tersebut selamanya. Tak akan berpaling ke merek lain, kecuali istri atau ibunya membeli merek lain yang harganya lebih murah.

Mungkin ini yang membuat harga pakaian dalam pria rata-rata sama. Tidak ada perbedaan harga yang mencolok antara satu merek dengan merek yang lain.    



Foto: pinjam pakai dari http://www.gtmanofficial.com/


Sabtu, 23 Maret 2019

Pilih Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran?

Reksa Dana adalah dunia baru bagi saya. Selama ini urusan investasi yang saya pahami hanya sebatas properti dan emas. Jujur. Dahulu saya takut kalau sudah urusan Reksa Dana, saham, obligasi dan aneka ragam investasi 'tak berwujud'. Banyak berita investasi bodong yang berseliweran. Ini yang bikin saya takut.

Kebetulan bisa dapat undangan untuk hadir di rangkaian #KopdarInvestarianMAMI. Acara ini memberikan wawasan baru tentang investasi Reksa Dana. Ternyata memang benar ada banyak investasi Reksa Dana bodong. Namun banyak juga yang beneran.

tips memilih reksa dana saham


Pada Kopdar Investarian ke 4 tanggal 17 Maret 2019 di Surabaya kali ini membahas tentang Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran. Materi pada acara #InvestarianSUB4 dibawakan oleh Pak Legowo Kusumonegoro (Pak Lek) dan Ibu Eveline.

Sebelumya, saya sudah mengulas tentang Reksa Dana Pasar UangReksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Syariah. Pada kesempatan kali ini, saya akan bercerita tentang Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran.  

Reksa Dana Saham
Reksa Dana Saham keuntungannya paling besar dibandingkan dengan Reksa Dana jenis lain. Namun perlu diingat kalau keuntungan besar ini diikuti dengan resiko yang besar juga. Kalau nilai saham turun otomatis keuntungan yang didapat akan sedikit. Kemungkinan terburuk, tidak akan mendapat keuntungan sama sekali. 

Kenapa begitu? Kalau saham ini modalnya kan patungan. Ada banyak orang selain kita yang membeli saham suatu perusahaan. Nanti kalau ada keuntungan juga harus dibagi rata dengan para pemilik saham lain. Pembagian keuntungan ini berdasarkan besar saham yang dimiliki per-orang.  

Reksa Dana Saham minimal 80% dana harus diinvestasikan ke saham. Meski nilai saham sedang turun di suatu wilayah karena faktor eksternal. Ya harus tetap diinvestasikan 80% ke saham. Manager Investasi yang akan mengatur strateginya. Transaksi saham ini kan global. Bila nilai saham di suatu wilayah turun, bisa dialihkan ke wilayah lain yang nilai saham tetap bagus.

tips memilih reksa dana campuran
Pak Lek

Inilah pentingnya memilih perusahaan Reksa Dana yang terpercaya. Pemilihan perusahaan saham untuk berinvestasi sepenuhnya dilakukan oleh Manager Investasi. Segala proses pengawasan dan analisa saham akan dilakukan oleh Manager Investasi.

Jangan kaget. Fluktuasi Reksa Dana sangat dinamis. Hal ini akan berpengaruh juga pada nilai unit yang dimiliki. Ada kalanya nilai unit tinggi mungkin lain waktu turun. Tidak usah panik. Kalau nilai unit turun biarkan saja. Nanti akan naik lagi. Suatu hal yang wajar kalau nilai unit naik turun.

Investasi di Reksa Dana Saham lebih cocok untuk investasi jangka panjang yaitu lebih dari 7 tahun. Bisa juga untuk pengganti dana pensiun. Apabila waktu pensiun lebih dari 10 tahun.

Kalau di MAMI, pemilihan perusahaan saham akan diteliti kredibilitasnya lebih dahulu sebelum berinvestasi ke sana. Saat ini, ada 619 perusahaan yang masuk ke bursa saham. Dari 619 perusahaan saham ini disaring lagi dan dipilih 150 perusahaan saham yang paling bagus. Lalu disaring lagi menjadi 75 perusahaan saham. Nah, 75 ini yang akan dipantau terus oleh manager investarian MAMI. Reksa Dana para nasabah akan dibelikan saham pada 75 perusahaan ini.

tips memilih reksa dana saham
Ibu Eveline

Manager Investasi MAMI mempunyai tim analis yang tugasnya meneliti suatu perusahaan apakah mempunyai resiko tinggi, sedang atau rendah. Tim analis ini akan menggali informasi dari berbagai pihak dan juga mempelajari berbagai aspek, yang kemungkinan mencurigakan. Tim ini juga akan menyelidiki bila ada transaksi perusahaan saham yang dianggap mencurigakan.

Ini yang konvensional. Bagaimana dengan Reksa Dana Saham Syariah yang ada di MAMI?Perusahaan yang sahamnya masuk ke Bursa Efek Syariah sekitar 150 perusahaan saham saja. MAMI memilah pilah hanya perusahaan saham yang punya kredibilitas baik saja. MAMI mempunya 3 ahli khusus investasi saham syariah sebagai pengawas khusus, yang langsung mengawasi investasi Reksa Dana Syariah.

Reksa Dana Campuran
Nah sekarang, masuk ke pembahasan Reksa Dana Campuran. Reksa Dana Campuran ini merujuk pada 'tempat' investasinya. Ada dua 'tempat' untuk investasi di Reksa Dana jenis ini, yaitu di saham dan obligasi.

Obligasi ini apa sih? Obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan kepada pemegang obligasi. Nanti akan ada imbal hasil berupa uang yang dipinjamkan beserta bunga yang telah dijanjikan (kupon obligasi).

Porsi investasi untuk saham dan obligasi lebih berimbang. Komposisi biasanya 50% saham dan 50% pendapatan tetap. Namun ada juga yang dominan di salah satunya. 60% saham dan 40% obligasi dan atau sebaliknya. Ini tergantung dari kebijakan Manager Investasi.

Racikan komposisi Reksa Dana Campuran harus ditentukan pada awal kontrak investasi antara nasabah dan perusahaan investasi. Tidak boleh berubah-ubah. Kontrak ini berlaku selama nasabah tidak mencairkan seluruh unitnya. Manager Investasi tidak bisa seenaknya merubah komposisi investasi saham dan obligasi.

Reksa Dana Campuran cocok untuk investasi jangka menengah 5-10 tahun. Pembelian Reksa Dana Campuran minimal Rp 100.000. Hasil investasi jenis ini tergantung komposisi saham dan obligasi. Kalau komposisi saham lebih besar, hasilnya mendekati tingginya Reksa Dana Saham. Namun jika komposisi obligasi lebih besar hasilnya mendekati Reksa Dana Pendapatan Tetap.

tips memilih reksa dana campuran
Halaman depan KlikMAMI


Pacu Diawal, Rem Mendekati Akhir
Ini adalah prisip dasar berinvestasi. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisi resiko dan mendapatkan hasil akhir sesuai yang diinginkan. Sebelum melakukan investasi di Reksa Dana lebih baik rencakanan dulu berapa lama investasi nantinya akan dicairkan. Kita bisa merubah atau mengalihkan jenis reksadana yang akan dibeli.

Contoh kasus, nih ya. Beli Reksa Dana untuk biaya anak masuk kuliah. Reksa Dana rencananya akan dicairkan 10 tahun lagi. Saat awal, beli Reksa Dana Saham. Tahun ke 8 dialihkan ke Reksa Dana Pendapatan Tetap. Tahun ke 9 dialihkan ke Reksa Dana Pasar Uang.

Kenapa demikian? Rumusan pengalihan Reksa Dana ini sesuai dengan rumus pacu diawal, rem mendekati akhir. Reksa Dana Saham hasil investasinya paling tinggi. Namun resikonya juga paling besar. Kalau Reksa Dana Pendapatan Tetap hasilnya masih lumayan tinggi. Meski di bawah Reksa Dana Saham namun resikonya lebih kecil. Menjelang pencairan, lebih baik dialihkan ke Reksa Dana Pasar Uang. Hasil investasinya memang paling kecil namun relatif stabil. Resikonya juga paling kecil.

Rencana investasi ini sesuai teori ideal berinvestasi di Reksa Dana. Jika Anda berkeinginan investasi di Reksa Dana Saham hingga batas akhir pencairan untuk mengejar hasil yang besar. Ya nggak apa-apa. Banyak-banyak berdoa saja pas pencairan Reksa Dana nilai saham tidak turun.

Kalau jenis Reksa Dana beralih berkali-kali apa bisa? Bisa. Anda bisa menghubungi contact person sewaktu Anda beli Reksa Dana atau datang langsung ke perusahaan Reksa Dana tersebut. Kalau beli Reksa Dana di MAMI. Pengalihan jenis Reksa Dana ini bisa dilakukan secara online di KlikMAMI.

Pada bagian depan halaman KlikMAMI akan tertera nilai unit tiap-tiap jenis Reksa Dana. Bisa dijadikan perbandingan. Kita bisa tahu betul berapa nilai unit yang akan dibeli. Bisa kita hitung sendiri, berapa perkiraan unit yang akan kita dapatkan.

Apabila mengalihkan jenis Reksa Dana atau beli Reksa Dana, yang akan kita dapatkan adalah harga yang tertera di halaman depan KlikMAMI. Dengan catatan transaksi harus dilakukan sebelum jam 13.00 WIB. Jika lebih dari jam tersebut, kita akan mendapatkan nilai unit sesuai dengan harga keesokan harinya.

tips memilih reksa dana saham


Setelah transaksi dilakukan biasanya akan ada pihak KlikMAMI yang akan menghubungi untuk konfirmasi. Kita juga akan mendapat email mengenai detail transaksi yang sudah kita lakukan. Sebagai langkah pengamanan juga untuk nasabah.

Keterangan lengkap tentang jenis Reksa Dana yang akan kita beli juga ada lengkap. Tinggal klik tulisan 'Baca' berwarna hijau, yang ada di bagian paling kanan. Jadi nggak perlu lagi harus telefon atau email marketing Reksa Dana untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Namun, bila sekiranya sudah dibaca dan dipahami namun masih belum dimengerti. Lebih baik segera hubungi agen Reksa Dana atau contact center. Untuk menghindari terjadinya penyesalan bila pencairan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Mudah, kan? semua transaksi bisa dilakukan dengan smartphone atau laptop. Nggak pakai repot harus telephon atau datang ke kantor MAMI.     

tips memilih reksa dana campuran

Oh, iya ada info yang terlupa. Ini sebagai informasi tambahan saja. Jika pemilik account Reksa Dana meninggal dunia, maka ahli waris bisa mencairkan Reksa Dana dengan membawa surat-surat resmi yang menunjukkan bahwa benar ahli warisnya.

Kalau memang Reksa Dana akan diteruskan oleh ahli warisnya tidak apa-apa. Nanti akan ada perubahan data atau data tambahan. Kalau soal ini harus menghubungi contact center MAMI. Kalau buka website KlikMAMI lewat laptop tinggal klik tombol orange bertuliskan 'chat sama kita yuk' di bagian kanan bawah.

Bagaimana kalau seseorang membeli Reksa Dana MAMI tanpa memberitahu siapapun. Baik Keluarga atau teman dekatnya. Tidak ada ahli waris yang mengajukan klaim. Maka Reksa Dana tersebut tetap ada. Dana akan menggantung. Sesuai dengan ketentuan. Setelah 30 tahun, dana tersebut oleh Bank Kustodian akan diserahkan ke kas negara.

Mungkin bagi yang punya Reksa Dana sebagai simpanan rahasia, lebih baik beritahukan pada seseorang yang paling Anda percaya. Nggak perlu kasih tahu informasi lengkap. Hanya kasih tahu saja 'Aku punya Reksa Dana di sini. Nanti kalau aku meninggal silahkan diurus."

Buat jaga-jaga saja. Toh, tak ada yang tahu kapan kita akan meninggal. Siapa tahu Reksa Dana kita berguna untuk keperluan pasangan atau anak cucu.


Foto: koleksi pribadi, WAG MAMI Surabaya dan website KlikMAMI

Rabu, 13 Maret 2019

Uniknya Bisnis Pakaian Dalam Wanita

Koleksi victoria secret 2019

Saya lagi nonton fashion show Victoria Secret di salah satu TV kabel. Tetiba dicolek suami.
"Ngapain nonton acara beginian?"
"Lihat design-nya. Bagus-bagus."
"Emang mau beli?"
"Nggak, lah. Mehong..."
"Lah terus ngapain dilihat?
"Seneng aja lihat design-nya lucu-lucu. Unik. Warnanya juga bagus-bagus." Suami geleng-geleng sama jawaban saya. Beliau balik lagi ke laptop.

Saya melihat bisnis pakaian dalam wanita ini adalah salah satu hal yang ajaib. Pakaian yang notabene tidak terlihat namun tetap dirancang dengan cantik. Meski memang kenyamanan tetap jadi prioritas utama.

Untuk masalah design, ada perusahaan pakaian dalam wanita yang rajin membuat penelitian tentang model, warna, dan bahan berkualitas yang diinginkan pelanggannya dan juga para wanita pada umumnya. Saya pernah baca sebuah artikel sebuah perusahaan pakaian dalam wanita membuat penelitian selama berbulan-bulan hanya untuk masalah catokan atau pengait bra.

Tim produksi mereka membuat penelitian bahan dan posisi pengait bra yang kuat mengait selama dipakai namun tetap gampang dibuka dengan satu tangan. Nah, loh. Hal yang menurut saya sepele ternyata perlu penelitian panjang selama berbulan-bulan.

Pernah juga baca, di sebuah perusahaan pakaian dalam wanita ketika suatu design dibuat. Bukan hanya model, bahan dan warna saja yang harus diperhatikan. Kenyamanan menjadi fokus utama perusahaan mereka. Renda tidak boleh ada yang dibuat dengan sudut runcing. Lekuk bra harus nyaman digunakan selama berdiri, duduk, jongkok dan membungkuk.

Koleksi victoria secret 2019

Design sudah ok. Dibuatlah bra untuk penelitian lagi. Bra ini akan diujicoba. Bra tersebut akan digunakan untuk beberapa minggu. Penggunaanya dipilih berdasarkan lokasi produk terjual. Lokasi dengan cuaca Tropis, sub-tropis atau dingin. Ada pemilihan juga, bra dikenakan saat haid dan tidak haid.

Kenapa ujicoba tidak menggunakan simulasi mesin di laboratorium produksi? Tidak bisa. Karena tubuh wanita itu unik. Ada produksi keringat dan sensifitas kulit yang berbeda pada setiap iklim. Kelenjar keringat bisa juga berubah pola produksi sesuai hormonal tubuh wanita.  

Njelimet ternyata rangkaian penelitian pra-produksi. Belum lagi pemilihan bahan, design, brand ambasador dan berbagai pernik marketing. Seluruh proses dari produksi - marketing - sampai di tangan konsumen begitu panjang. Tak heran pakaian dalam wanita yang kualitas bagus harganya mahal. Tidak bisa dipungkiri juga urusan merk dagang juga mempunyai peranan penting.

Memangnya kalau suatu perusahaan pakaian dalam wanita membuat banyak design bra dan celana dalam apa ya laku semua? Laku. Kok bisa? wong ya pakainya di dalam baju nggak ada yang melihat. Yang melihat paling juga suami. Itu pun banyak yang hanya dilihat sekilas tanpa diperhatikan. Kalau yang belum punya suami atau yang sudah tidak punya suami. Mungkin juga yang termasuk kalangan separuh baya. Sudah menopause buat apa pakai bra dan celana dalam dengan model dan warna warni unyu?

Koleksi victoria secret 2019

Nah, inilah yang unik. Jawabannya cuma satu karena pakaian dalam itu digunakan oleh wanita. Makhluk yang konon diciptakan paling indah dan menyukai keindahan. Segala yang melekat pada diri wanita dari ujung rambut hingga ujung kaki harus terlihat indah juga. Ada kepuasan tersendiri jika menggunakan yang indah. Meski nggak terlihat orang.

Pernah nggak coba bra di ruang ganti mall selayaknya mencoba baju, mematut-matut diri sambil senyum-senyum simpul? Atau mungkin ada nggak yang habis mandi hanya memakai bra dan celana dalam sambil bercermin lama-lama. Bahkan sambil muter-muter atau bergaya nggak jelas.

Atau mungkin ada yang harus mengganti bra karena merasa nggak cocok dipakai sama baju yang akan dikenakan. Ada, loh wanita-wanita yang seperti itu. Penggunaan pakaian dalam menjadi salah satu kepuasan diri dalam berpenampilan.

Selama 'rasa' dan 'perasaan' seperti ini masih tetap ada dalam diri wanita, bisnis pakaian dalam wanita mempunyai prospek yang bagus. Mau yang murah kelas Pasar Krempyeng sampai yang mahal di Mall mentereng nggak akan redup bisnis ini. Akan selalu ada pembeli yang tak pernah puas hanya dengan satu atau dua item.

Meski tidak bisa dipungkiri persaingannya juga ketat. Para wanita memang cenderung gampang mencoba merk-merk baru. Apalagi dengan design dan warna yang menarik. Namun percayalah. Jika wanita sudah cinta dengan merk tertentu, dia akan setia sampai mati.


Foto: pinjam pakai dari https://ww.victoriassecret.com/? 

Kamis, 21 Februari 2019

Cara Kirim Barang Pakai Paxel, Mudah dan Cepat Sampai

Beberapa waktu lalu, saya mendengar cerita tentang paxel dari teman pemilik online shop di Bogor. Dia tidak ribet lagi mengurusi pengiriman ke pelanggan. Dia produksi frozen food namun belum punya tenaga pengiriman sendiri. Selama ini selalu mengandalkan kurir dan ojek online untuk masalah pengiriman. Frozen food menuntut agar cepat sampai ke pelanggan.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah
Bapak Djohari Zein, CEO Paxel Indonesia

Teman saya sebenarnya lebih suka menggunakan kurir. Pengiriman cepat sampai ke pelanggan. Satu kurir bisa langsung bawa banyak barang untuk dikirim. Namun kendalanya, banyak pelanggan yang keberatan karena ongkos kirim yang mahal.

Maka sebagian besar pengiriman barangnya menggunakan ojek online (ojol). Memang kiriman lebih cepat sampai. Apalagi kalau sudah pernah kirim barangnya. Ongkos kirim lebih murah. Namun tidak semua driver ojek online paham kalau barang harus cepat sampai ke pelanggan. Ada saja driver yang muter-muter entah kemana. Selain itu juga pernah tertukar antara driver dan barang pesanan. Nah ini yang bahaya. Walhasil puyeng dan menghabiskan banyak energi hanya untuk masalah pengiriman.

cara kirim barang pakai paxel

Nah, setelah pakai Paxel semua masalah pengiriman bubar jalan. Kenapa begitu? Yang utama, pengiriman sameday. Estimasi waktu pengiriman 8 jam mulai dari paket diambil sampai diterima customer. Tarif pengiriman flat kemana saja. Praktis yang terutama. Semua pengiriman barang bisa langsung diambil oleh satu kurir. Dalam sekali jalan, kurir bisa ambil 20 paket. Nggak peduli kemana pun tujuannya. Jadi penasaran ingin segera coba waktu itu, namun sayang paxel belum masuk ke Surabaya.

Paxel #AntarkanKebaikan

Eh lah kok kebetulan. Tanggal 14 Februari 2019, saya mendapat undangan launching Paxel Indonesia untuk wilayah Surabaya. Asyek. Akhirnya datang juga. Bapak Djohari Zein selaku pendiri Paxel mempunyai banyak pengalaman dalam dunia ekspedisi. Beliau sudah malang melintang bersama JNE, yang didirikannya hingga sebesar sekarang.

Ada filosofi besar dibalik pendirian Paxel. Pak Djohari bermaksud mendirikan bukan sekedar perusahaan jasa pengiriman, namun diniatkan untuk beribadah membantu para pelanggan. Terutama para pelanggan yang juga berjualan. Bersama Paxel ada semangat ibadah, bekerja karena Allah. Kurir bukan hanya sebagai petugas delivery, ada ikhlas untuk membantu pelanggan.

Paxel saat ini mendukung penuh kegiatan timnas Indonesia. Seluruh keperluan logistik para pemain diantar khusus oleh Paxel Indonesia secara gratis. Para pemain timnas jika harus berlaga di kota lain atau berpindah dari satu kota ke kota lain tak perlu lagi cemas dengan peralatannya. Semua keperluan pemain akan diurusi oleh Paxel. Ini adalah salah satu dari kegiatan sosial yang dikhususkan untuk sedekah perusahaan Paxel.

cara kirim barang pakai paxel

Happiness Hero

Kurir di perusahaan pengiriman adalah ujung tombak. Para kurir bukan hanya sekedar pegawai di Paxel, beliau-beliau ini dianggap sebagai mitra kerja. Kurir selama ini banyak yang dibayar murah. Paxel mendidik para kurir sebagai profesi profesional. Paxel berusaha merubah mindset para kurir bukan sebagai pekerja namun sebagai seorang euntrepreneur.

Kesan yang ada selama ini, kurir adalah ujung tombak perusahaan ekspedisi namun keberadaannya tidak terlalu diperhatikan. Paradigma seperti ini yang coba dirubah oleh Paxel. Jadi paham sekarang kenapa para kurir di Paxel mendapat sebutan Happiness Hero, pahlawan kebahagiaan. Kehadiran beliau-beliau ini bukan saja membawa kebahagiaan bagi para pelanggan namun juga membawa kebahagiaan untuk perusahaan.

Saat acara berlangsung, saya mencoba kirim paket menggunakan aplikasi Paxel. Kebetulan ada barang yang harus saya kirim. Sekalian saja pakai Paxel. Tinggal search aplikasi di googleplay dan lalu download. Setelah berhasil registrasi langsung dapat saldo 100rb. Alhamdulillah. Bagi yang mau download silahkan pakai kode referral: ugikmadyo.

Aplikasi Paxel Mudah Digunakan

Langkah pertama adalah klik create shipment dibagian paling bawah berwarna ungu. Lalu ketik alamat kita untuk ambil (pick up) barang. Tulis alamat lengkap tujuan. Jika tidak terdeteksi di google map ketik nama jalan utama saja. Misalnya: Jalan Ahmad Yani. Nanti tulis alamat lengkap dibagian Additional Note.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah

Lalu pilih package size. Ada 4 pilihan ukuran: small (20x11x7 cm), medium (30x20x12 cm), large (35x30x20 cm) dan custom. Small beratnya <1-1kg. Medium 2-3kg. Sedangkan large 4-5kg. Pelanggan bisa memperkirakan sendiri ukuran paket. Klik ukuran paket yang sesuai. Lalu klik continue berwarna ungu dibagian paling bawah aplikasi.

Harga pengiriman paket Paxel flat sesuai dengan size. Harga untuk dalam kota ukuran paket small Rp 18.000. Medium Rp 21.000. Untuk large harganya Rp 25.000. Untuk tarif antar kota juga berlaku flat. Hanya dilihat dari kota asal dan kota tujuan pengiriman paket. Kota yang sudah bisa di layani oleh Paxel adalah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

Khusus untuk custom tidak ada keterangan panjang, lebar, tinggi dan harga paket. Pelanggan harus isi sendiri. Jika sudah ketik panjang, lebar dan tinggi paket akan otomatis muncul shipping cost diatas keyboard angka lalu ketik done.

Setelah itu masuk ke bagian detail information. Isi seluruh informasi pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan lengkap. Informasi yang perlu diisi berupa nama lengkap, no telephon dan alamat email. Kalau sudah, pindah ke bagian item details. Klik add item types. Lalu klik apply. Kemudian pilih agree (setuju). Kalau barangnya rentan pecah atau remuk, jangan lupa klik kotak di sebelah tulisan fragile item. Bila sudah selesai semua, klik continue ungu di bagian bawah.


cara kirim barang pakai paxel

Nah masuk ke bagian shipment summary sekarang. Di bagian pick up dan destination ada keterangan estimated pickup dan estimated arrival. Kalau sekiranya pada perkiraan jam tersebut kita atau orang yang kita kirimi barang sedang tidak ada di rumah, bisa dirubah. Enak kan? Kita bisa setting jam berapa hero bisa mengambil paket. Kita bisa juga pilih jam berapa paket itu sampai ke penerima paket.

Klik estimated pickup lalu pilih jam yang kita inginkan. Lalu klik juga bagian estimated arrival. Kita juga bisa tentukan harinya. Mau hari ini langsung atau besok. Kalau pilih besok jangan lupa klik jam yang diinginkan.

Untuk yang tidak bisa klik alamat lengkap karena tidak terdeteksi google map bisa klik alamat lengkap penerima paket di bagian ini. Caranya mudah. Klik tulisan Add Delivery Instruction berwarna ungu. Klik bagian Leave package with neighbour. Lalu ketik nama lengkap penerima paket dan no telepon. Pada kotak bagian Additional Notes ketikkan alamat lengkap penerima. Jangan lupa tambahkan nama kota dan kotak pos. Hero akan mengirimkan paket ke alamat tersebut. Langkah terakhir, klik done

Kalau sudah selesai semuanya. Klik save di pojok kanan atas. Pemesanan via aplikasi Paxel sudah selesai. Saldo sudah terpotong. Tinggal tunggu Hero datang ke rumah untuk mengambil paket.

cara kirim barang pakai paxel

Nah, dibagian aplikasi awal akan tercantum order pengiriman tersebut beserta tulisan STATUS dibagian bawahnya. STATUS ini apa sih? Ini adalah Shipment History. Perjalanan paket mulai diambil Hero sampai ke tangan penerima paket tercatat semua. Nanti akan muncul nama Hero yang akan ambil atau mengantar paket kita. Seperti gambar di samping kan ada keterangan "MOH. HOSIN is on the way to pick up location' ini artinya kita harus stand by di rumah. Kalau memang terpaksa pergi, pastikan ada orang di rumah yang akan memberikan paketnya pada Hero.

Ketika Hero datang akan mengecek ulang nama, no telepon dan alamat penerima. Lalu Hero akan menimbang paket kita. Jangan kuatir, Hero sudah dibekali timbangan dari Paxel. Setelah semua data cocok kita akan diminta tanda tangan di aplikasi paxel milik Hero. Selesai semua, nota oder akan di print lalu di tempel di paket. Langkah terakhir, kita akan di foto bersama dengan paket yang akan dikirimkam. Ini wajib, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Paxel sudah menyediakan box untuk paket yang akan kita kirimkan. Nanti akan dipacking sama Hero. Namun untuk barang yang mudah pecah atau remuk lebih baik sudah kita packing dengan bubble wrap. Ini untuk mempermudah dan mempercepat kerja Hero. Juga akan mempercepat sampai paket yang kita kirim.

Para Hero Paxel mudah dikenali karena mereka menggunakan seragam yang sama. Kaos kuning dan jaket kuning ungu. Ini memang warna khas Paxel. Kenapa sih kok dua warna ungu dan kuning. Ungu melambangkan kebijakan sedangkan warna kuning melambangkan pemberi kebahagian. Jadi tahu sekarang kenapa Mas Hero pakai seragam kaos kuning.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah
Happiness Hero Mas Udin

Pembayaran paxel hanya dengan saldo yang ada di aplikasi. Tidak bisa cash atau transfer. Setiap kali top up saldo akan langsung mendapatkan bonus 20%. Top up bisa dilakukan dengan menggunakan Bank BCA, BNI dan Permata. Apabila pengiriman paket sudah terlanjur di proses secara sistem sampai selesai dan terpotong pulsa lalu karena suatu hal terpaksa dibatalkan, saldo akan kembali secara otomatis diproses oleh sistem.

Paket yang sudah terkirim ini akan sampai ke pelanggan dengan perkiraan 8 jam. Apabila paket tidak diterima dalam kurun waktu 8 jam, maka saldo yang terpotong akan dikembalikan. Proses ini berjalan otomatis by system. Nggak perlu pakai complaint.

Paket saya ini dikirimkan oleh Hero Mas Udin. Begitu paket datang Hero langsung melakukan verifikasi nama dan alamat. Setelah cocok semua penerima paket diminta tanda tangan di aplikasi Paxel milik Hero. Sebagai langkah terakhir penerima dan paket akan difoto lalu di upload ke aplikasi Paxel Hero juga. Selesai proses penerimaan.

Mudah ternyata. Praktis lagi. semua transaksi hanya menggunakan aplikasi di ponsel. Tarif pengiriman flat. Para pelanggan yang berjualan jadi lebih mudah menentukan harga jual ke pelanggan.    

      

Foto: koleksi pribadi dan screenshot aplikasi Paxel

Sabtu, 09 Februari 2019

Review Drama Strongest Deliveryman 2019

Pada awal episode drama Strongest Deliveryman, saya mengira drama ini hanya berkisah tentang drama percintaan. Ternyata banyak juga kisah tentang persahabatan, kesetiaan, kerja keras dan dunia entrepreneur. Seru. Plus deretan pemain muda yang ganteng dan cantik.

Choi Gang Soo (Go Kyung Pyo) melamar pekerjaan di restoran 88 Noodles. Gang Soo bekerja sebagai kurir pengantar makanaan. Restoran 88 Noodles berada di Jalan Hanyan yang merupakan area kuliner masakan Korea tradisional.

review drama korea strongest deliveryman 2019
Para pemeran utama. Rambut keriting Go KyungPyo ngemesin haha.

Sepanjang 16 episode drama ini bertaburan aneka makanan tradisional Korea. Paling sering muncul adalah Jajangmyeon, makanan kesukaan Gang Soo. Pas adegan makan, para akting pemainnya bagus dan natural. Berasa enak banget makanan yang mereka santap. Dijamin lapar terus pas nonton. 

Ternyata para kurir makanan ini juga ada geng-nya. Gang Soo yang anak baru menolak tunduk dengan aturan ketua geng kurir Jalan Hanyan. Walhasil, dia dikerjai habis-habisan. Piring-piring kosong bekas pelanggannya di sembunyikan. Gang Soo sukses dimarahi Nyonya Sun Ae pemilik restoran 88 Noodles. 

Ketangguhan Gang Soo dalam berkelahi membuat kepala geng kurir Jalan Hanyan bertekuk lutut. Dari sini baru ketahuan kalau Gang Soo adalah kurir makanan berpengalaman. Dia sudah menjelajah semua wilayah Seoul. Gang Soo mempunyai partner kurir wanita yang galak bernama Lee Dan A. Meski jagoan, Gang Soo sering mati kutu kalau berhadapan dengan wanita ini.

review drama korea strongest deliveryman 2019
Gang Soo dan Dan A

Selain Gang Soo dan Dan A, ada dua anak muda lagi yang kehadirannya menyegarkan drama ini. Lee Ji Yoon, yang secara tak sengaja ketemu Gang Soo sedang makan sisa makanan dari bekas piring pelanggan 88 Noodles. Ji Yon lari dari rumah. Dia anak orang kaya yang gerah hidupnya diatur terus oleh Ibunya. Dia ingin hidup mandiri.

Gang Soo yang tidak tega melihat seorang gadis kelaparan berkeliaran tanpa tempat tinggal. Pemuda baik hati ini menawarkan Ji Yoon tinggal di kamarnya, di lantai 2 restoran 88 Noodles. Dengan syarat jangan sampai ketahuan pemilik restoran dan Dan A.

Suatu malam, Han Soo kecelakaan. Sahabat Gang Soo ini koma karena terlambat dibawa ke rumah sakit. Sopir taxi penolong Han Soo harus jalan memutar. Jalan terdekat ke rumah sakit ditutup karena ada perbaikan. Ketika pulang dari rumah sakit, Han Soo melihat tidak ada bekas-bekas perbaikan di jalan tersebut. Gang Soo jadi penasaran. Dia mulai menyelidiki, ternyata jalan tersebut dibuat arena balap mobil liar anak-anak kaum borjuis.

review drama korea strongest deliveryman 2019
Dan A menolong Jin Kyu yang berusaha untuk bunuh diri

Sementara itu, Dan A menolong seorang anak muda berusaha bunuh diri, meloncat dari jembatan. Anak muda ini adalah Oh Jin Kyu, seorang anak konglomerat yang hobinya hura-hura mennghabiskan uang ayahnya. Jin Kyu sedang bermasalah dengan Ayahnya dan dia diusir dari rumah. Dan A kasihan dan membawanya ke restoran 88 Noodles. Kebetulan Dan A sakit dan Jin Kyu menjadi kurir selama Dan A sakit. Jin Jyu menjadi teman dekat Gang Soo.

Penyelidikan Gang Soo mengenai penutupan jalan untuk balapan liar mencapai titik temu. Dia marah besar, ternyata Jin Kyu yang menutup jalan untuk balapan liar. Gang Soo lebih marah lagi ketika tahu Jin Kyu dibebaskan dengan membayar jaminan. Perseteruan pribadi antara keduanya merambah ke urusan bisnis. Loh kok bisa?

Gang Soo akhirnya mendirikan sebuah perusahaan jasa pengiriman, Strongest Deliveryman. Sementara Jin Kyu menjadi manager Restoran Jeonga di dekat kawasan Jalan Hanyan. Pemilik restoran Jeonga berniat untuk 'menutup' Jalan Hanyan. Dari sini mulai terjadi adu intrik yang seru. Berbagai strategi pemasaran dikupas juga di sini. Bagi para pemilik atau pengelola usaha kuliner tidak ada salahnya menonton drama ini hingga tuntas.

review drama korea strongest deliveryman 2019
Perseteruan Gang Soo dan Jin Kyu. Pada akhirnya Jin Kyu memilih bergabung dengan Gang Soo melawan Restoran Jeonga

Saya tidak merasa bosan menonton drama ini. Alurnya cepat. Banyak konflik yang diciptakan penulis. Namun cepat selesai dan peralihan konfliknya halus. Tidak terasa membebani penonton. Selain itu pemainnya banyak banget. Baik pemain utama maupun cameo. Namun semuanya mempunyai karakter yang unik. Jadi gampang diingat.

Saya sudah tiga kali ini melihat aksi Go Kyung Pyo. Ketiganya mempunyai karakter yang berbeda dan bagus semua aktingnya. Pertama lihat di Cross jadi dokter bedah jenius yang dingin. Lalu sebagai hantu penulis yang jahil di Chicago Typewriter. Karakter Kyung Po disini lebih humanis. Banyak emosi yang dimunculkan. Dari ekspresi konyol, dingin, bahagia, marah, dan sedih notok yang sampai nangis geru-geru pun ada. Menurut saya, Go Kyung Pyo lebih bagus main di drama ini. Aktingnya nampak natural.


Foto: pinjam pakai dari KBS