Jumat, 03 April 2020

Nasi Pecel Enak Mbok Mi Jalan Golf Surabaya

nasi pecel enak mbok mi surabaya

Nasi pecel sudah menjadi makanan sejuta umat. Di Surabaya banyak sekali penjual nasi pecel. Meski kebanyakana penjual menggelar dagangannya pada pagi hari. Namun pagi, siang, sore bahkan malam hari tetap ada penjual nasi pecel di Surabaya. Baik yang kaki lima maupun kelas restoran.

Jenisnya pun beragam. Ada nasi pecel Madiun, nasi pecel Kediri, nasi pecel Ponorogo, nasi pecel pincuk dan ada juga nasi pecel rawon. Nasi pecel yang diguyur kuah rawon. Setiap nasi pecel tersebut mempunyai kekhasan masing-masing.

Nasi pecel ini termasuk makanan yang sederhana dan mudah dibuat sebenarnya. Terdiri dari berbagai sayuran yang dikukus atau direbus. Jenis sayuran bebas, tergantung selera. Ada yang menggunakan bayam, kangkung, daun ketela pohon, kenikir, bunga turi, kubis yang dirajang, kacang panjang, sawi hijau atau sawi putih. Sayuran yang sepertinya wajib hadir adalah kecambah panjang.

Sebagai saosnya biasa disebut sambal pecel. Bahannya adalah bumbu kacang, gula merah, asam jawa, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai besar, kencur dan daun jeruk. Kebetulan Bundhe saya rahimullah penjual pecel selama puluhan tahun. Beliau membuat sambal pecel kacang dengan ditumbuk menggunakan alu besi. Kalau sudah setengah halus, semua bumbu lain dimasukkan. Lalu tumbuh sampai halus dan kalis.

Nanti kalau mau makan, bumbu pecel dilarutkan dengan air lalu siramkan di atas sayuran yang sudah matang. Kalau saya tidak pernah bikin sendiri sambal pecel. Selalu beli. Bumbu pecel kalau di masukkan kulkas bagian bawah bisa tahan sampai satu bulan. Gampang kan resep nasi pecel? Tapi entah kenapa saya kok malah lebih suka beli dari pada buat sendiri. Demi memakmurkan kehidupan para penjual pecel. Halah. Ini sih cuma pencitraan. Aslinya males saja hehe.

Bagaimana rasa nasi pecel? Kalau soal rasa itu tergantung selera. Mayoritas rasanya gurih pedas. Ada juga yang sedikit manis seperti nasi pecel Ponorogo. Kalau nasi pecel ala Madiun dan Kediri menggunakan tambahan sambal tumpang. Kalau saya sih labih suka yang ada sambal tumpangnya. Sambal kacang jika bertemu dengan sambal tumpang lebih kaya rasa.

nasi pecel enak mbok mi surabaya


Nasi Pecel Mbok Mi

Penjual nasi pecel enak Surabaya yang sudah jadi langganan saya adalah nasi pecel bambu runcing. Saya baru ketemu lagi nasi pecel yang enak di Jalan Golf no 52 Surabaya. Nasi pecel Mbok Mi. Masuk saja ke komplek Marinir Jalan Golf Jogoloyo, yang ada di sebelah Yani Golf. Warungnya ada di sebelah kanan jalan, sekitar 500 meter dari pintu gerbang masuk.

Mbok Mie berjualan nasi pecel sejak tahun 1963. Sebenarnya jualannya nasi pecel, nasi krengsengan dan rawon. Namun yang paling laris adalah nasi pecel. Dahulu Beliau masih berjualan dengan menggunakan meja di depan kontrakannya. Lokasi awalnya di dekat pintu gerbang masuk komplek marinir. Lalu pindah-pindah sesuai tempat kontrakan. Namun tetap di sekitar jalan Golf.

Sekitar tahun 1980-an. Mbok Mi dan suami alhamdulillah bisa beli rumah di lokasi yang sekarang. Ketika usia semakin menua beliau menyerahkan usaha ini ke anak perempuannya. Saat ini, seluruh proses pemasakan dan penjulaan ditangani langsung oleh anaknya.

Meski begitu beliau masih sering berada di warung untuk membantu pekerjaan yang ringan-ringan. Sering kali hanya nggobrol dengan pelanggan lama yang sedang menunggu pesananya selesai. Beruntung pagi ini saya bisa langsung dilayani Mbok Mi. Anak beliau sedang memasak di dapur.

Nasi pecel di sini ada berbagai lauk tambahan. Telur mata sapi, telur dadar, telur bumbu bali, ayam goreng, bandeng presto, dadar jagung, rempelo ati goreng, daging goreng, serta tahu tempe goreng. Harga sesuai dengan tambahan lauknya. Harganya juga standar. Nasi pecel dengan lauk ayam goreng Rp 12.000. Harga tergantung dengan naik turunnya bahan baku ya.     

Kebetulan, saya bungkus nasi pecel agak banyak jadi bisa ngobrol lebih lama dengan Mbok Mi. Meski sudah sepuh hampir 80 tahun beliau masih sehat dan cekatan. Mbok Mi bercerita tentang dunia perpecelan. Beliau juga bercerita suka duka mulai berjualan pecel hingga bisa sebesar sekarang. Masyaa Allah bahagia sekali mendapat tambahan ilmu dan inspirasi dari Mbok Mi yang tangguh dan luar biasa semangatnya. Insyaa Allah cerita dari Mbok Mi akan saya buat tulisan khusus,

Mendadak jadi kangen nasi pecel buatan Budhe. Semasa hidupnya, Budhe berjuang jungkir balik menghidupi keluarganya, dengan berjualan pecel di depan rumah selama puluhan tahun. Ketika Budhe dalam kondisi sakit pun masih tetap berjualan. Bapak sampai memaksa setengah mengancam agar Budhe berhenti berjualan dan istirahat total.




Foto : koleksi pribadi

Rabu, 01 April 2020

Lomba Blog Bulan April 2020


Alhamdulillah sejak maret di rumah saja. Banyak event yang dibatalkan. Beberapa launching product juga dibatalkan. Hanya job campaint online saja yang masih berjalan. Ya sudah lah. Yang penting semua sehat dan covid19 segera berlalu. Semoga saja ikut lomba blog di bulan April ini bisa jadi salah satu pintu rejeki. Aamiin.



1. Lomba Blog Avana 

Deadline: 5 April 

Tema : review Avana

Hadiah: 
Juara 1 : Rp 3.000.000 + AVANA Advance Plan 3 Months seharga Rp 750.000
Juara 2 : Rp 2.000.000 + AVANA Business Plan 1 Months seharga Rp 500.000
Juara 3 : Rp 1.000.000 + AVANA Advance Plan 1 Months seharga Rp 250.000

Link info : https://blog.avana.id/2020/03/18/blogger-competition/



2. Lomba Blog Stimuno 

Deadline: 7 April 

Tema : uji klinis Stimuno yang aman digunakan dalam jangka panjang

Hadiah: 3 Blogger favorite @Rp 250.000

Link info : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdCn7_RoP-Rl9SjGU0yxByzxjmnZ3sOMnWpGUKpcLoPWzEZcg/viewform



3. Lomba Blog Nasmoco Anniversary 

Deadline: 10 April 

Tema : Fantastic 59th Nasmoco Anniversary

Hadiah: 
Tidak ada perinciannya. Hanya disebutkan total hadiah Rp 6.000.000

Link info : https://nasmoco.co.id/blog.php?id=39



4. Lomba Blog Absolute New York Cosmetics 

Deadline: 17 April 

Tema : Lipstick matte made in heaven Absolute New York

Hadiah: 
Juara 1 : Rp 5.000.000
Juara 2 : Rp 3.000.000
Juara 3 : Rp 1.000.000
Juara hiburan : produk senilai Rp 500.000 untuk 10 orang

Link info : https://www.instagram.com/p/B905svHFX77/



5. Lomba Blog Teman Bersih 

Deadline: 20 April 

Tema : pengalaman menggunakan aplikasi teman bersih

Hadiah: 
Utama : voucher belanja senilai Rp 1.500.000
Favorite : voucher belanja Rp 500.000
Semua peserta lomba akan mendapatkan voucher diskon 15% (berlaku untuk 1 kali transaksi)

Link info : https://www.instagram.com/p/B-EFz27nJGw/



6. Lomba Blog Dompet Dhuafa 

Deadline: 30 April 

Tema : pengalaman (pribadi atau orang lain) menebar kebaikan untuk sesama

Hadiah: 
Juara 1 : Rp 5.000.000 + produk pemberdayaan
Juara 2 : Rp 3.000.000 + produk pemberdayaan
Juara 3 : Rp 2.000.000 + produk pemberdayaan
5 tulisan terpilih voucher @Rp 500.000 + produk pemberdayaan

Link info : https://donasi.dompetdhuafa.org/lombablog/




Foto : koleksi dompet dhuafa

Senin, 30 Maret 2020

Review Film Toy Stories 4, Perpisahan Woody

Hanya di film anak urusan kecil bisa jadi besar.

review film toy story 4


Toy Story tayang ulang di Channel Fox Movie. Lumayan bisa menambah stock amunisi agar anak-anak tetap anteng di rumah.

Adegan dibuka dengan cerita tentang Bo. Boneka lampu keramik penggembala domba. Bo pun harus berpisah dengan Woody. Akhir kisah di Toy Storie 3, Woody dan teman-temannya diberikan pada Bonnie. Gadis kecil keponakan Andy.

Namanya juga anak kecil. Pasti ada bosannya dengan mainan tertentu. Bonnie ini lagi bosan sama Woody. Pada awalnya Woody adalah mainan kesayangan Bonnie. Meski sebenarnya ada perasaan tersisih namun rasa cintanya pada Bonie tak membuatnya benci.

Ketika Bonie mulai masuk sekolah. Woody mulai cemas. Apalagi gadis cilik ini tidak diperbolehkan membawa mainan dari rumah. Sudah disediakan mainan di sekolah. Bonie sedih. Dia enggan ke sekolah.

Woody sangat berpengalaman menemani Andy selama puluhan tahun. Dia paham betul, awal masuk sekolah bagi anak adalah situasi yang 'rumit'. Woody memaksakan diri untuk ikut ke sekolah TK. Boneka koboi ini menyelinap masuk ke tas Bonnie.

Woody dan Forky

Ternyata benar. Bonnie sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Dia hanya duduk diam di meja sendirian. Sementara teman-temannya asyik bermain di ruang lain. Woodie putar otak agar Bonnie mempunyai teman. Akhirnya dia mengambil beberapa bahan dari tempat sampah dan meletakkan di dekat Bonnie.

review film toy story 4


Gadis kecil ini membuat boneka dari garpu, sendok ice cream dan kawat. Lalu teman barunya ini diberi nama Forky. Dalam dunia boneka menjadi 'barang' kesayangan anak manusia itu adalah hal yang sangat didambakan. Namun berbeda dengan Forky. Dia lebih suka tinggal di tempat sampah.

Forky tidak suka menjadi 'permainan' Bonnie. Berkali-kali dia melarikan diri ke tempat sampah. Woody sampai kalang kabut menghadapinya. Bonnie sudah terlanjur cinta mati sama Forky. Garpu bekas ini selalu dalam genggaman kapan dan dimana saja. Bahkan saat tidur pun harus sambil memegang Forky.

Petualangan Woodie terjadi ketika Bonnie sekeluarga berlibur dengan mobil karavan. Ketika Bonnie tidur. Forky meloncat dari jendela karavan yang sedang berjalan. Begitu tahu, Woody langsung loncat menyusul. Misinya hanya satu, membawa Forky kembali sebelum Bonnie bangun. Untung saja tempat tujuan mereka sudah dekat.

Forky tentu saja tidak mau pulang. Woody pun menyeretnya. Selama dalam perjalanan pulang, Woody ceramah panjang lebar tentang kepemilikan boneka pada anak manusia. Ada loyalitas dan kesetiaan yang harus diberikan selama suatu boneka menjadi milik manusia. Ketika boneka sudah tidak diinginkan maka selesai sudah pengabdiannya.

Ketika melewati toko barang antik, Woody melihat lampu tempat Bo si Gadis Gembala bediri. Woody spontan masuk ke toko tersebut. Mereka sudah berpisah selama 7 tahun. Woody ingin bertemu dengan sahabatnya lagi.

review film toy story 4


Dalam toko antik, Woody bertemu dengan Gabby dan Benson. Mereka ini boneka penguasa di toko tersebut. Gabby ternyata mengincar mesin suara yang ada di punggung Woody. Masalah makin runyam saat Forky disandera demi Gabby bisa mendapatkan keinginannya.

Woody Bertemu Bo

Woody melarikan diri dan bermaksud untuk minta bantuan temna-temannya di mobil caravan. Saat melarikan diri ini, Dia bertemu dengan Bo dan domba-dombanya secara tidak sengaja. Woody dan Bo bahagia sekali dengan pertemuan ini. Mereka dahulu selalu saling tolong menolong dalam berbagai misi menyelamatkan teman-temannya.

Di saat yang sama, Buzz Lightyear pergi mencari Woody. Sahabat setianya ini khawatir karena Woody lama tidak kembali. Untungkah dia segera bertemu dengan boneka coboy tersebut. Woody, Bo, Buzz, 2 boneka carnaval dan teman-teman baru Bo bekerja sama untuk membebaskan Forky.

Selama menjadi tahanan Gabby, Forky ketakutan. Dia hanya ingin bertemu Woody dan pulang bersama ke Bonnie. Ternyata dunia luar menyeramkan. Lebih aman jika berada di tangan Bonnie. Mulai dari sini banyak adegan petualangan seru dan heboh khas Toy Story.

Forky akan dilepaskan, tetapi Gabby meminta agar Woody menyerahkan mesin suaranya. Tentu saja Woody menyanggupi hal tersebut. Bonnie sudah tidak menginginkannya jadi mesin suara itu sama sekali tak berarti.

review film toy story 4


Akhirnya Woody, Forky dan Buzz bisa kembali ke mobil caravan. Namun ada kejutan di akhir cerita. Bo tidak ingin menjadi mainan manusia lagi. Gadis pengembala ini sudah nyaman menjadi boneka tanpa tuan.

Perpisahan Woody

Woody ternyata ikut dengan Bo. Bonnie sudah tidak menginginkannya lagi. Maka tugasnya sebagai boneka manusia sudah selesai. Dia ingin menjadi boneka tanpa tuan seperti Bo, berpetualang dari satu tempat ke tempat lain.

Selama menonton film ini, saya jadi paham kenapa Toy Story 4 tidak terlalu booming. Film ini lebih banyak dialog pada bagian awal. Berbeda dengan Toy Story 1-3 yang full petualangan dari awal hingga akhir. Banyak anak-anak yang mungkin lebih menyukai berbagai adegan seru dengan durasi yang lama. Bisa juga karena generasi pecinta Toy Story sudah beranjak remaja. Seleranya sudah bergeser.

Kalau bagi saya yang orang dewasa masih cukup seru sih petualangan Woody dan teman-temannya. Adegan paling menyentuh saat Woody ngobrol dengan Buzz tentang Forky. Dialognya berasa dewasa banget. Keikhlasan Woody ketika posisinya tergantikan oleh Forky. Bagi Woody yang penting adalah kebahagiaan Bonnie. So Sweet.




Foto: Koleksi Disney 

Minggu, 22 Maret 2020

Cara Cek No BPOM Online pakai Aplikasi Cek BPOM Mobile


Sebelum beli produk pangan atau obat pasti kita cek label halal dan no BPOM. Kalau label halal gampang mengindikasinya. Ada lebel MUI yang tercetak di kemasan produk. Nah kalau untuk cek no ijin BPOM ini yang agak susah. Harus cek dulu di website BPOM yaitu http://cekbpom.pom.go.id/.

Kalau belanja produk yang biasa kita beli dan sudah di cek no ijin BPOM tenang saja. Nah kalau pas beli atau butuh produk belum pernah kita cek no ijin BPOM-nya. Tentu bingung. Jadinya ya modal bismillah. Semoga pas dicek saat di rumah benar adanya produk tersebut sudah mempunyai no ijin BPOM yang betul.

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan bersama Balai Besar POM memberi edukasi ke masyarakat melalui kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di berbagai kota.

CekKLIK

BPOM telah berkampanye tentang wajib CekKLIK sebelum memberi produk makanan minuman atau obat-obatan. Apa itu? CekKLIK adalah singkatan dari cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa.

Kemasan
Ini adalah pemeriksaan yang paling mudah dilakukan. Kemasan luar pastikan tidak lusuh atau berlubang, tidak pudar, tidak luntur warna dan tulisannya, tidak robek dan tidak penyok. Terutama untuk kemasan makanan dan minuman yang langsung bisa dikonsumsi. Harus lebih teliti cek kemasannya.

Label
Setiap produk makanan minuman serta obat sudah ada standart masalah label. Ada ketentuan label harus ada beberapa informasi yang dicantumkan, antara lain:
1. Nama produk
2. Komposisi atau bahan aktif
3. Dosis
4. Kegunaan
5. Kategori
6. Info lain. Misalnya anjuran penyimpanan
7. Peringatan bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.
Ketentuan informasi ini sudah standar baku. Produsen sebelum menjual peroduknya harus mentaati ketentuan tersebut. 

Ijin Edar
Para konsumen selain bisa cek no ijin edar di website, bisa juga menggunakan aplikasi cek BPOM Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh dari playstrore atau app store. Namun aplikasi belum bisa scan barcode. Kita harus memasukkan no registrasi produk. Sama seperti kalau kita cek no ijin edar BPOM di website.

Keuntungannya, kita bisa langsung cek produk saat belanja. Jadi lebih tenang lagi kalau akan membeli. Cek BPOM versi website kalau di buka di ponsel kurang nyaman dilihat. Sudah tidak ada alasan lagi. Pastikan makanan, minuman dan obat-obatan sudah ada ijin edar dari Badan POM Indonesia.

Kadaluarsa
Satu ini juga sangat penting untuk diperhatikan dengan sangat teliti. Makanan atau obat yang sudah kadaluarsa bila dikonsumsi akan beresiko tinggi untuk kesehatan. beberapa obat akan mengalami perubahan komposisi kimia, yang bisa jadi zat berbahaya. Begitu juga dengan bahan makanan. Ada makanan atau minuman tertentu tidak boleh dikonsumsi ketika sudah kadaluarsa. Bisa jadi makanan atau minuman tersebut malah akan menjadi racun.

Gampang kan Cek no ijin edar BPOM? Pastikan untuk sellau teliti sebelum membeli. Demi kesehatan seluruh keluarga kita.



Foto: koleksi BPOM


Sabtu, 21 Maret 2020

Kue Balok Enak Khas Jawa Barat

kue balok parikesit coklat
Kue Balok Parikesit

Saya pertama kali tahu tentang kue balok ketika sedang di Jogjakarta. Saat itu ada penjual kue balok parikesit dengan banyak pembeli. Penasaran. Tentu saja. Seenak apa sih yang membuat kue ini sampai orang rela antri panjang?

Ternyata saya belum berjodoh mencicipi kue balok parikesit Jogja. Saya malah berhasil makan kue balok coklat ini saat di Surabaya.

"Ada kue balok parikesit di Jalan Tidar. Coba, yuk!" kata suami. Saya langsung mengangguk cepat. Kebetulan, kami saat itu ada di dekat Jalan Tidar. Ternyata kami datang saat menjelang tutup. Untung saja masih ada stock yang sudah matang.

Kue balok ini teksturnya lembut seperti brownies. Pada bagian tengah atas terbuka dan ada isian coklat cair. Kalau panas, ketika dipotong separuh coklatnya langsung meleleh keluar. Meski adonannya mengandung coklat dan isiannya juga coklat tetapi tidak terlalu manis. Tidak eneg kalau dimakan.

Cara pembuatnnya unik. Adonan kue balok Parikesit Surabaya dimasukkan cetakan. Untuk cetakan kue balok ini bentuknya mirip dengan cetakan kue pukis. Namun ukurannya lebih tebal. Lalu cetakan ditutup dengan kotak yang berisi arang panas. Sekitar 10 atau 15 menit kotak arang panas diangkat. Kue balok coklat sudah matang. Mudah ternyata cara membuat kue balok.

Harganya adalah Rp 10.000 isi 4 buah. Sedangkan yang isi 10 buah seharga Rp 25.000. Kue balok Parikesit ini sudah ada sejak desember 2018. Hingga saat ini semakin banyak cabangnya diberbagai kota.

Sejarah Kue Balok

Kue balok sebenarnya adalah jajanan khas dari Jawa Barat. Konon asalnya dari Garut. Meski begitu, kue balok malah banyak ditemui di kota Bandung.

Konon ceritanya, kue balok Bandung ini sudah ada pada saat jaman penjajahan Belanda. Ada seorang juru masak yang bekerja di tuan tanah Belanda membuat ransum untuk para pekerja. Sang juru masak membuat kue padat yang tahan lama. Kue ini sangat mengenyangkan dan disukai para pekerja.

Sekitar tahun 1950-an, mulai banyak penjual kue balok. Kue satu ini hanya beredar di kalangan kelas menengah ke bawah. Biasanya untuk sarapan. Kue balok mendapat julukan hiji oge seubeuh (satu pun kenyang).

Saat ini, semua kalangan sangat menyukai kue balok. Berbagai inovasi dilakuakn para penjual. Kue balok membunyai banyak variasi topping. Paling digemari adalah topping coklat dan keju. Meski yang original juga masih tetap digemari. Tekstur kue balok lembut saat ini. Bukan lagi sekedar sebagai sarapan. Kue belok tersedia kapan saja dan di mana saja.

Kue balok ini rasa dan teksturnya mirip dengan kue pukis. Kalau kue balok lebih tebal dua kali lipat dari kue pukis. Cara pembuatannya juga sama. Bahannya secara keseluruhan juga sama hanya beda pada pelarutnya saja. Kalau kue pukis menggunakan santan sedangkan kue balok menggunakan susu.

Pagi hujan seperti ini, sepertinya enak kalau sarapan kue balok dengan teh hangat.




Foto: koleksi pribadi

Referensi tambahan : www.miaulicious.com

Minggu, 15 Maret 2020

Besan Polah Pak Lurah Kepradah


Warung Barokah sik rame Emak-Emak belonjo. Bapak-bapak sik durung ketok blas. Lah iyolah sik jam enem isuk. Paling sik podo ngeterno anak e sekolah. Lek nggak ngono y0 sik mlungker nang kasur. Mak Sur lek isuk pancen dodol lijoan. Jam 4 isuk wis dasar. Sayuran, bumbu lan konco-konco plek e wis jangkep. Mari lijoan sepi, Mak Sur baru masak gawe warung.

Ket mulai ngono warung ruame. Podo ngomong pating cruet. Jian koyok pasar ae. Cak Yo sampek gedheg-gedheg saking ramene. Kabeh podo ngomongno demo nang Pak Lurah wingi. Demo wingi sampek parak bengi. Mak Sur karo Pak Yo budhal kulakan jam 2 isuk sik akeh wong cangkruk-an nang njobo.

Mak Rah : Jian nemen kok. Mosok karo tanggo dewe cek tegone. Koyok gak eling ae engkok lek mati sopo sing ape ngusung mayite.

Mak Tin : Niku awal-e pripun to, Mak. Kok sampek gebuk-gebukan ngonten.

Mak Rah : Wak Jan, besan e Pak Lurah iku, nekakno anak buahe sak arat-arat. Jogo nang ngarepe kelurahan. Ngedang-ngedangi wong demo. Pas wayahe wong-wong ape buyar moro-moro sing barisan ngarep iku disurung-surung. Onok sing dijongkrok-no.

Mak Tin : Lah. Olaopo kok disurung, dijongkrokno barang?

Mak Rah: Dikon ndhang buyar, Jeng. Lah wong sakmono akehe. Dalane sempit. Lek sing mburi dewe mlakune alon-alon. Sing ngarep dewe lak yo melu alon mlakune.

Mak Tin : Tiang-tiang sing ngarep mbales ya, Mak?

Mak Nah : Yo jelas, Mbak. Diseneni karo wong-wong lah kok malah ngeyel. Onok sing moro-moro ngantem wong kene. Wong kok gak duwe udel. Atase wong bayaran ae koyok wong sing paling kuoso. Jangan asem rong ewu, Mak Sur.

Mak Sur : Yo, sik antri. Iki Mak Ni sik durung mari.

Mak Rah : Langsung rame wis. Antem-anteman. Podo nggak terimone. Nggak kenek dikandani. Aku ngene iki poleh melok mangkel. Anakku yo diantemi soale.

Mak Ni : Podo, Nyah. Aku anak loro karo bojoku. Teko omah bengep kabeh. Sing ragil iku sampe mimisen suwe. Aku yo melok getem-getem ngene iki.

Mak Rah : Iku wingi lek gak ditekani marinir, nggak ngarah buyar. Wong-wong dikon buyar marinir yo lngsung nurut. Padahal mek diomongi tok. Nggak kathek digepuki.

Mak Sur : Yo iyalah. Kene lak menungso duduk sapi. Yo lek nggusah sapi ngono digebuki.

Cak Yo : Sabar, Bu. Sabar.

Mak Sur : Poleh melok emosi ngene iki, Pak.
#          #          #

Repot pancen lek kene wong sing mentale aji mumpung. Mumpung besan e pejabat. Iso polah sak akrepe dewe. Piro suwene sih jabatan lurah iku. Ojok sampek besan wis nggak dadi lurah wong sak jagat kerat buak idhu nang rai. Nauzubillahminzalik. Amit-amit jabang bayi.



Foto: koleksi pribadi

Sabtu, 14 Maret 2020

Review Crown Prince Hotel Surabaya

review crown prince hotel surabaya

Kalau sedang tidak bisa liburan tapi ingin sekali berlibur sejenak. Maksudnya ingin ganti suasana. Biar liburan tidak di rumah saja. Pernah merasakan hal ini?

Kalau saya solusinya gampang. Staycation sejenak. Tidak usah lama. Cukup semalam saja. Tempatnya tak perlu jauh. Cukup di hotel dekat rumah. Kebetulan ada banyak hotel di Surabaya. Banyak pula yang baru. Harganya bervariasi. Mau hotel bintang 3 di Surabaya banyak. Hotel bintang 5 di Surabaya lengkap.

Lokasi

Minggu lalu, kami ingin benar-benar berlibur sejenak. Pilih tempat yang agak jauh dari rumah. Kami akhirnya menginap di Crown Prince Hotel Surabaya. Lokasi hotel ini ada di tengah kota. Tepatnya di Jalan Basuki Rahmat no 123-127 Surabaya. Kalau dari Jalan Raya Darmo menuju ke Tunjungan Plaza, hotel ini ada di sebelah kanan jalan. Dekat dengan patung karapan sapi.

Hotel ini dekat kalau mau kemana-mana. Dekat Mall, ada Tunjungan Plaza. Tempat wisata pun tak jauh. Kalau ingin mencari makanan khas Surabaya juga gampang. Ada banyak tempat makan di sekitar hotel ini. Mau makanan cepat saji juga tersedia lengkap. Kalau malas keluar, di hotel ini masakannya juga lezat dengan berbagai pilihan menu yang lengkap.

review crown prince hotel surabaya


Kamar Hotel  

Kami menginap di classy room dengan view Jalan Basuki Rahmat plus gedung-gedung tinggi nan cantik. Kamarnya luas. Begitu masuk, kamar tamu langsung terlihat. Kamar tamu dan kamar tidur hanya dibatasi partisi kayu berongga. Kamar jadi terkesan lebih luas. Pas di sebelah pintu masuk ada kamar mandi. Lemari, meja kerja, kulkas dan mini bar terletak di ruang tamu. 

Sebelah ruang tamu adalah kamar tidur. Komposisi ruang paling besar adalah tempat tidur. Ruang tamu dan kamar mandi sama luasnya. Sebenarnya kamar tamu lebih luas tapi 'termakan' dereten furniture. Buat saya tidak masalah karena kamar tamu ini tidak dipergunakan. 

Selama menginap, kamar tamu ini sebagai tempat perbekalan dan penyimpanan aneka perlengkapan yang kami bawa. Kamar tidur isinya tempat tidur, televisi dan rak-rak kecil. Benar-benar bersih dari segala tetek bengek. Saya suka seperti ini. Istirahat jadi lebih nyaman. Saya jadi betah di kasur, malas mau ke mana-mana.

Kamar mandi di sini, sesuai standart. Hanya ada pancuran tidak ada bathtub. Ini nih yang saya suka. Saya yang seram sendiri kalau kamar hotel ada bathtub. Pengaruh film thriler yang sering saya tonton sepertinya. Toiletrist lengkap. Ada hairdryer, 2 jubah mandi dan timbangan. Meski liburan, badan tetap terkontrol nih ceritanya. Tidak ada setrika tapi ada laundry yang siap 24 jam.

review crown prince hotel surabaya


Ada 4 pilihan kamar di Crown Prince Hotel Surabaya. Ada Cozy Room, Comfy Room, Charming Room dan Classy Room. Semua kamar ini mempunyai fasilitas yang sama yaitu LED TV 42", WiFi gratis, minibar, kopi teh dan perlengkapannya serta deposit box.

Perbedaan keempat type kamar ini hanya pada luas kamar, design interior dan harganya. Cozy room interiornya simple modern. Comfy room nuansa kayu minimalis modern. Kalau Charming Room nuansanya kayu yang hangat. Sedangkan Classy Room nuansa kayu nan elegan. Meski design interior bernuansa kayu tapi tidak terkesan kuno dan tradisional.

Di hotel ini tersedia juga kamar dengan pintu yang tersambung. Kalau membawa keluarga besar dan harus sewa dua kamar lebih aman. Kalau menginginkan kamar model begini. Pastikan di resepsionis ketika melakukan pemesanan kamar. Kalau pesan secara online pastikan dengan teliti sebelum memesan. Kalau memang salah pesan, jika kondisi hotel tidak penuh dan kamar tersedia, kita bisa pindah kamar.

Fasilitas Hotel

Saya paling suka The Avallon restaurant di hotel Crown Prince Hotel Surabaya. Selain makanannya enak semua, tempatnya nyaman dan interiornya cantik. Kalau malas keluar dan ingin rebahan saja di kasur tidak masalah. Tinggal pesan makanan saja. The Avallon restaurant buka jam 06.00 - 22.00 WIB.

review crown prince hotel surabaya
Foto from Crown Prince Hotel Website

Ada juga The Lobby Lounge. Kalau pas menginap di sini dan ada meeting dadakan bisa di lounge ini. Tempatnya tenang dan nyaman. Aneka minuman dan snack tersedia lengkap. The Lobby Lounge di hotel Crown Prince Hotel Surabaya buka jam 10.00 - 22.00 WIB.

Satu hal lagi yang saya suka. Kolam renang, Gym dan D'Spa berada di satu lantai yaitu lantai 6. Berdekatan pula. Setelah nge-gym, langsung berenang lalu spa. Balik kamar tidur dengan pulas.

Namun sayang. saat saya menginap di sini kondisi hotel sedang banyak yang menginap. Kolam renang dan gym banyak yang menggunakan. Spa juga antri dulu. Ya sudahlah balik kamar lagi. Rebahan saja sambil nonton film di TV cable.

Perlu diketahui bahwa kolam renang bersebelahan dengan Sixth Lounge. Saya memilih renang pagi hari sebelum Sixth Laounge buka. Risih saja kalau berenang dilihati banyak orang yang lagi duduk ngobrol.

review crown prince hotel surabaya


Kolam renang dan gym tidak ada ketentuan jam buka dan tutup. Kalau D'Spa buka setiap hari jam 09.00 - 23.00 WIB. Bagi Anda yang tidak menginap di Crown Prince Hotel bisa menikmati Gym, kolam rennag dan D'Spa namun harus reservasi dahulu.

Bagi Anda yang akan mengadakan workshop, acara kantor atau kumpul dengan komunitas bisa di sini. Tersedia 8 meeting room. Kapasitasnya 10-200 orang. Tergantung setting tempat yang akan digunakan. Apakah dibuat model ruang kelas, meja bundar atau model theater.

Biaya sewa meeting room sudah termasuk air mineral, permen, note pad beserta ballpoint, sound system dengan 2 microphone, LCD projector beserta screen, flipcart plus spidol dan free WiFi.

Meeting room ini juga bisa disewa untuk tempat pernikahan. Meeting room akan disambung sesuai dengan kebutuhan penyewa. Tersedia paket wedding mulai dari Rp 30.000.000. Bagi keluarga pengantin yang ingin menginap di hotel ini ada potongan harga khusus. Selain itu juga ada bonus foto pre-wedding di area Hotel.

Perlu diketahui bahwa ada area bebas rokok dan area khusus untuk perokok. Bagi Anda perokok lebih baik bertanya dahulu tempat mana saja yang termasuk area khusus perokok. Daripada nanti terlanjur merokok lalu ditegur pelanggan hotel yang terganggu. Kan malu.



Foto: koleksi pribadi