3 Manfaat Puasa di Rumah Aja

Puasa tahun ini masih terbawa hawa puasa saat pandemi. Puasa Ramadan selama 2 tahun kemaren memang berbeda. Berhubung masih masa PPKM, selama puasa di rumah aja. Sangat berbeda dengan puasa Ramadan biasanya. Memang terasa berat saat puasa Ramadan 2020. Masuk tahun kedua sudah mulai biasa.

Puasa Ramadan 2022 kondisinya sudah mulai normal. Pandemi sudah berakhir di banyak negara. Meski Indonesia belum menyatakan bebas pandemi tapi kondisinya sudah lebih bebas. Kami sekeluarga terlanjur nyaman dengan puasa di rumah aja selama pandemi lalu. Tahun ini pun, kami ingin selama ramadan lebih banyak di rumah aja. Apa sih manfaat puasa di rumah aja? 

1. Fokus Ibadah
Jika lebih banyak di rumah aja, tentu akan lebih banyak waktu. Tidak banyak waktu yang terbuang di jalan. Yah mau bagaimana lagi jalanan selalu macet. Ramadan harus lebih banyak ibadah kata Pak Uztad. Kalau memang lebih banyak di rumah aja, lebih baik fokus untuk melakukan ibadah.

Setiap ada waktu luang bisa digunakan untuk beribadah. Kalau saya yang paling utama adalah untuk baca Al Qur'an. Saya paling keteteran kalau sudah masuk setengah bulan Ramadan. Akhirnya jadi lembur khataman saat hari-hari akhir Ramadan.

Jika lebih banyak waktu di rumah aja enak nih. Bisa nyicil baca Al Qur'an sehari 1 juz. Lumayan tak perlu ngos-ngosan. Bisa khatam 30 juz pas hari terakhir Ramadan. Insyaa Allah. Aamiin.    

2. Lebih dekat dengan keluarga
Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk kembali mengeratkan hubungan dengan semua anggota keluarga. Anak-anak akan lebih banyak aktivitas di rumah. Load pekerjaan juga sedikit menurun. 

Lebih banyak waktu luang di rumah. Ini saatnya ngobrol intens dengan pasangan dan anak-anak. Kalau pasangan atau anak-anak masih banyak PR yang harus dikerjakan, kita bisa membantunya. Lumayan bisa cepat selesai. Bikin badan tidak terllau capek pula.

3. Giat cari uang dan peluang kerja 
Kebetulan kantor saya di rumah. Pas Ramadan justru load pekerjaan meningkat. Biasanya saya kebut di awal Ramadan. Biar lebih santai saat menjelang akhir Ramadan. Kalau bisa malah harus selesai semua saat 10 hari terakhir. Biar lebih fokus i'tikaf. Plus bisa liburan dengan tenang selama lebaran. 

Sejujurnya, justru malah banyak kerjaan yang datang saat Ramadan. Jadi ya lumayan banget uangnya bisa buat lebaran bersama keluarga. Client banyak yang butuh promo berbagai kebutuhan saat Ramadan dan Lebaran. Alhamdulillah. Lumayan bisa nambah tabungan. Libur lebaran bisa panjang. Acara kumpul dengan keluarga besar lebih puas lagi.

Puasa di rumah aja tetap seru kok. Tidak terasa membosankan.

Komentar