Minggu, 24 November 2019

Warung Pak Umar Cabang Apartemen Praxis Surabaya

warung pak umar surabaya


"Kumpul, yuk!" pesan singkat dari seorang food blogger Surabaya tiba-tiba masuk.
"Yuk. Dimana?"
"Aku share location, ya." tak lama kemudian sebuah pesan masuk. Saya langsung membalas dan dandan kilat cantik ala kadarnya. Kebetulan lokasinya dekat. Saya juga lagi butuh penyegaran. Refresing sejenak ganti suasana.

Saya datang ke Apartement Praxis lumayan cepat. Kebetulan jalan lancar tanpa macet. Saya langsung menuju ke lantai G untuk mencari Warung Pak Umar. Begitu keluar dari parkir basement dengan elevator langsung kelihatan warung ini. Warung Pak Umar ini baru 5 bulan hadir sebagai cabang ke 2 di Surabaya. Cabang pertama ada di Sedati, Sidoarjo. Cabang ke 2 di Loop, Surabaya Barat. Cabang ke 3 di Palembang dan cabang ke 4 di Apartemen Praxis, Surabaya Pusat.

Ketika saya masuk, dua orang teman blogger sudah datang. Kalau ngobrol bersama teman yang seru tak lengkap rasanya kalau tanpa ditemani camilan. Seorang teman memesan singkong goreng, tahu goreng dan tape gulung. Sebagai pelengkap, saya memesan es teh manis.

warung pak umar sidoarjo
Paket rame bebek dan ayam goreng

Tak seberapa lama, pesanan pun datang. Wow. Gelasnya jumbo. Mantap. Untung tadi cuma pesan es teh. Kalau pesan es dawet bisa kenyang duluan sebelum makan. Saya langsung tertarik dengan tape gulung. Ini sebenarnya tape goreng. Namun dimodifikasi tapenya digulung dalam kulit tepung lalu baru digoreng. Penyajiannya dengan gula halus yang ditaburkan pada bagian atasnya. Tenang rasanya tidak terlalu manis meski ditambah gula halus.

Kalau tahu goreng disajikan dengan sambal itu sudah biasa. Disini, singkong goreng juga disajikan dengan sambel. Sama dengan tahu goreng, campuran antara sambel terasi dan bumbu bebek. Sensasi rasanya jadi unik. Pedas dan gurih.

Sambil menunggu teman-teman blongger yang masih di perjalanan kami ngobrol seru tentang dunia blogger dan influence. Tempat ini nyaman buat nongkrong lama. Musik selalu diputar namun tidak terlalu bising. Kalau lagi datang sendirian, musiknya bisa dinikmati. Kalau datang dengan seseorang pun tidak akan mengganggu kalau lagi ngobrol. Tidak perlu sampai ngotot kalau sedang ngobrol. Intonasi santai saja.


kuliner enak surabaya
Paket rame ayam bakar

Saya suka dengan interiornya. Nggak terlalu rame namun unik. Berkesan sekali pandang. Meski banyak lampu namun pencahayaannya redup melankolis. Bagi yang terbiasa dengan ruangan terang benderang mungkin perlu penyesuaian mata dan tubuh.

Setelah semakin banyak teman yang datang, kami pun pesan makanan. Lapar. Kami ditawari paket baru. Paket rame-rame. Cocok nih. Tidak pakai lama makanan kami pun datang. Paket rame-rame bebek goreng dan ayam goreng, masing masing 1 ekor. Aromanya masyaa Allah bikin perut riuh bergemuruh. Penyajian paket rame-rame ini dengan nampan kayu yang unik.

Saya langsung ambil bebek goreng, nasi kemangi dan oseng kacang dari nampang saji. Sebagai penambah selera ada tiga pilihan sambal yaitu sambal korek, sambal terasi dan sambal matah. Bagi pecinta pedas pilihlah sambal korek. Pedasnya mantap. Kalau yang tidak terlalu suka pedas bisa pilih sambal terasi atau sambal matah. Oh iya sambalnya bisa refill sepuasnya di sini. Tidak ada batasan dan gratis.


warung pak umar surabaya
Tape gulung, singkong goreng dan tahu goreng

Meski pesanan berupa bebek dan ayam 1 ekor, tetapi sudah dipotong menjadi 4 bagian. Sangat memudahkan saat makan. Tiap orang bisa langsung ambil bagiannya. Nggak perlu lagi potong krues pakai tangan.

Bebek gorengnya empuk. Bumbunya gurih dan meresap sampai dalam. Bebek ini digoreng garing. Tulangnya pun bisa dimakan karena gampang banget digigit saking renyahnya. Pantesan begitu bebek goreng datang langsung rebutan. Kalau saya sih, makan satu potong rasanya kurang. Namun gimana lagi. Ingat umur dan badan. Satu potong saja sudah cukup.

Ayam gorengnya juga sama enak. Empuk dan bumbunya meresap sampai dalam. Apalagi dimakan dengan nasi kemangi. Ini nih yang juara. Nasi kemangi ini punel dan terasa gurih rempahnya. Aromanya juga sedap. Perpaduan antara kemangi dan rempah.


kuliner surabaya


Nasi Kemangi porsinya besar. Buat makan 4 orang masih sisa. Mungkin ini karena porsi cewek diet ya. Kalau untuk porsi makan normal cukup nasinya. Seorang teman tiba-tiba pesan paket rame yang ayam bakar. Saya nyerah, nggak ikutan. Sudah kenyang. Ambil foto dan bikin video saja.

Ternyata, manusia punya rencana namun kenyataannya berbeda. Pas pesanan keluar, aroma ayam bakar sedap banget. Perut kenyang mendadak jadi lapar lagi. Akhirnya ikut mencicipi ayam bakar. Incip tuh cuma makan ayam bakar sepotong saja tanpa nasi. Ini incip versi saya.

Perpaduan bumbu manis dan legit di ayam bakar ini pas komposisinya. Aroma rempahnya sangat menggoda. Wangi dan sedap banget. Asli menggoda napsu makan banget. Bumbu ayam bakar juga merasuk sampai ke dalam daging. Pas banget kalau dimakan dengan nasi kemangi. Perpaduan bumbunya saling melengkapi.   

bebek enak surabaya


Saat sedang seru mambahas ayam dan bebek, kami dihampiri Pak Umar. Beliau adalah pemilik Warung Pak Umar ini. Beliau chef yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun di berbagai tempat. Lalu memutuskan untuk mempunyai restoran sendiri. Pantesan masakanan di sini juara semua rasanya.

Selain paket rame-rame juga tersedia aneka masakan yang lain. Bagi yang tidak suka makan bebek, nggak masalah. Masih ada menu makanan yang lainnya. 

Eh iya. Buat para pecinta Warung Pak Umar bisa daftar membership di aplikasi TADA. Keuntungannya akan mendapat diskon 20% untuk setiap pembelian. Selain itu juga ketika beli snack, beli 1 dapat 1.Ada lagi. Untuk 50 orang pertama akan mendapatkan diskon 40%. Banyak banget.

Nikmat nih. Mau makan enak. Mau makan murah. Makan seru di Warung Pak Umar saja.

warung pak umar surabaya




Foto: koleksi pribadi       

47 komentar:

  1. Kayaknya tempatnya asik nih...menunya juga menggoda...Kalo ke surabaya boleh nih disamperin warungnya....

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomended banget nih mbak. Mampir kalau ke Surabaya.

      Hapus
  2. Kalau yang makan cowo-cowo pasti kurang itu ya porsi nasi kemanginya hehehe. Cewe-cewe makan nasinya sedikit tapi lauknya . banyak :) Wah enak ya ada tempat makan gini di apartemen

    BalasHapus
  3. Aduh beneran ngiler nih mbak liat foto makanannya. Jadi penasaran dengan warung pak Umar ini. Ada juga di Loop Surabaya barat ya? Ntar kalau liburan mau cobain deh yang di Loop, dekat sama tempat saudara di Surabaya.

    BalasHapus
  4. Lokasinya strategis banget ya Mba
    Bisa buat kongkow ((KONGKOWW))) sambil menikmati Surabaya yg makin assoy geboy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((kongkow)) kayaknya kita seangkatan nih mbak haha.

      Hapus
  5. wahh aku paling suka makan bebek. buat nongkrong manis boleh juga nih dicoba kalo main ke surabaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mbak. Bikin betah tempatnya.

      Hapus
  6. Aduuuu sambal dan bebek lalu camilan. Aku mauu.. iyaa kalau ada musiknya terus ngobrol kadang suka terlalu gede musiknya. Asik klo sedang aja, nggak ganggu saat ngobrol hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, Kak. Suka bete kalau musiknya terlalu kencang. Nggak bisa ngobrol dengan nikmat.

      Hapus
  7. Singkong goreng hangat dengan sambal itu, favoritku juga
    Apalagi dinikmati bareng kesayangan.
    Mantul!
    Btw, aku tahu makan singgong pakai sambal itu ya sejak merantau ke Kalimantan.
    Di tempat asalku dulu, Pematangsiantar Sumut, singkong goreng cuma jodoh sama teh manis hangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru kali ini makan singkong goreng pakai sambel. Kalau di Jawa singkong goreng dimakan bareng kopi atau teh hangat.

      Hapus
  8. Saya suka menu bebek daripada ayam. Asalkan dagingnya gak alot. Daging bebek rasanya lebih gurih

    BalasHapus
  9. Bebek sama ayamnya....hmmmm. Bikin laferrrr....Singkong goreng juga itu.... bikin gak brenti ngunyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggunyah terus kalau di sini. Nggak bisa berhenti, Mbak.

      Hapus
  10. wah ada cemilan singkong gorengnya. mantap... pasti kenyang nih kalau makan di sini.nyam2.... makan sekeluarga nikmat banget

    BalasHapus
  11. Seandainya deket, sudah pasti langsung cuzz ke warung pak umar ini. Pengen bebek goreng dan sambal koreknya... Pasti yummy banget.. Manai minumnya es teh manis..seger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin banyak cabang Warung Pak Umar buka dimana-mana ya, Mbak. Aamiin.

      Hapus
  12. Sedep mantep nih masakan di warung Pak Umar. Apalagi menikmati makanannya sambil rame-rame dengan teman gini ya mba, asyiiikk... Naksir sama tape gulungnya, belum pernah nemu yang kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tape gulung ini versi modern rondo royal, Mbak.

      Hapus
  13. Tempatnya asyik buat nongkrong dan ngobrol bareng sahabat ya, aku penasaran tape gulungnya, aku suka banget tape gik..kalau ke Surabaya semoga kita bisa ketemuan yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget ini tape gulung. Iya. Semoga bisa ketemuan ya. Aamiin.
      Tinggak dirimu yang aku belum ketemu. Mbak Eno, Mbak Shinta Dan MBak Nunik sudah ketemu semua hehe.

      Hapus
  14. Paa bener nih kalau makan rame-rame pilih PaketRame-rame. Dan sebagai penyuka olahan bebek kupasti pilih menu ini. Tapinayam bakar keknya juga oke. Ah, semua aja dah

    BalasHapus
  15. Duh ini paket rame-rame nya pas banget buat emak2 kalau mau ngumpul2. Kebetulan menunya pas banget di lidah nih. Nanti kalau jalan ke Surabaya mampir aah

    BalasHapus
  16. Warna kuningnya menggoda banget Mbak. Duuh paketnya seru banget ini paket begini biasanya hemat di kantong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nasi kemangi bukan cuma warnanya, Mbak. Aromanya harum sedap. Asli langsung bikin lapar hehe

      Hapus
  17. Paket Ramenya itu beneran rame warnanya dan cukup menggoda. Apalagi sambal2nya. Uih, sedep banget kalau makannya ramai2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambalnya mantap banget. Mbak. Bisa refill tanpa batasan pula.

      Hapus
  18. Kayaknya seru ya, bisa menikmati Paket Rame bareng teman-teman. Itu makannya bareng-bareng satu tempat, kan, Mbak? Kalau rame-rame gitu malah seru ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disediakan 4 piring mbak buat makannya tapi bisa juga kalau mau makan langsung di nampannya.

      Hapus
  19. Aparte,men Praxis di Surabaya Pusat tu di mana ancer2nya mbak? Kali kapan2 pas mudik Sby bisa mampir makan sana hehe. Wah kalau rumahnya deket sana mending jd member supaya pas makan dapat diskonan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apartemen Praxis tuh didepannya Gedung Indosat Kayoon. Iya enak jadi member banyak diskonnya.

      Hapus
  20. Aku justru ngiler lihat foto tape gulung, tahu, dan singkong goreng nya. Cemilan yang naik daun ya, mba.
    Aku kalo ke Surabaya dirumahnya mbak sepupu tuh seringnya dibelikan makanan. Jadi ya manut aja mau dibelikan di mana. Ntar kalo kesana lagi aku bakal minta dibelikan di sini, hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bikin ngiler memang. Lain kali kalau ke Surabaya silahkan ke sini, mbak.

      Hapus
  21. Enak2 keliatannya ya mba dah gitu harga ramah bngt d kantong next mesti kulineran disana klo pas travellingan

    BalasHapus
  22. Wahhhh paket ayam bakarnya sungguh menggoda iman.
    Ada tape and singkong goreng segala lagi, duh pengen cobaaa

    BalasHapus
  23. Enaaak bangeeet ini mba pilihan menu yang tersedia di sana.. aku jadi ngileer ajaaa

    BalasHapus