Tips Kelola Uang THR

Alhamdulillah THR sudah masuk rekening. Saatnya belanja kebutuhan lebaran. Ups tunggu dulu. Sabar. Jangan bawa semua THR buat belanja. Bisa habis nanti. Ada beberap hal yang harus dilakukan dulu agara THR tidak habis begitu saja.

1. Bikin list kebutuhan
Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan. Tuliskan semua kebutuhan yang diperlukan untuk persiapan lebaran dan kebutuhan mudik. Bikin list yang detail. Jangan terlewatkan. check and recheck berkali-kali.   

2. Rencana jangka pendek
Selain bikin list untuk kebutuhan lebaran dan mudik, bikin list pula rencana jangka pendek 2-3 bulan ke depan. Misalnya lebaran kali ini berdekatan dengan anak kenaikan kelas. List kebutuhan anak untuk masuk sekolah baru atau naik kelas. Apa saja yang perlu dibayar untuk kebutuhan anak sekolah. 

3. Sisihkan dahulu untuk tabungan
Hitung semua kebutuhan sekolah anak. Ambil uang THR sesuai jumlah tersebut lalu tabung. Jangan diutak-utik lagi. Anda akan lebih tenang. Tak perlu bingung urusan uang saat kenaikan kelas nanti. 

Balik lagi ke daftar kebutuhan lebaran dan mudik. Pilih mana yang jadi kebutuhan primer dan sekunder. Pilihlah sesuai dengan prioritas kebutuhan bukan gengsi semata.   

4. Jangan beli barang sebelum lebaran
Sudah hal yang biasa kalau saat Ramadan banyak toko yang menggelar sale besar-besaran. Apalagi untuk barang elektronik dan perabotan rumah tangga. Tahan dulu. Jangan terburu napsu untuk beli. Pikirkan dulu sebelum beli. Apakah barang yang kita butuhkan benar-benar rusak atau masih bisa diperbaiki atau masih bisa dipakai?

Kalau memang masih bisa dipakai dan bisa diperbaiki lebih baik tak usah beli dulu. Tunggu akhir tahun. Diskonnya jauh lebih besar karena banyak penjual yang menghabiskan stock barang dan kejar target penjualan.  

5. Style sederhana
Perlu dipahami bahwa lebaran adalah ajang silaturahmi bukan ajang pamer diri. Lebaran tanpa baju baru tak masalah. Masih bisa pakai baju lama, yang penting bersih dan masih bagus dikenakan. 

Hidangan yang disediakan untuk para tamu juga tak perlu mewah dan jumlah melimpah. Sepantasnya dan secukupnya saja. Tak perlu memaksakan diri jika memang dana tak mencukupi. Kalau hidangan lebaran sisa banyak tak termakan jatuhnya malah mubazir. Sederhana bukan berarti pelit. Kita masih bisa memulyakan para tamu meski dengan hidangan tak mewah.

Demikianlah tips sederhana dari saya. Semoga THR kita bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Tidak sekedar habis untuk belanja konsumtif. 

Komentar