5 Kegiatan Bermanfaat Dengan Anak Saat Jelang Buka Puasa

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Jelang Buka Puasa Bersama Anak

Bagi anak-anak menunggu buka puasa adalah waktu yang panjang. Terasa lama dan seringkali membosankan. Apalagi buat anak-anak yang baru mulai belajar puasa. Godaan rasa lapar dan haus terasa berat saat jam kritis menjelang buka puasa. Jam kritis biasanyan dimulai dari jam 4 hingga magrib 

Orang tua dituntut kreatif memutar otak demi mengalihkan perhatian anak. Berikut ini 5 kegiatan bermanfaat saat jelang buka puasa yang bisa dilakukan dengan anak-anak:
 
1. Persiapkan takjil
Anak-anak seringkali meminta berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Terkadang anak juga ingin turut serta membuat hidangan untuk buka puasa. Tak apa dilakukan tapi kegiatan ini mengandung resiko tinggi. Anak jadi makin ingin makan atau minum. 

Untuk mencegah hal tersebut. Lebih baik lihat kemampuan setiap anak. Pada anak yang sudah kuat puasa dan tidak gampang tergoda, bisa dilibatkan mulai awal memasak. Bagi anak yang baru mulai belajar puasa biasa diajak mneyiapkan takjil menjelang magrib. Saat persiapan akhir. Biar mereka tak terlalu gemetar melihat aneka makanan. Khawatirnya malah tidak tahan untuk mencicipi.

2. Mengaji bersama
Anak-anak mulai tingkat Sekolah Dasar biasanya akan mendapat berbagai tugas saat bulan Ramadan. Tugas tetcatat seperti jurnal harian. Sholat wajib, sholat dhuha, tarawih, hafalan surat pendek dan hadist, baca Al Qur'an dan lain-lain.

Waktu menjelang buka puasa bisa dimanfaatkan untuk mengaji bersama. Selain baca Al Qur'an juga sambil mengecek hafalan hadist atau surat pendek. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil santai. Tidak perlu dengan suasana tegang. Biar anak lebih relax. Sekalian memberi tahu kalau menjelang magrib saat puasa adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Allah akan lebih cepat mengabulkan doa umatnya. Insyaa Allah. 

3. Bermain dengan anak
Ada beberapa waktu dimana menunggu adzan magrib bagi anak adalah saat yang membosankan. Apalagi dalam kondisi lapar, haus dan badan lemas. Jika sudah demikian jangan memaksakan untuk melakukan hal yang serius.

Ajaklah anak bermain. Tentu saja yang tidak banyak menggunakan aktifitas fisik. Bisa sambil duduk. Misalnya bermain tebak kata atau menyusun huruf yang hilang. Bisa juga dengan aneka permainan yang menjadi kesukaan anak. 

4. Berbagi makanan ke tetangga
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam menganjurkan untuk berbagi makanan untuk berbuka puasa. Jika memang ada makanan berlebih dan ingin berbagi ke tetangga, ajaklah anak. Berikan contoh nyata konsep berbagi.

Anda bisa sambil memberikan pemahaman secara perlahan pada anak. Perkenalkan konsep ikhlas, sedekah dan berbagi sebagai wujud amal sholeh. Bukan saja sebatas pada keluarga tapi juga untuk lingkungan di sekitarnya.  

5. Safari masjid
Kegiatan yang satu ini bisa dikatakan refreshing plus. Ngabuburit di masjid-masjid yang berbeda. Kegiatan ini bisa dilakukan saat akhir pekan atau jika orang tua sedang tidak sibuk.

Acara ngabuburit selama ini biasanya ke pusat perbelanjaan atau rumah makan. Ajaklah anak berwisata ke masjid sambil menunggu buka puasa. Tunjukkan berbagai arsitektur masjid yang indah. Ceritakan dengan perlahan bagaimana sejarah masjid dan adab yang baik selama berada di dalam masjid.

Jangan lupa bawa bekal untuk berbuka puasa bersama. Biasanya banyak masjid yang menyedakan takjil untuk berbuka puasa. Biasakan anak untuk membeli makanan sendiri dan tidak selalu menunggu pemberian orang lain. Ajari anak bahwa memberi itu lebih baik daripada menerima. Kecuali memang dalam kondisi yang sangat tidak mampu. Barulah mereka bisa menerima pemberian orang lain.

Cukup seru kan 5 kegiatan menjelang buka puasa ini. Bukan hanya bermanfaat tapi juga bisa menyenangkan bagi anak-anak. Bagaimana dengan kegiatan Anda dan anak-anak?

Komentar