Kamis, 21 Februari 2019

Cara Kirim Barang Pakai Paxel, Mudah dan Cepat Sampai

Beberapa waktu lalu, saya mendengar cerita tentang paxel dari teman pemilik online shop di Bogor. Dia tidak ribet lagi mengurusi pengiriman ke pelanggan. Dia produksi frozen food namun belum punya tenaga pengiriman sendiri. Selama ini selalu mengandalkan kurir dan ojek online untuk masalah pengiriman. Frozen food menuntut agar cepat sampai ke pelanggan.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah
Bapak Djohari Zein, CEO Paxel Indonesia

Teman saya sebenarnya lebih suka menggunakan kurir. Pengiriman cepat sampai ke pelanggan. Satu kurir bisa langsung bawa banyak barang untuk dikirim. Namun kendalanya, banyak pelanggan yang keberatan karena ongkos kirim yang mahal.

Maka sebagian besar pengiriman barangnya menggunakan ojek online (ojol). Memang kiriman lebih cepat sampai. Apalagi kalau sudah pernah kirim barangnya. Ongkos kirim lebih murah. Namun tidak semua driver ojek online paham kalau barang harus cepat sampai ke pelanggan. Ada saja driver yang muter-muter entah kemana. Selain itu juga pernah tertukar antara driver dan barang pesanan. Nah ini yang bahaya. Walhasil puyeng dan menghabiskan banyak energi hanya untuk masalah pengiriman.

cara kirim barang pakai paxel

Nah, setelah pakai Paxel semua masalah pengiriman bubar jalan. Kenapa begitu? Yang utama, pengiriman sameday. Estimasi waktu pengiriman 8 jam mulai dari paket diambil sampai diterima customer. Tarif pengiriman flat kemana saja. Praktis yang terutama. Semua pengiriman barang bisa langsung diambil oleh satu kurir. Dalam sekali jalan, kurir bisa ambil 20 paket. Nggak peduli kemana pun tujuannya. Jadi penasaran ingin segera coba waktu itu, namun sayang paxel belum masuk ke Surabaya.

Paxel #AntarkanKebaikan

Eh lah kok kebetulan. Tanggal 14 Februari 2019, saya mendapat undangan launching Paxel Indonesia untuk wilayah Surabaya. Asyek. Akhirnya datang juga. Bapak Djohari Zein selaku pendiri Paxel mempunyai banyak pengalaman dalam dunia ekspedisi. Beliau sudah malang melintang bersama JNE, yang didirikannya hingga sebesar sekarang.

Ada filosofi besar dibalik pendirian Paxel. Pak Djohari bermaksud mendirikan bukan sekedar perusahaan jasa pengiriman, namun diniatkan untuk beribadah membantu para pelanggan. Terutama para pelanggan yang juga berjualan. Bersama Paxel ada semangat ibadah, bekerja karena Allah. Kurir bukan hanya sebagai petugas delivery, ada ikhlas untuk membantu pelanggan.

Paxel saat ini mendukung penuh kegiatan timnas Indonesia. Seluruh keperluan logistik para pemain diantar khusus oleh Paxel Indonesia secara gratis. Para pemain timnas jika harus berlaga di kota lain atau berpindah dari satu kota ke kota lain tak perlu lagi cemas dengan peralatannya. Semua keperluan pemain akan diurusi oleh Paxel. Ini adalah salah satu dari kegiatan sosial yang dikhususkan untuk sedekah perusahaan Paxel.

cara kirim barang pakai paxel

Happiness Hero

Kurir di perusahaan pengiriman adalah ujung tombak. Para kurir bukan hanya sekedar pegawai di Paxel, beliau-beliau ini dianggap sebagai mitra kerja. Kurir selama ini banyak yang dibayar murah. Paxel mendidik para kurir sebagai profesi profesional. Paxel berusaha merubah mindset para kurir bukan sebagai pekerja namun sebagai seorang euntrepreneur.

Kesan yang ada selama ini, kurir adalah ujung tombak perusahaan ekspedisi namun keberadaannya tidak terlalu diperhatikan. Paradigma seperti ini yang coba dirubah oleh Paxel. Jadi paham sekarang kenapa para kurir di Paxel mendapat sebutan Happiness Hero, pahlawan kebahagiaan. Kehadiran beliau-beliau ini bukan saja membawa kebahagiaan bagi para pelanggan namun juga membawa kebahagiaan untuk perusahaan.

Saat acara berlangsung, saya mencoba kirim paket menggunakan aplikasi Paxel. Kebetulan ada barang yang harus saya kirim. Sekalian saja pakai Paxel. Tinggal search aplikasi di googleplay dan lalu download. Setelah berhasil registrasi langsung dapat saldo 100rb. Alhamdulillah. Bagi yang mau download silahkan pakai kode referral: ugikmadyo.

Aplikasi Paxel Mudah Digunakan

Langkah pertama adalah klik create shipment dibagian paling bawah berwarna ungu. Lalu ketik alamat kita untuk ambil (pick up) barang. Tulis alamat lengkap tujuan. Jika tidak terdeteksi di google map ketik nama jalan utama saja. Misalnya: Jalan Ahmad Yani. Nanti tulis alamat lengkap dibagian Additional Note.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah

Lalu pilih package size. Ada 4 pilihan ukuran: small (20x11x7 cm), medium (30x20x12 cm), large (35x30x20 cm) dan custom. Small beratnya <1-1kg. Medium 2-3kg. Sedangkan large 4-5kg. Pelanggan bisa memperkirakan sendiri ukuran paket. Klik ukuran paket yang sesuai. Lalu klik continue berwarna ungu dibagian paling bawah aplikasi.

Harga pengiriman paket Paxel flat sesuai dengan size. Harga untuk dalam kota ukuran paket small Rp 18.000. Medium Rp 21.000. Untuk large harganya Rp 25.000. Untuk tarif antar kota juga berlaku flat. Hanya dilihat dari kota asal dan kota tujuan pengiriman paket. Kota yang sudah bisa di layani oleh Paxel adalah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

Khusus untuk custom tidak ada keterangan panjang, lebar, tinggi dan harga paket. Pelanggan harus isi sendiri. Jika sudah ketik panjang, lebar dan tinggi paket akan otomatis muncul shipping cost diatas keyboard angka lalu ketik done.

Setelah itu masuk ke bagian detail information. Isi seluruh informasi pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan lengkap. Informasi yang perlu diisi berupa nama lengkap, no telephon dan alamat email. Kalau sudah, pindah ke bagian item details. Klik add item types. Lalu klik apply. Kemudian pilih agree (setuju). Kalau barangnya rentan pecah atau remuk, jangan lupa klik kotak di sebelah tulisan fragile item. Bila sudah selesai semua, klik continue ungu di bagian bawah.


cara kirim barang pakai paxel

Nah masuk ke bagian shipment summary sekarang. Di bagian pick up dan destination ada keterangan estimated pickup dan estimated arrival. Kalau sekiranya pada perkiraan jam tersebut kita atau orang yang kita kirimi barang sedang tidak ada di rumah, bisa dirubah. Enak kan? Kita bisa setting jam berapa hero bisa mengambil paket. Kita bisa juga pilih jam berapa paket itu sampai ke penerima paket.

Klik estimated pickup lalu pilih jam yang kita inginkan. Lalu klik juga bagian estimated arrival. Kita juga bisa tentukan harinya. Mau hari ini langsung atau besok. Kalau pilih besok jangan lupa klik jam yang diinginkan.

Untuk yang tidak bisa klik alamat lengkap karena tidak terdeteksi google map bisa klik alamat lengkap penerima paket di bagian ini. Caranya mudah. Klik tulisan Add Delivery Instruction berwarna ungu. Klik bagian Leave package with neighbour. Lalu ketik nama lengkap penerima paket dan no telepon. Pada kotak bagian Additional Notes ketikkan alamat lengkap penerima. Jangan lupa tambahkan nama kota dan kotak pos. Hero akan mengirimkan paket ke alamat tersebut. Langkah terakhir, klik done

Kalau sudah selesai semuanya. Klik save di pojok kanan atas. Pemesanan via aplikasi Paxel sudah selesai. Saldo sudah terpotong. Tinggal tunggu Hero datang ke rumah untuk mengambil paket.

cara kirim barang pakai paxel

Nah, dibagian aplikasi awal akan tercantum order pengiriman tersebut beserta tulisan STATUS dibagian bawahnya. STATUS ini apa sih? Ini adalah Shipment History. Perjalanan paket mulai diambil Hero sampai ke tangan penerima paket tercatat semua. Nanti akan muncul nama Hero yang akan ambil atau mengantar paket kita. Seperti gambar di samping kan ada keterangan "MOH. HOSIN is on the way to pick up location' ini artinya kita harus stand by di rumah. Kalau memang terpaksa pergi, pastikan ada orang di rumah yang akan memberikan paketnya pada Hero.

Ketika Hero datang akan mengecek ulang nama, no telepon dan alamat penerima. Lalu Hero akan menimbang paket kita. Jangan kuatir, Hero sudah dibekali timbangan dari Paxel. Setelah semua data cocok kita akan diminta tanda tangan di aplikasi paxel milik Hero. Selesai semua, nota oder akan di print lalu di tempel di paket. Langkah terakhir, kita akan di foto bersama dengan paket yang akan dikirimkam. Ini wajib, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Paxel sudah menyediakan box untuk paket yang akan kita kirimkan. Nanti akan dipacking sama Hero. Namun untuk barang yang mudah pecah atau remuk lebih baik sudah kita packing dengan bubble wrap. Ini untuk mempermudah dan mempercepat kerja Hero. Juga akan mempercepat sampai paket yang kita kirim.

Para Hero Paxel mudah dikenali karena mereka menggunakan seragam yang sama. Kaos kuning dan jaket kuning ungu. Ini memang warna khas Paxel. Kenapa sih kok dua warna ungu dan kuning. Ungu melambangkan kebijakan sedangkan warna kuning melambangkan pemberi kebahagian. Jadi tahu sekarang kenapa Mas Hero pakai seragam kaos kuning.

kirim barang pakai paxel cepat dan murah
Happiness Hero Mas Udin

Pembayaran paxel hanya dengan saldo yang ada di aplikasi. Tidak bisa cash atau transfer. Setiap kali top up saldo akan langsung mendapatkan bonus 20%. Top up bisa dilakukan dengan menggunakan Bank BCA, BNI dan Permata. Apabila pengiriman paket sudah terlanjur di proses secara sistem sampai selesai dan terpotong pulsa lalu karena suatu hal terpaksa dibatalkan, saldo akan kembali secara otomatis diproses oleh sistem.

Paket yang sudah terkirim ini akan sampai ke pelanggan dengan perkiraan 8 jam. Apabila paket tidak diterima dalam kurun waktu 8 jam, maka saldo yang terpotong akan dikembalikan. Proses ini berjalan otomatis by system. Nggak perlu pakai complaint.

Paket saya ini dikirimkan oleh Hero Mas Udin. Begitu paket datang Hero langsung melakukan verifikasi nama dan alamat. Setelah cocok semua penerima paket diminta tanda tangan di aplikasi Paxel milik Hero. Sebagai langkah terakhir penerima dan paket akan difoto lalu di upload ke aplikasi Paxel Hero juga. Selesai proses penerimaan.

Mudah ternyata. Praktis lagi. semua transaksi hanya menggunakan aplikasi di ponsel. Tarif pengiriman flat. Para pelanggan yang berjualan jadi lebih mudah menentukan harga jual ke pelanggan.    

      

Foto: koleksi pribadi dan screenshot aplikasi Paxel

46 komentar:

  1. Someday delivery ? Wah keren nih PAXEL? Sudah tercover semuanya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sameday delivery. Belum tercover semua kota. Masih Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Rencananya akan menjangkau seluruh Indonesia.

      Hapus
  2. Jadi pengin kirim kopi ke pembeli nih karena bisa sehari sampai tanpa perlu keluar rumah jadi hemat waktu dan biaya. Paxel, datanglah ke kotaku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera datang ke kotanya, Mas. Biar kopinya makin laris.

      Hapus
  3. Makin enak ya skr kirm paket banyak kemudahan yg didapat konsumen. Paxel memberikan layanan sameday servicer apalagi dipickup ke rumah & hargaya flat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Tarifnya ini yang menggiurkan kalau untuk jarak jauh. Murah banget.

      Hapus
  4. saya biasa pakai ekspedisi lain yg paling dekat dr rumah..jd pengen coba paxel karena bisa lewat aplikasi ya dan tanpa keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba, Mak. Mumpung lagi promo. Habis instal langsung dapat saldo 100ribu.

      Hapus
  5. waaaaah aku belom pernah cobain paxel nih, tapi jadi langsunh tertarik abis baca iniii. Makasi infonya ya maaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain, Mbak.
      Sama-sama.

      Hapus
  6. aku udah install Paxel sayang banget Cimahi belum masuk harus area Bandung mba soalnya layanan sameday delivery menggoda banget apalagi kalau punya bisnis online hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Cimahi segera terlayani.
      Iya banget kalau buat yang punya online shop. Sangat diuntungkan.

      Hapus
  7. Menarik nih bisa kirim makanan ke saudara yg tinggal dekat sini, selama ini saya jarang pakai layanan sameday karena lalu lintas kadang kacau tapi dengan layanan paxel ini pastinya menguntungkan banget buat yg punya bisnis makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Kalau buat para pemilik bisnis makanan. Kalau kelamaan di jalan bisa nggak enak makanannya.

      Hapus
  8. Keren banget ya Paxel punya konsep Sameday ervice gitu. Cocok banget nih buat yang punya usaha frozen food rumahan. Bisa kirim kemana - mana, nggak terbatas di daerahnya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana-mana tarifnya flat. Frozen food emang rentan ya mbak. Nggak bisa lama-lama di jalan. Harus segera masuk kulkas lagi.

      Hapus
  9. Keren deh Paxel ini. Bonus saldo yang didapet bisa gak habis2, terus same day delivery-nya keren, pengemasan paket yang cantik juga menarik. Sayang deh daerahku belom masuk jangkauan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, Teh. Bonusnya nambah terus. Aku juga nggak habis-habis. Semoga segera terlayani daerah rumah Teteh

      Hapus
  10. Andalanque nih Paxel.

    Simple dan cepet banget. Cocok nih buat yg ga sempet anter barangnya sendiri ke kurir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andalanku juga sekarang.
      Iya, nih Mak. Kalau lagi malas keluar. Berasa banget. Enaknya hehe

      Hapus
  11. Aku udah pake PAXEL jugaa.. Puas banget pake paxel, jaminan sehari sampai. Cuma, aku suka bingung ngira2 pilihan paket nya, antara small, medium, dan large. Takutnya ga sesuai, hehe, akhirnya aku selalu pake yang large.

    Semoga ke depannya paxel bisa lebih berkembang yaa dan menjangkau seluruh kota2 di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Tak ukur dulu paketnya hehe. Daripada Mas hero-nya nanti repot kalau nggak pas kotaknya.

      Aamiin. Semoga semakin luas jangkauannya.

      Hapus
  12. Surprise juga waktu lihat paket teman-teman datang pada hari yang sama. Paxel benar-benar memberikan service SAMEDAY, sehingga semakin dilirik dengan pengusaha online, khususnya yang berherak di bidang kuliner. Ke depannya semoga pelayanannya tetap prima seperti sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bukan cuma semakin banyak yang ngelirik tetapi juga yang makai Paxel semakin banyak.
      Aamiin.

      Hapus
  13. Moga makin meluas ya mba. Bagus pelayanannya kata temenku yg jualan kue. Moga memudahkan smuanya ya. Keren misinya Paxel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Iya e Mbak. Aku takjub Banget sama visi dan misi founder-nya. Masya Allah

      Hapus
  14. Keterangan pengirimannya detail banget ya, Mbak. Jadi si penerima paket memantaunya lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail. Setiap pergerakan bisa terpantau. Berasa agen rahasia lagi meengintai aja, nih hahaha.

      Hapus
  15. Enaknya Paxel ini karena harganya flat. Pakai aplikasi jadi kita bisa ceki2 barang di mana dan kapan sampainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah satu keuntungannya. Jadi lebih tenang bisa tahu barang yang kita kirim perjalanannya sampai mana saja

      Hapus
  16. Patut diacungin jempol buat pendiri Paxel. Filosofi Pak Djohari yang bermaksud mendirikan Paxel bukan sekedar perusahaan jasa pengiriman, tetapi diniatkan untuk beribadah dan membantu para pelanggan, semoga bisa mendapatkan pahala dan keberkahan, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Filosofinya emang bagus banget. Bukan sekedar mencari keuntungan dunia tapi juga keuntungan akhirat.

      Hapus
  17. Suka pakai paxel, lebih aman dan ada one day servicenya nya, apalagi makin banyak kota yang bisa dicover paxel ya..semoga nanti bisa seluruh Indonesia .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

      Hapus
  18. Wah akhirnya Paxel sudah ada di Surabaya, selamat yaaa. Seneng banget pakai Paxel, saya pernah jadi panitia reuni bagian bikin kaos. Nah kaosnya ini baru jadi H-1 sebelum acara. Jadi hari itu saya kirimin semua pakai Paxel dan kaosnya tiba dengan cepat di rumah teman-teman. Alhamdulillah terbantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya masuk juga ke Surabaya.
      Wah kebayang paniknya kaos baru jadi H-1. Untung ada paxel. Semua bisa terkirim tepat waktu.

      Hapus
  19. Pas banget nih infonya. Aku mau kirim paket buat adikku yg tinggal di Denpasar. Dari kemarin cari2 paketan yg cocok tapi pada mihil yak hehe ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak. Semoga jadi pelanggan setia paxel setelah ini

      Hapus
  20. Kemarin baru kirim barang ke Bandung cepet banget deh. Sehari juga sampai dan harganya terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah langsung bisa sampai. Pembuktian nyata hehe

      Hapus
  21. Mas Udin habis potong rambut ya?
    Hahaha saking terpesonanya sama PAXEL jadi hapal satu satu happiness hero-nya hahahaha...

    PAXEL is the best

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai hapal, mbak hahaha.
      Dapat penghargaan nih harusnya. Pelanggan setia paxel.

      Hapus
  22. Paxel paling oke banget. Aku udah peenah kirim roti maryam kan ya antar kota dan dan ga ada 8 jam udah nyampe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah keren. Roti maryam bisa segera dinikmati nih. Nggak pakai lama di jalan.

      Hapus
  23. Same rate ya ?.
    Wah enak nih digunakan, ngga perlu terbebani ongkos kirim jarak jauh yang lumayan tinggi.
    Layanan ecepatan pengirimannya juga menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harganya flat. Tinggal menyesuaikan besar paket sesuai dengan ketentuan paxel.

      Hapus