Kenapa Ikut Blog Challenge

Sebenarnya blog challenge itu apa?
Ini adalah tantangan untuk memuat tulisan di blog dengan tema yang sudah ditentukan. Biasanya blog challenge diadakan komunitas tertentu. Saya selalu berusaha untuk ikut kalau ada acara blog challenge.

Acara semaca ini biasanya sangat menantang. Baik untuk tema tulisan ataupun persyaratannya. Setiap komunitas mempunyai ketentuan dan standar yang berbeda-beda. Ada yang ringan, banyak juga yang berat. Saya harus putar otak agar bisa mengikutinya dengan baik hingga selesai.

Sepertinya kok susah. Kenapa tetap ingin ikut blog challenge? Ini dia alasannya: 

1. Sumber ide
Bila ikut blog challenge, biasanya tema sudah di siapkan oleh penyelenggara. Nah ini lumayan banget sebagai sumber ide tulisan. Tema artikel biasanya beragam sesuai dengan penyelenggara. Seringkali saya mendapat tema tulisan yang unik. Belum pernah kepikiran sama sekali untuk menulis tema tersebut di blog.

Terkadang ada tema yang bikin blank. Bingung mau tulis apa. Justru ini yang menantang. Saya bisa memacu diri untuk menjelajah lebih luas tema tersebut. Searching sana sini demi mendapatkan ide. Dari sini biasanya saya akan menemukan banyak data yang bisa jadi bahan beberapa tulisan. Lumayan kan jadi punya big data.

Setiap kali ikut blog challenge, saya tidak pernah melihat tulisan peserta lain. Sama seperti ikut lomba. Saya sengaja lakukan untuk menjaga orisinalitas ide. Khawatir nanti malah terpengaruh. Lalu tulisan saya edit. Jatuhnya nanti jadi mirip. Kalau kebetulan ketemu tulisan dengan sudut pembahasan sama, saya cuma nyengir. Pikiran kita kok bisa sama ya.

2. Menambah jumlah Pageview
Jika ikut blog challenge sama seperti memperluas pangsa pasar pembaca blog. Masak sih? Mari kita hitung secara sederhana. Blog nanti pasti akan dibaca minimal oleh panitia penyelenggara dan sesama peserta blog challenge.

Jika ada ketentuan harus dibagikan link blog post di media sosial dengan tag atau mention akun komunitas. Nah tambah lagi pembaca blog kita. Para anggota komunitas akan ikut membaca juga. Bisalah dapat 50 click view. Apalagi kalau komunitasnya punya anggota yang banyak. Wah ini rejeki besar. Pembaca blog kita akan jadi lebih banyak lagi.

Lumayan kan. Kalau di screenshot page view blog untuk pengajuan ratecard ke Client. Bisa jadi nilai plus untuk blog kita.  

3. Memperluas networking
Terkadang saat ikut blog challenge ada syarat harus berkunjung dan memberi komentar ke blog sesama peserta. Nah ini bisa jadi ajang silaturahim. Menjalin pertemanan baru dan mempererat teman lama. Memperluas networking.

Seringkali sebagian peserta blog challenge adalah para blogger senior. Saya bisa sekalian belajar cara menulis yang bagus saat membaca tulisan mereka. Saya juga belajar mengambil sudut pandang unik pada suatu tema. Ide harus out of the box biar bisa mencuri perhatian pembaca. 

Banyak juga diantara mereka yang jadi PIC suatu project atau event. Beberapa kali saya diajak ikut serta project yang sedang mereka kerjakan. Alhamdulillah. Network itu mahal jendral. Selalu ada cuan di dalam suatu kesempatan. Blog challenge yang sepertinya hanya acara seru-seruan happy. Ternyata bisa menjadi jalan masuk rejeki tak terduga.

4. Dapat hadiah
Seringkali acara event blog challenge ada hadiahnya. Ini yang bikin seru. Hadiah bisa bikin semangat untuk menyelesaikan target challenge. Saya tidak melihat 'harga' hadiahnya tapi lebih pada kepuasan saat mendapatkan. Bagaimana rasanya dapat hadiah dari kerja keras? Bahagia dan puas pastinya kan?

Nah rasa itu yang bikin saya semangat ikut challenge. Bagi orang lain mungkin berpendapat hadiah cuma begitu. Bagi saya yang namanya hadiah selalu menjadi kenangan. Apapun itu. Kata orang Jawa bisa jadi tetenger. 'Aku dapat hadiah ini dari blog chalenge yang waktu itu, lho'. Ada nilai historis tersendiri. Pas ingat jadi kenangan tersendri.

Nah itulah alasan saya selalu ingin ikut blog challenge. Meski terkadang saya tidak bisa memenuhi target dari penyelenggara. Sebisa mungkin saya usahakan agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Komentar