Layanan Customer Service Ideal Menurut Pelanggan Internet Cepat


Setiap perusahaan sudah mempunyai standar Customer Service Excellent. Bahkan sudah ada panduan sesuai dengan standar Internasional. Memang sudah kewajiban perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sebaik mungkin.

Saya belum pernah kecewa dengan layangan dari IndiHome sampai sekarang. Kalaupun ada masalah dan harus komplain pun hal-hal yang esensi, seperti halnya kehilangan hak mendapatkan informasi ataupun terkait data pribadi. 


Saya akan bercerita tentang customer service ideal menurut saya sebagai pelanggan kali ini. Mungkin apa yang saya idealkan ini sama dengan kebutuhan pelanggan IndiHome yang lain.


1. Layanan Cepat

Untuk masalah pengaduan sebenarnya tidak hanya lewat call center. Hanya saja, masih banyak orang merasa lebih nyaman berurusan soal komplain lewat jalur ini. Saat telepon ke call center pasti direkam. Ini yang bikin nyaman. Kalau ada masalah, ada buktinya. Fair dari pihak customer atau perusahaan.


Jika telepon ke call center kan ada yang berbayar. Ini nih yang bikin kesel kalau harus menunggu lama sampai diterima customer service (CS). Lebih baik sambungan terputus lalu bisa telepon ulang. Tidak menghabiskan pulsa hanya untuk menunggu.


Biasanya kalau Saya telepon call center terputus saat antri diterima CS, ya sudah tak apa-apa. Saya paham kalau lagi ramai nih telepon yang masuk. Saya telephone ulang 2 kali. Kalau tetap sama ya sudah berhenti dulu. Jeda 1 atau 2 jam baru telepon lagi.


Kadangkala ada komplain yang tidak bisa selesai di call center dan harus datang ke Gerai Customer Service. Ternyata harus antri lama. Sedangkan pelayanan CS lama banget.


Kalau ada pelanggan yang marah. Saya memaklumi. Banyak orang yang tak suka menunggu lama. Idealnya memang layanan di Gerai harus bisa sesingkat mungkin. Untuk mengurangi waktu tunggu  customer. Kebutuhan pelanggan adalah bisa dilayani dengan cepat.

   

2. Ramah

Standar yang satu ini adalah wajib. Pelanggan yang datang ke Gerai untuk complain biasanya sudah memendam rasa sebal dari rumah. Mungkin juga sudah menahan marah sejak beberapa hari sebelumnya. 


Saat kondisi kemrungsung. Jika dilayani dengan ramah bisa menurunkan level marah. Saat mendengar smiling voice di telepon, telinga dan kepala sudah dingin dahulu. Jika niat mau marah bisa batal.


Kalau di Gerai, keramahan tak bisa ditawar lagi. Wajib. Senyum yang dipaksakan akan terlihat dengan jelas. Saat pandemi sampai sekarang masih tertolong dengan masker. Hanya saja bahasa tubuh akan tetap kelihatan kalau CS tidak bersikap ramah.


Sikap tubuh yang terkesan ogah-ogahan, tidak antusias atau unwelcome akan kentara sekali. Idealnya seorang Customer Servise di gerai selalu full senyum dan ramah pol. Ya mereka kan manusia. Wajarlah kalau sedikit tidak ramah atau emosi. Eh tapi kan memang mereka bekerja sebagai seorang customer service, Ya harus bersikap profesional. 

   

3. Terampil dan Cekatan

Kedua skill ini berkaitan erat dengan waktu pelayanan. Jika seorang Customer Service handle komplain dengan terampil dan cekatan, tak akan butuh waktu lama. Pelanggan yang komplain akan lebih mudah ditenangkan. Kebutuhan pelanggan adalah ingin segera ditangani keluhannya. 


Terampil dan cekatan ini ibarat dua sisi mata uang. Tak bisa dipisahkan. Keduanya sama penting. Seseorang yang terampil tapi tidak cekatan, kerjanya akan lambat. Begitupun jika cekatan kerjanya tapi tidak terampil juga akan lambat kerjanya. 


4. Teknisi Tidak Bau Badan

Saya tahu kalau teknisi tidak termasuk dalam tim customer service. Namun bagi internet provider, teknisi ini juga garda depan. Saat melakukan kunjungan perbaikan, akan bertemu dengan pelanggan secara langsung. Teknisi juga membawa citra perusahaan.


Apa jadinya kalau teknisi, yang melakukan perbaikan ternyata bau badan. Pas bicara saat ketemu, kan jadi serba salah. Ngobrol sambil tutup hidung kok ya nggak sopan. Nggak tutup hidung, nggak kuat baunya. Saat pandemi enak. Bisa pakai masker kalau ketemu orang. Lah kalau tidak ada pandemi


Alhamdulillah, selama saya pakai internet provider IndiHome aman. Teknisi yang ke rumah tidak ada yang bau badan. Mungkin bagi pelanggan yang lain urusan bau badan ini sepele. Ini termasuk salah satu indikator customer service ideal versi saya. Termasuk yang penting. Kalau ada yang bau badan di dekat saya, tidak kuat.


5. Banyak Saluran untuk Komplain

Salah satu hal yang bikin saya betah menjadi pelanggan Indihome adalah banyak saluran untuk menyampaikan keluhan. Bisa mudah mengajukan keluhan jika ada masalah. 

Saluran untuk komplain internet provider IndiHome adalah: 

1. Call center 147

2. Email ke customercare@telkom.co.id

3. Aplikasi MyIndiHome

4. Twitter, Facebook atau Instagram: @indihomecare

5. Datang ke Plasa Telkom



Paling mudah pakai aplikasi myIndiHome. Klik menu bantuan di taskbar paling bawah. Buka dulu berbagai daftar keluhan. Pilih yang kasusnya sama dengan kita. Tinggal ikuti solusi yang bisa kita lakukan. 


Bila tidak ada contoh kasus yang sama? Tenang saja. Kita bisa lansung ketik apa saja keluhan yang dialami. Nanti akan ada panduannya. Ikuti saja semua. Kita bisa cek juga riwayat komplain yang sudah dilakukan. 


Sebelum tahu kalau bisa komplain lewat myIndiHome, saya selalu telephone call center. Kalau sekarang sih. Mending langsung lewat aplikasi ini saja. Lebih mudah kalau komplain pakai MyIndiHome. Lebih simple dan cepat tersampaikan.



IndoHome sebagai bagian Telkom Group sudah memiliki standar yang tinggi untuk melayani kebutuhan pelanggan. Sebagai perusahaan internet provider standar customer service sudah menggunakan standar internasional.


IndiHome paham betul bahwa pelanggan bukan hanya dicari. Pelanggan juga harus dipahami dan diperhatikan agar selalu setia. Tak akan pindah ke internet provider lain. Ini yang susah mempertahankan pelanggan. Maka itu customer service selalu dilakukan sebaik mungkin. Seideal mungkin sesuai dengan kebutuhan pelanggan semua.

Komentar

  1. Haha, ngakak saya dengan teknisi yang tidak bau badan. segitunya...
    Tapi sebagian orang memang gak bakal nyaman ya. Bisa jadi masukan untuk perusahaan tuh. Atau jadi agendanya perusahaan buat kasih lebih tunjangan sehingga teknisi nya ada anggaran buat beli deodorant, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal teknisi tidak bau badan ini penting banget. Para teknisi ini kan ketemu sama pelanggan sama kayak para customer service. Ya harus jaga penampilan juga hehehe.

      Hapus
    2. Nah padahal biasanya teknisi ya gitu deh, pakai wearpack dan kemana-mana ke rumah customer tuh rata-rata naik sepeda motor, jadi kena panas dan keringatan deh. Hehe... tapi bagus juga nih ya harapannya, teknisinya tetap jaga penampilan

      Hapus
    3. Alhamdulillah kalau pas teknisi ke rumah selalu yang wangi dan mukanya seger. Padahal siang hari, panas terik dan naik motor juga. Tergantung orangnya kayak e Mbak.

      Hapus
  2. berat banget tuh kerjaan customer service. Salut deh yang bisa konsisten menjalaninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Salut banget sama. Mereka harus jaga mood selalu bagus.

      Hapus
  3. Jadi customer service memang harus ramah dan selalu bisa memberikan jawaban diplomatis yang gak bikin kesel customer yaaah. Etapi tentang teknisi yang bau badan itu iya banget sih, soalnya [pernah kejadian di rumaaah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ahrus hapal luar kepala deretan jawaban diplomatis ini.

      Waduh. Semoga tidak ada lagi teknisi yang datang bau badan.

      Hapus
  4. Customer service tuh memang menurutku harus memiliki beberapa kemampuan selain pandai dalam berbicara dengan pelanggannya. Karena selain itu dia harus punya kesabaran berlapis, mental yang kuat dan harus tetap senyum walau pelanggannya ngomel aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget Mbak. Apapun yang terjadi tetap harus full senyum hehe

      Hapus
  5. Iya nih IndiHome keren banget pelayananya. Pernah complain lewat aplikasi MyIndiHome dan secepat kilat teknisinya langsung datang. Alhamdulillah juga ngga bau badan wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau komplen lewat myindihome emnag cepet banget penanganannya.

      Hapus
  6. Eh tapi bener loh teknisinya nggak bau badan, dulu sih sering ya ke rumah saat ada trouble. Sekarang alhamdulillah nggak pernah ada kendala. Aku biasanya laporan di DM twitter akun Indihome. Tapi sejak pasang aplikasi MY Indihome gampang sih kalo nanya sesuatu, cepet juga layanannya, de best pokoknyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lewat myindihome emnag jalur cepat nih Mbak. Lebih mudah.

      Hapus
  7. Dengan adanya aplikasi myIndiHome ini pelanggan jadi lebih mudah ya untuk mengadukan pelayanan
    Benar benar memudahkan pelanggan ya

    BalasHapus
  8. Customer service harus cepat tanggap saat ada laporan gangguan jaringan internet. Ini penting karena menyangkut kepentingan orang banyak. Apalagi untuk para digital creative yang hidupnya bergantung dengan internet harus dapat ditangani sesegera mungkin segala keluhannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bnagt. Buat kita yang kerjanya snagat tergantung internet paling bete kalau internet mati lama. Kerjaan terbengkalai semua.

      Hapus
  9. banget mba, penting lho layanan customer service yang cepat tanggap dan gak pake lama, apalagi dalam keadaan genting.

    BalasHapus
  10. Kami menggunakan jaringan IndoHome untuk kantor suami dan puas banget karena jaringannya beneran luas. Bahkan kalau nongki di cafe depan kantor suami yang kehalangan jalan besar, jaringannya masih ketangkep.

    Merasa lebih aman aja dibanding dengan mengguakan jaringan internet cafe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih yang saya suka aklau pakai Indihome. Jadikan lebih aman. Nggak perlu pakai wifi publik.

      Hapus
  11. Alhamdulillah Indihome sudah lebih baik dalam hal pelayanan. Mungkin dulu karena awal Indihome ada dan saya langsung jadi pelanggannya eeeh baru 1 hr gangguan ga kunjung di handle berminggu minggu.

    Semoga Indihome makin bagus kedepannya👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah akan lebih bagus terus nantinya Mbak

      Hapus
  12. Alhamdulillah banyak testimoni positif mengenai pelayanan indihome. moga kedepannya akan lebih baik lagi dan semakin membuat pelanggan puas.

    BalasHapus
  13. Pakai IndiHome memang udah pilihan terbaik ya Mba. Soalnya selama pakai IndiHome internetnya lancar. Jaringannya juga Luas, bisa menjangkau banyak daerah di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Jangkauannya luas ke seluruh pelosok Indonesia. Ini yang perlu banget.

      Hapus
  14. HIhiii, ngikik pas bagian Teknisi BB tapi memang bener banget aku pernah rasaikan juga tuh dan mengganggu, mendadak ruangan aroma yang kurang menyenangkan. Btw di rumahpun pake IH, meski bolak balik selingkuh, tapi balik lagi ke IH,salut dengan pelayanan yang makin membaik, semoga lebih ditingkatkan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata tetap ya... balik ke cinta lama indihome.

      Hapus
  15. Teknisi yang oke dan handal pastinya sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh customer ya. Poin ramah itu kadang sulit juga ditemui, kadang ada yang jutek, lempeng aja ekspresinya hehe. Yang kelima perlu banget itu agar lebih cepat ditangani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nggak pernah ketemu dengan customer service yang jutek ya Mbak.

      Hapus
  16. Haha kalau kerja di lapangan agak maklum sih kalau bau badan habis panas-panasan melulu, teknisi Indihome ini cekatan memang kita hubungi pagi, siang atau sorenya sudah datang.. biasanya aku komplain via aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dew. Resiko kerja lapangan pas panas pula. Enak emang ya kalau komplen pakai aplikasi.

      Hapus
  17. Point 4 kak, wkwk. Walaupun tukang/teknisi yang kerjanya dilarang dan pasti bersahabat dengan keringat. Tp setidaknya menjaga kenyamanan pelanggan ya.. hehe

    BalasHapus
  18. Jaman sekarang ada twitter, saya jadi lebih suka ngubungin CS via Twitter. Soalnya mereka juga cepet responnya.

    Soal bau badan teknisinya, itu karena mereka biasanya dari lokasi satu langsung ke lokasi lainnya jaid gak sempet bebersih atau ganti baju ya. Mereka perlu dibekali parfum kali ya di motornya. Biar semprot semprot aja klo mau ganti lokasi. Hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komplen via twitter emnag cepat ya Kak. IYa nih kayaknya perlu ada tujangan parfum buat para teknisi.

      Hapus
  19. Costumer service ini bisa dibilang pagar sebuah produk ya. Kalau ada apa-apa memang mereka yang kena duluan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Benteng paling depan saat menghadapi pelanggan.

      Hapus
  20. ya setuju mba paling ga suka juga kalau pas dtg teknisi dengan aroma yang menyengat wkwk...mungkin karena seharian kali ya mba udah ngiter jadi bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kita Mah. Pokoknya teknisi jangan sampai BB hehe

      Hapus
  21. Customer service emang beneran garda depan yang jadi bukti kualitas pelayanan dari suatu produk sih Mak. Cuma dari tim teknisnya juga jangan sampe lengah dan kalah sat set dengan tim CSnya yang udah berusaha maksimal melayani dengan hati. Semoga semakin baik lagi kualitas pelayanan dari IndiHome :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Customer service dan teknisi ini satu kesatuan dalam pelayanan perusahaan Internet Provider.

      Hapus

Posting Komentar