5 Takjil Ramadan Favorit Pembeli

takjil ramadan favorit pembeli



Alhamdulillah puasa Ramadan sudah masuk minggu ke dua. Saatnya memacu semangat lebih kuat lagi sebelum masuk sepuluh hari terakhir Ramadan. Kesehatan juga harus tetap dijaga. Jangan sampai puasa tapi tidak bisa maksimal ibadah karena sakit. 

Apa kabar Para Ibu yang selalu sibuk di dapur? 
Dapur aman?
Apakah sudah mulai jarang masuk dapur atau malah makin sibuk?
Baiklah. Kali ini saya akan melaporkan hasil klasemen sementara takjil 5 besar terpopuler dari urutan teratas. Tentu saja berdasarkan hasil pandangan mata saya dari Pasar Takjil dekat rumah. Hasil klasemen ini berdasar takjil paling laris saat Ramadan. Mereka adalah:

1. Aneka gorengan
Posisi pertama diduduki oleh aneka gorengan. Aneka gorengan ini masih setia di posisi pertama mulai dari awal Ramadan. Tim gorengan diperkuat oleh tahu isi, ote-ote (bakwan), resoles, lumpia, tempe menjes balut tepung serta saudara sepupunya tempe kedelai balut tepung. Selain itu juga ada pisang goreng, tape goreng, singkong goreng, dadar jagung serta lentho, jemblem dan pohung keju. 

Mereka selalu kompak pasang aksi untuk menggoda para pembeli. Aksi mereka sudah mulai sejak keluar dari penggorengan. Minyak panas yang membasahi tubuh dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memamerkan kilau tubuh mereka. Siapa yang tak akan tergoda? Tampilan mereka yang kecoklatan selalu berhasil membuat orang berhenti. Para pengunjung Pasar Takjil yang berjalan lalu-lalang rela berhenti sejenak. Hanya untuk melihat aksi mereka.

Lalu bisa ditebak. Para tim gorengan akan meluncur dengan mudah ke tas kresek. Mereka dengan sukses dibawa pulang para pembeli yang tak kuat iman. Bukan main godaan tim yang satu ini. Tak heran mereka selalu bertahan di peringkat nomer 1 setiap bulan Ramadan. Konon kabarnya, Takjil tanpa gorengan seperti sayur asam tanpa asam. Ah. Itu kan katanya. Mitos yang tak perlu dipercaya, hanya dipahami saja. 

2. Aneka es
Cuaca sedang panas dan lembab pada bulan puasa Ramadan ini. Wajarlah jika Tim es menduduki rangking kedua. Posisinya bersaing ketat dengan tim gorengan, yang tak tergoyahkan oleh panas dan hujan. 

Es teh jumbo masih bertahan sebagai primadona. Es cincau kembali naik daun. Es dawet, es palu butung, es cao, dan es garbis tidak pernah gagal menarik pembeli. Es timun suri juga mulai pasang aksi dengan berani karena sering dibeli. Es Manado tidak mau kalah. Senior di tim es ini masih tetap memukau.

Tim es mempunyai anggota yang menawan semua. Aksinya selalu maksimal untuk menggoda mata. Mereka selalu memakai warna-warni cerah mencolok mata. Apalagi dengan tambahan es batu besar. Belum lagi aneka kondimen berbagai warna yang tak kalah meriah dengan riuhnya Pasar Takjil.

Apakah tim es akan bisa naik ke rangking 1 menggeser tim gorengan? Kita lihat saja apa yang terjadi. Masa depan adalah misteri. Sebelum Ramadan usai banyak hal yang terjadi diluar prediksi BMKG. Bahkan sering kali diluar nurul. Meski banyak pengunjung yang flu, persona tim es masih mampu memikat mereka.

3. Kolak Pisang
Si manis dari panci blirik hijau kesukaan Emak-Emak. Kali ini menduduki peringkat ke 3. Inilah dia kolak pisang. Sebenarnya bukan hanya para Emak yang suka makanan ini. Para Bapak juga doyan. Si manis ini memang disukai Para Tetua.

Kolak pisang dengan isi pisang, singkong, ubi plus kolang-kaling memperkuat barisan tim ini. Sebenarnya kolang-kaling ini baru direkrut beberapa tahun belakangan. Gara-gara santernya berita kalau kolang-kaling baik untuk kesehatan. Hadew. Tunggu dulu. Apa kabar kolak pisang dengan gula merah melimpah? Rasanya muanis legit. Bagaimana bisa kolang-kaling masuk lalu kolak bisa tetap sehat? Para Tetua ini bisa saja.

Saya prediksi Para Tetua suka kolak pisang karena semua anggota tim ini teksturnya lembut. Mudah digigit. Bahkan kadang tanpa dikunyah. Langsung masuk kerongkongan. Mau bagaimana lagi. Gigi sudah tak mampu mempertahankan posisi menjaga benteng mulut. Pasukan gigi mereka sudah banyak yang gugur. Bahkan ada yang dicabut paksa karena kondisi tak mungkin bertahan. 

4. Puding Aneka Rasa
Puding memang cocok kalau buat buka puasa. Teksturnya lembut. Tidak butuh banyak usaha untuk mengunyah. Rasanya tidak hanya manis. Ada yang rasanya perpaduan manis dan asam segar. Puding buah yang rasanya asam manis segar. Tua muda suka dengan makanan ini. Selain itu puding kaya serat. Sekaligus mengenyangkan. Tak heran jika tim puding masuk ke rangking 4. 

Harga puding juga bervariasi. Kemasannya ada yang kecil untuk sekali makan. Puding paket keluarga ukuran loyang juga tersedia. Baik loyang yang persegi panjang atau pun kotak. Hal ini mungkin yang membuat makanan ini populer di Pasar Takjil. Pembeli bisa menyesuaikan dengan budget. Mau beli yang satu porsi kecil sekali makan atau untuk sekeluarga. 

5. Aneka Buah
Penganut paham sehat dengan buah. Para pengikut mazhab anti gorengan dan tepung. Mana suaranya? Takjil dengan makan buah adalah pilihan mereka. Ternyata makin banyak penganut aliran ini. Buktinya Tim buah masuk ke rangking 5. Bukan main anak bawang satu ini. Si kuda hitam yang tidak diandalkan. Ternyata melesat tanpa terkendali.

Tim buah biasanya dijual sudah dalam kondisi terkupas dan terpotong-potong. Pembeli bisa langsung makan. Tim buah diperkuat oleh semangka, melon, nanas, pepaya, bengkoang dan belimbing. Ada juga tim buah dengan kostum lengkap seperti jeruk, pisang, kelengkeng, duku dan alpukat. Semua tergantung musim panen. Tim buah sering berganti personel. 

Anda termasuk penggemar tim yang mana?
Mana saja tidak masalah. Semuanya enak. Tergantung kepercayaan dan keyakinan masing-masing dalam memilih.

Komentar