Skincare Rutin untuk Ramadan


skincare rutin untuk ramadan


Bulan Ramadan tahun ini cuaca sedang galau. Hujan dan panas datang silih berganti tanpa ada peringatan. Jika hujan udara dingin menggigil, tetapi jika cuaca cerah panas menyengat. Cuaca ekstrim begini bikin kulit wajah jadi bermasalah. Ia butuh asupan skincare lebih agar wajah tetap sehat dan segar. Apalagi saat Ramadan seperti ini. Terkadang tubuh kurang kebutuhan air minum. Apa saja skincare rutin wajah saat Ramadan?

1. Pembersih Wajah 
Wajah harus rajin dibersihkan agar kulit wajah selalu bersih. Debu dan berbagai kotoran seringkali menempel di wajah. Apalagi kalau cuaca panas dan lembab. Keringat yang menempel di wajah juga harus rajin dibersihkan agar segala kotoran sirna. Kotoran, debu bisa membawa bakteri yang menimbulkan jerawat.

Pembersih wajah ada beberapa jenis, antara lain sabun cair, sabun batangan atau micellar water. Kalau untuk varian bahannya bermacam- macam. Ada yang pembersih tanpa minyak. Sabun pembersih juga ada yang tanpa busa. Kondisi wajah tiap orang berbeda. Pemakaian pembersih wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah dan masalahnya.

2. Toner
Toner sebenarnya berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak di wajah setelah menggunakan cleansing. Selain itu toner untuk mengunci kelembapan kulit. Itulah kenapa toner bisa memperkecil pori-pori wajah. Toner sebaiknya digunakan setelah membersihkan wajah. Setelah menggunakan toner lalu aplikasikan pelembab dan serum.

Ada berbagai bahan dalam toner. Pastikan dulu bahan tambahannya. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit. Untuk kulit berminyak gunakan toner dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Sedangkan untuk kulit kering bisa sekali sehari.

3. Pelembab
Cuaca panas dan dingin yang ekstrim bisa membuat kadar kelembapan kulit berkurang. Inilah pentingnya harus pelembab harus rajin digunakan. Pelembab wajah juga berfungsi untuk mengunci air agar tidak keluar lewat pori-pori kulit. Pelembab sebaiknya dipakai setelah membersihkan wajah. Saat wajah dibersihkan pagi dan malam. Pelembab lebih baik digunakan sehari dua kali.

Mungkin ada yang mengganggap, kan hanya di rumah untuk apa pakai pelembab? Bukankah meski di dalam rumah tetap bisa merasakan hawa panas di wajah. Rumah memang terlindung genting dan dinding rumah tapi hawa panas tetap bisa masuk. Inilah kenapa masih tetap butuh pelembab meski hanya tinggal di rumah sepanjang hari. Apalagi saat bulan Ramadan, terkadang asupan air minum berkurang. Hal ini bisa mengakibatkan kulit wajah dan tubuh dehidrasi.

Pelembab wajah juga bisa menggunakan bahan alami, misalnya madu, minyak zaitun, mentimun, minyak kelapa, lidah buaya atau yogurt. Beberapa bahan ini ada yang digunakan sebagai bahan campuran pelembab buatan pabrik. 

4. Serum
Apakah serum penting untuk kulit? Tergantung dengan kondisi kulit. Fungsi utama serum untuk melembabkan kulit. Serum juga berfungsi untuk memperbaiki skin barrier, mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah. Agar penggunaan serum bisa maksimal pastikan kulit wajah benar-benar bersih sebelum menggunakan serum. Hal ini perlu dilakukan agar penggunaan serum bisa maksimal. 

5. Sunscreen
Sunscreen atau tabir surya adalah skincare khusus untuk menahan sinar matahari agar tidak merusak kulit wajah. Skincare ini tugasnya untuk memantulkan atau mencegah sinar ultraviolet masuk langsung ke pori-pori wajah. Sunscreen berfungsi untuk hiperpigmentasi, mencegah keriput dan kulit wajah terbakar matahari.

Secara teori memang demikian. Apakah di dalam rumah tidak perlu pakai skincare? Memang sinar matahari tidak masuk ke rumah secara langsung. Namun, ada kompor dan juga pancaran sinar biru dari layar gadget. Kulit wajah juga perlu dilindungi. Ini artinya tetap harus menggunakan tabir surya meski tinggal di rumah terus. 

Sunscreen bisa digunakan secara terpisah. Ada juga produk krim pagi yang sudah ada tambahan bahan sunscreen. Bentuknya ada yang lotion atau disemprotkan ke wajah. 

Ada banyak merk skincare yang beredar di pasaran saat ini. Baik merek lokal atau internasional. Tergantung selera dan isi dompet. Satu hal yang penting adalah pakai skincare harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Ada Salah satu skincare yang aman untuk kulit wajah, yaitu theraskin. Produk ini dikembangkan bersama beberapa dokter kulit untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah. Produk lokal yang aman dan halal. Selain itu, semua produk theraskin sudah teregistrasi BPOM. Theraskin dikembangkan sejak tahun 2011. Berbagai inovasi terus dikembangkan oleh tim theraskin untuk memenuhi perkembangan teknologi kecantikan baik di Indonesia atau pun dunia.

Komentar