Es Dawet Transparan yang Unik


Siapa yang tidak tahu es dawet. Minuman sejuta umat yang disukai banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai usia lanjut. Biasanya dawet ini berwarna hijau atau merah muda. Kebetulan saya ketemu es dawet transparan ini di daerah Perak Barat. Penjualnya menggunakan gerobak di pinggir jalan.

Kenapa dawetnya disebut transparan? karena memang tanpa warna. Putih bening. Kuahnya sama seperti es dawet pada umumnya. Campuran antara santan encer dan gula merah. Rasa gula merah lebih dominan. Kentara kalau menggunakan gula merah asli.

Saya paling suka dengan cara penyajiannya. Es dawet ini menggunakan wadah mangkok kecil dari bahan gerabah. Lebih terasa sentuhan tradisionalnya. Selain itu juga lebih awet dingin.

Dahulu kala, Bapak Penjual membuat es dawet hijau seperti pada umumnya. Pada suatu saat, beliau tidak mendapatkan daun suji. Beliau coba menggunakan pewarna buatan namun tidak puas dengan hasilnya. Pelanggan juga banyak yang complaint. Suatu saat, beliau tidak bisa mendapatkan daun suji lagi.

Akhirnya beliau membuat dawet tanpa 'pewarna'. Ternyata para pelanggan suka. Banyak pelanggan yang suka dengan terobosan baru Bapak penjual ini. Sejak saat itulah, beliau menjual es dawet transparan. Tanpa pewarna sama sekali. Ternyata lebih laris jualannya.

Resep Es Dawet Transparan

Sebenarnya kita bisa membuat es dawet sendiri di rumah. Caranya mudah dan menggunakan bahan yang murah harganya. Saya kemaren dikasih tahu kalau bikin dawet paling gampang kalau dicampur agar-agar.   

Bahan:
- Agar-agar warna putih (merek apa saja terserah)
- Tepung tapioka
- Tepung beras
- Garam
- Gula
- Daun pandan
- Santan kelapa asli atau instan
- Gula merah
- Buah nangka (jika suka)

Cara Memasak:
1. Didihkan air putih. Sambil menunggu air mendidih, campurkan agar-agar, tepung tapioka dan tepung beras dengan air hangat. Komposisinya 1 : 1 : 1. Lalu masukkan ke air yang mendidih. Airnya tidak usah terlalu banyak.

2. Dinginkan lalu masukkan ke splutter atau plastik biasa. Jika pakai plastik biasa pastikan plastiknya tidak mudah robek.

3. Siapkan air es atau air dengan es dalam wadah. Tekan pelan-pelan plastik lalu bentuk seperti dawet dalam air es. Jika sudah selesai, sisihkan.

4. Masukkan santan encer, daun pandan, garam dan gula dalam panci. Didihkan dengan api kecil. Jika sudah mendidih, angkat dan diamkan sampai dingin.

5. Cairkan gula merah dengan air. Tambahkan daun pandan. Didihkan dengan api sedang sampai mengental. Masukkan daun pandan. Jika sudah agak mengental masukkan sebentar buah nangka yang sudah diiris tipis. Jika aroma nangka sudah tercampur dengan gula merah. Angkat dan dinginkan.

6. Cara penyajian : tuang santan encer dalam mangkok atau gelas. Masukkan dawet. Tambahkan gula merah cair sesuai selera. Tambahkan es batu secukupnya.

Cukup mudahkan kan cara membuat es dawet. Prosesnya agak panjang pada awalnya. Kalau sudah terbiasa tidak akan terasa. Bisa juga Anda membeli dawet yang sudah jadi. Perlu diperhatikan saat beli apakah dawet tersebut menggunakan bahan-bahan alami atau sintetis.                   



Foto: koleksi pribadi


Baca juga :

Es Dawet Banjarnegara Selalu Bikin Kangen

Komentar