Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya

Saat Ramadan, momen yang paling ditunggu adalah saat buka puasa. Kala menunggu buka puasa menjadi ajang seru. Menunggu buka puasa dikenal dengan istilah ngabuburit. Paling seru memang ngabuburit bareng. Dimana tempat ngabuburit asik di Surabaya? 
 
1. Masjid Al Falah
Ini tempat ngabuburit favorit saya. Selama ini, saya kalau pilih tempat ngabuburit selalu yang dekat Masjid. Biar gampang kalau sholat magrib. Bisa tetap ikut sholat tarawih pula setelah buka puasa.

Lokasi Masjid Al Falah sangat strategis. Pas dijalan utama Surabaya. Masjid ini ada di pinggir Jalan Raya Darmo. Gampang dituju dari segala arah Surabaya. Cocok untuk centre point. Selain itu di dekat Masjid ini banyak penjual makanan. Mulai dari pedagang kaki lima, depot hingga cafe. Lengkap. Tinggal pilih. 

Takmir Masjid setiap hari menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Tersedia hingga ratusan porsi. Kalau saya lebih nyaman beli sendiri. Selagi kita masih mampu beli, lebih baik beli saja.  
 
2. Taman Bungkul
Taman Bungkul ini adalah salah satu Taman Kota yang terkenal di Surabaya. Lokasinya di pinggir Jalan Raya Darmo. Salah satu jalan protokol di tengah kota Surabaya. Taman ini sangat cocok untuk ngabuburit. Ada area bermain untuk anak yang lengkap. Area taman juga luas. Banyak tempat duduk di bagian pinggir dan tengah Taman. Pada bagian tengah juga ada tanah lapang berpaving yang luas.

Taman Bungkul dekat dengan Masjid Al Falah. Selain itu juga ada sentra makanan di bagian belakang. Ada berbagai macam makanan Indonesia berjajar dari ujung ke ujung. Ada juga hotel di bagian belakang Taman ini. Kalau mau buka puasa dan sholat lebih mudah.  

3. Masjid Akbar Surabaya
Ini adalah tempat ngabuburit favorit saya. Area masjid ini luas. Selain itu area parkirnya juga luas. Saat bulan Ramadan biasanya ada bazar di trotoar luar sekeliling pagar Masjid Akbar Surabaya. Bukan hanya penjual makanan. Aneka kebutuhan sandang dan rumah tangga juga tersedia. Sambil ngabuburit bisa juga belanja kebutuhan lebaran. Harga makanan dan barang di sini tidak terlalu mahal. Masih standar. Ada yang bisa ditawar pula.

Ada banyak cafe dan rumah makan di sekitar Masjid Akbar Surabaya. Tinggal pilih saja yang sesuai selera. Berbagai variasi masakan Indonesia dan menu International tersedia lengkap. Aneka makanan western, Asia dan Timur Tengah. Tinggal pilih sesuai selera. Soal harga masih rata-rata harga makanan di Surabaya.

4. Lapangan Kodam
Tempat ini bisa disebut sebagai Pasar Malam Surabaya. Lapangan luas di komplek Kodam 5 Brawijaya. Sebenarnya tempat ini sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Tidak hanya di bulan Ramadan. Hanya saja selama Ramadan selalu lebih meriah. Banyak warga Surabaya yang memilih ngabuburit di tempat ini.

Tidak hanya ada penjual makanan, aneka sandang, eletronik, asesoris ponsel, serta aneka macam kebutuhan rumah tangga tersedia. Berbagai wahana permainan anak juga lengkap. untuk anak usia 1 tahun hingga 10 tahun. Ada juga beberapa masjid dan mushola di pemukiman sekitar lapangan. Tak usah repot jauh-jauh kalau ingin sholat. Perlu diingat kalau malam minggu biasanya penuh sesak. Kalau tak ingin terlalu berjubelan hindari tanggal setelah gajian.    
 
5. Masjid Al Muhajirin 
Lokasi masjid ini di Jalan Jimerto Surabaya. Masih satu komplek dengan kantor Kotamadya Surabaya. Masjid ini enak banget kalau dibuat tempat ngabuburit. Masjidnya luas. Lokasinya di pinggir jalan dan mudah dijangkau. Banyak pedagang makanan di halaman masjid. Ada banyak tempat makan di sepanjang Jalan Jimerto ini. Tak usah khawatir kalau ingin buka puasa. 

Lokasi Masjid ini di tengah kota Surabaya. Dekat dengan mall besar. Kalau ingin jalan-jalan ke mall setelah buka puasa juga bisa. Masjid ini juga menyediakan takjil. Tak usah khawatir kalau banyak pembeli antri di tempat makan. Bisa berbuka puasa di Masjid ini.

Nah itu tadi 5 tempat ngabuburit asik di Surabaya versi saya. Kalau Anda dimana biasanya? 

Komentar