Review Wizz Mie Surabaya Barat

"Tempat itu rame terus kalau Kita lewat." ucap Suami tiba-tiba, "Mampir, yuk!"
"Ayuuk." jawab Saya cepat. Saya mah gampagan kalau diajak. Apalagi kalau ke tempat makan. Langsung mau.

Kami langsung belok kiri ke Wizz Mie. Lokasinya di daerah Lidah Wetan wilayah Surabaya Barat. Sepertinya tempat makan kekinian. Kelihatan besar tempatnya. Pas masuk ke tempat parkir, bisa cepat dapat parkiran. Parkiran luas. Baik untuk sepeda motor atau mobil. Pak parkir juga cekatan mengarahkan pengunjung yang akan parkir. Kami tak menunggu lama.

Tempat Luas
Selesai urusan di tempat parkir langsung masuk ke dalam. Naik beberapa tangga dulu. Tidak tinggi sebenarnya. Sebelah kiri tangga ada ruang terbuka seperti teras rumah. Ada tempat duduk kayu bentuk huruf L. Ternyata ini area tunggu buat para ojek online dan juga pembeli yang untuk dibawa pulang. Area ini pas di depan area dapur. Area ini nyaman dan tidak panas meski ada di depan area masak.

Begitu masuk Wizz Mie di sebelah kanan ada tempat pemesanan sekaligus pembayaran. Pada bagian depan pemesanan ada area dapur. Area ini modelnya terbuka. Kami bisa melihat langsung para crew bagian dapur. Para crew rata-rata masih muda. Mayoritas crew dapur pria saat saya datang. Area dapur ini ramai dengan berbagai suara tapi masih belum dalam tahap bising. 

Untunglah kami tak perlu antri lama di area pemesanan. Ada 3 pembeli di depan kami. Sambil menunggu giliran pesan lebih baik sudah siap memilih makanan dan minuman apa saja yang diinginkan. Kecepatan pengunjung saat memesan sangat berpengaruh untuk mengurangi antrian. Crew kasir cara kerjanya cepat dan efisien tapi kalau pembeli pesannya masih mikir dulu saat dilayani ya percuma. Tetap saja bikin pemesanan lama dan antrian semakin panjang.

Di antara area pemesanan dan area dapur ada counter gelato. Hanya ada 1 etalase tapi penuh 2 tingkat. Aneka warna dan rasa sangat menggoda. Ada sorbet juga. Kalau sudah terlanjur selesai pemesanan dan bayar lalu ingin gelato tak usah khawatir. Kita bisa pilih dan bayar langsung di counter gelato. Tak perlu balik lagi ke kasir untuk bayar.

Counter gelato

Selesai urusan pemesanan. Tinggal cari tempat duduk serta tunggu makanan dan minuman datang. Saya jalan terus ke. bagian belakang. Ternyata di bagian belakang counter gelato ada drink area. Semua pemesanan minuman dibuat oleh para crew di sini. Area dapur di depan tadi khusus untuk memasak makanan. Area minuman ini lebih tenang. Crew juga lebih sedikit. Saya hanya melihat 4 orang yang bertugas. Jika Anda hanya ingin minum kopi, bisa langsung pesan di drink area. Ada tempat duduk juga di meja drink area. Konsepnya seperti mini bar.

Lanjut terus ke belakang. Kelihatan masih banyak tempat duduk yang kosong. Saat pemesanan tadi Kami diminta milih mau di atas di bawah. Kebetulan, Saya lagi males kalau naik atau turun tangga. Jadi milih yang selantai dengan area pemesanan saja. Ternyata ini adalah area atas. Kalau ke area bawah turun tangga di sebelah counter gelato.

Kami memilih area di belakang, bagian pinggir. Area makan di lantai atas ini semi terbuka. Dinding setinggi sekitar 1 meter dari lantai. Meski tanpa pendingin ruangan, angin masuk dengan leluasa. Kebetulan saya ke sini sore hari. Angin sejuk sepoi-sepoi berhembus. Kayaknya enak nih duduk santai menikmati sore sambil baca novel penulis buku Mbak Triani Retno.

Kami ngobrol sambil sesekali lihat jam. Sudah 15 menit kenapa pesanan belum datang. Padahal tidak banyak pengunjung di sekitar Kami. Antrian di bagian pemesanan makin memanjang. Saya melongok ke bawah. Penasaran di lantai bawah seperti apa. Lah. Ternyata banyak pengunjung di lantai bawah. Pantesan. Antri panjang ternyata pesanan Kami.

Saya bermaksud turun ke lantai bawah. Penasaran kok ramai banget pengunjung di sana. Eh ternyata pesanan Kami datang. Yo wis lah. Makan dulu.

Tandas semua makanan dan minuman. Perasaan lebih lama menunggu makanan datang daripada menghabiskan. Selesai makan, kami memutuskan untuk ke lantai bawah sebelum pulang. Sekalian sambil menunggu pesanan makanan untuk dibawa pulang selesai.

Area outdoor di lantai bawah

Ternyata area makan di lantai bawah benar-benar full. Ada dua area makan di sini. Bagian depan dan tengah semi outdoor. Sedangkan pada bagian belakang outdoor. Terdapat taman dan kolam ikan di bagian belakang ini. Meja kursi set di pinggir kolam ikan di sebelah kanan. Sebelah kiri ada taman. Nikmatilah gemericik suara air kolam. Area belakang ini yang Saya lihat dari atas. 

Lain kali insyaa Allah kalau ke sini, saya akan pilih makan di lantai bawah. Area makan di bawah sebenarnya sama luasnya dengan area atas. Berhubung hanya tempat makan pengunjung, kesannya seperti lebih luas dari. 

Menu Wizz Mie Lidah Wetan
Satu lagi yang saya suka di sini adalah menunya banyak dan bervariasi. Bukan cuma mie. Berhubung nama restoran ini ada kata 'mie', saya pikir menunya hanya mie atau serba mie.

1. Aneka mie
Ada 3 menu mie, yaitu mie goyang, mie disko dan mie manja. Mie goyang adalah mie pedas kecap. Kalau mie disko hanya mie pedas. Sedangkan mie manja diolah dengan bumbu original khas Wizz Mie. Semua mie ini adalah mie goreng.

Mie goyang tersedia 3 level. Pedas level 1 sama dengan 5 cabai. Level 2 = 10 cabai. Level 3 = 15 cabai. Para pecinta pedas bisa pilih mie disko yang pilihan pedasnya sampai 5 level. Level 1 setara dengan 10 cabai. Level 2 = 20 cabai. Seterusnya kelipatan 10. Berarti level 5 sama seperti 50 cabe. Wow. Apa kabar usus? Semoga baik-baik saja yang makan mie disko level 5.

Bagaimana buat yang tidak bisa makan pedas tapi ingin makan mie? Tenang. Anda masih bisa menikmati mie manja. Mie yang satu ini diolah dengan bumbu original. Tidak ada kandungan cabe. Harga semua menu mie Rp 8.500 - 9.500 (sebelum pajak)
 

2. Rice Bowl
Para pengabdi nasi. Tenang. Anda masih bisa makan dengan nyaman di sini. Ada aneka menu rice bowl antara lain, rice bowl sambal matah, teriyaki, black pepper, sweet and sour dan spicy. Pilihan lauknya ayam, daging dan udang. Tinggal pilih sesuai selera saja. Harga semua rice bowl sama, yaitu Rp 12.000 (sebelum pajak). Kalau mau tambahan telur ceplok, harga tambah Rp 4.000 (sebelum pajak).

3. Genk Sushi
Pecinta Sushi tak perlu khawatir. Ada banyak menu sushi di sini, yaitu classic roll, retro roll, hip and roll, electric roll, rock and roll. Apa ini? Wizz mie memang menamai sushi dengan marga roll. Ini yang bisa bikin pengunjung penasaran. Isian sushi berupa telur, daging, ayam atau udang. Cobain sendiri kalau pas ke sana Tak seru kalau Saya ceritakan di sini. Sensasi penasaran Anda akan luntur.

Genk sushi ini juga ada anggota 'gorengan' ala Jepang antara lain chicken katsu, spicy chicken wings, chicken karage dan ebi furay. Semua harga di Genk Sushi ini Rp 11.000 (sebelum pajak). Satu porsi sushi isi 4. Begitu juga 'gorengan' ala Jepang. Harga segitu sepadan banget. Rasanya enak semua.

4. Genk Dimsum
Untuk genk yang satu ini anggotanya terdiri dari dua kubu, yaitu kubu goreng dan kukus. Entah kenapa genk ini harus terbagi menjadi dua kubu. Untung saja semua anggota genk dimsum rukun. Semua anggota ikhlas dihargai sama, Rp 9.000/porsi. Semua anggota geng juga sepakat seporsi hanya terdiri dari 3 anggota. Tak boleh lebih. Kasihan kalau harus berdesakan saat disajikan. Kan harus tampil cantik paripurna dihadapan pembeli.

Baiklah saya perkenalkan para anggota genk dimsum. Kubu goreng yaitu udang keju, udang rambutan, lumpia ayam, lumpia udang, ceker bumbu basah, pangsit goreng, pao ayam goreng dan bola udang keju. Sedangkan kubu kukus, sang primadona siomay, pao ayam steam, bola udang steam dan sushi. Lah si sushi ngapain ikut masuk genk ini. Ya sudahlah ya. Biarin saja. Kasihan nanti ngambek kalau diusir.

5. Minuman Panas
Mohon maaf sebelumnya. Genk minuman juga terbagi menjadi 2 kubu. Hanya saja mereka tidak mau dibahas dalam satu sesi. Mereka ingin terpisah saja. Sungguhan ada tembok yang terlalu tebal dan tinggi di antara dua kubu ini. 

Drink area

Baiklah saya akan perkenalkan para anggota minuman panas terlebih dahulu. Sesuai dengan namanya. Mereka gampang 'panas' kalau menunggu terlalu lama. Saya perkenalkan dari yang paling populer di kalangan pembeli yaitu coffee Latte, disampingnya ada green tea latte, tiramisu latte, cappuccino latte, americano, espresso, con panna, red velvet latte, taro latte dan mocacino latte. Mereka ini kaum borjuis, yang rela dibandrol dengan harga Rp 10.000.

Kubu minuman panas juga ada kaum rakyat jelata yaitu hot tea, hot lemon tea, hot orange dan hot lime. Meski rakyat jelata mereka banyak disukai oleh para pembeli. Hanya membayar Rp 5.000/gelas pembeli sudah auto hilang hausnya.

6. Minuman Dingin
Nah, giliran kubu minuman dingin. Anggota kubu ini banyak. Mungkin karena hawa dingin bikin anggotanya kerasan kumpul di sini. Berikut ini para anggota Ice Bar, yaitu Ice DJ, Ice Reggae, Ice Funky, Orange Splash, Lychee Splash, Lemon Splash, Tjampolay, Ice Lemon Tea, Ice Tea dan Lychee Tea. Mereka belum sepakat soal harga hingga hari ini. Harga mereka beragam Rp 5.000 - Rp 9.500.

Kok harganya nanggung banget. Tidak sekalian sepuluh ribu. Soalnya ada genk Frappe yang dihargai Rp 10.000. Frappe merupakan es kopi khas Yunani. Mirip dengan milkshake. Barang import kok di bandrol murah? Ya ini hasil kesepakatan bulat para anggota. Mereka tahu diri untuk menyesuaikan dengan kantong masyarakat Indonesia. Para anggota genk Frappe adalah original, avocado, green tea, taro, red velvet, mocca, tiramisu, ice chocolate, matcha latte, ice kopi susu dan milk tea.

Recommended
Pertama kali yang saya suka dari Wizz Mie makanan dan minuman enak semua. Racikan bumbunya pas dengan selera saya. Yang ke dua tempat makannya nyaman. Luas dan tidak panas. Tak perlu nunggu orang selesai makan. Ada banyak tempat duduk.

Kalau ke sini sebaiknya tidak pas jam makan siang atau makan malam. Nunggu makanan lama. Kalau terpaksa ke sini pas jam ramai, Saya harus bawa buku Mbak Eno, penulis dan editor freelance dari Bandung yang terkenal. Lumayan biar tidak jenuh nunggu pesanan datang.

Hampir lupa. Saat kita memesan akan di kasih plakat bernomor. Saat kita makan, biasanya ada Mbak atau Mas yang ngecek pesanan sudah datang semua atau masih ada yang kurang. Setelah itu Beliau akan ambil plakat nomer pesanan. Kalau mau nambah atau pesan lagi, plakat nomer jangan dikasihkan. Nanti kalau pesan lagi kita tak perlu antri. Kita akan langsung dilayani tanpa perlu antri. Cukup bawa plakat nomer dan berdiri di depan kasir, di sebelah antrian. Ini yang saya suka. Tak perlu ribet antri panjang lagi.

Bagi yang mau bikin content atau foto cantik di sini lebih baik datang pagi atau siang hari. Saat sore dan malam cahaya ruangan kurang maksimal karena lampunya berwarna kuning semua. Kalau mau bikin food content tapi malas keluar rumah bisa pesan via aplikasi online.



Wizz Mie Surabaya Barat
Jl. Raya Lidah Wetan no 19-21 Surabaya
Phone: 0821-4070-2300
Buka: setiap hari jam 10.00 - 23.00

Komentar