Belanja Murah di Dupak Grosir Surabaya

Saya kenal dengan Dupak Grosir Surabaya ini secara tak sengaja tahun lalu. Saat itu Adik mau menikah. Kami berburu souvenir yang unik, murah dengan kualitas bagus. Ketemunya di sini.

Sebentar lagi ramadhan dan lebaran. Saat. Para penjual kulakan, kata orang Jawa. Stock barang harus di update. Kalau mau beli bingkisan lebaran lebih nyaman sebelum ramadhan. Saat bulan ramadhan bisa khusuk beribadah. 

Pertama kali masuk area pasar langsung cari toko souvenir. Kebetulan kami sudah janjian sama pemilik toko. Kebetulan juga waktu datang kami sudah mepet dengan janji temu. Dari tempat parkir langsung ke toko tujuan setengah berlari. Mata tak berani lirik kanan kiri. Selesai urusan pemesanan souvenir barulah jalan-jalan keliling. 

Grosir dan Eceran
Sesuai dengan namanya. Sebagian besar barang dijual dengan harga grosir. Belanja lebih murah kalau belanja di Dupak Grosir Surabaya. Biasanya minimal beli barang 3 biji baru bisa dapat harga grosir. Ada juga yang minimal harus beli 5 atau 7 atau 10. Saya sering menjumpai pembeli langsung jumlah banyak. Nantinya akan di jual lagi biasanya.

Kalau tidak buat dijual lagi, kan mubazir beli 3 misalnya. Tenang. Kita bisa beli hanya 1 biji. Istilahnya beli eceran. Tentu saja harganya berbeda. Lebih mahal dari harga grosir. Selisihnya bisa 20% atau 30%.

Perlu diketahui. Tidak semua toko melayani penjualan secara eceran. Biasanya ada tulisan yang dipajang besar di dalam toko 'tidak jual eceran' atau 'hanya grosir'. Kalau tidak ada tulisannya juga belum tentu jual barang eceran. Jadi harus rajin bertanya sebelum naksir barang.

Jika Anda tanya harga suatu barang, pasti akan ditanya penjualnya "mau beli/ ambil berapa banyak?". Jawab saja yang jujur. Jumlah barang yang akan dibeli akan berpengaruh pada harga barang. Semakin banyak barang yang akan dibeli, otomatis harganya makin murah.

Saya paling suka pelayanan di sini karena penjualnya tidak pelit informasi. Jika mau tanya-tanya harga saja tak masalah. Mereka tetap ramah melayani. Saya jadi bisa membandingkan harga dengan toko lain. Cari harga yang paling murah dengan kualitas yang bagus.

Toko-toko di Dupak Grosir juga bersedia untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli. Bagi para pembeli dari luar kota tidak perlu khawatir kalau ingin beli barang dalam jumlah banyak secara langsung. Pengiriman bisa menggunakan ekspedisi biasa, kereta api atau kapal laut.

belanja grosir surabaya
Aneka kebaya jadi

One Stop Shopping
Dupak Grosir di Surabaya ini ada area pasar dan ruko. Saya akan membahas area Pasar terlebih dahulu. Area Pasar ada di bagian belakang. Dari Jalan Raya Dupak ada gerbang besar bertuliskan DUPAK GROSIR SURABAYA. Masuk dan lurus dari sini, ada pintu masuk parkir. Setelah masmuk pintu parkir ambil jalan ke kanan. Anda kana melihat pintu masuk ke pasar. Ada 3 pintu masuk kalau dari arah sini pintu barat, pintu timur dan pintu selatan.

Area Pasar Dupak Grosir ada 3 lantai. Tiap lantai menjual jenis barang yang sama. Jadi lebih mudah bagi pembeli untuk berbelanja. Lantai 1 tersedia aneka peralatan rumah tangga, aneka bunga dari plastik, aneka tas dan aneka mainan anak. Koleksi mainan lengkap. Mulai dari bayi hingga alat peraga untuk sarana peraga home education. Kalau sebagian besar adalah tas travel dan aneka koper. Ada berbagai ukuran, ada yang paling kecil sampai paling besar. Harga grosir beli koper minimal 2 buah.

Peralatan rumah tangga yang tersedia di sini ada yang dari bahan plastik, stainless dan besi. Aneka peralatan dapur juga tersedia. Peralatan memasak juga tersedia lengkap. Aneka peralatan untuk catering yang serba besar juga ada. Paling banyak peralatan rumah tangga dari bahan plastik. Aneka keranjang bancaan juga ada. Paling murah Rp 2.000/biji. Paling tipis yang bentuknya bulat biasa. Ada juga aneka bentuk dan ukuran kotak mika untuk wadah makanan. Harga grosir untuk pembelian minimal 10 buah.

Bagian tengah pasar khusus untuk area bunga dari plastik asesoris pesta. Bunga plastik aneka warna dan jenis. Lengkap variannya. Harganya juga bervariasi. Mom blogger kalau mau cari properti foto bisa banget di sini. Hati-hati saja lapar mata. Bahaya buat dompet. Asesoris pesta ada berbagai hiasan. Hiasan natal juga bersedia lengkap.

Selesai keliling lantai 1, lanjut ke lantai 2. Ada aneka jenis sepatu dan sandal khusus di lantai 2 ini. Untuk anak-anak sampai dewasa. Laki-laki dan perempuan. Sepatu resmi model pantofel, sneakers, sepatu khusus olahraga atau sepatu santai tanpa hak plus aneka kaos kaki tersedia banyak. Tinggal pilih model dan harga yang cocok di kantong.

Kalau untuk lantai 2 ini banyak penjual sandal dan kaos kaki yang tidak menjual eceran. Kalau beli grosir minimal harus 7 buah. Jika toko sepatu masih banyak yang jual eceran. Setiap toko pasti ada tulisan 'tidak jual eceran' atau 'hanya grosir'. Pembeli jadi lebih mudah kalau mau beli. Jika butuh barang eceran atau grosir jadi lebih cepat. Tak perlu banyak tanya.

Kebanyakan penjual di lantai 2 ini mematok harga pas. Makin banyak barang yang dibeli, harganya makin murah. Lebih baik keliling-keliling dulu untuk mencari harga yang paling bagus. Bisa juga searching di toko online untuk kisaran harga model atau merek tertentu. Biasanya toko yang ada di bagian belakang atau di lorong akan lebih murah. Jangan khawatir kalau mau masuk ke lorong-lorong belakang. Pasar Dupak Grosir banyak penerangan. Kondisi pasar terang benderang meski sampai ke bagian paling belakang.

Pada beberapa area juga tersedia handuk dengan berbagai ukuran. Untuk handuk tersedia yang eceran dan grosir. Banyak juga handuk yang dijual diskon. Meski beli eceran tetap bisa dapat harga yang murah. Sebagian besar handuk yang diskon besar untuk yang ukuran kecil dan sedang. Kalau handuk ukuran besar tidak ada yang diskon. Entah lagi kalau pas bulan ramadhan seperti ini. Mungkin semua item dapat diskon. 

Lanjut ke lantai 3. Area lantai 3 ini barang yang dijual adalah aneka produk garmen. Aneka jenis baju dan untuk semua usia. Jilbab aneka ukuran juga tersedia, baik yang instan atau segiempat. Koleksi untuk laki-laki dan perempuan juga tersedia lengkap. Baju koko, batik, berbagai model kebaya sampai baju daster pun tersedia lengkap. Aneka pakaian dalam juga tersedia lengkap. Tinggal pilih saja model dan harga.

Pada sisi bagian timur bagian belakang, ada area khusus souvernir. Tidak banyak toko yang menjual tapi lengkap semua item yang tersedia. Enaknya di sini kita bisa pesan souvernir, kemasan dan kartu ucapan sekaligus. Harga tergantung paket yang kita ambil dan jumlah item yang dipesan. Bahkan kalau misalnya kita sudah punya souvernir sendiri tak masalah. Kita bisa pesan kemasan dan cetak tulisan serta kartu ucapan. Kita bisa juga minta mereka yang packing. Kita terima jadi. Ini yang saya suka, transaksinya fleksibel. Kita ingin yang langsung beres, setengah repot atau yang repot sekali.    

souvenir nikah murah surabaya
Souvenir pernikahan dengan harga bervariasi

Sarana Penunjang
Saya paling suka belanja di Dupak Grosir karena barangnya bervariasi. Mulai yang harga murah sampai merk ternama ada di sini. Kita tinggal meyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, tempat ini mempunyai sarana penunjang yang lengkap. 

1. Area Ruko
Saya sudah menyebut pada bagian awal tulisan ini. Area ruko ada di bagian depan dan samping area Pasar. Ruko ini menjual aneka barang yang sama dengan di dalam area Pasar. Kita bisa beli eceran atau grosir juga. Area Ruko ini luas. Barang dagangan yang dijual tidak berkelompok. Kita harus keliling kalau ingin mencari barang tertentu. Ini yang saya tidak seberapa nyaman. Lebih enak di Area Pasar. Bisa langsung menuju area barang yang kita butuhkan.

2. Parkir Luas
Ini yang paling penting. Paling malas belanja kalau harus antri parkir lama. Baik saat masuk atau akan keluar. Dupak Grosir punya area parkir bertingkat sampai 3 lantai. Jika sudah rencana belanja banyak lebih baik langsung parkir selantai dengan toko yang ingin dituju. Bisa lebih mudah jika ingin memindahkan barang ke mobil. Pengunjung juga boleh parkir di area ruko. Meski tidak beli di ruko tersebut. Ini nih yang enak. Saya biasanya lebih suka parkir di depan ruko. Lebih cepat kalau mau keluar.

3. Foodcourt
Capek keliling belanja. Lapar. Tenang tak perlu keluar Pasar Dupak Grosir. Ada foodcourt di lantai 3. Di area parkir motor. Lokasinya dekat dengan mushola dan kamar mandi. Ada banyak varian makanan dan minuman di tempat ini. Paling banyak adalah aneka sambel penyetan khas Surabaya. Harganya standart. Sesuai dengan harga di luar. Kita bisa langsung beli dan bayar ke penjual. Tidak pakai sistem kasir. Pelayannya lebih cepat. Tidak perlu menunggu lama sampai kelaparan.

4. Mushola
Ada 2 tempat untuk sholat di sini, yaitu di mushola dan masjid. Mushola ada di lantai 3 sisi sebelah barat. Kalau masjid ada di lantai 1 pojok barat. Lokasinya di area parkir bagian ruko pojok belakang. Mushola lebih kecil. Lebih nyaman sholat di masjid tapi lokasinya jauh. Kalau mau sekalian pulang lebih enak. Mobil bisa parkir di dekat masjid.

5. Kamar Mandi
Kamar mandi tersedia di semua lantai. Ada di sisi barat dan timur. Kamar mandi terpisah untuk pria dan wanita. Untuk kamar mandi wanita ada banyak bilik. Tersedia toilet jongkok dan duduk. Berhubung banyak bilik kamar mandi tak perlu lama antri. Kalau di tempat belanja biasanya harus antri lama. 
 
Lokasi Dupak Grosir
Tempat belanja murah ini ada di daerah Surabaya Utara. Tepatnya Jl Gundih no 8-14 Surabaya. Tempat belanja murah berkumpul di daerah ini. Sebelah kanan Dupak Grosir ada PGS (Pusat Grosir Surabaya). Seberangnya ada Pasar Turi Baru. Jika ingin keliling belanja bisa banget langsung keliling ke 3 Pasar Grosir ini. Kebetulan ketiga tempat ini termasuk Pasar Grosir. 

Dupak Grosir buka mulai jam 10.00 - 17.00 WIB. Namun baru jam 11.00 WIB semua toko buka. Jam 10.00 WIB sudah ada beberapa yang buka tapi belum banyak. Kalau ingin parkir di bawah dekat pintu masuk harus datang jam 10.00 WIB. Lebih 30 menit, parkir bawah sudah penuh. Harus masuk ke parkir dalam gedung.

Jika ingin ke Dupak Grosir bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika naik mobil pribadi bisa lewat tol lalu turun di pintu keluar tol Dupak. Lurus saja, Dupak Grosir ada di sebelah kanan. 

Jika naik kendaraan umum, bisa naik bemo warna hijau yang jurusan ke Stasiun Pasar Turi atau Jl Semarang. Turun dipertigaan Jalan Semarang dan Jalan Dupak lalu naik becak. Sebenarnya jaraknya dekat. Bisa jalan kaki. Berhubung Surabaya ini jam 10.00 WIB sudah panas, lebih nyaman kalau naik becak.

Mau naik sepeda motor juga bisa. Tempat parkir motor luas. Ada di dalam gedung lantai 3. Jika ingin parkir di bawah juga bisa tapi sangat terbatas di area Ruko. Tidak nyaman kalau ingin keliling seharian. Selamat berbelanja. 

Komentar