Soto Boyolali Bu Widodo Jalan Slamet Surabaya

soto boyolali enak di surabaya


Kok mendadak ingin makan soto Boyolali. Padahal mudik masih lama. Mau bikin sendiri masih belum bisa. Untung ada soto Boyolali enak di Surabaya. 

Lokasi
Lokasi tempat makan soto enak dan murah ini ada di daerah Ketabang, Surabaya Pusat. Tepatnya di Jalan Slamet no 31 Surabaya. Jalan ini pas di sebelah Grand City Mall.

Kalau dari arah Jalan Gubernur Suryo  belok kiri di bunderan air mancur. Lurus saja di Jalan Yos Sudarso sampai Balai Kota Surabaya lalu belok kanan. Ambil jalur kiri karena akan belok kiri sebelum Grand City Mall. Masuk saja ke Jalan Slamet. Susuri jalan ini sekitar 500 meter, di sebelah kiri ada Spesial Soto Boyolali Bu Hj Hesti Widodo. 

Serasa makan di rumah
Bangunannya seperti rumah tinggal dengan cat warna merah dan dominan warna kuning. Halamannya lebar tanpa sekat pagar. Bisa muat 5 mobil di halaman depan rumah. Rumah ini di terbagi menjadi 3 area, yaitu bagian kanan, tengah dan kiri. Sementara itu ada dua pintu masuk, bagian tengah dan kanan.

Saya biasanya masuk lewat pintu paling kanan. Area kanan semi outdoor di bagian depan. Sedangkan bagian belakang indoor. Sebenarnya di area kanan ini tidak ada pintu untuk masuk. Entah lagi kalau pakai rolling door seperti garasi. Saya tidak seberapa mengamati. Pada bagian atas pintu masuk memang ada jejak rolling door tapi tidak kentara.

Area makan di bagian kanan depan

Area kanan bagian depan seperti teras rumah. Area paling depan yang berbatasan langsung dengan tempat parkir diberi pagar kayu pendek. Ada hiasan bunga dan dedaunan sebagai pemanis. Area paling nyaman untuk makan ya di sini. Angin sepoi-sepoi leluasa keluar dan masuk. Tidak panas meski tidak ada penyejuk ruangan. Hanya saja lebih bising dan bau kenalpot.

Area kanan belakang tidak ada sekat pembatas dengan area kanan depan. Hang saja suasananya beda. Angin Memang bisa menerobos langsung ke area belakang. Hanya saja tetap panas. Penyejuk ruangan di sini hanya kipas angin di atas ruangan. Jadi kalau makan di area ini harus yang tahan kipas angin dengan kecepatan maksimal. Mungkin karena dekat dengan dapur, lebih panas area di sini.

Area kanan belakang ada pintu yang bisa masuk ke area tengah. Tidak perlu memutar dan masuk lewat pintu depan tengah. Area tengah juga berbagi menjadi dua. Bagian depan ada area makan. Sederet meja kursi ada di sebelah kanan. Meja sedang dengan kursi untuk 4 orang.

Area tengah depan bagian tengah ini tempat favorite mayoritas pengunjung Spesial Soto Boyolali. Ada counter panjang yang berisi aneka gorengan dan sate. Bagian tengah depan ini tempat paling strategis untuk para pecinta gorengan. Kita bisa ambil tanpa harus berjalan jauh. Stock aneka gorengan dan sate-satean ini tidak pernah habis. Setiap kali habis langsung ditambah lagi dari dapur. Kalau makan gorengan hati-hati seringkali masih dalam kondisi panas.

Lanjut ke area tengah bagian belakang. Ini area pegawai. Ada meja kasir dan layanan pemesanan makanan dan minuman. 

gorengan enak soto boyolali
Counter gorengan dan aneka sate


Kembali ke area tengah bagian depan. Ada pintu sebelah kanan yang menghubungkan dengan area paling kiri. Area ini hanya untuk tempat makan. Saya belum pernah makan di area ini karena selalu penuh setiap kali Saya datang ke sini. Mungkin termasuk area favorit. Tidak terlalu jauh dengan counter gorengan. Bisa bolak-balik ambil gorengan.

Makanan Utama
Ada 3 macam makanan utama di sini, yaitu soto ayam, soto sapi dan tengkleng. Aslinya soto Boyolali adalah nasi soto ayam. Soto daging adalah variasi menu karena masyarakat Surabaya suka soto daging. 

Soto Boyolali sama dengan soto khas Jawa Tengah lainnya. Bumbunya ringan dengan kuah bening. Penyajiannya berbeda dengan soto pada umumnya. Soto Boyolali disuguhkan dengan mangkok kecil. Setara dengan mangkok sup di restoran masakan China. Bagi orang Jawa Timur yang terbiasa dengan porsi besar bisa jadi kaget saat melihat pertama kali soto ini.

Tenang saja tempat ini bisa mengakomodir semua selera makan pembeli yang datang. Menu yang tersedia bervariasi. Kita tinggal menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Soto sapi kecil (Rp 10.000) dan soto ayam kampung kecil (Rp 10.000). Menu ini adalah soto Boyolali original. Penyajiannya pakai mangkuk kecil. Sekitar 1/3 porsi dari ukuran mangkuk normal.

Makanan pendamping


Soto sapi besar (Rp 12.000) dan soto ayam kampung besar (Rp 12.000). Meski di menu tulisannya 'besar' tapi tetap saja porsinya lebih sedikit dari porsi mangkuk normal. Banyak kira-kira separuh dari mangkuk ukuran normal.

Soto sapi pisah (Rp 14.000) dan soto ayam kampung pisah (Rp 14.000). Bagi Anda yang suka makan dengan porsi nasi banyak, bisa pilih ini. Meski porsi soto sedikit tapi nasinya banyak, dalam artian porsi makan normal.

Selesai makan ingin beli untuk orang-orang di rumah. Bisa banget. Ada menu khusus kalau takeaway. Judulnya di menu adalah soto bungkus, harganya Rp 14.000/porsi. Menu yang satu ini tanpa nasi dengan harga tersebut. Kalau mau nasi bisa saja. Tinggal pesan nasi putih harganya Rp 4.000/porsi.

Buat Anda yang kangen tengkleng dengan bumbu khas Jawa Tengah. Bisa juga ke sini. Tengkleng perporsi harganya Rp 40.000. Tanpa nasi. Kalau mau tmabah nasi harus pesan nasi putih tersendiri. Khusus untuk tengkleng porsinya normal. Cukup mengenyangkan untuk sekali makan.

Makanan pendamping
Soto Boyolali biasanya disajikan dengan makanan pendamping berupa gorengan dan aneka jenis sate. Begitu juga di Soto Segar Boyolali Bu Widodo. Ada banyak gorengan, antara lain tahu isi, bakwan, ote-ote, tempe goreng, tempe goreng tepung, sosis solo dan lumpia mini. Semua gorengan ini harganya sama Rp 2.000/biji. Khusus perkedel kentang harganya (Rp 3.000).

Area makan di bagian kanan belakang


Sedangkan satenya ada berbagai jenis pula, antara lain sate cingur sapi (Rp 8.000), sate paru sapi (Rp 7.000), sate otak sapi (Rp 7.000), sate ati ampela (Rp 7.000), sate telur puyuh (Rp 5.500). Tidak ada sate kere di tempat ini. Sate kere adalah salah satu makanan khas Boyolali. Sate ini bahan utamanya dari ampas tahu.

Minuman
Kalau untuk minuman sama dengan tempat makan lain. Ada teh tawar (Rp 2.000), teh manis hangat (Rp 3.500), jeruk hangat (Rp 4.500), es teh tawar (Rp 2.500), es teh manis (Rp 4.500), es jeruk (Rp 5.500), teh gula batu (Rp 5.500), es teh gula batu (Rp 5.500) dan air es (Rp 1.000).

Recommended
Apakah kenyang makan Soto Boyolali yah porsinya kecil banget? Kenyang. Kalau saya ke sini biasanya pesan yang porsi kecil dengan banyak gorengan dan aneka sate. Kayaknya Saya bukan kenyang karena nasi soto Boyolali. Gorengan ini nih yang bikin kenyang. Makannya memang sedikit. Ngemil gorengan ini yang susah berhenti.

Saya kalau ke sini beberapi kali pada pagi hari sekitar jam 7 atau 8 WIB. Lebih nyaman karena pengunjung belum terlalu ramai. Makan bisa santai sambil cerita tentang kehidupan wanita. Apalagi kalau datang bersama teman-teman. Bisa puas ngobrol tentang perempuan yang tak pernah ada habisnya. Bisa habis banyak gorengan. Makan sambil ngobrol ngalor-ngidul dengan para sahabat.

Kalau ke sini dan ingin makan santai lebi baik jangan datang sore atau malam. Lokasi Tempat makan ini dekat dengan SMAN komplek, tempat bimbingan belajar dan banyak tempat makan di daerah sini. Saat cari tempat parkir butuh kesabaran. Kalau Saya lebih suka ke sini pagi hari dan menghindari jam makan siang dan sore saat jam pulang sekolah. Apalagi kalau malam saat jam pulang kantor dan pulang anak-anak bimbingan belajar. Daerah Jalan Slamet sudah pasti macet.     

Komentar