Bermain Seru di Kidzania Surabaya

kidzania surabaya


Tidak ada rencana mudik tahun ini? Atau karena sesuatu hal terpaksa tidak mudik? 
Ya sudah. Tak masalah. Masih bisa jalan-jalan keliling kota. Mumpung jalan sedang sepi. Bisa jalan dengan nyaman tanpa terganggu macet. Mau main ke mall. Bisa juga. Lebih sepi pastinya. Kalau mau beli atau main permainan tak perlu antri.

Bisa juga main seru di KidZania Surabaya. Lokasinya ada di Lagoon Avenue Mall lantai 2. Satu komplek dengan Grand Sungkono Lagoon Jalan KH Abdul Wahab Siamin Surabaya Barat. KidZania sudah hadir 3 tahun di Surabaya. Pertama kali buka tanggal 12 Desember 2020. 

Keluar dari lift jalan ke arah kanan, ke area yang terbuka. Ada deretan kios makanan di sebelah kiri dan deretan meja kursi di sebelah kanan. Lalu masuk di pintu sebelah kiri. Pada bagian kiri ada ruang tunggu dengan kursi memanjang. Sebelah kanan tempat penjualan tiket dan pintu gerbang masuk ke KidZania.

Sebelum Bermain Seru
KidZania Surabaya buka setiap hari. Hanya jam operasionalnya yang berbeda.
Senin - Jum'at 10.00 - 17.00 WIB
Sabtu - Minggu 10.00 - 19.00 WIB
Sebelum masuk, Anda wajib beli tiket dahulu. Pembelian tiket dapat beli secara langsung atau online. Jika Anda bisa beli online di tiket.com atau website Kiszaniasurabaya. Kalau beli tiket secara langsung bisa bayar pakai cash, debit atau e-money.

Harga tiket masuk sebagai berikut:
- Baby (kurang dari 1 tahun) => gratis
- Toddler (2-3 tahun) => Rp 100.000
- Childz (4-16 tahun) => Rp 225.000 (half day) | Rp 250.000 (full day)
- Tweenz (17-23 tahun) => Rp 160.000 (half day) | Rp 175.000 (full day)
- Adultz (24-65 tahun) => Rp 175.000 (half day) | Rp 200.000 (full day)
- Elder (lebih dari 66 tahun) => gratis

tips bermain di kidzania
kota kidzania


Anda sebelum check in di loket persiapakan kartu identitas (untuk yang 17 tahun ke atas). Kartu identitas dan tas akan dicek petugas. Tidak boleh membawa makanan atau minuman dari luar. Hanya susu formula dan MPASI yang boleh dibawa masuk. Makanan dan minuman bisa beli di dalam. Jika sudah terlanjur bawa makanan dan minuman bisa ditaruh di loker. Ada biasa sewa loker yang terpisah dengan harga tiket masuk.

Oh iya untuk anak usia 8 tahun ke atas tidak wajib didampingi orang dewasa. Hanya saja wajib diantar oleh orang tua atau orang dewasa sampai pintu masuk ticketing KidZania Surabaya.

Setelah membeli tiket dan pemeriksaan, Anda akan mendapat gelang Identifikasi dan cek bank BRI. Selama berada di area bermain ini, gelang tidak boleh dilepas. Tenang, gelang anti air dan tidak mudah robek. 

Anda juga bisa daftar B-kidZanian di sini. B-kidZanian adalah program keanggotaan eksklusif. Biayanya Rp 85.000 untuk satu kali pendaftaran di awal. Pendaftaran member ini tidak wajib untuk pengunjung. 

Setelah mendaftar, Anda akan mendapat paZZport. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat para pemegang paZZport, antara lain:
1. Saat akan bermain bisa membayar KidZoz lebih murah.
2. Setelah bekerja jika mendapat gaji KidZoz, akan mendapat gaji lebih banyak.
3. Dapat diskon belanja di departemen store dan KidZania Shop.
4. Dapat stempel B-Kidzanian di buku paZZport dan stiker hologram.
5. PaZZPort ini berlaku di seluruh dunia. KidZania ada 27 di seluruh dunia. Misal pas main ke Singapura, PaZZPort terbitan  Indonesia bisa digunakan untuk bermain di KidZania Singapura. Tak perlu bikin paZZpor baru.
Selesai semua urusan di bea cukai atau bagian ticket. Anda bisa langsung masuk.



Bermain Peran
Begitu masuk KidZania seperti masuk ke sebuah kota dengan banyak deretan toko dan kantor. Lengkap dengan pohon di pinggir jalan, mobil yang terparkir dan langit biru yang indah. Meski atapnya hasil painting dan pohon dari plastik tapi seperti sungguhan. Kalau mobil sih memang ukuran mini. Sesuai dengan ukuran anak-anak. 

Ups. Jangan terburu-buru keliling jalan-jalan. Anda harus ke Bank BRI terlebih dahulu. Saat beli tiket tadi kan dapat cek. Nah cek ini akan ditukar dengan KidZos, mata uang yang berlaku di KidZania.

Sebelum mulai bermain lebih baik keliling dahulu dan pilih akan masuk ke toko atau kantor mana saja. Pada intinya anak-anak kan bermain peran yang sesuai dengan pekerjaan yang ada di toko atau kantor. Setiap Permainan peran membutuhkan waktu 20-30 menit. 

Biarkan anak memilih dan menentukan menentukan permainan seperti apa saja, yang mereka inginkan. Jalur jalan dibuat satu arah. Lebih memudahkan pengunjung saat berkeliling. Bisa balik muter lagi dengan urutan yang sama. Anak-anak lebih mudah mengurutkan tempat tujuan yang diinginkan. Pengunjung juga bisa lebih mudah memilih tempat mana saja yang akan dimasuki terlebih dahulu.

KidZania telah bekerja sama dengan 950 mitra industri baik yang merupakan badan usaha lokal ataupun internasional. Anak-anak bisa bermain peran menjadi siapa saja di sini. Ada dua lantai yang disediakan.

Para petugas pemadam kebakaran cilik sedang bertugas


Lantai 1 ada apa saja?
1. Kantor Pemadam Kebakaran
2. Minimarket
3. Urban Forest
4. Water research training center
5. KidZania Metropolitan Theater
6. Studio foto
7. Construction site
8. Situs arkeologi
9. Klinik mata
10. Sekolah kuliner
11. Perusahaan kerupuk
12. Perusahaan mie instan
13. Perusahaan sepatu
14. Laboratorium kopi
15. Dealer mobil
16. Aroma therapy center
17. Baby care
18. Akademi penerbangan
19. Kantor Polisi dan Investigasi
20. Science lab

Sedangkan yang ada di lantai 2 antara lain:
1. Pabrik biskuit
2. Stasiun radio
3. Stasiun televisi
4. Pabrik buku
5. Pabrik teh 

Belajar bikin kerupuk


Cara bermain di sini sistemnya mudah. Sebagai contoh, masuk ke pabrik kopi. Sebelum bermain bayar dulu 10 KidZos. Kalau punya PaZZPort hanya bayar 8 KidZos. Setelah bayar akan mendapat merchandize tumbler. Anak-anak akan diajari cara membuat kopi. Sekaligus menyajikan kopi ala barista. Setelah selesai semua, anak-anak diajak mewarnai. Hasil mewarnai dijadikan cover tumbler. Terbayang kan serunya buat anak-anak.

Setiap selesai satu 'pekerjaan', anak-anak akan mendapat 'gaji'. Besarannya berbeda di setiap profesi yang mereka jalankan. Namun tidak semua memberi gaji. Ada yang hanya memberi merchandize. Beberapa kantor malah memberi gaji dan merchandize untuk anak. Merchandize tidak hanya berupa barang. Ada juga yang berupa snack atau cookies. Beberapa tempat memberikan hasil karya anak untuk dibawa pulang. Seperti misalnya pabrik cookies dan pabrik kerupuk.

Kebayangkan banyaknya waktu yang dihabiskan selama beraktivitas dalam satu pabrik atau kantor. Itulah kenapa kita Harus bijak memilih profesi yang benar-benar disukai anak-anak atau yang diinginkan anak. Meski beli tiket full day taka akan cukup waktunya untuk mencoba semua profesi. Kasihan anak-anak kalau sampai rumah masih kepikiran profesi yang diinginkan.

Belum lagi kepotong waktu untuk istirahat makan dan sholat bagi yang muslim. Kalau mau makan dan minum bisa beli di dalam area 'kota' KidZania. Jika Anda ingin beli makan dan minum di luar juga bisa. Anda harus lapor dulu di pintu keluar kalau mau beli makan di luar lalu masuk lagi. Hal ini perlu dilakukan agar gelang Anda tidak di scan dan diberikan status check out.

Saat bermain di sini jalan lupa sering-sering cek waktu. Jalan sampai lupa Anda beli tiket yang half day atau fullday. Jika mau pulang ikuti saja petunjuk jalan keluar. Nanti akan terlihat pintu masuk imigrasi. inilah gerbang pintu keluarnya. Saat lapor keluar gelang kita akan discan. Kalau tidak langsung dilepas tidak masalah. PaZZPort dan KidZos juga dicek semua. Plus barang isi tas dan barang bawaan.



Selesai urusan dengan petugas imigrasi, kita bisa melanjutkan perjalanan. Jalan menuju pintu gerbang keluar melewati Kidzania Shop. Siap-siap kalau anak silap mata. Asesoris dan merchandize banyak yang lucu.

Kalau main di sini waktu seharian tidak akan terasa. Semua aktivitas seru dan tidak membosankan. Anak-anak akan belajar banyak hal baru. Aktivitas di sini bisa diterapkan di rumah. Tentu saja tidak bisa semuanya. Mungkin dibikin yang lebih simple. Anda bisa bikin home education center untuk anak-anak. Jika masih bingung harus mulai dari mana dulu bisa belajar dari blog homeschooling. Pelan-pelan dibaca, dipahami dan dipraktekkan. Bisa untuk menambah ilmu buat anak dan juga wawasan baru untuk Orang Tua.

Komentar