Review Drama Military Prosecutor Doberman


Review drama Korea kali ini masih tentang dunia para Jaksa. Kali ini setting cerita di dunia Kejaksaan Militer. Tugas Jaksa militer banyak yang bilang kalau lebih berat daripada Jaksa sipil. Ada hierarchy pangkat dan senioritas. Tidak bisa asal tangkap. Ada banyak jalur berliku.

Kapten Do Bae-man (Ahn Bo-hyun) seorang Jaksa militer yang bertugas di divisi 4. Menjalankan tugas ya sekedar tugas. Dia tahu betul kalau mau ngotot menegakkan keadilan sungguh sulit. Apalagi kalau ada perwira yang terlibat. Lebih rumit lagi urusannya. Jaksa Do hanya ingin mengumpulkan uang. Hidup berkecukupan dengan Sang Bibi. That's it.

Lalu datanglah kapten Kapten Cha Woo-in (Jo Bo-ah). Jaksa Cha dimutasi ke divisi 4. Jaksa cantik dan kalem. Jaksa Do tidak seberapa menganggap Jaksa Cha. Jaksa Do sedang fokus untuk mengambil hati Komandan Noh Hwa-young (Oh Yeon-soo). Komandan wanita pertama, yang memimpin divisi 4. Ada beberapa kasus yang harus ditangani langsung oleh Jaksa Do atas perintah khusus Komandan Noh.

Jaksa Do ditawari Pengacara Yoon Moon-goo (Kim Yeong-min) untuk kerja di firma hukum bersamanya. Pengacara Yoon adalah pengacara keluarga Komandan Noh. Firma hukumannya juga milik Komandan Noh. Tentu saja gajinya jauh lebih banyak dari gajinya sebagai Jaksa Militer. Do Bae-man tanpa berpikir panjang langsung menerima pekerjaan tersebut.

Noh Tae-nam (Kim Woo-suk) menyukai pekerjaan Bae-man dalam menyelesaikan masalahnya. Tae-nam menginginkan Bae-man menjadi pengacara pribadinya. Padahal Bae-man belum resmi mundur dari militer. Noh Tae-nam adalah anak tunggal Komandan Noh. Tae-nam sering 'membuat masalah'. Pria muda ini tidak bisa menjaga sikap. Selalu berbuat semaunya sendiri. Pengacara Yoon yang selalu membereskan semua akibat perbuataan Tae-nam selama ini.

Ingatan Terpendam

Tae-nam dan teman-temannya sedang kumpul di sebuah private club. Allen (Park Sang-nam) mengajak Han Se-na (Yoo Hye-in). Se-na pikir banyak perempuan juga. Pesta kan banyak orang yang diundang. Ternyata hanya dia yang perempuan. Se-na merasa ada yang tidak beres dan bergegas pergi. Sayang Dia tidak bisa keluar dari ruangan tersebut. Se-na dibuat tidak sadar dan mengalami pelecehan sexual.

Akibat dari kejadian malam itu, Se-na harus dirawat inap. Gadis muda ini mengalami luka fisik dan mental. Ternyata Se-na kenal dengan Cha Woo-in. Se-na mempunyai bukti rekaman video kejadian malam itu. Tae-nam berburu waktu untuk mendapat file video tersebut. Untunglah file tersebut sudah diambil Woo-in.

Berbekal video tersebut, Woo-in mencari para pelaku. Woo-in paham betul kalau para pelaku dari kalangan atas. Mereka sangat sulit dijerat lewat jalur hukum. Saat Allen dan kawan-kawannya mengadakan pesta lagi, Woo-in datang. Woo-in menyamar sebagai wanita berambut merah. Sayang Tae-nam tidak datang saat itu. Woo-in menghajar mereka dan membawa ke suatu tempat.


Tae-nam kelimpungan mencari teman-temannya yang tiba-tiba menghilang. Bae-man mendapat tugas menyelidiki wanita berambut merah. Sekaligus mencari Allen dan teman-temannya. Woo-in tahu tentang hal ini. Bukannya menutupi, malah sengaja menebarkan petunjuk kalau wanita rambut merah itu dirinya. Loh kok?

Suatu malam Bae-man bertemu dengan Tae-nam di club private langganan Tae-nam. Tiba-tiba ada banyak polisi yang datang untuk menangkap Tae-nam. Penangkapan ini dipimpin langsung oleh Bibinya Bae-man. Reflek Bae-man langsung melarikan diri. Dia tidak mau ketahuan Bibinya kalau bergaul dengan Tae-nam. 

Saat melarikan diri, pria muda ini mengalami kecelakan. Untunglah tidak terluka parah. Bae-man diselamatkan Woo-in. Dalam kondisi Bae-man terluka, Woo-in membuka identitas dirinya sebagai wanita berambut merah. Selain itu Woo-in juga menceritakan masa lalunya. Cha Woo-in adalah putri tunggal Direktur Cha, pemilik Perusahaan IT IM Defense.

IM Defense adalah perusahaan IT yang bekerja sama dengan Militer Korea. Berbagai proyek militer dikerjakan oleh perusahaan ini. Direktur Cha selain piawai mengelola perusahaan juga pria jenius. Segala kebutuhan militer bisa dipenuhi dengan memuaskan. 

IM Defense tumbuh menjadi perusahaan besar dan salah satu perusahaan elit di Korea. Noh Hwa-young (Oh Yeon-soo) ingin masuk ke perusahaan ini. Direktur Cha menolak. Berbagai cara dilakukan Perwira Noh agar bisa mengambil perusahaan ini namun selalu gagal. Direktur Cha sangat cerdik. Beliau selalu mampu membaca pergerakan Noh Hwa-young dan para sekutunya.

Suatu saat Direktur Cha dan Cha Woo-in mengalami kecelakan mobil. Direktur Cha meninggal di tempat. Sedangkan Woo-in koma. Dalam kondisi tersebut, IM Defense diambil alih Noh Hwa-young. Perusahaan tersebut berubah nama dan pemilik. 

Woo-in butuh waktu 3 tahun untuk pemulihan fisik setelah sadar. Selama 4 tahun dia berusaha masuk militer. Selama itu juga Woo-in melakukan penyelidikan siapa yang mengambil alih perusahaan. Woo-in dibantu Kang Ha-jun (Kang Young-seok) dalam misi penyelidikan. Kang Ha-jun adalah mahasiswa genius yang mendapat beasiswa dari Direktur Cha untuk kuliah IT di Amerika. Ha-jun telah mendirikan perusahaan IT Kang Solution saat ini.

Woo-in menggali ingatan Bae-man saat masih kecil. Bae-man bersama kedua orang tuanya mengalami kecelakan mobil. Kedua orangtuanya meninggal di tempat. Sementara Bae-man ditolong Bibi yang jarinya telunjuknya hilang setengah. Bae-man baru teringat kembali kenangan yang sudah puluhan tahun terpendam.

Woo-in meminta agar Bae-man jangan keluar dari militer. Toh nanti saat bergabung di firma hukum Jendral Noh, Bae-man hanya dimanfaatkan demi kepentingannya. Kalau sudah tidak butuh, Dae-man akan disingkirkan. Bisa jadi dibunuh. Woo-in mengajak Do Bae-man untuk balas dendam pada Jendral Noh atas kematian orang tua mereka. Bae-man menolak permintaan Woo-in. Dia masih tidak percaya dengan semua ucapan Woo-in.


Titik Balik

Do Bae-man mengunjungi Jaksa Militer yang menangani kasus kecelakan orangtuanya. Sang Jaksa mengakui kalau ada yang janggal dalam kasus tersebut. Tidak ditemukan bekas rem pada jalur mobil Jendral Noh. Saat itu Jendral wanita ini berdalih hanya menyenggol yang dikendarai Ayah Bae-man. Lalu pengemudi hilang kendali dan mobil terguling. 

Sebenarnya Jaksa tersebut ingin menyelidiki lebih dalam tapi ada tekanan ada 'atas' agar kasus ini dihentikan. Jenderal Noh pun bebas. Perwira perempuan ini sengaja menyelamatkan Bae-man untuk dijadikan alibi. Kalau perbuataan Dia murni karena tidak sengaja. 

Bae-man berusaha menggali fakta tentang kecelakan orangtuanya. Woo-in sangat senang dengan perkembangan ini. Jaksa muda ini memang ingin agar Bae-man segera tersadar. Bae-man sudah mengumpulkan alat bukti. Dia akhinya memutuskan untuk bergabung dengan Woo-in untuk misi balas dendam.

Woo-in dan Bae-man paham betul tidak akan mudah memasukkan Jederal Noh ke penjara. Perwira senior ini licik dan cerdik. Jenderal Noh juga mempunyai kelompok sekutu yang kuat. Kelompok ini terdiri dari para perwira elit dengan jabatan penting. Semua anggota kelompok ini adalah para perwira korup yang saling bekerja saja.

Kedua jaksa muda ini menyusun strategi untuk memecah-belah kelompok ini. Mereka membuat strategi untuk menjebak salah satu orang dan melimpahkan kesalahan pada anggota kelompok yang lain. Bae-man juga memutuskan untuk menyerang Noh Tae-man. Satu-satunya kelemahan Jenderal Noh adalah pada putra tunggalnya.

Keseruaan drama ini justru saat kedua Jaksa muda beradu strategi dengan Jenderal senior, yang ahli taktik pernah. Ada tambahan Kang Ha-jun yang cemburu karena merasa ditinggalkan Woo-in. Selama ini Woo-in hanya bekerja sama dengan Ha-jun. Sejak ada Bae-man, Ha-jun jarang dilibatkan dalam penyelidikan. Padahal woo-jin bermaksud melindungi Ha-jun agar tidak terkena imbas buruk dalam pertarungan ini.

Drama ini meski setting cerita banyak di barak militer tapi tetap indah. Sudut pengambilan gambar artistik. Cameramen jeli mengambar view yang menawan. Penonton tak akan bosan menikmatinya. Sama seperti saat menikmati blog sunglow mama, tidak membosankan temanya.

Komentar