Kamis, 11 Juli 2019

Sego Sambel Mbak Noer Surabaya

sego sambel mbak noer enak surabaya

Salah satu makanan khas Surabaya yang selalu dicari para wisatawan dan pecinta kuliner adalah sego sambel. Sego adalah bahasa Jawa artinya nasi. Kalau sambel ya Sambal. Sesederhana itukah makanan ini? Hanya nasi dan sambal?

Pemeran utama di sego sambel Mbak Noer memang nasi dan sambal yang pedas, bahkan ada yang super pedas. Tenang saja. Ada banyak pemeran figuran, yaitu aneka lauk pauk goreng. Meski hanya sebagai pemeran figuran namun sanggup menggoyahkan iman dan rasa lapar. Kalau ketemu makanan ini lebih baik lupakan diet sejenak. Daripada setelah makan akan nangis-nangis karena timbangan badan naik.

Baiklah. Kali ini saya akan bercerita tentang salah satu warung sego sambel di Surabaya. Sego sambel Mbak Noer. Tempat ini langganan saya sejak dulu kala. Dari mulai yang jualaan di emperan dengan satu meja. Pembeli yang makan lesehan di tikar. Sampai sekarang, sudah menjelma sebagai tempat makan yang luas. Tersedia banyak tempat duduk untuk pengunjung. Kalau pembeli membludak sampai menggelar tikar di depan warung.

sego sambel mbak noer enak surabaya
Pilih lauk sendiri

Saya pertama kali ke sego sambel ini tahun 2000-an. Kebetulan Sego sambel Mbak Noer lokasinya dekat dengan kantor Ibu. Kalau sedang malas masak atau kelaparan pas jemput ibu pulang kerja, saya selalu mampir ke warung ini.

Saya langganan lama di sini karena lauknya digoreng kering dan sambalnya enak. Ciri khas sego sambel Surabaya adalah sambalnya yang pedas, pakai banget. Biasanya kalau pesan sambal nggak pedas ya tetap pedas rasanya.

Bagi saya yang tidak suka terlalu pedas lumayan tersiksa ketika makan. Sambel di sego sambel Mbak Noer ini menggunakan sambel tomat. Kalau pesan sambal tidak pedas akan dikasih banyak tomat dan gula. Kalau pesan sambal tidak terlalu pedas, ya dapatnya yang tidak terlalu pedas. Bagi pecinta makanan tidak pedas bisa lebih nyaman makan di sini.

Untuk lauk, ada banyak varian yang disediakan, antara lain bebek, ayam, tahu, tempe, mujair, ikan pee, lele, telur dadar, babat, aneka jeroan ayam dan sapi lengkap. Semua lauk ini disediakan di meja besar dan sudah digoreng setengah matang. Pembeli tinggal pilih lauk yang diinginkan lalu akan digoreng ulang sampai kering. Kombinasi nasi hangat, lauk kering, serundeng dan sambal ini yang nikmat banget.

sego sambel mbak noer enak surabaya
Jangan lupa minta tambahan serundeng

Sego sambel Mbak Noer alamatnya di Jalan Jagir Wonokromo no 120 Surabaya. Buka setiap hari jam 08.00 - 02.00 WIB. Kalau ingin makan dnegan santai di sini hindari datang saat jam makan siang dan setelah jam 19.00 WIB. Banyak banget pembeli yang datang. Kalau banyak banget pembeli, saya lebih memilih untuk bungkus saja. Mending dibawa pulang daripada makan terburu-buru karena banyak yang berdiri antri tempat duduk.

Soal harga tergantung dari lauk yang dipilih. Tenang saja harganya masih normal, mulai Rp 10.000/porsi. Warung ini sistem pembeliannya pilih lauk, bawa makanannya langsung, makan dulu baru bayar kalau mau pulang. Dituntut kejujurannya kalau menyebutkan makanan dan minuman yang sudah dimakan. Kasir nggak ngecek sama sekali.  

Mendadak lapar, nih. Jadi pengen makan sego sambel. Ya sudahlah, lupakan diet dahulu makan sego sambel kemudian.


Foto: koleksi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar