Rabu, 03 Juli 2019

Lontong Kupang Jalan Pahlawan Probolinggo

lontong kupang enak probolinggo

Selama ini, saya kalau makan lontong kupang kalau nggak made in Surabaya ya made in Sidoarjo. Belum pernah coba lontong kupang di kota lain.

Sebenarnya ada sentra lontong kupang di Pasuruan. Terletak di Jalan Raya Pasuruan - Probolinggo tepatnya di Pasar Kraton. Konon kupang lontong di daerah ini enak rasanya. Tetapi sayang, susah parkirnya. Nggak bisa di depannya langsung. Harus parkir agak jauh. Lumayan juga kalau jalan kaki.

Pas kebetulan ke Probolinggo ngobrol-ngobrol tentang lontong kupang. Saya dikasih tahu kalau ada lontong kupang enak. Rasanya sama kayak lontong kupang Pasuruan. Langsung saja yang menuju ke lokasi di Jalan Pahlawan, daerah tengah kota Probolinggo. Ada 2 penjual lontong kupang di Jalan Pahlawan ini. Sama enaknya, sih. Katanya yang penjual ke 2 ini rasanya sedikit lebih enak.

lontong kupang enak probolinggo

Saya masuk ke warung lontong kupang yang ada di seberang Jalan Pahlawan gang 7. Ada rombong besar berwarna kuning. Ada banner penunjuk. Bentuk warungnya masih model tradisional. Kayak warung jaman dulu. Meja-meja tertata rapi di pinggir tembok dengan kursi plastik sebagai pelengkap.

Begitu lontong kupang terhidang di depan mata. Kaget banget. Porsinya banyak. Kupangnya menggunung. Kalau di Surabaya dan Sidoarjo kuantitas kupangnya sedikit. Lontongnya yang banyak.

Bentuk kupang ala Probolinggo besar-besar. Kalau di sini kupang dimasak dengan kuah bening dan bumbu minimalis. Kalau kuah dicicipi rasanya nyaris tawar. Rasa kupang masih terasa. Namun nggak terasa amis. Mungkin karena kupang diambil langsung dari laut. Masih segar waktu dimasak.

Penyajian kupang versi Probolinggo hampir sama dengan versi Surabaya dan Sidoarjo. Bumbu petis dan sambel, lontong dan tahu. Perbedaannya hanya di lentho dan bumbu petis. Kalau di kupang Probolinggo tidak menggunakan lentho. Di sini pakai gorengan ketela pohon yang dipotong memanjang tipis, dibentuk bulat lalu digoreng garing.

lontong kupang enak probolinggo

Kalau bumbu petisnya beda di bahannya. Kupang ala Surabaya atau Sidoarjo bisanya menggunakan petis udang yang hitam pekat itu. Kalau Lontong kupang versi Probolinggi selain menggunakan petis udang juga ada campuran petis madura. Lalu ada tambahan sedikit asam jawa yang mateng. Rasa bumbu petis ini campuran antara legit, asin dan sedikit asem. Rasa sedikit asem ini memberikan sensasi segar. Jadi nggak terasa eneg lontong kupangnya.

Ketika mulai makan, saya jadi paham kenapa lontong kupang dimasak dengan bumbu minimalis dan kuah bening. Kupang, kuah dan bumbu petis kalau dicampur, rasa bumbu petis dan kupang yang dominan. Kuahnya hanya sebagai 'teman makan' saja.

Kalau menurut saya pribadi sih lebih enak lontong kupang versi Probolinggo. Rasa kupangnya memuaskan. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan kupang, lebih baik makan lontong kupang versi Surabaya atau Sidoarjo saja. Sing penting terasa kupangnya buat tombo kangen. Namun kalau mau uji lidah ya langsung saja ke Jalan Pahlawan Probolinggo. Nikmati sensasinya kupang segar dari laut langsung.

lontong kupang enak probolinggo


Tempat makan ini tidak hanya menyediakan lontong kupang. Ada tahu campur, bakso, lontong balap dan lontong mie. Bagi Anda yang tidak suka lontong kupang bisa coba menu yang lain. Harga menu di warung ini tidak mahal, antara Rp 8.000 - Rp 14.000. Lontong kupang satu piring Rp 10.000. Menurut saya, murah banget dengan begitu banyak kupang yang disajikan.





Foto: koleksi pribadi  

28 komentar:

  1. Kupang Lontong yang di Kraton memang terkenal ya. Yang di kota Pasuruan juga enak kok. Saudara2 dari luar kota kalo pas mampir ke rumah mama di Pasuruan, yang dicari pasti makanan kupang lontong itu haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lontong Kupang Kraton Pasuruan memnag enak katanya, mbak. Tapi saya belum pernah coba sampai sekarang.

      Hapus
  2. Ulalaaaa, kupangnya menggoda bangeett Mba
    Aku udah lama ngga kulineran lontong kupang
    Kapan2 mau ke Darjo ah, yg lumayan deket dari Sby
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berangkat mbak ke Sidoarjo. Dekat rumah kan ya

      Hapus
  3. Lah itu lontong Kupang kok kayak lontong di kasih kuah lalu diberi kremesan doang ya.. setelah di zoom in baru kelihatan. Oooh itu yang namanya Kupang!

    Sejauh ini kalau ke Surabaya baru makan tahu yang digunting dikasih petis ama soto Gubeng dan rawon setan doang. Lontong Kupang insya Allah meluncuuuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupang itu sejenis kerang yang kecil-kecil dan warnanya putih. Semoga kalau ke Surabaya lagi bisa coba lontong kupang.

      Tahu yang digunting dan dikasih petis itu tahu tek namanya.

      Hapus
  4. Aku blm pernah nyoba lontong kupang mbaaa.. cuma denger ceritanya aja. Dari dulu penasaran kepingin banget. Ada lontong balap jg yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, mbak cobain lontong kupang. Ada lontong balap isinya lontong, sayur kecambah panjang, tahu dan lentho pakai sambel petis juga.

      Hapus
  5. Saya belum pernah makan kupang, Mbak. Rasanya seperti apa ya?
    Apakah amis seperti makanan laut lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak, mbak. Kayak kerang. Nggak amis soalnya kan ada bumbu petis sebagai campurannya.

      Hapus
  6. Ini salah satu makanan yang bikin aku penasaran gik, belum pernah mencicipi kok kayak e unik gitu ya apa amis nggak ya baunya...penasaran deeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak amis, Dew. Semoga suatu saat bisa coba lontong kupang kalau ke Surabaya ya.

      Hapus
  7. saya belum pernah coba kuliner ini euy. kapan2 kalo ada rezeki ke jatim coba ah.
    jadi inget raditya dika yang sama sekali ga doyan makanan ini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kalau pas ke Jatim bisa mencicipi Lontong Kupang.

      Aku baru tahu kalau RD nggak doyan makanan ini hehe.

      Hapus
  8. Ya ALlah kangen makan lontong kupang ini pake kriwilan cekeremes ya mba , aku tahun ini ga mudik jadi ga ngerasain lontong kupang sidoarjo hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun depan bisa mudik. Biar kangennya terpuaskan dengan lontong kupang.

      Hapus
  9. Aku gak bisa makan Kupang hehe, sejak kecil selalu keracunan gtu, gak tawar kalau kata org tuwa2. Bahkan pernah nyicip kuahnya aja aku tepar. Jd sampek segede ini aku gak berani makan lagi, walau ngliat org makan Kupang kok mesti ngiler haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau coba lontong kupang siapkan air kelapa muda. Nanti kalau badan nggak enak langsung berhenti dan minum air kelapa muda untuk detok-nya.

      Hapus
  10. Baru sekali makan lontong kupang pas ke sidoarjo, minumnya degan. Jadi pengen makan kupang, tapi di Malang belum nemu yang jualan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang temannya ini. Lontong kupang sama degan. Mungkin karena Malang jauh dari laut. Nggak ada yang jualan.

      Hapus
  11. Aku sering banget denger kuliner lontong kupang ini tapi sampe sekarang belum aja kesampaian makannya. InsyaAllah deh kalo main ke Probolinggo mampir ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti pas main ke Probolinggo bisa mampir ke sini.

      Hapus
  12. Mak terus dikit nyampe rumahku, situbondo wkwkw.
    Aku loh ga pernah mangan iki. Tak pikir ini kaldu gitu khas situbondo maduraan tibak e kupang

    BalasHapus
    Balasan
    1. oalah Cha dari Situbobdo, to. Tetanggaan ya kita hehe.

      Eh di Situbondo nggak ada Lontong Kupang? ya wis main ke Probolinggo khusus ngincipi Lontong Kupang.

      Hapus
  13. Saya sering dengar tentang lontong kupang ini tapi pas di Sidoarjo dulu saya belum sempat icipinnya. Huhhu. Kayanya patut dicoba buat pecinta seafood ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga di lain waktu bisa mencicipi lontong kupang.

      Hapus
  14. Di Jakarta belum ada kayaknya ya Lontong Kupang? Padahal segala makanan khas daerah ada di sini hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti ketemu Lontong Kupang di Jakarta ya Mbak.

      Hapus