Kamis, 18 April 2019

Peluang Bisnis Coworking Space

Industri kreatif kini semakin berkembang. Kehadirannya menjadikan peluang yang sangat bagus untuk mendirikan bisnis coworking space. Jika anda memiliki rumah atau bangunan strategis. Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah coworking space, yang dapat menambah penghasilan anda.



Tingginya jumlah peminat dengan keberadaan coworking space yang masih terbatas membuat bisnis ini sangat menjanjikan. Terutama bagi startup muda. Bayangkan saja. Hanya dengan menyewakan sebuah ruangan kepada banyak orang, kita sudah dapat meraup keuntungan yang besar.

Mendirikan sebuah coworking space tidak selalu memerlukan budget yang besar. Dengan budget minim kita sudah bisa mendirikannya dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti pemilik gedung, teman, atau keluarga. Modal yang dibagi akan meringankan beban finansial anda.

Berikut kiat-kiat sebelum mendirikan coworking space:

1. Pemilihan lokasi
Pastikan memilih lokasi bangunan yang strategis supaya mudah ditemukan dan ramai pengunjung. Lokasi pinggir jalan raya dan dekat dengan fasilitas umum lainnya seperti halte bus atau stasiun menjadi lokasi yang cocok. Setelah menemukan lokasi yang tepat, jangan lupa untuk mengurus izin sesuai peraturan yang berlaku.

2. Paham mengenai konsep coworking space dengan baik dan benar
Tanpa didasari sebuah pengetahuan, kita tidak akan bisa menjalankan bisnis ini. Jadi sebelum memulai pastikan bahwa anda sudah benar-benar paham dan mengerti tentang konsep ini. Coworking space adalah suatu konsep ruang kerja yang digunakan bersama-sama dengan orang lain dan bersifat terbuka. Sehingga dapat membentuk interaksi sosial dengan orang lain.



3. Design interior ruangan
Biasanya setiap coworking space memiliki design ruangan yang berbeda. Ada yang bertema klasik, modern, casual maupun industrial. Penggunaan interior furniture serta ornamen ruangan harus memperhatikan kenyamanan dan keselamatan pemakainya. Pencahayaan dan ventilasi udara merupakan poin penting yang tidak boleh dilupakan.

4. Fasilitas
Jangan lupa untuk memerhatikan fasilitas minimum yang akan diberikan kepada pelanggan. Seperti toilet, jaringan internet, meja kursi, etalase yang menyediakan makanan dan minuman. Untuk ruangan yang sempit bisa menggunakan perabot yang minimalis agar ruangan terlihat luas.

5. Ketahui permintaan serta profil calon penyewa
Pebisnis coworking space harus mengetahui tentang profil dan keinginan penyewanya. Hal ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas ruangan yang anda kelola, serta memudahkan anda untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya.

6. Kelengkapan izin usaha
Hal ini penting demi kelangsungan bisnis anda. Sebelum membuka coworking space, pastikan anda telah mengurus seluruh dokumen dan surat izin yang dibutuhkan.


Jika semua hal diatas sudah siap hal yang wajib diperhatikan selanjutnya adalah menganalisis kompetitor. Analisis kompetitor sangat penting karena ini akan membantu kita mengetahui siap saja yang menjadi kompetitor. Apa saja kelebihan mereka sehingga kita bisa meningkatkan kualitas untuk menyaingi mereka.

Selanjutnya berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Perhatikan fasilitas yang diberikan kepada pelanggan. Apakah sudah maksimal atau belum. Perhatikan kebersihan ruangan terutama kamar mandi, bersikap ramah dan sopan kepada setiap pelanggan tanpa terkecuali, memiliki sikap peduli jika ada pelanggan yang bertanya. Karena kepuasan pelanggan merupakan jantung dari sebuah bisnis

Dalam menetapkan tarif hal yang wajib anda lakukan adalah menganalisa seluruh biaya operasional  coworking space anda. Kemudian kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tarif yang dipatok oleh kompetitor bisnis lain. Hal ini bisa anda gunakan untuk bahan pertimbangan sebelum mematok tarif yang miring dengan kualitas no 1.


Membuat bisnis coworking space tidaklah sulit namun jika anda lebih menyukai menjadi pelanggan dan ingin mendapatkan pelayanan kelas eksekutif, anda dapat mengunjungi salah satu web yaitu GO-WORK. Disini anda akan disuguhi berbagai macam tipe ruangan dengan kualitas bintang tapi harga tetap bersahabat.



Foto: koleksi https://go-work.com/

44 komentar:

  1. Nah kalau aku mungkin termasuk yang pengguna coworking space, aku bisa cek website nya go-work ya mba for further information

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak. Banyak pilihannya di sana.

      Hapus
  2. Bener, co working space saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Blogger seperti saya juga kadabg butuh co working space, sekedar untuk ketemu dengan beberapa teman untuk bertukar ide dan belajar bareng ningkatin performa blog sambil ngadem dan ganti suasana... Hihi.. Tfs mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak. Buat ganti suasana juga. Biar nggak bosen kalau kerja di rumah terus.

      Hapus
  3. Waktu cuti lahiran kemarin, aku nyari2 coworking space sekitar rumah buat buka2 blog dll, sengaja biar jalan-jalan biar ngga bosen di rumah :D bener banget tuh, kalau coworking tempat enak & fasilitas lengkap pasti deh banyak yg datang, deket rumah aku fasilitasnya lengkap, sampe bisa bikin mie instan segala hahahaha.. udah gitu harga yg bersaing juga jadi pemikiran buat kerja di coworking spance, kalau mahal, mending nyari cowork yg lain deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak banget coworking-nya bisa bikin mie instan segala. Kalau fasilitas lengkap dan tempatnya nyaman emang bikin betah banget.

      Hapus
  4. sekarang sebagai freelance meski gapunya kantor gapapa ya, kan banyak coworking space yg disewakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mbak. Enak sekarang, banyak cowrking yang disewakan.

      Hapus
  5. Co working space memang ngebantu banget kalau lagi ada pekerjaan penting dan harus fokus, apalagi kalau desain ruangannya keren, selain bikin betah juga makin produktif dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain yang keren ini bisa menunjang kerja jadi lebih fokus.

      Hapus
  6. Sekarang ramai banget ya orang memakai atau menyediakan jasa co working space. Tapi aku sendiri belum paham benar. Terimakasih udah di sharing ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak. Saya juga masih dalam tahap belajar tentang coworking space.

      Hapus
  7. Nah, keberulan aku juga lagi cari nih coworking space yang tarif sewanya terjangkau di Solo. Betul banget klo pekerja kreati sekarang butuh tempat seperti coworking space buat "ngantor"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadangkala butuh coworking buat meeting buat klien.

      Hapus
  8. Saya termasuk pengguna co-working space, kalau untuk bisnis bikin co-working space kayaknya belum. Tapi tipsnya mantul mbak, bisa jadi referensi buat yang ingin buka usaha co-working space. TFS

    BalasHapus
  9. Aku masih jarang pakai jasa co working begini, masih sering cari ide dan menulis dirumah, tapi bagus juga ya untuk numpang pas dikejar deadline, atau cari suasana baru, kerja disini jadi lebih cepat selesai ya naskah buku yang kutulis ya..di Semarang udah mulai banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bisa fokus jauh dari gangguan anak-anak untuk sementara waktu.

      Hapus
  10. Iya bener mba. Kayaknya bisnis coworking space ini bagus ya dan lagi banyak yang nyari juga. Konsep desains ruangannya bagus juga kalau tiap ruangan dibikin berbeda gitu ya, tergantung kebanyakan orang suka konsep ruangannya seperti apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gaya design ruangan bisa dibikin berbeda. Ada ruangan yang colourfull, minimalis atau monocrome.

      Hapus
  11. Makin banyak para freelancer yang kerjanya tanpa mengharuskan punya kantor sendiri. Jadi kebutuhan yang tak terelakkan lagi untuk menyewa coworking space. Bisnis coworking space jadi makin ramai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi peluang bisnis baru yang cukup menjanjikan.

      Hapus
  12. Ini membantu banget buat freelance yang belum punya kantor.. designnya ruangannga bagus juga ya mba, teelihat nyaman dan diharapkan jadi semangat keejanya.. hhii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kenyamanan ini menjadi syarat mutlak. Biar banyak yang betah kerja berlama-lama di coworking space.

      Hapus
  13. Betul, sekarang banyak pekerjaan yg bisa diselesaikan ga harus di kantor. Bisnis coworking space pasti seru. Suka banget liat foto2 coworking space di gowork...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Bagus-bagus design ruangannya.

      Hapus
  14. Bener, pegawai yang ramah dan sopan itu penting banget. Pernah punya pengalaman jelek sama pegawai yang nggak ramah soalnya, ditanya jawabannya jutek, pandangannya ke hp terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih. Kalau pegawainya nyebelin bisa bikin mood berantakan. Batal deh mau kerja.

      Hapus
  15. Oiyaaa GO WORK ini sudah ada di mall mall loh.. Aku kira malah cafe taunya tempat buat kerja juga bisa... Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penampilannya kayak cafe emang mbak hehe.

      Hapus
  16. Kalau punya lahan sebenarnya pengen bikin coworkspace gini.
    Enakk kayaknya apalagi kalau wifinya ajibbb
    Biasanya kalau nyari ide wifian dimana di mekdi 😂 skrg nyobain ah gowork biar lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera punya lahan buar bikin coworkspace sendiri. Biar lebih nyaman kalau kerja.
      Aamiin.

      Hapus
  17. Aku sempat kerja di co working space waktu kantorku renovasi. Memang nyaman mba kerja di coworking. Enak nih para freelancer bisa cari suasana kerja baru, biar nggak bosen kerja di rumah mulu. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nikmat ya kantor direnovasi pindah ke sementara ke coworking space.

      Bener banget kalau kerja freelance di rumah melulu bosen juga.

      Hapus
  18. coworking space ini beneran peluang bisnis yang patut dilrik deh, secara jaman skrg banyak banget orang2 dan komunitas yang membutuhkan tempat dari sekedar rapat, workshop sampai seminar. Lumayan menjajikan nih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjanjikan banget. Peluang bisnis yang bermasa depan cerah ke depannya.

      Hapus
  19. I have seen so many cool working spaces here and there and most of them are very cozy and nice. I have used them a few times and I really enjoyed it. I guess we will have more in the future days

    BalasHapus
    Balasan
    1. I hope that you will have excellent experience, if you using cool working space someday.

      Hapus
  20. Aku hanya pernah satu kali mengunjungi co-working space.
    Dan takjub.
    Karena begitu simpel nya orang jaman sekarang yaa...
    Gaperlu sewa kantor, hanya perlu sewa co-working space untuk meeting or kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis dan ekonomis menggunakan co-working space kalau memamng hanya butuh kantor secara tentative. Kalau perlu ngantor dalam waktu jangka panjang tetap harus sewa kantor.

      Hapus
  21. Wah sekarang kalau mau buat coworking space, jadi lebih mudah yah. Ada yang bisa membantu membuatkan interiornya 😊 kepoin dhe GoWork nya, 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah banget. Ada gowork buat referensinya juga.

      Hapus
  22. Aku pernah beberapa kali 'kerja' di co working space. Asik dan seru sih. Pengelola bisnis gini mesti punya ide yang terus bermunculan biar kita betah kerja di sana, ya. Salut deh buat mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengelola coworking space bisa bikin pengunjung merasa asik dan seru berarti sudah berhasil ini. Perlu ide kreatif kalau mulai bisnis ini.

      Hapus