Senin, 08 April 2019

Cara Pijat Bayi Dengan Johnson Sentuhan Cinta

Pijat bayi adalah salah satu treatment di Indonesia yang berkembang sejak jaman dahulu kala. Mungkin sejak jaman kerajaan, pijat ini sudah ada. Namun masih banyak di berbagai daerah Indonesia yang menganggap #PijatBayi adalah bagian dari pengobatan.

cara pijat bayi johnsons


Kalau bayi sakit, susah makan atau sehabis jatuh maka baru dipijat. Lazimnya pijat bayi dilakukan oleh tetua atau dukun bayi. Beberapa tahun terakhir menjamur baby spa di perkotaan. Pemijat bayi menjelma sebagai terapis yang sudah terdidik dan mempunyai sertifikasi khusus terapi bayi. Urusan pemijatan bayi sering diserahkan pada pihak lain.

Namun seluruh persepsi awal saya ini buyar total ketika saya mengikuti acara Johnson's Sentuhan Cinta pada tanggal 6 April 2019 di Hotel Ibis Style Surabaya. Acara ini mengambil tema Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang si Kecil yang diadakan oleh #JohnsonsBabyid dan The Urban Mama.

Program Johnson's Sentuhan Cinta

Apa sih maksud program Johnson's sentuhan cinta. Johnson's mengajak para orang tua untuk sering melakukan sentuhan cinta melalui pijat bayi sendiri.

Ternyata eh ternyata, Pijat bayi lebih baik dilakukan oleh orang tuanya sendiri. Baik oleh Ibu ataupun Ayah. Aktivitas ini akan menaikkan hormon oksitosin yang berguna untuk memperbanyak ASI ibu. Selain itu juga untuk mempererat kedekatan antara orang tua dan anak.

cara pijat bayi johnsons


Plus masih banyak lagi manfaat lainnya. Nanti akan saya ceritakan dengan lengkap. Oleh karena itu Johnson's Indonesia mempunyai program untuk melatih para orang tua memijat bayinya sendiri. Program ini mulai dilakukan tahun 2018 di daerah pedalaman yang masih kurang akses informasi tentang kesehatan anak.

Tapanuli Utara, Sumba dan Maluku menjadi kota pilihan yang dikunjungi Johnson's Indonesia. "Pada tahun 2019 ini, kami akan berkeliling ke 15 kota di Seluruh Indonesia." ungkap Ibu Wynne Lukman, Branch Manager Johnson's Baby Indonesia. Hal ini sebagai perwujutan Johnson's Baby yang fokus terhadap perkembangan holistik anak melalui program #SentuhanCinta. Program ini di dukung oleh 22 Tim Edukasi Profesional dari Johnson's.

Manfaat Pijat Bayi          

Sesuai janji saya diatas. Manfaat apa lagi yang diperoleh bayi ketika dipijat?
1. Menurunkan produksi hormon stressor.
2. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi.
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan karena kolik atau tumbuh gigi.
4. Membantu mengatasi gangguan tidur. Bila bayi tidur lebih lelap dan lama, dapat meningkatkan perkembangan otak.
6. Membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi tubuh. Semua ini bisa meningkatkan berat badan bayi.
7. Memperbaiki sistem imun.
8. Mempererat bonding antara orang tua dengan anak.

cara pijat bayi johnsons
dr Dyah Retno Wulan Spa

Pijat bayi dapat merangsang sensorik panca indera penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecapan dan peraba. Ketika bayi dipijat, dia akan belajar untuk mengeksplorasi seluruh panca indera-nya. Stimulasi harus dilakukan terus menerus. Kapan saja, dari bayi bangun tidur sampai tidur lagi. Tidak hanya saat pijat bayi.

Stumulasi terbaik adalah skin to skin contact antara orang tua dengan bayi. Salah satunya adalah dengan pijat bayi. Bukan sekedar Ibu saja yang harus melakukan pijat bayi. Ayah juga harus bisa memijat bayinya sendiri. Pijat bayi ini dapat meningkatkan bonding antara Ibu/Ayah dan bayi.

"Jika bonding antara Ibu dan bayi kuat, Ibu dan bayi akan lebih tenang." kata dr Dyah Retno Wulan Spa, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Haji Surabaya sebagai pemateri kedua. Ibu bisa dengan mudah membedakan tangisan bayi karena lapar, buang hajat atau tidak nyaman dengan kondisi badannya.

Tangisan bayi adalah signal yang dikirim bayi pada ibunya. Jika bayi menangis namun Ibu tidak cepat tanggap, bisa menimbulkan stress baik di pihak Ibu atau bayi. Ibu bingung kenapa bayinya menangis terus. Sementara bayi pun akan semakin gelisah karena tidak mendapat apa yang diinginkannya.

manfaat pijat bayi


Bayi yang tidak nyaman, sering rewel. Tidak optimal belajar atau menyerap stimulasi. Tumbuh kembang menjadi tidak optimal. Kecerdasan kognitif dan emosional di kemudian hari bisa terganggu. Jika tidak segera mendapatkan penanganan bisa berlanjut hingga usia dewasa.

Ketika memijat dan memandikan bayi usahakan untuk menatap matanya, sentuh dengan lembut, ajak bayi berbicara, pancing respon dari bayi. Bathing dan infant massage (stimulasi pijat bayi) harus dilakukan secara rutin terutama saat bayi baru lahir hingga usia 2 tahun.

Bagaimana dengan Ibu yang melahirkan caesar dan masih kesakitan. Sementara suami masih belum berani 'pegang' bayi. Ya sudah nggak usah dipaksakan. Pijat bayi bisa dilakukan setelah badan ibu sudah terasa nyaman.

Meski begitu bonding tetap harus dilakukan. Bonding yang bisa dilakukan dengan sentuhan dan suara. Bayi digendong, dibelai, atau dipeluk. Semua treatment tersebut dilakukan sambil bayi diajak bicara.

Bonding sudah dilakukan semenjak bayi lahir. Ada salah seorang peserta yang kuatir kalau bonding berlebihan bisa membuat anak manja. Bau tangan kata orang Jawa. Benarkan demikian? "bonding berlebihan atau over stimulation tidak terlalu berpengaruh pada anak." tegas dr Dyah.

Paling penting, ajari anak mandiri ketika sudah dalam tahan control postural (anak bisa duduk dan berdiri). Pola asuh anak di Indonesia masih banyak anak yang dilayani. Baik oleh orang tua, nenek atau pengasuhnya. Ini yang bikin manja karena anak terbiasa dilayani.

Usia mulai 12 bulan anak harus diajari untuk mandiri. Ajari makan sendiri. Minimal menyuapkan makanan sendiri ke mulutnya. Banyak anak yang disuapi karena orang tua atau pengasuhnya tidak sabar melihat anak makan sendiri. Ini langkah awal. Semakin besar ajari anak untuk selalu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Nah, nggak perlu kuatir lagi kan kalau kita sering memberikan sentuhan cinta untuk anak. Sering 'megang' anak.

manfaat pijat bayi
Seluruh peserta beserta para pembicara


Cara Pijat Bayi Johnson

Sesi ketiga ini yang ditunggu-tunggu. Mbak Gina Puspanti Anggaeni beserta Mas Adi dan Mas Eko sebagai terapis bayi berpengalaman memandu sesi ketiga ini. Para peserta antusias menyimak dan praktek langsung. Buat para peserta yang tidak membawa bayi dipinjami boneka untuk praktek.

Sebelum melakukan pijat bayi ada beberapa hal yang harus dihindari Ibu atau Ayah, yaitu:
1. Jangan memijat bayi setelah minum atau makan.
2. Jangan memijat bayi saat tidur. Kalau bayi masih tidur padahal sudah waktunya pijat tidak usah dibangunkan. Biarkan bayi bangun sendiri.
3. Jangan memijat bayi saat sakit (sumeg, panas atau batuk pilek).
4. Jangan memaksakan posisi tertentu saat pemijatan. Ikuti saja respon bayi. Kalau bayi terlihat tidak nyaman, langsung hentikan.
5. Kuku tangan ibu atau ayah harus dalam kondisi pendek dan bersih.
6. Jangan menggunakan jam tangan dan perhiasan di jari serta tangan.
  
Ini nih yang palin penting. Sebelum memijat bayi harus cuci tangan dahulu. Sterilkan jari dan tangan. Kalau perlu Ibu atau Ayah ganti baju yang bersih dulu. Jauhkan segala kuman dan virus yang bisa membuat anak terpapar.

manfaat pijat bayi


Ciptakan kondisi yang nyaman saat pijat bayi. Siapkan alas tidur yang lembut dan tidak panas. Kondisikan suasana yang tenang selama proses pemijatan. Gunakan air hangat yang pas temperaturnya untuk mandi sang bayi.

Bayi dianjurkan untuk dipijat sejak baru lahir sampai usia 2 tahun. Pijat bayi bisa dilakukan saat pagi sebelum mandi atau sebelum tidur. Kalau pijat dilakukan sebelum mandi menggunakan Johnson's baby oil, bila pijat malam hari sebelum tidur menggunakan Johnson's baby lotion. Fleksibel saja. Menyesuaikan dengan kondisi Ibu dan bayi.

Untuk bayi usia 0-6 bulan lebih baik dipijat sehari 2 kali, pagi sebelum mandi dan malam sebelum tidur. Bayi prematur sangat dianjurkan untuk pijat rutin setiap hati untuk merangsang percepatan tumbuh kembang bayi.

Ketika memijat tatap mata bayi. Ajak bayi berbicara. Minimal ngudang. Sambil ucapkan doa untuk kesehatan, kebaikan dan kemulyaan sang bayi. Di kalangan Muslim, kalau memijat bayi ada yang sambil berdzikir, membaca sholawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam atau membaca surat-surat Al Qur'an. Bacaan doa diusahakan bayi mendengar dengan jelas. Biar terekam secara otomatis ke memorinya.

Ada 5 langkah pijat bayi Johnson's yang sesuai dengan rekomendasi IDAI. Berikut ini langkah dan rincian gerakan pijat bayi:

I. Pijatan Muka.
Tekanan dilakukan dengan sangat ringan dan menggunakan ibu jari kanan dan kiri. Kalau ibu jarinya terasa kebesaran, bisa menggunakan jari telunjuk. Pijatan muka ini ada 5 tahapan, yaitu:
1. Caress love.
Kedua telapak tangan letakkan di dahi bayi. Dalam 8 hitungan kedua telapak tangan diarahkan ke bagian belakang kepala bayi.
2. Relax.
Letakkan kedua jari di alis kanan dan kiri. Tekan berlahan sambil arahkan kedua jari ke samping sampai ke atas telinga dalam 8 hitungan.
3. Circle down.
Jari telunjuk letakkan di samping kanan dan kiri samping hidung. Lalukan gerakan memutar kecil ke atas telinga sampai ke bagian bawah telinga dalam 8 hitungan.
4. Smile.
Jari telunjuk diletakkan di bawah hidung lalu pijat perlahan sampai ke bawah telinga dalam 8 hitungan.
5. Cute.
Pijatan dimulai dari belakang telinga lalu diurut perlahan sampai kedua jari bertemu di dagu.

II. Pijatan Dada.
1. Buterfly
2. Cross

III. Pijatan perut.
   1. Mengayuh
   2. Bulan matahari
   3. I love you
   4. Walking finggers
   5. Relax

IV. Pijatan tangan.
   1. Milking, ada dua gerakan: milking India dan milking swedia
   2. Squeezing
   3. Thumb after thumb
   4. Spiral
   5. Fingger shake
   6. Relax, menyilangkan tangan kiri dan kanan. Jangan terlalu dalam menyilangkannya.

V. Pijatan kaki.
   1. Milking, ada dua gerakan: milking India dan milking swedia
   2. Squeezing
   3. Thumb after thumb
   4. Spiral
   5. Fingger shake
   6. Relax, ada 2 gerakan: menyilangkan kaki dan menekuk kaki bergantian.

VI. Pijatan Punggung.
   1. Go back forward
   2. Slip
   3. Mengayuh
   4. Sprial
   5. Menggaruk




Setiap gerakan pijat bayi diulang 6 kali dalam 8 hitungan. Ini adalah kondisi ideal secara teori. Namun ya situasional aja. Prakteknya disesuaikan dengan kondisi bayi. Tidak perlu dipaksakan. Nanti bayi malah jadi tidak nyaman.


WARNING: 
Ruas tulang belakang bayi tidak boleh dipijat.
Jangan terlalu keras menekan bayi. Pijatan ringan saja.


Oh iya, saat ini Johnson's Indonesia menggalang kerja sama dengan Habitat for Humanity membangun sarana kesehatan Ibu dan anak (posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Apabila Anda membeli produk Johnson's di Alfamart dan Shopee minimal Rp 25.000 atau membeli Johnson's oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau baby lotion 200ml di toko-toko lain yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta, maka secara otomatis turut menyumbang Rp 500,- untuk program ini.

Ternyata, pijat bayi yang biasanya cuma dilakukan sesekali mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembang anak. Harus merubah paradigma, nih. Harus sering-sering memijat anak. Terutama memijat anak sendiri.


Foto: koleksi pribadi

49 komentar:

  1. Bayiku biasanya dipijat sebulan sekali sama mbah pijet, udah mulai nangis2 karena bayiku udah mulai pilih2 mau dipegang sama siapa. Kayaknya lbh baik pijet sendiri yaa ikut tutorial dr johnson ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin anaknya lebih nyaman kalau yang mijat Ibunya. Cara mijetnya juga gampang diingat. Semangat memijat, Mbak.

      Hapus
  2. Aku ikutan Johnson sentuhan cinta di Jakarta, dan passs banget Shasha baru beberapa bulan. Emang sentuhan cinta melalui pijat buat bayi itu manjur bangeet, ternyata dari pijatan lembut Ibu bayi bisa lebih tenang, tidur lebih nyenyak, pup lebih mudah keren lah. Apalagi gerakan ini juga turut membantu Ibu2 se Indonesia, plus lagi emang kebetulan shasha selalu pake produk Johnson, jadi pass bener :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget. Semoga Shasha sehat terus.

      Shasha cantik bisa jadi bintang iklannya, nih. Pemakai setia produk Johnson.

      Hapus
  3. Duh, waktu aku baru punya bayi dulu, masih belum ngerti tentang pijet bayi. Padahal pijat bayi banyak manfaatnya ya, salah satunya bayi jadi tidak rewel dan bisa tidur lebih nyenyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti bisa gajari pijat anaknya. Biar cucunya bisa dipijat sendiri hehe.

      Hapus
  4. Waktu anak-anak saya masih kecil kayaknya belum ada kegiatan begini. Jadi saya dan suami belajar mijet sendiri aja. Paling senang dengan momen memijat karena anak-anak terlihat nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung anak-anak mbak punya Ibu dan Ayah yang sudah mau mijat anak sendiri. Momen memijat yang membahagiakan.

      Hapus
  5. Gara-gara pijet, anakku tuman sampai sekarang.Memang pijat itu bikin relax .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipijat memang numani (bikin ketagihan) ya mbak. Enak e hehe.

      Hapus
  6. Dulu waktu anakku masih bayi, sering kupijat sih, biasanya sambil kasih lotion dan minyak telon setelah mandi gitu.Tapi waktu itu pijatnya nggak sedetail ini. Maklum informasi soal pijat bayi blom sebanyak sekarang. Sampai sekarang umur 5 tahun, anaknya ketagihan, pijat setelah mandi sekalian main2 seru2an gitu karena ada gerakan seperti naik sepeda juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih senangnya bisa seru-seruan sama anak setelah mandi. Biar nggak detail insyaa Allah dapat manfaatnya memijat anak sendiri.

      Hapus
  7. Sejak punya anak pertama di tahun 2009, suami sya meminta pemijatan dilakukan oleh sang ibu. Jadi, sejak itu pula saya belajar dari berbagai literasi dan akdang di salah satu produk Johnson ada juga loh cara untuk memijat bayi.

    Memijat bagi bermanfaat sekali bagi dan orang tuanya ya. Sampais ekarang, anak-anak sering loh minta dipijit. Karena sudah besar, kadang saya pijit bagian punggung dan kakinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya jadi bisa dekat terus sama anak. Bonding Ibu dan anak sukses nih. Di paket produk Johnson memang ada panduan untuk memijat bayi.

      Hapus
  8. Jadi inget jaman anak-anak masih bayi nih, biasanya kalau habis mandiin bayi ya gitu. Sambil dioles-oles minyak telon, dipijit2 bagian badannya. Sambil diajak ngobrol. Memang jadi bikin bonding makin kuat deh aktivitas memijat bayi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya, mbak. Semoga semakin banyak Ibu yang mau memijat bayinya sendiri.

      Hapus
  9. Wah kemarin pas hamil gede aku belajar pijat bayi dari johnson juga, dapat bukunya gitu lumayan diterapin. Dan bener banget bagus untuk bayi terutama mengoptimalkan motorik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dapat buku pandauannya. Keren, nih. Semoga anaknya selalu sehat ya mbak. Terima kasih sudah berbagi pengalaman.

      Hapus
  10. Aku saja yang sudah menjelang 51 tahun masih suka dengan sentuhan apalagi pijitan, muahahaha

    Kayaknya itu sudah menjadi fitrah kita, manusia ya, senang berinteraksi fisik

    ... dan aku salut dan mengapresiasi banget kalau ada perusahaan yang mensponsori gerakan edukasi massal seperti ini, menanamkan pentingnya bonding dengan buah hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Orang dewasa aja suka dipijat. Apalagi bayi dan anak-anak. Kalau bonding orang tua dan anak kuat, insyaa Allah anak akan lebih mudah 'dikendalikan'.

      Hapus
  11. Aku pengen ikut acara ini, pengen bisa pijet anak sendiri tapi ini ada mau nyobain step-stepnya dari muka sampe kaki ya, makasi sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, mbak. Semoga nanti mbak bisa ikutan kalau Johnson ada acara pelatihan pijat bayi.

      Hapus
  12. dulu pas anak2 masih bayi, aku pakai buku dan video panduan dari johnson untuk memijat mereka. tapi kayaknya dulu penjelasannya ga sedetail ini mbak ugik. yg paling aku ingat adalah pijatan ringan membentuk love di bagian perut/dada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini penyempurnaan dari rangkaian pijat bayi sebelum-sebelumnya. Sekarang, juga masih ada panduan pijat dari yang ada di paket produk Johnson.

      Hapus
  13. Johnson dari dulu memang memberikan produk untuk perawatan bayi yang sangat berkualitas. Dan sekarang kasih tutorial pijat bayi di youtube-nya. Wah, makin mantep saja nih.


    Untuk urusan bayi memang saya masih nol besar, saya senang baca ini, karena saya jadi tahu, mudah-mudahan nanti pas punya bayi bisa dipraktekan dengan sebaik mungkin. Makasih sharingnya ya, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak. Saya ini juga masih belajar soal perawatan bayi. Banyak pengetahuan baru yang berubah sesuai dengan hasil penelitian terakhir para ahli.

      Hapus
  14. Yes, ada video panduan pijatnya. Kebetulan aku punya baby 4m, mau pijat tapi ga berani takut salah. Makasih infonya mbak, aku catet nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Silahkan dipraktekkan. Semoga tumbuh kembang anaknya lebih cepat dan maksimal.

      Hapus
  15. Tubuh bayi juga butuh relaksasi seperti halnya tubuh orang dewasa ya Mba.. Nah skrg ada cara baru agar bayi nyaman saat dipijat bisa dipelajari melalui video ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Aku juga baru tahu nih kalau bayi bisa juga stress dan harus segara direlaksasi.

      Hapus
  16. Lagi belajar lagi ini pijet bayi, secara bentar lagi mau punya bayi (lagi).


    Pengen belajar yang bukan ILU aja. Ternyata ada banyak ya. Buat si kakak-kakak juga lumayan sampai sekarang jadi senang pijat gara-gara abis mandi lansung pijet bentar

    Wangi johnson emang enakkk kok. Ke alfamart ah sekalian belanja dan donasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkain pijatnya memang banyak sekarang, mbak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  17. Waktu anakku masih bayi beli produk sepaket dari johnson dan dapet free CD pijat bayi.. dan ini membantu banget apalagi kalau bayi sedang kholic atau sembelit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terbukti ya bisa menghilangkan kholic pada bayi. Terima kasih sudah berbagi, mbak.

      Hapus
  18. Padahal ada aturannya ya Mbak, ruas tulang belakang bayi tidak boleh dipijat.
    Jangan terlalu keras menekan bayi dan pijatan ringan saja, tapi dukun bayi tuh dulu jaman anakku mijitnya kenceng banget..duh enggak tega aku. Maka aku jarang mijitin bayiku dulu..Paling aku pijit ringan sendiri meski belum tau teorinya
    Salut dengan program Sentuhan Cinta dari Johnson ini, biar makin peduli semua dengan pijit bayi yang benar beserta manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nggak tega kalau dukun bayi mijatnya kenceng-kenceng. Terlepas dari benar atau nggak cara mijatnya.

      Kalau sekarang ada program pelatihan dukun bayi di Puskesmas. Pelatihan memijat bayi yang dilakukan oleh para bidan. Namun kayaknya belum merata pelaksanaannya. Ada juga dukun bayi yang nggak mau ikut pelatihan ini.

      Hapus
  19. Anak bayi di pijat agar lebih rileks dan membuat dia lebih nyaman. Kebayang mereka senang dipijat, karena anakku dirumah pun suka aku pijat pakai Johnson baby oil dan sampai dia lelap tidurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntungnya anak sudah dipijat ibunya sendiri. Semoga anaknya sehat terus ya mbak.

      Hapus
  20. Tahun lalu aku ikutan acara ini yang diJakarta. Acaranya memang seru dan asyik. Jadi bisa belajar cara mijat bayi cz di kampungku kan kalau mijat ada pengurus bayi khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ilmu memijatnya, Mbak. Bisa juga ditularkan ke ibu-ibu tetangga sekitar rumah.

      Hapus
  21. Menarik banget nih. Kalau ada di kota saya pengen banget ikutan. Ini ilmu juga kalau di saat nanti punya bayi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga acara ini bisa singgah di kota Mbak Lina. Biar bisa ikutan belajar pijat bayi langsung dari ahlinya.

      Hapus
  22. Pijat bayi penting banget ya mba, aku sering praktekin ke aak sodara, karena waktu itu ikut acara Jhonson juga. Seru banget ya kalau banyak pengetahuan begini acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget. Kalau acara kayak gini jadi dapat ilmu baru.

      Hapus
  23. Waahh luar biasa nih ada pelatihan pijat bayi untuk para ibu..😄😄

    Sebenarnya untuk pria juga ada seharusnya yaa agar bisa menggantikan sang ibu dikala beliau sibuk..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pijat bayi seharusnya dilakukan oleh Ibu dan Ayah. Pelatihan pijat bayi ini kebetulan saja banyak peserta yang ibu-ibu. Namun ada juga beberapa Ayah yang ikutan. Praktek juga mijat bayi.

      Hapus
  24. Pertama kali punya bayi, pasti butuh ilmu.
    Dan salah satu ilmu yang aku pelajari dari Ibuku adalah anak lebih nyaman dan gak mudah sakit karena dipijat.
    Maka dari itu, aku inget banget dulu nonton vcd johnson buat melototin cara memijat bayi yang nyaman.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah punya Ibu yang paham pentingnya memijat bayi. Melototin CD membawa manfaat besar buat bayi nih ceritanya hehehe.

    BalasHapus
  26. Jadi inget dulu waktu anak bayi sayasering pijetin dia nih heheh

    BalasHapus