Sabtu, 06 April 2019

Takoyaki Enak di Surabaya

Apa sih takoyaki itu? Takoyaki adalah jajanan dari Jepang. Jajanan ini berbentuk bola-bola kecil. Bahan pembuatannya dari adonan tepung terigu lalu diisi gurita rebus di dalamnya. Takoyaki ini berasal dari daerah Kansai. Aslinya, takoyaki memang berisi gurita. namun kalau di Indonesia isinya bermacam-macam. Selain gurita ada sosis, kepiting, ayam, keju, salmon atau tuna.

takoyaki enak di surabaya
Takoyaki Jalan Ketintang Barat

Jajanan ini biasanya ada di pingir-pinggir jalan kalau di Jepang. Sama juga di Indonesia. Kios-kios kecil takoyaki banyak di pinggir jalan. Namun masih lebih banyak kios-kios takoyaki yang beredar di mall atau pusat pembelanjaan. Harga satu buah takoyaki adalah Rp 1.000 - Rp 3.000. Tergantung kualitas isian dan tempat kios berada. Tergantung merek dagang yang tampil di kios juga, sih.

Banyak penjual takoyaki di Surabaya. Namun tidak banyak yang rasanya enak. Maksud saya adonan dan bumbu komposisinya pas. Isi takoyaki tidak kecil banget. Ada beberapa kios yang menyediakan takoyaki enak di Surabaya. Sebagai catatan, penilaian enak ini menurut selera saya pribadi.

Urutan ini berdasarkan penemuan tempat saja. 4 Kios takoyaki enak di Surabaya, yang pernah saya coba:

takoyaki enak di surabaya
Takoyaki Jalan Ketintang Barat


1. Royal Plasa
Lokasinya di area kios-kios kecil jajanan. Satu area dengan bioskop 21. Kios takoyaki ini berwarna kuning. Sebelahan dengan kios penjual jamur crispy. Mbak yang jual berbadan besar dan rambut pendek. Orangnya ramah dan sabar.

Takoyaki di kios ini lembut dan berbumbu. Meski dimakan tanpa saos masih tetap enak. Sudah lama sekali saya nggak ke sini. Semoga saja kios ini tidak pindah tempat. Sebenarnya banyak penjual takoyaki di area foodcourt Royal Plasa, namun saya cuma cocok dengan rasa kios kuning satu ini.
Harga: Rp 12.000/pac (isi 4 takoyaki)

2. Jalan Sidotopo Wetan.
Kios ini ada di depan salon. Lokasinya di seberang lapangan futsal. Kalau dari arah Jalan Kenjeran ada di sebelah kiri jalan. Hanya ada 1 kios takoyaki di sepanjang Jalan Sidotopo Wetan.
Buka: jam 10.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp 10.000/pac (isi 5 takoyaki)

3. Jalan Kenjeran.
Lokasinya ada di Jalan kenjeran sebelum perempatan lampu merah ke arah Jembatan Suramadu. Kalau dari arah Jembatan Suramadu, perempatan besar lampu merah belok kanan ke arah Kapas Krampung. Kiosnya ada di sebelah kiri jalan. Hanya ada satu kios takoyaki di sepanjang jalan ini. Penjualnya Mamas masih muda. Kiosnya dihias dengan aneka pernik Jepang. Penjualnya juga menggunakan pakaian ala penjual jajanan Jepang. Kiosnya instagramable.
Buka: Jam 19.00 - 21.00 WIB
Harga: Rp 12.000/pac (isi 5 takoyaki)

4. Jalan Ketintang Barat.
Kiosnya ada di pelataran parkir Toko Karunia. Kalau dari Jembatan Karah ada di sebelah kanan jalan. Saya pelanggan di sini dari mulai awal di buka sampai sekarang. Penjualnya Mbak Berjilbab yang ramah dan sabar. Selalu ramai di sini. Jadi ya harus sabar antri kalau beli. Kios ini juga menjual aneka jajanan. Lebih bervariasi menunya. Macam isiannya juga lebih banyak.
Buka: Jam 11.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp 1.000 - Rp 1.200/biji takoyaki

Wah jadi pengen makan takoyaki. Cuss, yuk.



Foto: koleksi pribadi


2 komentar:

  1. boleh juga ntar kalau ke royal plasa nyoba juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba, mbak. Semoga cocok rasanya.

      Hapus