Senin, 22 April 2019

Festival Bunda Generasi Maju Surabaya 2019

festival bunda 2019 sgm bunda

1000 hari pertama anak adalah masa yang sangat penting. Hari ke 1 terhitung pada saat pembuahan. Masa kehamilan adalah periode awal 1000 hari pertama anak. Ini berarti saat kehamilan juga merupakan saat yang penting. Tak perlu menunggu hingga bayi lahir untuk memberikan nutrisi yang sehat.

Ketika Ibu menyadari sedang hamil harus banyak mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Kebutuhan nutrisi zat gizi makro dan mikro meningkat. Zat gizi makro meliputi karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro adalah zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin D.

SGM Bunda mengadakan Festival Bunda Generasi Maju mensosialisasikan hal ini untuk para Ibu hamil agar selalu sehat dan tidak kekurangan nutrisi selama masa kehamilan. Acara ini dilakukan di 4 kota. Pada kesempatan pertama dilakukan di kota Surabaya pada tanggal 21 April 2019. Acara ini berlangsung di Lapangan Parkir Depan Grand City Mall.

Masuk ke area lapangan parkir Grand City Mall ada tenda putih panjang. Ada gerbang melingkar merah dengan lambang SGM Bunda. Banyak ibu yang sudah hadir. Bukan saja para ibu hamil yang hadir. Banyak Ibu yang menggendong bayi turut juga hadir. Pada bagian tengah belakang ada panggung utama. Di sebelah kanan dan kiri ada beberapa booth.


festival bunda 2019 sgm bunda


Di dalam tenda ini terbagi beberapa area. Antara lain area Bunda Sehat, area bunda santai, area bunda cerdas dan area bunda jajan. Bunda dapat memeriksa kehamilan dan bisa USG gratis di area bunda sehat. Kalau di area bunda santai, bunda bisa menikmati pijat kaki dan totok wajah. Asyik nih, bisa menghilangkan penat sejenak. 

Para Bunda juga bisa mengasah wawasan. Ada layar sentuh yang memunculkan banyak pertanyaan. Apabila jawaban Bunda betul akan mendapatkan aneka hadiah cantik dari SGM Bunda. Habis mikir untuk menjawab pertanyaan bikin lapar kan? singgah saja ke area bunda jajan. Tersedia aneka jajan, camilan dan aneka rasa susu SGM Bunda. 

Eh tunggu sebentar. Para pengunjung tidak bisa langsung menikmati aneka booth tersebut. Ada ketentuannya. Untuk menikmati aneka booth tersebut para bunda harus membeli produk susu SGM Bunda terlebih dulu untuk mendapatkan kartu pasport sebagai freepass.

Kalau acara di panggung utama belakang bisa diikuti oleh semua pengunjung yang datang. Jangan kuatir banyak acara seru di panggung ini. Jam 08.30  dimulai acara talkshow yang menampilkan pembicara dr Sylvia Chandra S.pog. Beliau memberikan materi tentang nutrisi Ibu hamil pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

festival bunda 2019 sgm bunda


Hari pertama dihitung sejak terjadinya embrio setelah pembuahan sperma pada sel telur. Jadi 1000 HPK mulai dari janin berumur 1 hari sampai anak usia 2 tahun.    

Namun seringkali Ibu tidak meyadari kalau sedang hamil. Baru tahu kalau hamil ketika janin sudah berusia satu atau dua bulan. Janin sudah berkembang begitu lama. Bagaimana dengan makanan yang selama itu dikonsumsi Ibu hamil? Harus ngebut nih untuk mengejar ketertinggalan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Tidak usah kuatir. Masih terkejar, kok. 

1000 hari pertama adalah masa yang penting. Oleh karena itu Ibu hamil harus mempunyai kecukupan gizi untuk janin. Apabila ibu hamil kekurangan nutrisi dapat menyebabkan anemia dan kekurangan mikronutrisi seperti zat besi dan asam folat. 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan mikro nutrisi. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi janin. 

festival bunda 2019 sgm bunda
Area Bunda Pijat

Ibu hamil semestinya memang mendapatkan berbagai zat gizi tersebut dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun ada kalanya. Ibu Hamil tidak bisa maksimal untuk makan. Ada yang mengalami morning sickness ataupun tidak ‘doyan’ makan makanan tertentu. Bahkan yang terparah, tidak doyan makan sama sekali.

Untuk menjaga asupan gizi agar masuk berimbang ke dalam tubuh ibu hamil bisa minum susu khusus untuk Ibu hamil. SGM Bunda baru mengandung formula COMPLINUTRI yang membantu kebutuhan gizi yang diperlukan para ibu hamil. SGM Bunda baru mengandung minyak ikan, tinggi zat besi, tinggi asam folat dan juga tinggi kalsium dan Vitamin D.

Para pengunjung antusias mengikuti talkshow ini. Pada sesi tanya jawab banyak Ibu dan bapak yang bertanya pada dokter Sylvia. Acara selanjutnya adalah yoga untuk para Ibu hamil. Para Ibu diajarkan berbagai gerakan untuk meringankan nyeri pada pungung dan pinggang.

festival bunda 2019 sgm bunda
Yoga untuk Ibu hamil

Setelah yoga adalah demo masak oleh Chef Rio. Saya baru tahu, ternyata SGM Bunda bisa diolah menjadi makanan atau minuman tanpa mengurangi kadar gizi yang terkandung dalam susu tersebut. Ini cocok buat saya yang nggak bisa minum susu langsung. Selalu eneg dan pengen (maaf) muntah kalau minum susu.

Chef Rio memasak puding pelangi,  jus strawberry sirsak dan jus alpokat lapis cokat.
Rasanya bagaimana? semuanya lezat dan yang penting nggak bau susu. Enak nih. Saya tetap bisa minum susu tanpa harus tersiksa. Untuk puding Chef Rio menggunakan maizena bukan agar-agar. Rasanya jadi lebih ringan.

festival bunda 2019 sgm bunda
Demo masak Chef Rio

Sesi terakhir acara di panggung utama adalah demo make up dari Wardah untuk para ibu hamil. Kalau lagi hamil seringkali malas buat dandan. Ribet. Belum lagi ada yang mual kalau bau make up. Nah Mbak Rini Setiawan, Mbak Lia dan Mbak Mia dari Wardah memberikan berbagai tips cantik dengan make up flawless. Dandan cepat namun tetap cantik.

Selain itu ibu hamil kan hawanya berasa gerah. Sering berkeringat. Apalagi kalau tinggal di daerah yang panasnya cetar kayak Surabaya gini. Walhasil bedak bisa cemong kalau habis keringetan. Mbak Rini memberikan solusi jitu untuk masalah ini.

Kalau muka berkeringat, keringkan dulu dengan tisyu. Caranya daerah wajah yang berkeringat itu ditekan-tekan ringan dengan tisyu. Kalau sudah kering idealnya make up dihapus seluruhnya lalu make up ulang.

Nah, kalau males harus dandan lagi ada cara mengakalinya. Pakai bedak lagi namun pakai kuas jangan pakai spon bedak yang biasanya. Nanti hasilnya nggak bakalan cemong-cemong antara bedak lama dan bedak baru. Biar hamil sering keringatan nggak bikin malas dandan, kan Bunda.

festival bunda 2019 sgm bunda
Make up flawless dari Wardah
Seru sekali acara Festival Bunda Di Surabaya. Acara ini juga hadir di kota Jogjakarta, Jakarta dan Bandung. Untuk Jogjakarta diadakan tanggal 28 April 2019 di Jogja Expo Centre. Kalau Jakarta tanggal 21 Juli 2019 di Park & Ride Thamrin Lot 10 Jakarta. Sebagai penutup pada tanggal 28 Juli 2019 di Taman GOR Saparua - Bandung.

Catat tanggalnya, ya. Jangan sampai ketinggalan. Yuk Bunda, datang ke Festival Bunda Generasi Maju di kotamu.



Foto: koleksi pribadi

48 komentar:

  1. Seru acaranya ya mbk, saya belum pernah ikutan acara-acara kayak gini. soalnya belum pernah merasakan hamil dan punya anak. heee

    semoga saya disegerakan juga. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru. Dapat banyak ilmu baru.

      Saya doakan semoga disegerakan hamil. Aamiin.

      Hapus
  2. wih lengkap banget bumil diservis penuh nih supaya kehamilannya sehat. SGM Bunda ada di Jakarta juga? Mau cobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di Jakarta. Tanggal 21 Juli 2019 di Park & Ride Thamrin Lot 10. Datang aja, mbak.

      Hapus
  3. Acaranya seruuu buanget ya Mba
    Terutama bisa facial massage itu pasti asyik buanget :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Facial massage nggak full mbak. Cuma totok wajah aja. Tapi lumayan enak.

      Hapus
  4. Wah di Bandung ntar ya tanggal 28 Juli 2019 semoga ada kesempatan untuk ikut acara keren begini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Semoga bisa hadir pas acara di Bandung nanti.

      Hapus
  5. Malah gagal fokus sama tips make up nya mbak, di bagian tips untuk make up bumil yg gampang keringetan. Saya gak hamil aja gampang keringetan. Apply bedak pakai kuas ya, biar nggak cemong-cemong. Noted banget nih mbak. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Lagi nggak hamil aja gampang keringetan apalagi pas hamil. Aku juga baru tahu biar nggak cemong kalau bedakan pakai kuas.

      Hapus
  6. Seru sekali ya acaranya aku baru tau juga kalau susu ini itu ada banyak variasi rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak varian rasa, mau manis, biasa atau rada asem seger juga ada.

      Hapus
  7. Wah ternyata ada trik khusus makeup bumil ya. Hihi...aku jelek banget waktu hamil dulu. Males mandi males dandan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengengya pas hamil tetep cantik tapi ya pasrah apa kata mood aja deh kalau saya haha.

      Hapus
  8. Acara SGM memang selalu keren dan padat edukasi buat orangtua soal tumbuh kembang anak supaya kelak anak menjadi bagian dari generasi maju.

    BalasHapus
  9. Ada demo make up juga, paket komplit nih SGM manjakan bunda-bunda. Coba dibuka di setiap kota ya pastinya rame banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahu depan bisa hadir di lebih banyak kota lagi.

      Hapus
  10. AKu inget banget pas hamil anak pertama, semua muaaa...dimakan.
    Demi bayi sehat, mama ceria.
    Hehehe...
    Termasuk konsumsi susu Ibu Hamil.

    Dan yang paling inovatif tuh...SGM Bunda.
    Rasanya Gak monoton vanilla ama cokelat aja...ada mangga juga.
    Yumm~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikmat bener nih mbak segala makanan bisa masuk tanpa masalah. Semoga aku kayak dirimu, mbak hehe.

      Hapus
  11. Wah.. Acaranya menyenangkan banget itu. Bunda juga bisa menikmati pijat kaki, santai dan enaknya.

    Kalau minum susu kayaknya kita samaan deh, agak gimana ya rasanya. Dibikin puding bisa buat alternatif mengkonsumsi susu nih. Saya akan coba, siapa tahu berhasil dan rasa aneh bisa hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas acara cobain puding dan jus nggak berasa dan bau susu. Jadi ketagihan pengen nyobain di rumah.

      Hapus
  12. Ngebayangin puding pelanginya mbaa. Acara SGM bagus, selalu edukatif ya. Nggak bosen ngasih tau pentingnya HPK.
    Ada area pijat bundaaa lagi.. mau ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puding pelangi enak banget, mbak. Lumayan bisa pijet sejenak. Lebih seger badan.

      Hapus
  13. Kapan yaa ada acara sgm yang keren kaya gini di banda aceh...kepengen ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun depan hadir di Aceh. Aamiin.

      Hapus
  14. Wah, enak banget di area bunda pijat. Bermanfaat banget buat para bunda yang belum sempat istirahat dan relaksasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Bikin badan lebig segar habis dipijat.

      Hapus
  15. Nunggu eventnya di Jakarta ah, sepertinya seruu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa hadir pas event di Jakarta nanti.

      Hapus
  16. SGM klau mngadakan acara selalu bagus yakk seneng pastinya bus hadir nambh pengetahuan ya mba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa nambah pengentahuan atau up grade ilmu tentang kehamilan lagi.

      Hapus
  17. Rangkaian acaranya bener-bener memanjakan ibu hamil ya mba. Selain ketemu temen baru jadi bisa share pengalaman juga ya ttg masa-masa kehamilan. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang bikin seru. Nambah ilmu, pengalaman dan kawan baru.

      Hapus
  18. Moms need to know all enough things and learn new knowledge and information about family matters. And this festival is the perfect platform for that

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moms need a lot of festivals like this, not just for learn knowledge also for vacation. Stay away from home for a while.

      Hapus
  19. seru banget..festival bunda generasi maju ini..kemarin juga ada pas di jogja..seru juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih. Jogja kota kedua yang dikunjungi SGM Bunda.

      Hapus
  20. Aaaak....keren banget acaranya. Sayangnya Semarang selalu dilewatkan deh, huhu. Padahal pengen ikutan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain waktu bisa singgah di Semarang.

      Hapus
  21. Seru banget acaranya Mak. Duh aku suka banget datang ke acara-acara seperti ini soalnya nambah ilmu dan nambah sahabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mak. Nambah ilmu dan nambah happy ceritanya.

      Hapus
  22. seru banget nih acaranya. Bikin bunda2 jadi banyak ilmu dan pengalaman. Jadi gak sabar nunggu yang di Bandung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sabar. Bandung masih tanggal 28 Juli, Teh.

      Hapus
  23. Acara kayak gini seru banget pastinya ya, sharing ilmu dan silaturahmi juga

    BalasHapus
  24. Wohhh ternyata bisa divariasikan untuk aneka cemilan dg SGM bunda yah Mak
    Acaranya seru anett sihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tahu kalau ternyata susu SGM Bunda boleh di olah jadi makanan dan minuman.

      Hapus