Review Drama Delightfully Deceitful

review drama delightfully deceitful
Lee Ro-um bebas dari penjara. Gadis ini di penjara selama 10 tahun dengan tuduhan membunuh kedua orang tuanya. Han Moo-young, pengacaranya memberi hadiah satu stel baju baru. Lee Ro-um seorang gadis jenius. Dia mampu menghapal apapun yang dilihatnya dengan cepat. Saat kecil, gadis ini sering diundang ke acara televisi. Dia menjadi terkenal dan menjadi tulang punggung keluarganya.

Masa Lalu
Lee Ro-um mendapat beasiswa dari Yayasan Jeokmok saat umur 8 tahun. Gadis ini dididik secara khusus dan harus tinggal di asrama Yayasan Jeokmok. Ro-um tidak sendirian. Ada Jung Da-jeong, Na Suho yang sering dipanggil Nasa dan Ringgo. Mereka semua anak jenius dengan kemampuan yang luar biasa.

Anak-anak ini dijadikan Jeokmok Kids. Mereka dididik untuk melakuan berbagai penipuan untuk mengeruk uang korbannya. Jung Da-jeong seorang jenius komputer yang dididik sebagai peretas. Nasa jenius teknik dididik untuk piawai merakit aneka senjata, bom dan segala keperluan teknik, yang dibutuhkan untuk operasi. Ringgo mempunyai kemampuan liguistik yang luar biasa. Anak lelaki ini mampu menguasai 8 bahasa asing secara otodidak. Lee Ro-um sebagai ketua Jeokmok kids dengan kemampuan menyamar yang menakjubkan dan ahli strategi.

Setelah 10 tahun berpisah, akhirnya orang tua Lee Ro-um berhasil menemukan anaknya. Selama berada di asrama Jeokmok anak-anak ini tidak boleh berkomunikasi dan dikunjungi keluarga. Semua anggota Jeokmok Kids dari keluarga miskin. Orang tua diberikan imbalan uang selama anak-anak tinggal di asrama. Mereka tahunya uang ini hasil anak-anaknya yang bekerja untuk yayasan. Mereka tidak tahu kalau anak-anaknya disuruh melakukan kejahatan. Orang tua Lee Ro-um mengajak anaknya untuk pulang. Mereka tidak peduli dengan uang. Mereka hanya ingin berkumpul kembali dengan anaknya.

Ternyata Lee Ro-um tidak bisa keluar dari Jeokmok Kids. Gadis muda ini nekat. Dia curhat ke Lee Jay dan melarikan diri. Presdir Jeokmok marah. Lee Rou-um diburu dan kedua orang tuanya dibunuh. Pembunuhan terjadi di depan mata Ro-um. Lalu Ro-um dijadikan tersangka. Gadis ini diancam. Kalau tidak mau jadi tersangka, semua anggota Jeokmok Kids akan dibunuh. Ro-um sangat sayang dengan ketiga anggota Jeok-mok. Terutama Ringgo, anggota paling kecil. Mereka sudah seperti saudara kandung. Mereka selalu saling membantu jika ada yang terlibat masalah. Saling tergantung satu sama lain. Lee Ro-um rela di penjara plus stigma negatif, yang melekat pada dirinya.

Balas Dendam
Lee Ro-um mempunyai rencana akan membalas dendam pada Presdir Jeokmok, setelah keluar dari penjara. Petinggi Jeokmok yang memerintahkan untuk melukai orang tuanya. Lee Ro-um fokus untuk mengejar Jang Kyung-ja, direktur Navis Well-Being. Sebuah perusahaan MLM yang digunakan Yayasan Jeokmok untuk melakukan penipuan secara ilegal. Saat proses pengejaran Direktur Jang, terbukalah fakta kalau Direktur Jang Kyung-ja bukanlah presiden Yayasan Jeokmok.

Lee Ro-um tidak sendirian selama proses penyelidikan dan pengejaran Presiden Jeokmok. Tentu saja mantan anggota Jeokmok Kids turut membantu. Selain mereka ada juga 2 anak buah setia Ringgo, Pengacara Han Moo-young, Jaksa Ryu Jae-hyeok, Wartawan Woo Young-gi, Go Yo-han (Polisi Probasi) dan Psikiater Mo Jae-in. Kok bisa pengacara, jaksa, wartawan, polisi dan psikiater ikut masuk ke tim balas dendam? 
Lihat sendiri, ya. Tidak seru kalau saya ceritakan di sini.   

Kembali ke pengejaran Presiden Jeokmok. Ternyata Presiden Yayasan Jeokmok adalah Ji Seung-don. Presiden Ji sudah meninggal. Sebelum meninggal, Pria ini mengalami koma selama bertahun-tahun. Lalu siapa yang memberi intruksi atas nama Presiden Jeokmok selama ini. Proses penyelidikan semakin rumit saat Pengacara Han dan Jaksa Ryu ingin seluruh proses penangkapan Presiden Jeokmok harus dengan cara legal. Kalau ada cacat sedikit saja, tidak akan bisa diproses secara hukum. Yayasan Jeokmok ternyata telah banyak melakukan kejahatan. Tujuan awal hanya ingin menangkap Sang Presiden berubah menjadi menggungkap semua kejahatan Yayasan ini dan menghentikan seluruh kegiatannya.

Ternyata Yayasan Jeokmok mempunyai pengaruh yang kuat di pemerintahan Korea Selatan. Ada berbagai skenario yang membuat Pengacara Han Moo-young mendapat hukuman skors dan ijin pengacaranya terancam dicabut. Bukan hanya itu. Jaksa Ryu tiba-tiba dimutasi ke daerah terpencil dan Wartawan Wu dipecat. Dalam kondisi tim yang goyah, Nasa memilih menyeberang ke pihak Jeokmok. Ringgo masuk rumah sakit karena dipukuli Lee Jae, bodyguard Direktur Jang.

Lee Ro-um diancam untuk kembali bergabung ke Jeokmok. Dia diminta menjalani misi Jeokmok seperti dahulu. Kalau Ro-um tidak mau, maka semua anggota Jeokmok Kids akan dibunuh. Lee Ro-um memutuskan untuk mencari Presiden Jeokmok sendirian. Dia tidak mau lagi mengorbankan anggota tim balas dendam. Gadis ini bertekad untuk mencari Presiden jeokmok asli sendiri sampai ketemu.

Berhasilkah Lee Ro-um melakukan balas dendan sendirian?
Sebenarnya tidak sendiri. Ada seseorang yang berjanji sejak awal kalau akan selalu berada di sisi Ro-um hingga misi balas dendamnya berakhir. Ternyata orang ini memenuhi janjinya. Dia selalu ada di sisi Roum hingga Presiden Yayasan Jeokmok asli masuk penjara.

Recomended
Meski genre drama ini action tapi tidak banyak adegan action. Proses mencari tahu Presiden Jeokmok sebenarnya dan proses pengejarannya yang rumit dan seru. Banyak teka-teki bertebaran dari episode awal hingga akhir. Penonton diajak juga berpikir. Plot twist banget akhir ceritanya. Puas sih, tebakan saya benar ternyata. Salut pada tim penulis cerita yang sudah merangkai berbagai ide cemerlang. Saya sering nyeletuk, "Kok kepikiran sampai segitunya.". Tentu ada riset panjang yang melelahkan sebelum penulisan skenario. Salut.

Saya juga suka dengan Sutradara Lee Soo-hyun, yang sudah mengarahkan drama ini menjadi tidak membosankan dari awal hingga akhir. Apalagi kalau sudah masuk scene menebar teka-teki. Saya suka saat bagian Ro-um menjelaskan trik penipuannya. Ada juga sih beberapa scene yang janggal bila dilakukan Ro-um sendirian. Masak sih semudah itu mereka tertipu. Ya mau bagaimana lagi, banyak orang yang mudah tertipu dengan cara sederhana di dunia nyata.

Para pemain juga punya kemampuan akting yang merata. Banyak para pemain senior di sini. Namun akting mereka tidak tampak terlalu menonjol. Sama setara dengan akting para pemain yunior. Ada beberapa pemain yunior yang ekpresinya kurang 'kena' dibeberapa scene tapi bisa ditutupi pemain yang lain. Jadi tidak terlalu kentara dan tidak meninggalkan 'bekas' lama di mata penonton. Entah ini yang hebat sutradara atau para aktor dan aktris. Kolaborasi yang bagus, kalau menurut saya.
Tunggu apa lagi?
Selamat menikmati drama ini.           

Para Pemain
Chun Woo-hee sebagai Lee Ro-um
Kim Dong-wook sebagai Pengacara Han Moo-young
Lee Yeon sebagai Jung Da-jeong
Yoo Hee-je sebagai Na Suho atau Nasa
Hong Seung sebagai Ringgo
Yoon Park sebagai Go Yo-han 
Park So-jin sebagai Psikiater Mo Jae-in
Yoon Byung-hee sebagai Wartawan Woo Young-gi
Choi Young-joon sebagai Jaksa Ryu Jae-hyeok
Lee Tae-ran sebagai Direktur Jang Kyung-ja
Kim Tae-hoon sebagai Lee Jay
Lee Chang-hoon sebagai CEO Park Gyu 
Park Ji-il sebagai Shin Gi-ho
Kim Jong-tae sebagai Ma kang-su 

Komentar