5 Sumber Ide untuk Bahan Tulisan di Blog


Pernah nggak tiba-tiba blank tak tahu harus ngetik apa di blog. Cuma diam saja depan laptop. Saya pernah mengalami satu jam depan laptop hanya menghasilkan satu paragraf. Duh rasanya rugi banget, Saya kan bisa mengerjakan yang lain. 

Makanya kalau sudah blank, saya pilih matikan laptop. Cari dulu idenya. Bikin draft kasar di notes. Kalau bisa draft lengkap. Begitu ada waktu luang langsung ngebut ngetik di laptop. Ini cara yang paling efektif untuk bikin tulisan di blog secara cepat. Berikut ini 5 sumber ide untuk bikin tulisan di blog versi saya.    

1. Notes 

Saya selalu punya senjata andalan berupa notes. Saya ini termasuk kaum pelupa. Apa saja harus selalu dicatat. Kalau pas ingat sesuatu harus langsung dicatat. Kalau tidak begitu bisa kacau semua urusan. Benda kecil ini selalu ada di dekat saya. Dimana saja dan kapan saja, saya perlu langsung gampang diraih.

Untuk urusan ide ngeblog juga sama. Begitu ada ide terlintas dalam pikiran langsung saya catat di notes. Kalau pas kebetulan waktunya longgar sekalian bikin draf juga. Beberapa kali saya pernah nulis blog lengkap di notes. Kebetulan saat ide terlintas pas lagi nganggur.

Jadi enak. Pas ada kesempatan ngetik di laptop, saya tinggal salin draft blog yang ada di notes. Kok nggak langsung ngetik di ponsel saja kalau memang tidak ada kesempatan untuk buka laptop. Entah kenapa kalau nulis di kertas itu ide langsng ngalir lancar. Kalau buka ponsel atau laptop selalu tergoda buka-buka yang lain. 

Mungkin juga ini soal kebiasaan. Saya sudah terbiasa menulis di kertas sejak dulu. Kalau pas menulis tangan seperti gerak sendiri. Antara tangan dan otak langsung terhubung.   

2. Grup WA

Sudah menjadi rahasia umum. Grup WA bukan saja ajang untuk sekedar chat saling berkirim kabar. Grup WA sudah berubah menjadi sumber berita ter-up date. Baik berita soal ekonomi, sosial, politik dan segala gosip. Fungsi televisi dan media massa sudah digantikan oleh grup WA.

Sering kali suatu peristiwa belum muncul di televisi nasional namun sudah beredar luas di grup WA. Serius? Duarius. Ada jarum hilang di gang 3, tak sampai 5 menit semua orang se-RT tahu. Tak heran grup WA ini semacam think tank saya. Kalau lagi blank saya buka-buka grup WA saja. Berpindah dari satu grup ke grup yang lain. Nanti tiba-tiba muncul berbagai ide untuk tulisan di blog.

3. Timeline Media Sosial

Sama dengan grup WA. Timeline media sosial juga berfungsi sebagai sumber berita. Tentu saja ada yang benar dan banyak yang hoax. Harus bijak memilah-pilah saat membacanya. Banyak sekali ide beredar di timeline media sosial. 

Kalau saya lagi ngetik dan blank, inilah salah satu tempat pelarian saya. Iseng saja scroll dari atas sampai bawah. Ide langsung bermunculan. Loncat-loncat minta ditangkap. Bukan hanya untuk nulis di blog. Ide tulisan novel dan cerpen pun datang tanpa diundang.  

4. Drama atau Film 

Paling sering yang menyumbangkan ide buat saya adalah drama Korea dan film Amerika. Entah kenapa kalau melihat dua jenis tontonan ini langsung saja bermunculan banyak ide. Saya pernah dapat sampai 20an ide tulisan saat sekali nonton . 

Kalau nonton drama lain atau film produksi lain tidak pernah seperti ini. Sampai sekarang, saya tidak tahu kenapa bisa begitu. Ide yang bermunculan bukan saja ide untuk nulis di blog namun juga unuk nulis cerpen atau novel.

5. Curhatan

Fix  Sebagian besar sumber tulisan saya di blog dari curhatan. Baik curhat pribadi ataupun curhat berjamaah. Ada yang curhat secara langsung, banyak juga yang curhat lewat dunia maya. Kebetulan sejak jaman Siti Nurhaiza sampai sekarang, saya sering jadi tempat jujugan buat curhat.

Curhatnya segala macam cerita. Para curhater pun segala usia, mulai dari remaja sampai nenek banyak cucu. Saya sih seneng saja dicurhati. Seringkali mereka curhat bukan untuk mencari solusi hanya mengeluarkan kegelisahan yang terpendam. Saya dapat banyak ilmu dan wawasan baru dari curhatan mereka.

Kalau curhatannya mau saya jadikan tulisan, biasanya saya ijin dulu. "Boleh nggak curhat ini saya jadikan tulisan, sepertinya ada banyak orang yang mengalami hal ini. Mungkin saja curhatanmu ini bisa membantu mereka." Alhamdulillah selalu diijinkan.

Biasanya setelah tulisan hasil curhatan selesai, saya kirim dulu ke curhater yang bersangkutan. Kalau sudah setuju, baru saya posting. Jadi sama-sama enak. Mereka tidak khawatir privasinya terbuka. Saya pun tidak merusak kepercayaan yang sudah diberikan. Walhasil mereka makin betah curhat sama saya. 

Ini lah 5 sumber ide saya buat nulis di blog. Sederhana saja. Kalau butuh ide tak perlu merenung lama. Cukup pasang mata dan telinga lebar-lebar. Kalau ide blog saya gampang banget carinya. Nulis di blog ini loh yang bikin saya masih harus ekstra kerja keras. 

Ada banyak draft di blog yang menunggu diselesaikan. Sepertinya saya harus ektra kerja keras nih. Agar blog aktif terus. Bismillah. Bisa.




Ilustrasi : karya sendiri dibantu Canva

Komentar

  1. Ternyata bukan saya aja yah yang suka stag depan laptop sampai ketiduran cari bahan tulisan. Makasih infonya nih mengenai cara mencari bahan untuk ditulis jadi semangat lagi mengisi blog yang terbengkalai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya semua penulis pernah mengalami stag depan laptop, Kak hehehe.

      Terima kasih kembali. Ayo semangat Kak. Sayang blognya kalau sampai terbengkalai.

      Hapus

Posting Komentar