Selasa, 25 Juni 2019

Belanja di Hamzah Batik Kaliurang Jogjakarta

Kalau pas wisata di Jogjakarta memilih menginap dimana? Kalau saya sih senangnya menginap di Kaliurang. Kenapa begitu? Hawanya enak. Lebih dingin dengan angin yang sejuk semilir. Kalau soal macet ya sama saja. Sekarang, Jogjakarta macetnya parah.

Penginapan di Kaliurang berjajar, mulai dari kelas homestay sampai hotel bintang tiga. Aneka macam makanan banyak. Dari yang menu tradisional sampai makanan siap saji tersedia. Harganya pun bervariasi, mulai dari harga kaki lima sampai bintang lima. Berbagai toko pusat oleh-oleh juga tersedia lengkap. ATM berbagai bank tersedia. Klinik dan rumah sakit banyak. Tempat belanja juga ada.


hamzah batik kaliurang jogjakarta

Kalau pengen belanja ala mall pun bisa di Kaliurang. Nggak perlu lagi turun ke kota. Ada dua tempat yang bisa untuk jujugan belanja. Meski nggak seperti mall tapi varian barangnya lengkap dan merepresentasikan keunikan barang khas oleh-oleh Jogjakarta. Bisa dibilang mall mini lah. Harganya pun masih realistis.

Ada dua tempat yaitu Mirota Pasaraya di bawah. Lokasinya di Jalan Kaliurang km 6. Kalau yang di Kaliurang atas ada Hamzah Batik, tepatnya di Jalan Kaliurang km 15. Dua tempat ini dalam naungan perusahaan yang sama. Hanya beda nama saja. Kalau saya sih lebih sering ke Hamzah Batik. Jalan menuju ke Kaliurang atas tidak terlalu macet soalnya.

Seluruh pegawai Hamzah Batik ini menggunakan pakaian adat Jawa. Para perempuan mengunakan kebaya lurik dan bawahan kain batik. Sedangkan para pegawai pria menggunakan atasan lurik dan bawahan celana dengan lempitan batik pendek sebagai penutup. Ada juga pegawai pria yang menggunakan pakaian jawa lengkap dengan jarit batik dan blangkon.

hamzah batik kaliurang jogjakarta
'Penerima tamu' bagian depan pintu masuk

Kalau pas masuk ke Hamzah Batik jangan kaget, Anda akan disapa oleh seluruh pegawai di depan. Serius? betul. Begitu ada pengunjung yang masuk akan ada teriakan "Sugeng rawuh" secara serempak yang dikuti dengan pemukulan gong kecil. Pertama kali masuk sini saya kaget bener.

Bisa dibilang Hamzah Batik ini one stop shopping. Bukan saja aneka sandang dengan bahan batik. Ada souvenir, karya seni dan juga barang antik dijual di sini. Untuk barang antik ada yang asli barang dari jaman dahulu kala ada juga yang berupa produksi ulang. Meski hanya imitasi namun barangnya persis dengan gambaran barang yang asli.

Tempat ini terdiri dari 2 lantai dengan area yang cukup luas. Lantai 1 ini ada aneka kemeja dan kaos dengan bahan batik. Tersedia ukuran untuk anak-anak sampai dewasa. Untuk dewasa ada ukuran jumbo. Ini untuk bagian pria ya.

hamzah batik kaliurang jogjakarta
Bagian perlengkapan pria.

Bahan batik ada dua macam, cap pabrikan dan batik tulis. Harga untuk batik cap pabrikan ini berkisar Rp 100.000 - Rp 300.000. Kalau ukuran jumbo yang kisaran harganya diatas Rp 200.000. Kalau untuk kemeja yang pakai bahan batik tulis harganya mulai Rp 1.000.000 sampai tak terhingga. Bagi anda yang sudah biasa belanja batik pasti nggak kaget kalau batik tulis harganya sekian. Proses pembuatan batik tulis semuanya manual dan butuh waktu lama pembuatannya (1-2 minggu).

Bagi pengunjung juga bisa belajar batik di sini. Teras penghubung ke ruangan bagian belakang ada kolam ikan, toilet dan area belajar batik. Tenang saja. Nggak susah kok belajarnya karena menggunakan pola yang sederhana. Medianya berupatas, kain kecil atau kipas. Mayoritas yang belajar batik di sini adalah anak-anak. Bagi yang sudah dewasa juga bisa belajar batik di sini. Pengajarnya sabar dan telaten.

hamzah batik kaliurang jogjakarta


Selain itu, Anda juga bisa foto di area belajar batik ini dengan dibantu Photografer profesional. Tentu ada biayanya. Tenang saja. Nggak mahal kok. Kalau mau ambil foto sendiri juga boleh. Satu hal yang saya suka, semua pengunjung bebas foto di area Hamzah Batik. Banyak spot-spot yang ditata cantik. Biasanya tempat pembelanjaan dilarang untuk mengambil foto. Pas saya keliling ambil foto para pegawai memilih minggir atau menahan diri untuk tidak lewat di depan camera.

Lanjut berkeliling ya. Kalau ada yang ingin beli atasan lurik, beskap atau blangkon juga tersedia untuk anak-anak, remaja ataupun dewasa. Aneka mukena juga ada. Di lantai satu ini juga ada area khusus lukisan. Bagus-bagus lukisannya. Ada yang naturalis, banyak pula yang abstrak.

hamzah batik kaliurang jogjakarta


Pada bagian tengah ruang belakang, ada tangga turun menuju ke basement. Ini dunianya wanita. Semua perlengkapan untuk cantik dari ujung rambut sampai ujung kaki tersedia di sini. Bukan hanya untuk dewasa, tersedia juga ukuran bayi, anak-anak dan remaja. Design baju beragam, mau yang model klasik atau model baju kekinian dengan warna cerah juga tersedia.

Kalau saya tergiur dengan aneka tas handmade dari bahan rotan muda dan anyaman daun kelapa. Cantik dengan aneka design kekinian. Hasil anyamannya rapi dan mulus tanpa cela. Ada banyak pilihan design dan ukuran. Saya suka dengan penataan di bagian perempuan ini. Selalu rapi dan gampang nyarinya. Meski banyak sekali variasi produk yang ada di sini. Harga yang murah, menengah dan mahal di sendirikan. Nggak ada ceritanya silap mata pas di kasir.



habis belanja capek dan lapar. Tenang saja bisa istirahat di Rumah Makan Raminten yang ada di sebelahnya. Bisa juga menyeberang jalan pas di depan Hamzah Batik ada Cafe cantik. Nggak perlu pakai lama nahan lapar dan haus. Tinggal jalan kaki sudah sampai.



Foto: koleksi pribadi    




44 komentar:

  1. Huwaaah belum pernah menginap sekitaran Kaliurang kalau ke Jogja mba. Ide menarik nih karena hawanya lebih dingin yaa.. Baru tau kalau ada Hamzah Batik juga di sana. Aku seringnya ke Hamzah batik yang di Malioboro aja nih beli oleh-olehnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba menginap di Kaliurang kalau pas liburan ke Jogjakarta.

      Hapus
  2. wahini..penting banget kalau mau eksplor Jogja. jadi ada alternative ya kalau mau belanja batik. koleksinya juga cakep2 eiy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksinya banyak dan cakep-cakep, mbak.

      Hapus
  3. Wooo, Hamzah Batik ini tak pernah kulewatkan, Mbak. Kebetulan hanya 10 menit dr rumah kakakku. AKu paling suka di area mainan tradisional dan pernak-pernik. Kalau suamiku di area batik karena dia memang butuh gonta-ganti buat kerja. Coklat dan anek jajanan aku ya suka, MBak. Pokoknya gak boleh bawa duit agak banyak kalau ke sana. Bisa-bisa pulang kandas, wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sukanya juga dibagian pernik-pernik. Enak ini dekat rumah Kakaknya. Kalau ke sini aku cuma berani bawa duit cash secukupnya. Kuatir silap mata hahaha.

      Hapus
  4. Kalo belanja ke sini, bisa2 lupa waktu deh. Bawa anak pun gak masalah berlama2 soalnya. Mamaknya sibuk belanja, anaknya suruh ikutan belajar batik aja hihihi. Btw, kalau bebas foto2, kayaknya bisa bikin video liputan lengkap juga ya karena karyawan2 nya bakalan support

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget bikin video liputan di sini. Para pegawai akan dengan senang hati membantu.

      Hapus
  5. Seru x ya begitu kita kita fisambut dengan tabuhan go g dan ucapan ramah dlm bahasavJawa. Sdh 3x ke Jogja gak pernah kepikir tentang Kaliurang tempat yg pas banget disebut One Stop Shopping. Caateeet utk next trip ke Jogja. #daydreaming.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next trip Bunda bisa mampir ke Kaliurang. Main ke Telaga Kaliurang, Musium Merapi, Naik ke Gardu Pandang Merapi plus naik jeep ke desanya Mbah Marijan.

      Hapus
  6. Jadi rindu Kaliurang nih. Terakhir main ke Kaliurung dulu banget pas masih magang di Jogja dan pas libur nyempetin jalan-jalan di Kaliurang. Dan setelah itu, main di Kota Jogja terus. Nginepnya juga di sekitar kota gudeg aja.

    Kayaknya kalau main ke Jogja lagi, saya perlu coba untuk mampir ke Kaliurang nih. Kali aja ada yang cocok di Hamzah Batik. Terus bisa foto-foto juha di situ. Unik-unik barangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah ke Kaliurang sekali-kali. Cari hawa adem dan tenang.

      Hapus
  7. Ini nggak jauh sama kontrakanku fulu saat tinggal di jogja, kalau pas lagi kepengen batik pasti melipir kesitu. Atau pas makan di raminten juga sering mampir buat lihat pernak perniknya disana yang lucu-lucu ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah enak nih, bisa sering mampir ke Hamzah Batik.

      Hapus
  8. Sudah lama banget gak melancong ke Yogkayarta. Jadi punya rekomendasi nih, kalau mau cari penginapan memang lebih baik di kaliurang ya. Pernah sih tinggal beberapa tahun di Yogya dan malah jarang main ke Kaliurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih lebih senang menginap di Kaliurang. Lebih tenang, dingin dan nggak terlalu macet. Kalau pengen ke Gunung Kidul juga lebih dekat.

      Hapus
  9. Aku nih kalau ke Jogja pasti suka mampir untuk jajan batik deh, soalnya batik dari Jogja bagus-bagus dan emang suka pakai batik kalau ke acara-acara gitu. Ini boleh jadi salah satu referensi nanti kalau pas liburan ke Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba, Mbak. Warna batiknya lebih beragam. Nggak cuma coklat, putih dan hitam batik khas Jogjakarta.

      Hapus
  10. Duh aku betah loh mba kalau belanja di tempat seperti ini. Wawalapun pegal jalan-jalan keliling tapi bakalan senang karena produknya ya etnik bagus-bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suasananya yang bikin betah ya. Barang-barangnya juga bagus.

      Hapus
  11. Tiap ke Jogja suka banget singgah di Hamzah Batik yang di Malioboro, apalagi kalau mama dateng mesti banget absen di sana hehehe aku suka bau dupa tiap masuk ke toko, keramahan pegawainya. Kalau di Malioboro tuh lantai dua jual perlengkapan rumah, aksesoris, aroma teraphy yang buanyaaak banget :D betah kalau udah masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru dua kali ke Hamzah Batik yang di Malioboro. Kalau Hamzah Batik yang di Malioboro lebih besar tempatnya dan lebih banyak barnag yang dijual.

      Hapus
  12. wah lengkap ya mba oleh-oleh batik di Hamzah Kaliurang. Buat anak, dewasa pun ada. Kalo liat tempat oleh-oleh begini aku kadang lama keluarnya hahhaha keasikan muter-muter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Suka aja keliling terus nggak berhenti-henti. Nggak terasa capeknya.

      Hapus
  13. Senang ya kalau melihat karyawannya pada seragam, gitu. Kompaak. Apalagi ada sapaan khusus juga, merasa diperhatikan. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa terlempar ke jaman tempo dulu, masih pada pakai kebaya, jarit dan beskap.

      Hapus
  14. Kaya ga asing sama nama Mirota.
    Ternyata aku aru ingat kalau Mirota adalah salah satu tempat jujugan kami saat di Surabaya jika ingin membeli kain batik beserta souvenir unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih satu manajemen sama Mirota. Barang yang dijual pun sama dengan mirota.

      Hapus
  15. Hihihi kebayang kagetnya waktu di sapa sama pegawai tokonya. Saya pernah juga ngalamin waktu masuk ke sebuah tempat makan. Kaget :D
    Tempat yang lengkap, gak hanya batik, oleh oleh yang lain bisa juga didapatkan di sana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaget pas pertama kali ke sini.
      Semua pernak pernik oleh-oleh khas Jogjakarta dan Jawa Tengah ada di sini.

      Hapus
  16. Yup, menginap di Kaliurang memang menyenangkan. Suasananya adem sejuk alami. Mau cari apapun disana juga available. cucok lah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Saya selalu menginap di daerah Kaliurang.

      Hapus
  17. Waaah Mbak toko ini bak surganya pemburu batik. Harganya juga cukup terjangkau. Keren ya pelayan-pelayannya ramah dan menyambut tamu dari sejak di depan pintu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Bisa kalap belanja di sini. Saking bingungnya semua barang bagus-bagus hehe.

      Hapus
  18. Dengan lokasi yang one stop shopping ini semangat belanja bakal lebih menggebu ya Mak... satu tempat beragam pilihan... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Lebih nyaman buat pembeli. Nggak perlu lagi harus nyari-nyari barang ke tempat lain.

      Hapus
  19. Aku pernahnya di mirota itu kalau batik atau sekalian ke pasarnya.

    Bener, yang bikin pengen itu tas-tas unyu rotan malah kalau ke tempat batik ya. Atau tas batik lucu-lucu juga cantik. Secara kalau batik, aku sering beli (baca : dasteran xD)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu ah. KIta dater manis. Aku juga sering silap kalau lihat tas-tas etnik. Buatan dari rotan ini juga rapi pembuatannya.

      Hapus
  20. Kalau ke Hamzah Batik sih seringnya khilaf mbak, saya belum pernah belanja yang di Kaliurang seringnya yang di Malioboro sambil nunggu jadwal kereta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang di Malioboro memang lebih luas dan lebih banyak barangnya. Wajarlah kalau khilaf belanja di Hamzah Batik hehe.

      Hapus
  21. Belum pernah nih saya belanja ke Hamzah Batik, next ah kalau kesana bakalan ke Hamzah Batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain waktu kalau ke Jogjakarta bisa mampir ke sana, Mbak.

      Hapus
  22. Jujur aku belum pernah ke Kaliurang dan masih penasaran sampai sekarang. Makin semangat karena ternyata ada toko batik ya....aku bosen ke mirota hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisata ke Kaliurang lebih tenang. Tidak terlalu ramai dengan hiruk pikuk pengunjung.

      Hapus