3 Hal Bikin Happy di Komunitas NBS



Apa sih NBS ini? NBS adalah singkatan dari Ning Bloger Surabaya. Salah satu komunitas blogger yang ada di kota Surabaya. Semua anggotanya perempuan. Ini nih yang saya suka. Jujur, saya lebih nyaman kalau bergabung di komunitas yang anggotanya perempuan semua. Konfliknya tidak terlalu kompleks.  

Saya tahu tentang komunitas Ning Blogger Surabaya dari Mbak Tatit. Seorang blogger dari Surabaya. Saat itu saya ingin cuti panjang dari dunia kepenulisan buku. Saya ingin refreshing sejenak dan ingin menulis ke media lain. Nulis di blog seru nih kayaknya. 

Waktu itu saya melihat postingan di instagram Mbak Tatit tentang suatu acara blogger di Surabaya. Saya japri beliau dan bilang kalau ingin gabung di komunitas bloggernya. Tak lama saya dimasukkna ke grup WA blogger Surabaya pada tahun 2015 atau 2016. Saya lupa.

Waktunya itu nama komunitas ini belum NBS. Sampai akhirnya berubah nama menjadi Komunitas Ning Bloger Suroboyo (NBS). Komunitasnya para ning bloger. Sebenarnya anggotanya bukan dari Surabaya saja. Ada yang di Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Gresik, Lamongan dan Madura. 

Saya ikut kopdar sesekali dan juga gabung ikut beberapa event dengan anggota komunitas NBS. Bukan hanya seru di grup WA, saat ketemuan juga seru. Sebenarnya banyak hal menyenangkan selama saya gabung di komunitas NBS. Kalau di list nih, top three hal menyenangkan adalah sebagai berikut:   

1. Teman Dunia Maya = Teman Dunia Nyata

Sejak 2003 berkelana di dunia maya, sebagian besar teman-teman maya saya tinggal di luar Surabaya, luar Jawa bahkan Luar negeri. Teman maya yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya sedikit banget. Itu pun juga jarang bertemu. Bahkan ada yang belum pernah bertemu sama sekali.

Saat gabung di komunitas NBS ini bahagia banget bisa sering ketemu di dunia nyata. Meskipun ketemu sambil liputan event tak masalah. Sebelum atau sesudah event biasanya masih sempat ngobrol seru. Bahkan juga bisa pergi melipir sejenak. Sekedar makan bareng sambil ngobrol ngalor-ngidul. 

2. Sharing Ilmu

Ada banyak blogger senior dan selebgram hits yang bergabung di komunitas NBS. Satu hal yang bikin saya salut, mereka semua tidak pelit berbagi ilmu. Kalau ada yang tanya tentang apapun bukan hanya soal blog. Pasti langsung ada yang jawab dan memberi pencerahan.

Pertanyaan bukan saja seputar blog. Bisa temtang photografi, parenting, masalah pernikahan, konsultasi psikologi juga. Bahkan soal matematika anak juga ada yang bantu. Apalagi kalau tanya soal rekomendasi Drama Korea yang lagi tayang. Wah, langsung rame grup WA.  

3. Info Job

Selain tidak pelit berbagi ilmu, anggota komunitas ini juga tak pelit berbagi info job. Sering banget ada yang berbagi info job. Semuanya boleh daftar ikut job tersebut. Asal sesuai dengan syarat dan ketentuannya. 

Tidak ada ceritanya info job disimpan dan hanya dibagikan pada kalangan tertentu. Hanya untuk lingkaran para orang dekat. Ini yang saya suka. Lebih fair. Sesama anggota tidak ada rasa saling iri atau curiga. Kompetisi pemilihan untuk meliput suatu event berlangsung transparan dan adil. 

Setiap komunitas pasti punya kelebihan dan kekurangan. Begitupun juga dengan setiap anggotanya. Kalau ada ribut-ribut kecil adalah hal yang wajar. Namanya juga sekumpulan manusia. Setiap orang punya pikiran dan mulut (jari) sendiri. 

Asalkan segala masalah yang mengganjal di hati bisa diselesaikan tak akan jadi masalah. Kalau gabung di komunitas enaknya bisa tambah teman. Kalau sampai tambah musuh males banget. Lebih baik keluar saja dari komunitas tersebut.

Kalau bagi saya pribadi, paling penting harus jaga diri dahulu. Jaga sikap dan perkataan. Berbuat yang baik, bicara yang baik-baik saja. Kalau niatnya masuk ke suatu komunitas baik, tujuannya juga baik. Insyaa Allah nanti akan baik-baik saja selama berinteraksi dalam komunitas tersebut. 



Foto: koleksi pribadi

Komentar