5 Hal di Rumah yang Bikin Ibu Bahagia



Apa sih yang bisa bikin Ibu atau istri bahagia?

Gampang kok. Meski di rumah saja tapi para Ibu bisa bahagia. Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi. Selain itu juga ada bahan tambahan dari curhat teman-teman dan tetangga.

Inilah kesimpulannya. Simak 5 hal di rumah yang bisa bikin Ibu bahagia berikut ini: 

1. Tidur Siang

Tidur siang adalah kenikmatan paling mewah bagi seorang Ibu. Apalagi Ibu yang tidak punya Asisten Rumah Tangga (ART). Dari bangun tidur sebelum subuh sudah berjibaku dengan berbagai urusan rumah tangga.

Selepas dhuhur biasanya deretan pekerjaan rumah tangga sudah semakin sedikit. Lelah badan dan psikis tentu saja. Apalagi kalau pas anak-anak atau suami bikin drama. Lelahnya bisa dua atau tiga kali lipat.

Wajar kalau setelah sholat dhuhur ingin rasanya tidur sejenak. Sekedar meluruskan punggung atau mengistirahatkan badan sebentar. Namun sering kali acara tidur siang tidak bisa dilakukan. Ada anak, suami atau orang tua yang masih membutuhkan perhatian. 

Kalau Ibu rumah tangga sekaligus bekerja di rumah atau punya usaha di rumah. Bisa tidur siang sejenak adalah anugerah terindah. Maka jangan heran bagi saya, tidur siang bisa bikin bahagia. Banget.

2. Baca Buku Santai

Bagi para Ibu yang suka baca buku, jika lihat tumpukan buku yang masih belum dibaca rasanya nyesek bener. Ya mau bagaimana mana lagi. Maksud hati ingin bisa baca tiap hari tapi apa daya waktunya tak sempat.

Kalau baca paragraf di atas mungkin ada yang berkomentar Ibu lebay nih. Bagi Ibu yang sudah punya anak, tidak punya ART atau baby sitter ya seperti itu kondisinya.

Sebagian besar waktu akan tercurah untuk mengurusi anak-anak dan segala pekerjaan rumah tangga. Baca buku adalah kemewahan hakiki yang bisa bikin hati bahagia. 

Bagi para Ibu yang hobi membaca dan saat masih gadis gila baca. Saat sudah menikah, susah sekali cari waktu untuk membaca. Tenang saja. Nanti ada saatnya anak-anak sudah besar dan mandiri. Mereka akan membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Anak-anak juga sudah asyik dengan kegiatannya sendiri dengan teman-temannya. Inilah saatnya bisa membaca dengan tenang sama seperti saat masih gadis dulu.

3. Dandan Paripurna

Bagi para pecinta dandan, saat sudah punya anak pasti gemas sendiri pas dandan. Apalagi kalau anak-anaknya masih balita. Rencana sih ingin dandan lengkap biar makin cantik manglingi. Apa daya kenyataan tak seindah rencana.

Siapa yang pernah pakai skincare sambil nyusuin anak? Atau pakai bedak, alis dan lipstik asal poles tanpa pakai pelembab, foundation, concealer, eye shadow dan segala lapis shading? Bisa pakai bedak rata tanpa cemong saja sudah lega rasanya. Pakai alis dan lipstik dengan rapi saja alhamdulillah banget.

Bagi para Ibu yang hobi dandan, bahagia itu sederhana. Kalau bisa dandan tanpa gangguan selama berjam-jam. Bisa menikmati setiap sapuan kuas dan goresan pensil itu sudah cukup. Bahagia banget rasanya.

4. Makan Makanan Kesukaan

Jika Anda sebagai Ibu yang setiap hari masak di rumah, belum tentu bisa masak makanan kesukaan setiap saat. Iya kan? Iya banget

Ibu kalau mikir menu buat masak di rumah yang terpikir adalah makanan yang disukai anak atau suami. Urusan selera makan Ibu jadi nomer paling terakhir.

Apalagi kalau anak atau suami tipe pemilih makanan atau ada alergi bahan makanan tertentu. Ternyata makanan kesukaan Ibu tidak disukai anak atau suami. Bisa juga ada bahan pemicu alergi pada makanan kesukaan Ibu. Ya sudah. Kepala Ibu isinya pilihan menu yang bisa dimakan anak dan suami saja. Ibu kalau lihat anak dan suami makan hasil masakannya dengan lahap itu sudah bahagia banget.

Kalau pas ada kesempatan Ibu bisa masak makanan kesukaannya tuh bahagia banget. Bisa memuaskan lidah sendiri. Setiap suapan bisa dinikmati hingga tetes terakhir. Rasa masakan bisa meresap di hati. Kebayang kan bahagianya.

5. Nonton Drama Tenang

Bagi para Ibu pecinta drama, nonton drama itu harus dalam kondisi tenang dan konsentrasi. Apalagi kalau nonton drama Korea harus khusyuk. Sekali meleng bablas. Feel-nya hilang. Inilah kenapa para Ibu lebih memilih begadang kalau maraton nonton drama Korea. Nunggu anak-anak dan suami pada tidur. 

Ah lebay. Mungkin ada yang berpendapat seperti itu. Tidak apa-apa. Siapa saja berhak komentar seperti itu. Kalau saya pribadi juga lebih suka nonton drama saat rumah sepi atau penghuni rumah pada tidur semua.

Nonton drama tuh serunya kita ikut terlibat secara emosional. Kalau adegan sedih turut nangis bareng. Ganti adegan romantis ikut senyum-senyum simpul. Pas adegan lucu tentu saja juga bisa sampai ngakak gak jelas.

Kalau bagi saya, nonton drama Korea itu stress healing. Bisa membantu saya tetap waras dan bahagia. Entah kalau Ibu-Ibu yang lainnya.

Sederhana kan hal-hal yang bisa bikin para Ibu bahagia. Tidak perlu dengan uang banyak. Tak juga harus denga shopping setiap hari. Hanya hal-hal sedehana di rumah saja sudah bisa bikin Ibu bahagia. Ayo saatnya bahagiakan istri atau Ibu di rumah.



Foto: koleksi pribadi

Komentar

  1. Mbaaakk, dandan paripurna buat ke mana? kalau saya dandan paripurna, abis itu foto-foto deh, atau hunting foto di sawah hahahaha.

    Menyenangkan ya, terlebih dengan gitu, lipen bisa abis cepat, biar kagak kadaluarsa.
    Sejak jadi IRT saya jadi sering buang lipen saking nggak kepakai malah kadaluarsa :D

    Dan makan itu kayaknya kebahagiaan sejuta mamak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kemana-mana Mbak hahaha. Bahagia saja lihat diri sendiri di cermin pakai make up lengkap. Kalau lagi halu aku pakai make up lengkap habis itu ya setrika atau masak kayak biasanya wakakaka.

      Sama Mbak. Awal-awal nikah lipen masih berjajar aneka warna. Sekarang cuma 2 biji warna nude dan gonjreng buat acara malam. Wis udah. Daripada sayang dibuang karena jarang dipakai hiks.

      Soal makan iya banget nih.

      Hapus

Posting Komentar