Rabu, 23 Oktober 2019

Kantor Baru Faber Castell Cabang Surabaya dengan Konsep Art Center

alamat kantor baru faber castell surabaya

Hari selasa tanggal 22 Oktober 2019, Saya kebetulan dapat undangan untuk menghadiri peresmian kantor baru PT Faber-Castell International - Indonesia cabang Surabaya. Kantor cabang baru ini ada di Jalan Raya Tenggilis Mejoyo Blok R-24 no. 55. Kami diminta untuk langsung naik ke Ruang Studio di lantai 4.

Saya datang lebih awal. Pers Conference belum dimulai. Tersedia aneka produk Faber Castel di atas meja. Pencil warna dan crayon aneka jenis plus kertas bergambar yang siap diwarnai. Alhamdulillah. Tercapai keinginan saya. Bisa mewarnai di sini. Kok ya pas mewarnai selesai, pres conference dimulai. Ada Mas Andri (Manager Humas) dan Bapak Yandramin Halim sebagai Presiden Direktur PT Faber-Castell International Indonesia.

Faber Castell mempunyai sejarah yang panjang. Kasper Faber seorang pembuat kabinet memutuskan membuat pensil sebagai usaha sambilan. Ternyata pensil buatannya banyak yang berminat. Awalnya pensil ini dibuat di pabrik yang berada di Nuremberg dekat Stein. Ketika berkembang semakin pesat Faber membuat perusahaan A.W Faber yang diambil dari nama anak lelakinya. Pabrik pembuatan pensil dipindahkan ke Stein, Jerman.


Perusahaan A.W Faber terus berkembang. Keluarga Faber generasi ke 4 melakukan perluasan usaha ke berbagai negara. Ketika perusahaan ini dikelola oleh generasi ke 6 nama A.W Faber dirubah menjadi Faber Castell hingga sekarang.

alamat kantor baru faber castell surabaya
Pers Conference bersama Mas Andri (kiri) dan Bapak Yandramin 

Faber Castell hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 1990-an dengan nama PT A.W Faber-Castell (Faber-Castell Indonesia). Perusahaan ini hanya sebagai tempat produksi. Kemudian berubah nama menjadi PT Faber-Castell International - Indonesia pada tahun 1999.

Pabrik Faber Castell ada di Cibitung dan Semarang. Pabrik di Cibitung ini khusus pembuatan alat tulis yang berjenis spidol, yaitu connector pen, textliner (stabilo), creative maker dan caligraphy brush. Kantor pusatnya memang ada di Jakarta. Namun kantor cabangnya menyebar untuk perluasan pemasaran, ada di Bandung, Semarang, Samarinda, Yogyakarta, Surabaya dan Makasar.

Gedung baru Fabel Castell di Surabaya ini akan menajdi pusat bisnis dan seni untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Bapak Yandramin menjadikan gedung ini sebagai art centre dengan mengusung konsep Art for All. Beliau berkeinginan untuk memberi pemahaman pada masyarakat kreatif itu harus. Siapa saja harus tetap kreatif meskipun tidak berkerja di dunia seni.

Kalau memang senang menggambar atau mewarnai harus terus dilakukan hingga usia tua. Bapak Yandramin berkeinginan agar gedung ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi lewat aktivitas mengambar atau mewarnai.

alamat kantor baru faber castell surabaya
Lobby gedung di atap ada pencil warna polychromos 

Selain melakukan penjualan, PT Faber-Castell International - Indonesia melakukan kegiatan workshop dan lomba secara berkala. Worshop yang diadakan secara rutin adalah workshop untuk para guru diberbagai kota di Indonesia. Kalau lomba mengambar sering dilakukan untuk peserta anak-anak dan remaja. Terakhir kali Faber Castell Surabaya mengadakan lomba menggambar sketsa super hero.

Gedung baru di Surabaya ini berlantai 5 dengan design ekterior dan interior yang cantik. Kalau kata orang surabaya "nyeni". Pada bagian dinding depan ada fasad 100 warna-warni yang ada di alat gambar Faber Castel. Dari jauh langsung kelihatan ciri khas gedung ini.

Masih terpesona dengan fasad gedung? Masuk dulu. Pada bagian atap  lobbya ada instalasi pencil warna polychromos aneka warna warni yang tertata cantik. Ini nih yang bikin saya kuat mendongak lama-lama.

Masih ada yang keren lagi. Kantor baru ini dilengkapi galeri seni di lantai 5. Saat itu dipamerkan aneka sketsa dan lukis  karya para pemenang lomba yang diadakan Faber Castell.

alamat kantor baru faber castell surabaya
Galeri seni di lantai 5


Saya takjub dengan aneka karya di galeri seni. Mereka yang masih usia remaja sudah matang sketsa dan lukisannya. Gimana nanti kalau sudah dewasa.

Oh iya, lantai 4 ruang studio nantinya akan menjadi ruang workshop. Faber Castell telah merencanakan aneka workshop. Bukan hanya untuk para guru. Nantinya akan ada juga workshop menggambar untuk para pegawai kantor dan keluarga (orang tua dan anak).

Saya pribadi suka banget dengan konsep kantor baru Faber Castell cabang Surabaya ini. Bukan saja sebagai kantor pemasaran, tapi juga semacam camp seni bagi para pecinta gambar dan mewarnai. Semoga sukses terus Faber Castell.



Foto: koleksi pribadi

43 komentar:

  1. Lucu banget bagian depan gedungnya. Kayak pallet untuk cat air, ya. Kreatif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Aku juga suka banget ngelihat bagian depan gedung ini.

      Hapus
  2. Wiiiihh, colorful dan unyuu banget ya Mbaaa
    Mupeng main2 ke sana ahhh
    Kapan2 moga ada workshop yg cihuyy
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Pabrik Faber Castell. Gedungnya bagus ya, gambarin warna-warni. Yang lihat pun jadi semangat dan pikirannya tercerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum pernah ke pabrik Faber Castell, Mbak. Ini kantor pemasarannya.

      Hapus
  4. suka sama tampilan depan gedungnya. semoga sukses terus untuk faber castell

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, mbak. Aku juga suka bagian depan gedung ini.

      Hapus
  5. Yaah syedih pas kemarin ke Surabaya nggak ngeh ada gedung unik dan lucu seperti ini. Warna warninya mencolok banget dan unik emang sih mba. Sukses slalu untuk faber castell

    BalasHapus
  6. Faber Castell ini merek favorit deh.. Ngga cuma anak-anak yang pakai spidol dan pensil warnanya, suami juga pakai kuas dan cat airnya. Wah, kapan-kapan kalau ke Surabaya boleh kali ya mampir ke kantornya.. Siapa tau pas ada workshop untuk keluarga. Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Di rumah pada pakai Faber Castell juga. Termasuk saya yang sering pakai pensil warnanya.
      Semoga kalau ke Surabaya pas ada workshop buat keluarga.

      Hapus
  7. Aih baru tau kantornya Faber Castell ini lucuk, unik bangeet. Kalau anak-anak lihat pasti semangat dah. Next, kalau ke Surabaya lagi pengin lewat ke kantor ini soale anak-anak suka memakai produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak pasti suka kalau lewat depan gedung ini.

      Hapus
  8. aku suka sekali mba sama desain depan gedungnya yang sangat colorful... me so love it!!! trus gradasi warnanya pun lengkap juga rapih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka banget, MBak. Nggak pernah bosen kalau pas lewat gedung ini.

      Hapus
  9. Wah gedungnya colourfull banget ya , suka sama gradasinya. Eye catching banget yah sekilas saja orang tau ini kantornya faber-castell yah.

    BalasHapus
  10. Unyuuuuu! beda dan lain dari yang lain ya kantor Faber Castell ini, saluut deh sama team Faber Castell Indonesia!

    BalasHapus
  11. Keren banget sih Gik kantor Faber Castel, produknya aku suka banget dan selalu kubeli buat keperluan sekolah bocah..

    BalasHapus
  12. Jadi ingat dulu waktu punya pinsil berwarna Faber Castell pertama kali.
    Senangnya tak terperi.
    Rasanya sayang mau dipakai, maunya sih dipandang-pandang saja.
    Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Sampai berapa lama tuh mbak kuat dipandang-pandang saja?

      Hapus
  13. Nih Aku baru tahu bngt kantor Faber cadtel penampakan Gedungnyanya bagus bngt mau ah sesekali berkunjung kesana atau lewatbuat foto d depan Gedungnya 😂

    BalasHapus
  14. Wah keren banget euy kantor barunya Faber Castell yang di Surabaya. keliatan nyeni banget, baguus.
    Asik dong kalau akan sering ada workshop dan lomba2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, Kak. asyik banget kalau ada workshop atau lomba-lomba.

      Hapus
  15. Dari kejauhan, orang pasti udah menganga lihat gedung Faber Castell yang super unik dan kreatif ini. Apalagi kalau sudah masuk ke dalam gedungnya ya. Pasti tambah WOW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak hehehe. Sudah kelihatan keren dari jauh.

      Hapus
  16. Ternyata, Faber Castell sudah lama di Indonesia. Kemana saja diriku ini, padahal jaman sekolah suka makai pensil faber castell. Kantor barunya nampak lebih nyaman, bikin betah dan nyeni begitu. Yang kerja di situ seneng nih, semoga makin suskes Faber Castell.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, MBak. Aku juga baru tahu kalau Faber Castell sudah lama di Indonesia.

      Hapus
  17. Desain gedungnya disesuaikan dengan produk perusahaannya ya, bagus sekali, keliatan warna-warni.
    Salut dengan programnya yang mau mengadakan aneka workshop dan lomba-lomba, bisa bermanfaat untuk banyak orang ya...

    BalasHapus
  18. Desain kantornya keren banget. Cucok dengan produknya dan khas banget. Untuk fasilitasnya juga oke ya,lengkap. Seru nih kalau ada workshop-worshop di sana. Bisa sekalian pepotoan buat konten, hehe

    BalasHapus
  19. Baru dengar Gedung Faber Castle saja fikiran saya langsung membayangkan ruangan warna-warni yang keren dengan paduan cat sesuai selera anak zaman now.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayanganya Mbak sesuai dengan kenyataan.

      Hapus
  20. Wah itu gedungnya bebas dimasukin umumkah mbak? Kok ada galerinya? Apalagi kalau nanti udah ada ruang workshopnya yaa :D
    Di rumah jugapd suka pakai produknya faber castell mbak khususnya anak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini belum dibuka untuk umum. Yang bisa lihat galeri masih peserta workshop saja. Semoga gelerinya bisa segera dibuka untuk umum.

      Hapus
  21. Wah ... colour full ya.., keren kayak hujan warna warni..

    Sukses buat Faber-Castell

    BalasHapus
  22. Asiiiik kantor Faber Castell di Surabaya makin cakep!
    nah, workshop ini nih yang ku tunggu. Dapat infonya dari mana ya kalau ada workshop untuk umum?

    BalasHapus
  23. Wah ketambahan tempat bagus buat ngeliat galeri seni si surabaya, kalau begini makin terlihat nyata kualitas faber castel dari karya secara langsung

    BalasHapus