Review TV Program Before and After Japan



Apa sih acara Before and After ini? Secara gampangnya bisa disebut sebagai acara renovasi rumah. Biaya renovasi dari pemilik rumah. Sedangkan pengerjaannya oleh para arsitek ternama di Jepang. Ini salah satu acara favorit saya di channel WakuWaku Japan.

Kadangkala pemilik rumah hanya mempunyai dana yang terbatas. Sang Arsitek akan melakukan berbagai cara untuk menghemat biaya. Dana sedikit tidak membuat Sang Arsitek asal-asalan mengerjakannya. Rencana renovasi tetap dilakukan dengan cermat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Renovasi rumah ini dilakukan untuk memecahkan setiap permasalahan keluarga. Maksudnya? Misalnya gini. Ada penghuni rumah seorang Nenek yang habis jatuh dan harus menggunakan kursi roda. Ternyata lantai rumah tidak rata permukaannya. Ada undakan-undakan dan pintu antar ruang sempit. Tentu Nenek akan susah beraktivitas di rumah.

Permasalahan penghuni rumah bukan itu saja. Mayoritas rumah yang direnovasi merupakan rumah kecil di pemukiman padat penduduk. Berhimpitan dengan tetangga kanan kiri. Pernah dalam satu tayangan ada rumah terhimpit tetangga kanan, kiri, depan dan belakang. Jalan menuju rumahnya hanya jalan sempit berukuran 1 meter.

Banyak juga rumah yang akan direnovasi mempunyai sistem sanitasi rumah sangat buruk. Saluran pembuangan limbah rumah tangga buruk. Rembesan airnya merusak pondasi rumah. Ada juga yang rumahnya tanpa ventilasi udara. Sebenanrnya sih ada jendela tapi tertutup tembok tetangga semua.




Ada satu lagi yang cukup penting. Rumah yang terhimpit tetangga di kanan kiri depan belakang adalah kekurangan cahaya matahari. Saat siang hari pun sangat gelap. Lampu harus terus menyala sepanjang hari. Sang Arsitek mengakali dengan memasang beberapa kotak kaca di genteng. Ada juga yang membuat jencela-jendela besar di lantai dua. Loteng dibuat tidak full agar cahaya matahari dari lantai dua masuk ke lantai 1.

Saya paling suka menyimak tentang pemanfaatan ruang kosong untuk tempat penyimpanan barang. Sering kali arsitek membuat banyak lemari dan rak tersembunyi. Pemilik rumah nggak perlu bingung lagi untuk masalah penyimpanan barang. Juga cara pengaturan ruang agar efektif dan nyaman di rumah sempit. Penggunaan tangga yang landai. Kenyamanan tetap yang utama.

Sangat berbeda dengan acara renovasi rumah yang lain. Kebanyakan renovasi yang dilakukan adalah rumah yang luas dipugar dengan mewah. Kalau diacara ini rumah tua, rumah sederhana, rumah yang tidak luas disulap menjadi rumah yang cantik dan nampak luas.

Pemasalahan rumah yang akan renovasi adalah masalah yang banyak dialami para penduduk di pemukiman padat. Sama seperti di Indonesia yang banyak pemukiman padat berhimpit. Berbagai trik dan tips yang digunakan oleh Sang Arsitek bisa kita terapkan di sini.


Acara ini tayang Setiap hari minggu jam 17.00 WIB




Foto: koleksi WakuWaku Japan Channel


Komentar

  1. Although, most of people will not say many differences between these two buildings, they are totally different. The renovation of this house is well done.

    BalasHapus
  2. Could i have a list of the architecht joined in before and after program?

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am sorry, I don't have information about it.

      Hapus
  3. Saya jg suka banget nonton acara ini..krn unik2 cara renovasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku juga suka lihat karena alasan itu juga.

      Hapus
  4. Acara favorit saya, sangat menarik melihat perubahan yang dibuat pengrajin👍

    BalasHapus
  5. Waktu Waku Japan sudah tutup, dimana bisa nonton before after?

    BalasHapus

Posting Komentar