Selasa, 10 September 2019

Sewa Baby Sitter, Perawat Lansia atau Perawat Medis di Insan Medika

sewa perawat lansia sewa perawat medis

Beberapa waktu lalu dapat kabar kalau seorang teman sudah melahirkan. Rasanya campur aduk antara senang dan cemas. Dia baru saja melahirkan anak kembar. Sementara itu, dia tinggal di perantauan. Hanya berdua dengan suami. Orang tua sudah tua nun jauh di luar pulau. Kondisi badan sudah tak kuat bepergian jauh. Sanak saudara tak ada yang tinggal berdekatan. Ini anak pertama pula.

Keesokan pagi, dia muncul di grup WAG. Tentu saja kami menyambut sahabat tercinta dengan antusias. Pertanyaan kami hampir sama semua, siapa yang bantu mengurus si kembar. Ternyata suaminya sudah menyewa baby sitter dari Insan Medika. Baby sitter akan mulai bekerja sejak sahabat kami ini pulang ke rumah hingga 6 bulan ke depan.

Serius, nih? Insan Medika ini rekomended nggak ya? Merawat anak kembar bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan kondisi Ibu yang baru saja melahirkan sesar. Sendirian pula. Saya langsung japri sahabat saya ini. Dia memahami kecemasan saya. Kebetulan banyak teman suaminya yang sudah menggunakan baby sitter dan perawat dari Insan Medika. Hasilnya memuaskan semua. Oleh karena itu suaminya menyewa baby sitter dari Insan Medika pula.

Beneran ta? akhirnya saya mulai tanya kanan kiri dan stalking. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat homecare. Perusahaan ini dirikan tahun 2013 oleh Try Wibowo (Founder dan CEO) dengan modal awal 50 juta. Pada awalnya, Insan Medika hanya memberikan layanan jasa perawat yang tinggal dengan pasien (perawat homecare).

Tahun 2016 dibuatlah aplikasi homecare visit yang berbasis lokasi. Homecare Visit untuk mengetahui posisi terdekat user dengan tenaga medis. Aplikasi ini pada awalnya untuk melayani pasien yang butuh perawatan medis sekali datang. Untuk mempermudah hubungan user dan tenaga medis.

Insan Medika ternyata bukan hanya menyediakan tenaga baby sitter dan perawat. Ada caregiver untuk lansia, perawat tenaga medis dan tenaga pendampingan anak berkebutuhan khusus. Sampai dengan mei 2018 telah disalurkan 70% caregiver untuk lansia, 10% perawat tenaga medis, 20% tenaga pendampingan anak berkebutuhan khusus (Sumber: wawancara okezone.com dengan Try Wibowo).

sewa perawat lansia sewa perawat medis


Insan Medika melayani 1.000 pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini ada 500 perawat yang bergabung. Unduk tenaga perawat bekerjasama dengan 23 SMK Kesehatan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan NTB. Perusahaan ini bergerak dinamis dengan omset 250-500 juta dalam 2 tahun.

Butuh Caregiver, Perawat atau Governess

Ternyata justru banyak caregiver yang dibutuhkan para user-nya. Caregiver ini siapa sih? Caregiver berbeda dengan perawat. Tugas caregiver mengurusi seluruh kebutuhan pasien. Mulai dari mandi, memastikan pasien untuk makan teratur, memberi obat, menemani hingga memberi perhatian lebih.

Caregiver di Insan Medika semuanya lulusan minimal SMK jurusan kesehatan. Ada yang lulusan S1 keperawatan memiliki STR dan pengalaman minimal 1 tahun sebagai perawat medis. Caregiver harus ikut pelatihan khusus terlebih dahulu selama 2 minggu. Kemudian tinggal dan bekerja praktek di Panti Sosial atau Panti Werdha selama 4 hari. Jika lulus semua tahapan ini dengan nilai memuaskan, barulah dianggap siap kerja.

Caregiver Insan Medika siap standby selama 24 jam untuk pasien. Aturan jam kerja disesuaikan dengan waktu istirahat dan aktivitas pasien. Insan Medika memberi pengertian kepada keluarga pasien untuk memberi waktu istirahat yang cukup pada caregiver yang tinggal di rumah pasien. Kalau sampai beban kerja terlalu banyak. Tidak bisa istirahat. Tentu tidak akan bisa maksimal merawat pasien.

Saat ini, Insan Medika telah bekerjasama dengan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) untuk memberikan pelatihan guna menangani penderita Alzheimer. Pasien ini tergolong cukup berat dan mempunyai tingkat agresifitas yang tinggi.

Insan Medika juga menyediakan perawat untuk di rumah pasien (perawat homecare). Ada beberapa kategori perawat yaitu medis, non-medis dan khusus untuk lansia. Perawat homecare medis untuk pasien dengan kateter, sonde atau NGT, infus, injeksi, ventilator, inhasi dan penggunaan alat medis lainnya.

Perawat non-medis untuk pasien pasca stroke, diabetes, kanker dan pasien penderita sakit kronik yang membutuhkan perawatan khusus di rumah. Sedangkan perawat lansia untuk pasien usia lanjut dan tidak mandiri untuk beraktivitas. Biasanya juga untuk lansia yang usianya sudah sangat lanjut dan membutuhkan perawat untuk siaga memantau kesehatannya.

sewa perawat lansia sewa perawat medis

Nah yang terakhir adalah jasa perawat atau pengasuh anak. Perawat bagian ini juga ada beberapa kategory, yaitu perawat untuk bayi baru lahir (baby sitter), perawat/ pengasuh balita/ todler (nanny), perawat khusus anak berkebutuhan khusus (governess). Layanan governess untuk menemani anak-anak atau pendampingan anak kebutuhan khusus.

Baby sitter harus lulusan Akademi Kebidanan yang memiliki STR dan pengalaman kerja minimal 1 tahun. Sedangkan nanny ini lulusan SMA atau sederajat yang sudah lulus pelatihan Insan Medika selama 6 bulan. Sedangkan governess pendidikannya minimal sarjana segala jurusan. Tentu saja akan diberi pelatihan khusus untuk menangani anak berkebutuhan khusus.

Selain menyediakan perawat, Insan Medika juga menyediakan jasa untuk mendukung kebutuhan para pasien. Ada layanan ambulance/ evakuasi medis, pengambilan resep obat, dan jasa pengambilan preparat. Khusus untuk jasa pengambilan preparat ini bekerjasama dengan espromedical.

Ketentuan Sewa Perawat di Insan Medika

Ketika memutuskan untuk menyewa jasa perawat di Insan Medika user harus mempunyai aplikasi homecare visit. User atau pasien dan perawat atau caregiver akan terhubung pada layanan aplikasi dan web Insan Medika. Hal ini untuk memudahkan komunikasi dan kontrol baik dari pihak user maupun Insan Medika.

Kontrak seluruh perawat medis atau non-medis, caregiver, governess minimal 6 bulan dan bisa diperpanjang. Biaya sewa untuk perawat/ caregiver lansia Rp 4.000.000/bulan. Sedangkan untuk perawat medis Rp 15.000.000/bulan. Tarif sewa perawat bulanan atau harian berlaku sama untuk seluruh wilayah Indonesia.

Perawat berhak mendapat libur 4 kali/ bulan. Waktu libur sesuai kesepakatan user dan perawat. Apabila perawat tidak dapat libur, user wajib mengganti dengan uang cuti berupa uang tunai yang langsung diberikan ke perawat.


sewa perawat lansia sewa perawat medis


Cuti hari besar keagamaan sesuai dengan keyakinan perawat harus diberikan selama 10 hari. Jika perawat tidak cuti hari raya, user wajib mengganti dengan uang infal dan dibayarkan ke Insan Medika. Jika perawat cuti, user bisa ambil paket perawat infal dan kontak ke Insan Medika 1 minggu sebelum perawat mulai cuti hari raya.

Tarif infal lebaran Rp 4.500.000 untuk perawat lansia. Sedangkan perawat medis sebesar Rp 6.000.000 juta. Seluruh biaya sudah termasuk biaya admin dan garansi penggantian unlimited. Waktu kerja perawat infal (pengganti) H-5 sampai H+5 hari raya sesuai keyakinan perawat.

Insan Medika memberikan unlimited warrantyUser bisa minta ganti perawat atau caregiver bila tidak cocok. Dengan catatan harus konfirmasi paling lambat 2 minggu sebelumnya. Garansi unlimited berlaku selama kontrak berjalan untuk user dengan deposit. Untuk user yang tidak deposit fasilitas ganti perawat hanya bisa 2 kali selama kontrak 6 bulan itu.

Pergantian perawat ini berlaku dengan syarat jika sudah ada pengganti. Namun Jika pengganti belum ada, user wajib menunggu sampai pengganti tersedia. Insan Medika memperika batas waktu dalam 2 minggu. Ketentuan ini berlalu untuk penyewa dengan deposit atau tanpa deposit.

Jika ingin perpanjangan kontrak perawat, maka user harus menghubungi Insan Medika 1 minggu sebelum kontrak selesai. Biaya perpanjangan kontrak 70% dari biaya admin awal.

Bila user ingin menggunakan perawat yang sama, maka perawat berhak untuk mendapat cuti 7 hari sebelum kontrak baru dimulai. Biaya transportasi perawat pulang ke rumah ditanggung user. Sedangkan biaya transportasi perawat kembali ke rumah user ditanggung oleh perawat.  Bila user ingin perawat baru, maka biaya transport perawat baru ditanggung user.

Apabila user ingin berobat ke luar negeri atau mengadakan wisata ke luar negeri dan ingin membawa perawat yang sudah di sewa tidak masalah. Perawat Insan Medika boleh dibawa ke luar negeri dengan ketentuan passport dan biaya perjalanan menjadi tanggung jawab user.

Ternyata Insan Medika sangat profesional dalam mengelola sumber daya perawat maupun seluruh proses manajemennya. Seluruh biaya dan ketentuan selama kontrak perawat dilakukan secara transparant. Hal ini bisa mengurangi kerugian baik dipihak user maupur perawat yang disewa. Kami mengetahui hal ini jadi lega. Tidak terlalu khawatis lagi dengan sahabat kami yang sewa baby sitter Insan Medika.





Foto : koleksi Insan Medika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar