Minggu, 15 September 2019

Trip Impian ke Hatyai Thailand Selatan dengan Watsons One Pass

trip impian ke thailand dengan watsons

Sudah lama ingin liburan ke Thailand. Belum pernah ke sana sama sekali. Kalau ada tulisan di blog tentang liburan ke Thailand tertarik banget. Ada banyak bangunan unik bertebaran di penjuru Thailand. Namun entah kenapa saya lebih suka dengan berbagai tempat wisata di daerah Thailand Selatan. Tepatnya di distrik Hatyai.

Distrik Hatyai ini berada diperbatasan Thailand dan Malaysia. Terkenal sebagai kota transit. Masih banyak penduduk di distrik ini yang bisa berbahasa Malaysia. Meski mayoritas penduduk distrik Hatyai beragama Budha namun banyak makanan halal yang tersedia. Ada juga penjual aneka makanan yang memang berasal dari Malaysia.

Kota ini tidak terlalu besar namun mempunyai fasilitas penunjang kehidupan yang lengkap. Tempat wisata juga beragam karena kondisi geografisnya yang unik. Ada pengunungan dan lautan. Meski banyak wisatawan yang datang namun tidak terlalu bising. Kebanyakan wisatawan yang masuk dari Malaysia hanya transit. Ini yang membuat distrik ini tidak terlalu penuh dengan wisatawan. Lebih tenang dan nyaman.

Sudah stalking dan riset kecil-kecilan. Ini lah beberapa tempat yang ingin saya kunjungi di Hatyai;

1. Khlong Hae Floating Market
Ada banyak makanan halal di sini. Penjualnya kebanyakan warga Malaysia. Penjualnya banyak yang menggunakan hijab dan fasih berbahasa Malaysia. Para penjual di Pasar Apung ini menggunakan sampan yang terparkir di pinggir sungai. Pembeli cukup berdiri di pinggir sungai.

Ada sekitar 50 sampan yang berjualan di sini. Makanan yang dijual antara lain: gang massaman (karimassaman), tom yam, gaeng som pak ruam (sup sayur Thailand), gaeng keow wan (kari ayam hijau), khao yam (nasi campur sayuran), khanon mod (bola-bola tepung beras goreng isi kacang merah), telur burung puyuh ceplok. Harganya 30-60 bath (Rp 12.000 - Rp 24.000). Makanan dan minuman di Pasar ini menggunakan wadah dari tanah luat atau batang bambu.

Di sepanjang pinggir sungai disediakan meja dan kursi. Ada beberapa gazebo. Bisa juga makan sambil lesehan di pembatas sungai. Tersedia mushola. Beberapa toko oleh-oleh khas Thailand juga ada di sini. Pasar Apung ini buka hari jum'at - minggu jam 16.00 - 21.00 waktu setempat.

2. Municipal Park
Taman ini lokasinya ada di perbukitan. Untuk mencapai taman ini menggunakan kereta gantung. Kita bisa melihat landscape kota Hatyai dari kereta gantung. Ketika berada di puncak bukit akan terlihat pemandangan distrik Hatyai yang menakjubkan. Kalau pas sore hari akan bertemu dengan sunset yang cantik di puncak bukit.

Di taman ini ada taman bunga, planetarium, patung happy budha, monumen Raja Rama V, patung 4 wajah Brahma Shrine. Patung Phara Budha Mongkol Maharaj setinggi 20m terletak di puncak bukit. Patung Budha yang terakhir adalan taman ini.

Khlong Hae Floating Market

3. Namtok Tan Nga Chang
Ini adalah air terjun dengan tujuh tingkatan berbeda. Nama air terjun ini diambil dari nama gading gajah. Ada salah satu tingkat air terjun yang aliran airnya mirip dengan bentuk gading gajah. Air terjun paling bagus ada di tingkat tiga. Aliran airnya terpecah menjadi 2. Seperti air terjun kembar.

4. Khao Nam Khang National Park
Taman nasional ini luasnya lebih kurang 220km. Wisatawan bisa jalan-jalan berkeliling hutan. Tentu saja ambil rute yang disesuaikan dengan kemampuan fisik. Ada tiga gunung yang bisa terlihat dari sini, yaitu Gunung Sya, Gunung Nam Kang dan Gunung Kaho Mai. Ketiga gunung ini terbentang sampai ke Sampadan - Malaysia.

5. Khu Kat Waterfowl Park
Ada lebih kurang 200 jenis burung yang ada di sini. Kalau musim migrasi burung bisa lebih banyak lagi. Taman ini luasnya lebih kurang 90 hektar. Terbayang kan serunya keliling naik perahu sambil lihat berbagai spesies burung.

Liburan ke negara lain memerlukan persiapan yang ekstra. Ekstra banyak dan ekstra hati-hati. terutama urusan skincare. Kulit saya termasuk sensitif. Terutama pada cuaca baru. Adapatasi agak lambat kalau kulit muka saya. Pernah terjadi pergi ke suatu daerah yang perkiraan sudah mulai masuk ke musim hujan. Skincare sudah disiapin untuk cuaca yang nggak panas banget.

Memang sih cuacanya nggak panas banget. Namun begitu main ke pantai panas menantang. Bagus. Cuaca panas kombinasi angin kering dan air asin. Walhasil muka kering sampai perih. Mana nggak bawa peralatan skincare pula. Eh untung saja ada toko Watsons. Tenang deh. Seluruh toko watsons mempunyai standart yang sama soal persediaan brand. Tinggal tunjukin Watsons Member Card, bisa langsung belanja skincare yang saya butuhkan.

Kebetulan nih ada program Watsons One Pass. Watsons Member Card yang kita punya bisa digunakan untuk berbelanja di negara tujuan yang akan kita kunjungi. Programn ini diikuti oleh beberapa negara Asia.

Jadi gini, Watson Member Card yang saya punya ini kan dari Indonesia. Kalau saya ke Thailand, member card masih bisa digunakan untuk belanja di Watson store setempat. Saya sudah stalking nih. Kalau di Hatyai, ada beberapa Wastons Store. Salah satunya ada di Central Festival Hatyai, yang merupakan tempat perbenjaan besar paling hits. Lumayan lah nanti kalau belanja ke Watsons bisa sambil cuci mata.


cara jadi member watsons one pass


Ketentuan Watsons One Pass

Program Watsons One Pass berlaku untuk semua member Watsons. Negara tujuan yang ikut program ini adalah Thailand, Mainland China, Hongkong, Macau, Malaysia, Singapore dan Taiwan. Selama ini kalau Wastons member card saya dipakai belanja di Indonesia kan dapat point. Nanti kalau dipakai belanja di Thailand juga tetap dapat point. Tinggal tunjukkan saja member card di kasir ketika belanja. Nggak perlu lagi apply member card baru Thailand.

Point belanja akan dimasukkan oleh negara asal member. Point masuk ke akun member kurang dari 3 hari kerja. Namun mekanisme pengkalian point di Indonesia tidak akan berlaku ketika berbelanja di Thailand. Contoh nih ya. Kalau belanja produk Watsons di Indonesia kan point di kalikan 2. Nah ketika di Thailand nanti beli produk Watsons hanya dapat point sesuai dengan jumlah harga belanjaan kita. Tidak akan dikalikan 2.

Meski begitu kita nanti berhak menikmati promosi Watsons Store yang berlaku di Thailand. Kita ya harus cari tahu dulu nih point untuk minimal pembelian dan promo apa saja yang sedang diadakan. Pembelian selama di negara tujuan tidak akan dimasukkan akumulasi perhitungan belanja untuk upgrade member ELITE.

Selama di negara tujuan Watsons member card tidak bisa digunakan untuk belanja online. Harus beli langsung ke Watsons store. Pembelian bisa menggunakan kartu fisik member card atau kartu virtual.  Fasilitas redeem point juga tidak bisa digunakan di negara tujuan. Jadi ya nunggu balik ke Indonesia lagi baru bisa redeem point. Tak apalah anggap saja nabung point. Kalau terkumpul banyak kan lumayan bisa buat ngeborong. Kemanapun kamu pergi jadi member pasti untung.

cara jadi member watsons one pass


Keuntungan Pakai Watsons Member Card

Menarik kan program Watsons One Pass? Buat yang belum punya Watsons Member Card gimana ya caranya? Tenang. Gampang kok.

Watsons Member Card ada 3 jenis, reguler, flazz dan ELITE. Cara dapatkan member card ini bisa datang dan beli langsung ke Watsons Store. Bisa juga dengan daftar secara online di www.watsons.co.id atau mengunduh aplikasi mobile watsons. Kalau daftar di aplikasi akan dapat member card virtual. Biayanya Rp 10.000 member card ini berlaku untuk 1 tahun. Kalau pilih member card yang Rp 25.000 berlaku untuk seumur hidup.

Bagi pemilik Watsons Member Card, setiap belanja minimal Rp 20.000 akan mendapatkan 1 point. Kalau beli produk Watsons point yang kita dapatkan akan dikalikan 2. Mau tambahan point? bayar pakai Watsons Flazz Card point akan dikalikan 3. Bingung?

Jadi gini. Misal nih beli facial wash harganya Rp 25.000. Dapat 1 point kan? Facial wash yang dibeli merk Watson berarti 1 point x 2 = 2 point. Kalau misalnya beli facial wash bukan merek Watsons tapi bayarnya pakai Watsons Member Card Flazz berarti 1 point x 3 = 3 point.

Nah, point yang sudah terkumpul ini bisa ditukarkan dengan aneka produk. Tiap bulan berbeda-beda jenis produk yang bisa di-redeem point. Harus rajin update info, nih. Pengumpulan point ini berlaku sampai akhir kalender. Misal baru dapat point di bulan September 2019. Point yang bisa diredeem sampai tanggal 31 Desember 2019.

cara jadi member watsons one pass
Daftar member secara online di website Wastons

Selain dapat tambahan point, bagi pengguna Watsons Member Card juga bisa dapat diskon. Bagi pemilik member card akan mendapatkan diskon 10% bila beli produk baru. Dapat diskon 10% kalau beli produk skincare tertentu sesuai dengan program promo. 

Watsons Member Card ini bisa digunakan di seluruh Watsons Store di Indonesia. Bisa juga untuk belanja secara online. Sampai dengan Juli 2019 ada 123 toko offline Watsons tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Bagi pemilik Watsons Member Card reguler bisa di upgrade otomatis menjadi ELITE Member card. ELITE ini adalah member card khusus pelanggan VIP Wastons. Member yang berbelanja Rp 2.500.000 dalam satu tahun (berlaku akumulasi) otomatis akan menjadi member ELITE. Watsons akan selalu update data member-nya setiap bulan.

Begitu jadi member ELITE akan langsung dapat 300 point, yang otomatis masuk ke akun member. Member ELITE akan mendapat 5x point bila beli produk Watsons. Ada harga spesial juga untuk produk tertentu. Kalau belanja online akan mendapatkan fasilitas gratis ongkos kirim tanpa minimal pembelian namun hanya berlaku 1 kali sebulan. Kalau belanja di toko offline akan mendapatkan pelayanan khusus. Tidak perlu antri. Customer Service juga lewat jalur khusus. Tidak perlu menunggu antri telefone lama.

Ternyata enak juga nih kalau punya Watsons Member Card. Kemanapun kamu pergi jadi member pasti untung.




Foto: koleksi Google dan Watsons Indonesia. 

38 komentar:

  1. Aku kangen ngetrip ke Thailand deh, ini lomba blog sampai kapan ya? Jadi pengen ikutan tapi ngeri sudah dibatas akhir deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya sampai tanggal 15 September. Aku ngebut bikin kemaren. Demi pengen ke Thailand hehe.

      Hapus
  2. wah, bisa tetap dapat point walau belanjanya di store watsons di luar negeri ya. Jadi nggak ngerasa rugi ya walau belanja skincarenya pas lagi travelling ke luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Bisa ngeborong skincare kalau pas ke luar negeri.

      Hapus
  3. wah aku juga pengen euy ke Thailand... haha ikutan juga apa ya.. sapa tahu kita bisa barengan ntar. eaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen banget bisa barengan ke Thailand. Lombanya sampai tanggal 15 September. Semoga ada perpanjangan waktu.

      Hapus
  4. Eh saya punya member card watsons ini loh, bikin pas bbw kemarin. Banyak keuntungannya ternyata ya mbak ��

    BalasHapus
  5. Mauuu banget ke Thailand lagiiii
    Aku sih penginnya ke Hua Hin Mbaaaa
    Pastinya kudu sangu skincare yg beli di Watsons yaaak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk lah mbak jalan-jalan ke Thailand lagi. Pasti seru.

      Hapus
  6. Watsons emang juarak ya, jadi bisa jaga kecantikan sekaligus kesehatan ketika travelling ke luar negeri. Thanks for sharing mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Tetep cantik dan sehat selama travelling.

      Terima kasih kembali.

      Hapus
  7. Pengen ke Thailand lagiii. Trus asyik banget ya kalau bisa berbelaja di Watson ya mbaa. KEren emang :)

    BalasHapus
  8. Wah, Thailand memang surganya wisata dan belanja ya. Pengin deh suatu sat bisa kesana. Semoga semesta merestui. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin

      Ikutan doa biar bisa terkabul juga jalan-jalan ke Thailand.

      Hapus
  9. Mupeng banget bisa liburan ke LN kek gini. Smoga suatu saat diberi rezeki jalan2 ke LN bareng suami hihi... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pengen bisa ke Thailand bareng suami. Aamiin.

      Hapus
  10. Sekarang Thailand banyak wisata halalnya ya jadi lebih nyaman kalau liburan ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tahunya hanya di Hatyai kalau yang di kota lain nggak tahu, Dew

      Hapus
  11. Tadinya mau ikutan lomba ini, tapi sayang di kotaku nggak ada Watson adanya di Singapura di pulau tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sayang banget ya Mbak jadi nggak bisa ikutan.

      Hapus
  12. Belum pernah nyoba produknya Watsons. Dan kalau mau jadi member Watsons ini ternyata mudah banget ya, cukup bayar 25k untuk seumur hidup.

    BalasHapus
  13. Jadi member Watsons memang banyak untungnya. Kalau pergi ke mana-mana banyak kemudahan berkat jadi membernya.

    BalasHapus
  14. Asyik nih penuya Watsons one pass..tapi memang masih di Asia ya mba, tempat outlets and storesnya berada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Watsons store sudah ada di Amerika, Eropa dan Asia. Namun yang ikut program Watsons One Pass baru negara-negara di Asia saja, Mbak.

      Hapus
  15. Keren bangeett bisa jadi Member ELITE.
    Banyak benefits yang didapat dan yang pasti selalu dapet previllege dari Watson.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih banyak keuntungannya buat member ELITE.

      Hapus
  16. Waah asik nih hadiah lombanya. Kudu sering" menggunakan watson nih. Aku punya tapi jarang banget dipake, sayang banget berarti yaa huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik memnag begitu sih Mbak hehe.

      Hapus
  17. Aku belum punya member card Watsons Mbak, mau deh coba ntar daftar jadi membernya biar dapatin bonus juga ehhehhehee

    BalasHapus
  18. Pasti setu banget nih ke Thailand dibayarin sama Watson, kebetulan banget aku juga punya member card nya. Mau coba ikutan juga deh..

    BalasHapus
  19. Thailand emang jadi negara tujuan yang paling banyak diincar oleh turis Indonesia ya. Soalnya suasananya ga beda jauh dengan di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga karena itu ya, Mbak. Rasa makanannya juga nggak beda jauh.

      Hapus