Review Film Toy Stories 4, Perpisahan Woody

Hanya di film anak urusan kecil bisa jadi besar.

review film toy story 4


Toy Story tayang ulang di Channel Fox Movie. Lumayan bisa menambah stock amunisi agar anak-anak tetap anteng di rumah.

Adegan dibuka dengan cerita tentang Bo. Boneka lampu keramik penggembala domba. Bo pun harus berpisah dengan Woody. Akhir kisah di Toy Storie 3, Woody dan teman-temannya diberikan pada Bonnie. Gadis kecil keponakan Andy.

Namanya juga anak kecil. Pasti ada bosannya dengan mainan tertentu. Bonnie ini lagi bosan sama Woody. Pada awalnya Woody adalah mainan kesayangan Bonnie. Meski sebenarnya ada perasaan tersisih namun rasa cintanya pada Bonie tak membuatnya benci.

Ketika Bonie mulai masuk sekolah. Woody mulai cemas. Apalagi gadis cilik ini tidak diperbolehkan membawa mainan dari rumah. Sudah disediakan mainan di sekolah. Bonie sedih. Dia enggan ke sekolah.

Woody sangat berpengalaman menemani Andy selama puluhan tahun. Dia paham betul, awal masuk sekolah bagi anak adalah situasi yang 'rumit'. Woody memaksakan diri untuk ikut ke sekolah TK. Boneka koboi ini menyelinap masuk ke tas Bonnie.

Woody dan Forky

Ternyata benar. Bonnie sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Dia hanya duduk diam di meja sendirian. Sementara teman-temannya asyik bermain di ruang lain. Woodie putar otak agar Bonnie mempunyai teman. Akhirnya dia mengambil beberapa bahan dari tempat sampah dan meletakkan di dekat Bonnie.

review film toy story 4


Gadis kecil ini membuat boneka dari garpu, sendok ice cream dan kawat. Lalu teman barunya ini diberi nama Forky. Dalam dunia boneka menjadi 'barang' kesayangan anak manusia itu adalah hal yang sangat didambakan. Namun berbeda dengan Forky. Dia lebih suka tinggal di tempat sampah.

Forky tidak suka menjadi 'permainan' Bonnie. Berkali-kali dia melarikan diri ke tempat sampah. Woody sampai kalang kabut menghadapinya. Bonnie sudah terlanjur cinta mati sama Forky. Garpu bekas ini selalu dalam genggaman kapan dan dimana saja. Bahkan saat tidur pun harus sambil memegang Forky.

Petualangan Woodie terjadi ketika Bonnie sekeluarga berlibur dengan mobil karavan. Ketika Bonnie tidur. Forky meloncat dari jendela karavan yang sedang berjalan. Begitu tahu, Woody langsung loncat menyusul. Misinya hanya satu, membawa Forky kembali sebelum Bonnie bangun. Untung saja tempat tujuan mereka sudah dekat.

Forky tentu saja tidak mau pulang. Woody pun menyeretnya. Selama dalam perjalanan pulang, Woody ceramah panjang lebar tentang kepemilikan boneka pada anak manusia. Ada loyalitas dan kesetiaan yang harus diberikan selama suatu boneka menjadi milik manusia. Ketika boneka sudah tidak diinginkan maka selesai sudah pengabdiannya.

Ketika melewati toko barang antik, Woody melihat lampu tempat Bo si Gadis Gembala bediri. Woody spontan masuk ke toko tersebut. Mereka sudah berpisah selama 7 tahun. Woody ingin bertemu dengan sahabatnya lagi.

review film toy story 4


Dalam toko antik, Woody bertemu dengan Gabby dan Benson. Mereka ini boneka penguasa di toko tersebut. Gabby ternyata mengincar mesin suara yang ada di punggung Woody. Masalah makin runyam saat Forky disandera demi Gabby bisa mendapatkan keinginannya.

Woody Bertemu Bo

Woody melarikan diri dan bermaksud untuk minta bantuan temna-temannya di mobil caravan. Saat melarikan diri ini, Dia bertemu dengan Bo dan domba-dombanya secara tidak sengaja. Woody dan Bo bahagia sekali dengan pertemuan ini. Mereka dahulu selalu saling tolong menolong dalam berbagai misi menyelamatkan teman-temannya.

Di saat yang sama, Buzz Lightyear pergi mencari Woody. Sahabat setianya ini khawatir karena Woody lama tidak kembali. Untungkah dia segera bertemu dengan boneka coboy tersebut. Woody, Bo, Buzz, 2 boneka carnaval dan teman-teman baru Bo bekerja sama untuk membebaskan Forky.

Selama menjadi tahanan Gabby, Forky ketakutan. Dia hanya ingin bertemu Woody dan pulang bersama ke Bonnie. Ternyata dunia luar menyeramkan. Lebih aman jika berada di tangan Bonnie. Mulai dari sini banyak adegan petualangan seru dan heboh khas Toy Story.

Forky akan dilepaskan, tetapi Gabby meminta agar Woody menyerahkan mesin suaranya. Tentu saja Woody menyanggupi hal tersebut. Bonnie sudah tidak menginginkannya jadi mesin suara itu sama sekali tak berarti.

review film toy story 4


Akhirnya Woody, Forky dan Buzz bisa kembali ke mobil caravan. Namun ada kejutan di akhir cerita. Bo tidak ingin menjadi mainan manusia lagi. Gadis pengembala ini sudah nyaman menjadi boneka tanpa tuan.

Perpisahan Woody

Woody ternyata ikut dengan Bo. Bonnie sudah tidak menginginkannya lagi. Maka tugasnya sebagai boneka manusia sudah selesai. Dia ingin menjadi boneka tanpa tuan seperti Bo, berpetualang dari satu tempat ke tempat lain.

Selama menonton film ini, saya jadi paham kenapa Toy Story 4 tidak terlalu booming. Film ini lebih banyak dialog pada bagian awal. Berbeda dengan Toy Story 1-3 yang full petualangan dari awal hingga akhir. Banyak anak-anak yang mungkin lebih menyukai berbagai adegan seru dengan durasi yang lama. Bisa juga karena generasi pecinta Toy Story sudah beranjak remaja. Seleranya sudah bergeser.

Kalau bagi saya yang orang dewasa masih cukup seru sih petualangan Woody dan teman-temannya. Adegan paling menyentuh saat Woody ngobrol dengan Buzz tentang Forky. Dialognya berasa dewasa banget. Keikhlasan Woody ketika posisinya tergantikan oleh Forky. Bagi Woody yang penting adalah kebahagiaan Bonnie. So Sweet.




Foto: Koleksi Disney 

Komentar