Minggu, 22 Maret 2020

Cara Cek No BPOM Online pakai Aplikasi Cek BPOM Mobile


Sebelum beli produk pangan atau obat pasti kita cek label halal dan no BPOM. Kalau label halal gampang mengindikasinya. Ada lebel MUI yang tercetak di kemasan produk. Nah kalau untuk cek no ijin BPOM ini yang agak susah. Harus cek dulu di website BPOM yaitu http://cekbpom.pom.go.id/.

Kalau belanja produk yang biasa kita beli dan sudah di cek no ijin BPOM tenang saja. Nah kalau pas beli atau butuh produk belum pernah kita cek no ijin BPOM-nya. Tentu bingung. Jadinya ya modal bismillah. Semoga pas dicek saat di rumah benar adanya produk tersebut sudah mempunyai no ijin BPOM yang betul.

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan bersama Balai Besar POM memberi edukasi ke masyarakat melalui kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di berbagai kota.

CekKLIK

BPOM telah berkampanye tentang wajib CekKLIK sebelum memberi produk makanan minuman atau obat-obatan. Apa itu? CekKLIK adalah singkatan dari cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa.

Kemasan
Ini adalah pemeriksaan yang paling mudah dilakukan. Kemasan luar pastikan tidak lusuh atau berlubang, tidak pudar, tidak luntur warna dan tulisannya, tidak robek dan tidak penyok. Terutama untuk kemasan makanan dan minuman yang langsung bisa dikonsumsi. Harus lebih teliti cek kemasannya.

Label
Setiap produk makanan minuman serta obat sudah ada standart masalah label. Ada ketentuan label harus ada beberapa informasi yang dicantumkan, antara lain:
1. Nama produk
2. Komposisi atau bahan aktif
3. Dosis
4. Kegunaan
5. Kategori
6. Info lain. Misalnya anjuran penyimpanan
7. Peringatan bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.
Ketentuan informasi ini sudah standar baku. Produsen sebelum menjual peroduknya harus mentaati ketentuan tersebut. 

Ijin Edar
Para konsumen selain bisa cek no ijin edar di website, bisa juga menggunakan aplikasi cek BPOM Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh dari playstrore atau app store. Namun aplikasi belum bisa scan barcode. Kita harus memasukkan no registrasi produk. Sama seperti kalau kita cek no ijin edar BPOM di website.

Keuntungannya, kita bisa langsung cek produk saat belanja. Jadi lebih tenang lagi kalau akan membeli. Cek BPOM versi website kalau di buka di ponsel kurang nyaman dilihat. Sudah tidak ada alasan lagi. Pastikan makanan, minuman dan obat-obatan sudah ada ijin edar dari Badan POM Indonesia.

Kadaluarsa
Satu ini juga sangat penting untuk diperhatikan dengan sangat teliti. Makanan atau obat yang sudah kadaluarsa bila dikonsumsi akan beresiko tinggi untuk kesehatan. beberapa obat akan mengalami perubahan komposisi kimia, yang bisa jadi zat berbahaya. Begitu juga dengan bahan makanan. Ada makanan atau minuman tertentu tidak boleh dikonsumsi ketika sudah kadaluarsa. Bisa jadi makanan atau minuman tersebut malah akan menjadi racun.

Gampang kan Cek no ijin edar BPOM? Pastikan untuk sellau teliti sebelum membeli. Demi kesehatan seluruh keluarga kita.



Foto: koleksi BPOM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar