3 Alasan Benci Teman Saat SD



Ponakan cemberut saja dari kemaren. Ternyata dia sedang marah dengan temannya. Butuh waktu lama sampai akhirnya dia mau curhat. Temannya ponakan ini memang masuk list teman yang tidak disukai sejak kelas 1. Kebetulan mereka sekelas terus selama 3 tahun ini. 

"Tante punya teman yang dibenci?"
"Punya." 
"Teman apa tuh?"
"Maksudnya?"
"Teman waktu SD, SMP, SMA atau kuliah?"
"Waktu SD ada. SMP ada. SMA ada. Kuliah juga ada."
"Kalau SD dulu, tante benci sama teman tuh karena apa?"

Saya menggali kembali kenangan lama. Jaman SD alasan membenci teman termasuk aneh menurut saya sekarang. Absurd malah. Inilah beberapa alasan kenapa saya membenci teman sekolah.

1. Suka Jahil
Saya punya teman yang jahil banget. Ada saja ulahnya setiap hari. Semua teman sekelas jadi korban bergiliran. Bahkan guru dan teman kelas lain juga turut menjadi korban kejahilannya.

Berhubung rambut saya panjang, sering banget rambut saya jadi kejahilannya. Paling sering karet rambut saya ditarik. Pas narik tuh rambut saya juga ditarik. Kan sakit. Sebel banget dijahilin dia terus. Akhirnya saya merelakan rambut sepantat untuk dipotong jadi sebahu.

Ternyata meski rambut saya sudah pendek tetap saja dia suka menarik rambut saya. Setiap hari saya selalu bertengkar dengan dia.

Ketika kami sudah dewasa dan ketemu dalam reuni, sifat jahilnya tetap ada. Istrinya cerita kalau setiap hari ada saja ulahnya jahil ke seluruh penghuni rumah. Kalau sudah sifat mau gimana lagi ya. Mungkin dulu saya sebel banget, kalau sekarang sih ngakak kalau ingat kejahilannya.

2. Jago Main Bekel
Ada seorang teman yang jago banget main bekel. Kalau sudah main lama banget nggak 'mati-mati'. Kan jadi nunggu lama, nggak bisa segera main bekel. Mana enak cuma melihat dia main bekel terus. Cuma diam menunggu dia main bekel tanpa tahu kapan selesainya.

Bahkan pernah sebagian besar waktu istirahat, dia yang main terus, Saya dan teman-teman baru main sebentar sudah bel masuk kelas. Sejak saat itu, kami kalau main bekel tidak pernah mengajak dia lagi. Kami selalu memilih tempat bermain yang tersembunyi. Entah kenapa tuh anak selalu menemukan kami. Walhasil ya tetep saja dia ikut main sama kami.   

3. Suka Nangis
Jaman SD dulu, ada teman yang gampang banget nangis. Kesenggol sedikit nangis. Dijahili dikit nangis. Tidak bisa mengerjakan soal dari guru nangis. Setiap hari anak ini selalu menangis. Teman yang jahil jadi semakin senang menjahili anak ini.

Pas kenaikan kelas (saya lupa kelas berapa), saya dapat undian duduk sebangku dengan anak cengeng ini. Sebal banget. Bising mendengar dia ngak-ngek sepanjang hari. Lama-kelamaan saya risih juga. Akhirnya pada suatu hari, saya cubit dia saat menangis.

"Meneng. Lek nangis terus, tak jiwit terus loh (Diam. Kalau nangis terus, saya cubit terus)."

Tangisnya pun mereda. Sejak saat itu, kalau ada tanda-tanda dia akan menangis langsung saya melotot sambil jari kasih kode cubitan. Lumayan berhasil. Dia sudah mulai berkurang tangisannya. Lambat laun dia jarang menangis lagi.

Puluhan tahun kemudian, dia bilang kalau saat saya cubit pertama kali itu sakit banget. Selain sakit dia juga takut karena wajah saya seram banget. Dia paling takut kalau saya sudah melotot mau nyubit. Duh, saya jahat banget saat itu. Saya jadi merasa bersalah. Namun ada hikmahnya. Dia jadi tidak cengeng lagi.

Ternyata konyol juga saya jaman SD dulu. Benci sama teman alasannya sepele saja. Dulu meski benci sama teman tersebut ya tetap saja mainnya sama dia. Kalau saling marah atau ngambek tidak pernah lama. Seru banget ternyata jaman SD dulu.




Foto : koleksi pribadi    

Komentar