Resep Ikan Dori Crispy



Penghuni rumah ini suka banget dengan masakan yang gurih dan crispy. Ayam fillet crispy sudah. Tempe crispy sering. Aneka sayuran juga sudah pernah dincipi versi crispy. Apalagi ini yang harus menjadi korban si crispy

Kebetulan masih ada sisa stock ikan dori di kulkas. Si Dori ini saja yang dikorbankan ke penggorengan. Mumpung dia lagi kedinginan. Kasihan lama di freezer. Ya sudah dikasih kehangatan saja. Sekalian berdaya guna bisa mengenyangkan banyak perut. Daripada nganggur kelamaan.

Saya kalau goreng segala crispy gampang saja. Pakai tepung bumbu yang sudah jadi. Selama ini, saya mengandalkan tepung bumbu ayam goreng Kobe. Ada dua varian yaitu original dan spicy. Saya biasanya menggunakan yang spicy. Meski pedas namun tidak terlalu pedas sebenarnya.

Resep Ikan Dory Crispy

Bahan:
- Fillet ikan dori 500gram
- Bumbu instan Kobe ayam goreng spicy
- Terung terigu non-protein
- Air es
- Es batu kecil 

Cara masak:
1. Bersihkan fillet ikan dori. Berhubung saya beli frozen dan sudah di-fillet langsung. Kondisinya sudah bersih. Turunkan dari freezer ke kulkas bagian bawah. Kalau sudah agak lunak baru keluarkan dari kulkas. Biarkan dalam suhu ruang sampai seluruh kandungan es dalam ikan mencair. Bila daging ikan dori sudah lunak, cuci dengan jeruk nipis dan air mengalir hingga bersih.

2. Potong daging fillet sesuai selera. Sisihkan fillet yang akan dimakan hari ini dan yang akan disimpan untuk persediaan di kulkas. 

3. Panaskan minyak dalam wajan.

4. Sambil menunggu minyak panas, campurkan tepung bumbu Kobe dan tepung terigu non-protein dengan komposisi 1 : 1. Jika tepung kobe 250 gram maka tepung terigu juga 250 gram. Ambil setengah tepung campuran. Sisihkan lagi setengahnya. Tambahkan air es. Buat adonan encer. Masukkan fillet yang untuk persediaan di kulkas.

5. Setelah minyak panas goreng ikan dori dalam adonan encer. Goreng setengah matang. Angkat. Tiriskan. 

Ikan dori goreng setengah matang


6. Setelah semua fillet untuk persediaan sudah selesai digoreng. Saatnya menggoreng ikan dori crispy yang untuk dimakan langsung hari ini. Campurkan seluruh tepung campuran. Aduk perlahan hingga tebung bubuk bercampur dengan adonan tepung encer. Masukkan es batu kecil 1 atau 2 biji. Aduk adonan tepung berlahan sampai sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Jika es batu cair sedangkan adonan masih terlalu kental, masukkan lagi 1 atau 2 es batu. Begitu terus sampai adonan pas kentalnya. Jika adonan sudah sesuai kentalnya tapi masih ada es batu? Biarkan saja dalam adonan sampai mencair.

7. Fillet ikan dori masukkan dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak panas. Tunggu sampai warna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Lalu sajikan untuk seluruh keluarga.

8. Jika fillet ikan dori setengah matang sudah dingin. Masukkan dalam kemasan kedap udara lalu masukkan ke kulkas bagian bawah. Bukan di freezer

9. Jika sewaktu-waktu ingin makan lauk ikan dori crispy, keluarkan dari kulkas. Goreng ulang sampai benar-benar kering. Bisa juga bikin adonan tepung bumbu lagi lalu masukkan fillet ikan dori setengah matang dan goreng ulang.

Mudah kan membuat ikan dori crispy. Kalau tidak ada ikan dori bisa menggunakan fillet ikan apa saja. Bisa juga diganti dengan daging ayam. Semoga resep ini bermanfaat.




Foto : koleksi pribadi 

Komentar