Resep Praktis Es Teler Rumahan


Selama masa pandemi harus banyak makan sayur dan buah. Kalau anak tidak suka makan sayur dan buah mesti diakali. Gimana caranya sayuran dan buah tetap bisa dimakan. Pada awalnya butuh kesabaran dan perjuangan. Lama-lama kalau sudah terbiasa makan sayur dan buah lebih mudah.

Es teler rumahan ini salah satu andalan saya agar asupan buah tetap terjaga. Ada berbagai macam buah yang bisa digunakan sekaligus. Buahnya juga tak perlu yang mahal. Cukup buah musiman yang ada di pasar. Cara membuatnya mudah. Anak-anak juga bisa dilibatkan untuk membuat bersama. 

Bahan : 
- Melon
- Semangka
- Nanas muda
- Alpukat
- Nangka (jika musim dan jika suka)
- Agar-agar (merek dan warna terserah)
- Es batu
- Sirup (merek dan warna terserah)
- SKM (Susu Kental Manis)

Cara membuat :
1. Pertama kali, kita bikin agar-agar. Didihkan air dalam panci. Air tidak usah terlalu banyak karena kita membutuhkan agar-agar yang teksturnya keras. Tuang bubuk agar-agar dalam mangkuk kecil, Larutkan dengan air matang hingga tidak menggumpal. Ketika air sudah mendidih, kecilkan api. Masukkan larutan agar-agar dan aduk perlahan. Tunggu hingga semua agar-agar larut sempurna. Begitu agak mendidih lagi, matikan api. Biarkan agak dingin sebentar lalu tuang dalam cetakan bentuk kotak.

2. Kupas melon, semangka dan nanas muda. Cuci bersih lalu potong dadu sesuai selera. Kalau saya biasanya potong dadu langsung banyak, masukkan ke wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Kalau butuh bikin lagi tinggal ambil secukupnya. Masukkan lagi ke kulkas. Lebih hemat waktu. 

3. Kalau alpukat dan nangka fresh saja dari buahnya langsung kalau mau bikin. Tak perlu dikupas daging semuanya.

4. Agar-agar setelah dingin masukkan ke kulkas bagian bawah terlebih dahulu. Kalau sudah mengeras baru dipotong dadu. Samakan ukurannya dengan potongan buah.

5. Biarkan potongan buah dan agar-agar semalam dalam kulkas. Kalau mau bikin es teler buang air dalam wadah buah. Tujuannya agar rasa es teler tidak terlalu manis karena bercampur dengan air buah. Kalau memang air buah ingin dicampur sekalian, kurangi takaran sirup.

6. Es batu blender kasar. 

6. Cara penyajian : masukkan aneka potongan buah dan agar-agar dalam mangkuk atau gelas. Tambahkan alpukat yang sudah dikerok. Tambahkan nangka yang sudah dipotong-potong. Masukkan es batu yang sudah diblender. Tambahkan sirup dan SKM. Es Teer siap dinikmati.




Foto : koleksi pribadi  

Komentar