Review Drama Korea The Cursed


Drama ini dibuka dengan adegan seorang wartawan wanita Im Jin Hee (Uhm Ji Won) sedang mewawancarai mantan pegawai perusahaan Forest IT. Mantan pegawai ini bekerja di bagian coding. Dia dikeluarkan dari perusahaan karena mengetahui skandal perusahaan. Setelah dipecat lalu dianiaya oleh orang tak dikenal. Tak berapa lama setelah wawancara dengan Jin Hee, mobil yang dia kendarai jatuh ke jurang dan dia meninggal di tempat.

Ini bukan kejadian pertama. Sebelumnya seorang sopir perusahaan Forest IT juga dikeluarkan gara-gara mengetahui skandal perusahaan. Sopir tersebut cerita ke Jin Hee. Tak lama kemudian mengalami kecelakaan dan meninggal di tempat. Jin Hee semakin curiga.

Jin Hee ingin menyelidiki kasus Forest IT lebih mendalam tapi sayang pemimpin redaksinya, Kim Joo Hwan (Choi byung Mo) menghalangi usahanya. Bahkan mengancam Jin Hee dengan mencekiknya. Jin Hee shock dengan reaksi bosnya. Dia semakin curiga dengan Forest IT tapi memilih mundur sementara demi keselamatan dirinya.

Jin Hee tiba-tiba didekati seorang anak SMP. Dia ingin Jin Hee menolongnya karena dia ingin melakukan kutukan pada Jin Jong Hyun (Sung Do Il), Direktur Utama Perusahaan Forest IT. Gadis muda ini adalah Baek So Jin (Jung Ji So), anak seorang dukun wanita. So Jin mempunyai kemampuan beongbap. cara kutukan langka Korea Selatan.

Beongbap adalah mengutuk orang dengan memelintir tubuh sasaran sampai mati. Beongbap dilakukan dengan dua cara, secara langsung atau jarak jauh. Secara langsung dengan menyentuh korban secara langsung. Jika jarak jauh menggunakan perantara foto korban, tulisan nama korban dengan huruf Cina dan barang milik korban. 

So Jin ingin membalas dendam karena Jong Hyun membunuh Ibunya dan membakar rumah mereka. Untunglah saat terjadi kebakaran So Jin berhasil melarikan diri ke hutan lewat pintu belakang. Kejadian ini berlangsung saat So Jin masih berumur 6 tahun.   


So Jin dan Jin Jong Hyun (Direktur Forest IT)

     

Hutan Kutukan

Kembali ke Perusahaan Forest IT. Saya bingung awalnya, kenapa seorang dukun bisa jadi CEO perusahaan. Forest IT mempunyai anak perusahaan yang berstatus sebagai konsultan pemasaran. Perusahaan ini dipimpin oleh Jin Kyung, dukun kepercayaan Jong Hyun.

Forest IT membuat aplikasi pertemanan. Pada aplikasi ini hastag yang populer adalah hutan kutukan. Siapa saja yang tidak suka pada seseorang bisa curhat, yang lebih ke mengutuk di timeline aplikasi ini. Misalnya seperti ini:

Account A

Aku punya manager yang nyebelin banget. Dia sering marah yang sampai maki-maki sama anak buahnya. Aku ingin dia kena batunya. Dimaki-maki sama direktur dan dikeluarkan dari perusahaan #hutankutukan 

Tak lama kemudian kutukan yang diinginkan akan terjadi. Si Manager akan mengalami kejadian yang sama persis seperti yang dituliskan itu. Serem. Kok bisa begitu? Inilah tugas CEO Jin kyung. Dia yang akan melakukan semua kutukan yang ada di timeline aplikasi Forest IT. Maka aplikasi Forest akan semakin populer dan semakin banyak penggunanya.

Jin Hee awalnya sama sekali tidak percaya dengan masalah perdukunan ini. Bisa dibilang yang dimaksud kutukan disini sama dengan santet istilah di Indonesia. Setelah Jin Hee melihat bagaimana Joo Hwan disantet oleh So Jin, barulah wanita ini percaya. Joo Hwan  meninggal dalam kondisi badan terpelintir.

Pada awalnya Jin Hee hanya ingin menangkap direktur Foret IT karena sudah membunuh 2 informannya. Ternyata tidak ada bukti sama sekali yang mengarah ke orang Forest IT. Padahal Jin Hee tahu merek yang membunuhnya. Semuanya bukti mengarah ke bunuh diri. Bahkan suaminya yang juga seorang Detektif Polisi, Jung Sung Joon (Jung Moo Sung) juga bingung.

So Jin yang sering muncul dihadapan Direktur Jong Hyun tentu membuat pihak Forest IT penasaran. Mereka mulai mencari tahu siapa anak ini. Begitu tahu kalau So Jin bermaksud hendak mengutuk Pak Direktur, mereka melakukan berbagai upaya pencegahan. Tentu saja So Jin dan Jin Hee mulai diburu untuk dibunuh terlebih dahulu.


So Jin sedang melakukan Beongbap 


Perang Kutukan

So Jin ternyata mempunyai kekuatan magic yang sangat luar biasa. Selain memang sudah bakat turunan dari Ibunya, juga ada roh jahat yang bersemayam pada diri gadis ini. Sebenarnya roh jahat ini tak sengaja masuk ke tubuh So Jin saat dia masih kecil. 

Roh jahat ini sebenarnya akan dimasukan ke tubuh Jong Hyun oleh ibunya So Jin. Saat ritual berlangsung, So Jin disembunyikan ibunya di dalam lemari. Ibu So Jin memasang banyak jimat pelingdung di luar lemari. Ternyata So Jin kecil tak sengaja keluar dari tempat perlindungannya. Akhirnya roh jahat yang paling kuat justru masuk ke tubuh kecil So Jin.

Kekuatan dukun andalan Jong hyun pun kalah. Dukun Jin Kyung meninggal gara-gara santet So Jin. Jong Hyun lari dan sembunyi di hutan Patung Budha demi menghindari serangan gadis ini. Daerah ini memang area steril. Semua magic jahat tak akan mampu masuk area ini.

Kalau boleh dibilang ini adalah perang santet antara dukun yang sudah master. Sama seperti santet di Indonesia. Santet versi Korea Selatan juga banyak perantaranya. Direktur Forest IT bahkan mengundang para master santet dari berbagai negara di Asia. 

Spoiler saja ya. Perang santet ini dimenangkan oleh So Jin. Semua master senior santet Asia kalah dengan gadis ini. Tentu saja kemenangan So Jin tidak mudah dan ada yang harus dikorbankan. Apakah itu? Bagian seru ini harus Anda tonton sendiri. Feel-nya akan dapat kalau menonton langsung.                    


Foto : koleksi TvN

Komentar