Senin, 23 Desember 2019

Pembangunan 99 Masjid oleh Johari Zein Foundation


Masjid selama ini dikenal masyarakat luas sebagai tempat ibadah umat Islam. Padahal masjid mempunyai fungsi yang lebih banyak lagi. Selain sebagai tempat ibadah juga mempunyai banyak peran penting. Selain peran keagamaan juga mempunyai peran sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan.

Banyak kajian Al-Qur'an dan hadist yang dilakukan di masjid. Memang masjid berfungsi juga sebagai tempat pendidikan. Biasanya setiap masjid selalu digunakan sebagai tempat anak-anak belajar mengaji. Para remaja dan orang dewasa juga turut serta belajar di masjid.

Ketika terjadi bencana alam. Masjid yang masih berdiri kokoh selalu menjadi tempat tujuan untuk mengungsi. Masjid juga berfungsi sebagai tempat berkumpul para ulama untuk bermusyawarah memutuskan berbagai perkara. Masjid ini juga berfungsi sebagai penggerak ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Begitu krusialnya fungsi masjid ini sehingga keberadaan masjid ini perlu diperbanyak dan dimakmurkan. Saya senang sekali ketika tahu kalau Johari Zein Foundation mengadakan program pembangunan 99 masjid.

Hampir setengah usia Bapak Djohari Zein dihabiskan untuk membangun JNE. Sampai hari ini, JNE mampu bertahan sebagai market leader pada bidang logistik di Indonesia. "Saya menikmati perjalanan saya dengan JNE karena saya banyak mendapat ilmu dan pengalaman. Selain uang yang cukup, saya bertemu dengan guru spiritual yang istimewa, Bapak H. Soeprapto rahimahullah. Beliau seorang dermawan dan entrepreneur yang luar biasa.” ungkap Bapak Djohari Zein.





Bapak Djohari Zein lahir tahun 1954 di Medan. Seorang WNI Tionghoa yang berasal dari keluarga pedagang sederhana. Alhamdulillah dalam perjalanan hidupnya menemukan hidayah Islam. Beliau menjadi mualaf di tahun 1982. 

Berawal dari pengalaman spiritual tersebut, berdirilah Johari Zein Foundation pada tanggal 3 Mei 2017. Sebuah lembaga filantropi yang diharapkan menjadi sebuah wasilah terwujudnya peradaban dunia yang modern. Prinsip dasar Johari Zein Foundation adalah jujur, optimis, harmonis, amanah dan inovatif. 

Johari Zein Foundation bercita-cita membangun, mengembangkan dan memakmurkan 99 masjid di 8 penjuru dunia. Angka 99 diambil dari nama-nama baik Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99. Pembangunan 99 masjid ini adalah salah satu program unggulan Johari Zein Foundation.

Program Indonesia Berseri

Untuk mewujudkan rencananya ini, Johari Zein Foundation membuat Program Indonesia Bersedekah Jariah (Indonesia Berseri). Sebuah program pembangunan, pengembangan dan pemakmuran 99 masjid di delapan penjuru dunia.

Johari Zein Foundation juga membentuk komunitas Relawan Bangun Masjid (RBM). Komunitas ini bertujuan untuk menghimpun, menyebarkan, dan mendukung program pembangunan peradaban manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid. RBM adalah bagian dari Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation.




Pada tanggal 17 Oktober 2019 diadakan peluncuran Program Indonesia Berseri dan deklarasi RBM Johari Zein Foundation di Jakarta. Turut hadir di acara ini adalah Ketua Badan Wakaf Indonesia Muhammad Nuh, seniman Dik Doank, Anggota Dewan Syariah Nasional MUI Kyai Cholil Nafis dan praktisi ekonomi syariah Adiwarman Karim. 

Saat ini Johari Zein Foundation telah membangun masjid Zeinurrahim di desa Medana, Lombok Utara. Jika 99 masjid sudah terbangun, Johari Zein Foundation akan kembali membangun 99 masjid lainnya. Seperti halnya orang yang sedang berthawaf. Bagi Bapak Djohari Zein, masjid adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan keimanan. Semakin kuat keimanan seseorang, semakin besar pula perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala padanya. 

Dalam sambutannya, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh sangat senang atas cita-cita Johari Zein Foundation. Beliau berharap cita-cita pembangunan tidak berhenti pada 99 masjid  tapi terus bertambah. 

"Bukan sekedar membangun masjid biasa, tapi sebagai fungsi peradaban, minimal ada fungsi pendidikan, paling tidak ada PAUD, dan TPQ sehingga anak kecil sudah biasa mengenal Alquran," jelas Bapak Muhammad Nuh. Beliau juga berharap masjid yang akan dibangun Johari Zein Foundation memiliki empat fungsi masjid yaitu fungsi peribadatan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Semoga rencana pembangunan 99 masjid ini segera terwujud sesuai rencana. Tentu saja dengan mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala dimudahkan semua program Djohari Zein Foundation. Aamiin. 



Foto: koleksi Djohari Zein Foundation

36 komentar:

  1. Masya Allah, semoga Bapak Johari diberi kesehatan selamanya oleh Allah. Iya ya, terlihat seperti itu, JNE memang menguasai pengiriman dalam negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Iya. JNE ini memang paling besar.

      Hapus
  2. Wiihh SEMBILAN PULUH SEMBILAN MASJID??
    Gokiilll nih Bapak, keren khanmaeeenn
    semogaaaa menginspirasi banyak orang yaaa, dan customer JNE/masyarakat umum juga bisa ikut partisipasi dgn wakaf masjid gitu.

    BalasHapus
  3. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan ketetapan iman.
    Niat yang mulia, insyaallah akan mendapat bantuan dari orang-orang yang mulia pula.
    Gimana caranya bisa berpartisipasi melalui Indonesia berseri ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Bisa langsung DM ke instagram @joharizein.foundation

      Hapus
  4. Masya allah tabarakallah ini keren sekali , semoga memberikan banyak inspirasi ya bapak ini, 99 mesjid. Masya allah seneng banget denger berita seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Aku juga senang dengar berita ini, Mbak.

      Hapus
  5. Bagus banget programnya Mba, semoga lancar kegiatannya bisa membangun 99 masjid

    BalasHapus
  6. Pernah mendengar ceramah pak Johari di Semarang, kagum dengan ketekunan dan inovasinya, eh sekarang beliau mau bangun 99 masjid, makin kagum, sehat selalu, Pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visi misi beliau emang mengagumkan ya Dew. Selalu melibatkan Allah dalam kehidupannya.

      Hapus
  7. Aku berharap pembangunannya lancar, pak Jo juga diberikan kesehatan dan tetep bisa berbagi inspirasi dengan lebih banyak orang. Jadi pada ngikuti jejaknya gitu

    BalasHapus
  8. Aku pernah ketemu Pak Johari dan senang juga dengan misi serta niat baiknya. Bismiallah ya mba. Semoga niat baik ini bisa dengan mudah terkabulkan oleh Allah

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu Mba kalau bapak Djohari Zein ini pembangun atau pendiri JNE juga. MasyAllah ya punya niat yang mulia pengen ngediriin sampai 99 mesjid. Semoga niat baik ini dimudahkan dan terealisasi ya. Amin. Kita doakan dan bantu

    BalasHapus
  10. Semoga seperti pak Zein, semakin banyak dermawan yang berbuat baik untuk orang-orang disekitarnya...

    BalasHapus
  11. Wah ini yang namanya membangun mesjid gak tanggung2 ya mbak sekalian paud dan TpQ. Jd gak sekedar mesjid saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Agar umat di sekitar masjid lebih baik kehidupannya.

      Hapus
  12. Selalu suka deh dengan programnya pak Johari ini, apalagi sekarang dengan membangun 99 masjid. Semoga banyak orang yang bisa meniru pak Johari ini ya.

    BalasHapus
  13. Baru tahu sejarahnya Pak Djohari ini masyaAlloh semoga terus programnya ya keren banget ini deh

    BalasHapus
  14. Semoga pembangunan 99 masjidnya lancar ya Pak Djohari. Selalu kagum dengan pengusaha-pengusaha yang berwakaf dan membelanjakan hartanya di jalanNya. Sukses terus programnya ..

    BalasHapus
  15. Sungguh mulia misi Bapak Djohari Zein ini. Dan semoga tidak terhenti di 99 masjid. Tapi bisa terus bertambah dan bertambah lagi. Karena sangat menarik dari pembangunan masjid tersebut, bisa menjadi peradaban dan pendidikann untuk generasi penerus.

    BalasHapus
  16. Masya Allah.. semoga pembangunan 99 masjidnya disertai DKM yang baik di setiap masjid. Jadi masjid yg sudah dibangun ga sepi dan sia2.

    BalasHapus
  17. Masya Allah sungguh mulia cita-cita Bapak Johari Zein dnegan pembangunan 99 masjidnya. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran seperti yang diharapkan

    BalasHapus
  18. Mulia sekali hati beliau ini.. 99 masjid loh.. Semoga cita-citanya terwujud ya. Begini nih pengusaha yg sosialnya tinggi. Sakitt sekaliii

    BalasHapus
  19. masyaAllah mulia bngt ya mba.. semoga Aja bisa tersebar sampai pelosok2 desa tertinggal yg utama masjid ya,, mudah2an suatu saat Kita bs Juga Membangun masjid y

    BalasHapus
  20. Semoga 99 mesjid ini terus menyebar ke kota lain yaaa, berkah. insya allah

    BalasHapus
  21. Aamiin semoga 99 masjidnya berjalan lancar. Jarang soale ada yang mau memakmurkan masjid ya mak :")

    BalasHapus
  22. Masya Allah luar biasa cita-cita Pak Johari Zein ini. Semoga keinginannya membangun 99 masjid segera terlaksana.

    BalasHapus
  23. Pak Djohari Zein ini konsisten banget loh memberikan apa yang beliau punya untuk umat. Bikin rumah singgah juga kabarnya ya untuk para penderita penyakit berat yang membutuhkan bantuan. Senang sekali mengetahui beliau mempunyai program membangun 99 masjid ini.

    BalasHapus
  24. waktu bersua dg beliau di surabaya, ramah sekali. aura suka berbaginya tampak nyata. waaah sampai bangun banyak masjid, semoga jd amal jariyah

    BalasHapus
  25. Barakallahu fiik, Pak Djo.
    Salut banget sama Bapak yang selalu menjaga niat baiknya untuk kebaikan ummat.
    Semoga semakin banyak keberkahan rejeki beliau dan keluarga.

    BalasHapus