Sejarah Yogurt dan Manfaatnya untuk Kesehatan

sejarah yogurt manfaat yogurt

Saya sebelumnya sudah membahas tentang yogurt yang bisa digunakan untuk diet sehat. Sekarang, saya ingin menelusuri tentang sejarah yogurt. Sebenarnya yogurt ini sudah dikenal para kaum bangsawan Timur Tengah sejak 4000SM.

Sejarah Awal Yogurt

Bisa dibilang yogurt pada saat itu adalah makanan eksklusif. Hanya untuk kaum bangsawan. Bukan sekedar dimakan namun juga sebagai bahan perawatan kecantikan. Para perempuan bangsawan bangsa Persia menggunakan yogurt untuk masker. Selain untuk menghaluskan kulit juga mencegah kulit wajah keriput.

Yogurt mulai dikenal masyarakat luas secara tidak sengaja pada tahun 2000SM. Para penduduk Turki pergi berkeliling untuk berdagang ke penjuru Timur Tengah, Asia dan Eropa selama berbulan-bulan. Para pedagang ini membawa susu sebagai bekal selama perjalanan. Susu ini disimpan dalam kantong usus kambing.

Bekal susu ini biasanya dibawa dengan jumlah yang banyak. Susu tersebut terkena panas matahari dan udara dingin gurun pada malam hari. Seiring berjalannya waktu, susu cair menjadi gumpalan padat. Rasanya berubah asam tapi segar. Mereka menyebutnya 'yogurtmak', diucapkan dengan lafal [jo'urt] diambil dari kata sifat 'yogun'. Dalam bahasa Turki artinya padat dan tebal.

Para pedagang Turki ini mempunyai andil besar untuk memperkenalkan yogurt ke masyarakat luas. Hingga yogurt mulai banyak dikenal banyak negara. Yogurt mempunyai nama-nama yang berbeda di setiap negara. Kalau di Mesir dan Sudan, yogurt disebut dengan zabady. Sedangkan di India namanya dahee. Kalau di Italia namanya ciedda. Sementara itu masyarakat Skandinavia menyebutnya filmjolk.

Pada tahun 1542, Raja Francis I mengalami sakit diare hebat. Seluruh dokter Eropa tidak bisa mengobatinya. Diare sembuh sebentar namun akan kambuh lagi. Begitu terus. Sultan Sulaiman Yang Agung dari Kerajaan Ottoman mendengar kabar ini. Beliau langsung menggirimkan tabib kepercayaannya. Sang tabib meminumkan yogurt sebagai obatnya. Alhamdulillah Raja Francis I akhirnya bisa sembuh total.

Sejak saat itu, yogurt terkenal dikalangan masyarakat Eropa. Selain sebagai bahan makanan dan bahan baku kecantikan, yogurt juga digunakan sebagai obat untuk pencernaan yang bermasalah. Sebenarnya Yogurt sudah sejak lama digunakan untuk obat diare di India.

Sejarah yogurt ini ada di dalam buku 'Dilwan Lughat At Turk' karya Mahmud Kashgari yang terbit di  abad 11. Pada salah satu bab menceritakan tentang kebiasaan orang Turki nomaden yang mengkonsumsi yogurt. Selain itu juga ada di salah satu publikasi terbitan Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa yogurt berasal dari negara-negara di Asia barat dan Timur Tengah. Meskipun saat ini yogurt lebih terkenal di Eropa.

Perkembangan Yogurt di Abad 19

Ilmuwan Bulgaria dr Stamen Grigorov dari Universitas Kedokteran Genewa adalah peneliti yang pertama kali memecahkan komposisi yogurt. Beliau membawa yogurt rumahan ke laboratoriumnya. Setahun kemudian (tahun 1904) dr Grigorov berhasil mengidentifikasi bakteri Lactobacillus Bulgaricus di yogurt.

Ilya Ilyich Mechnikov yang terkenal juga dengan nama Elie Metchnikof tertarik untuk meneliti tentang yogurt juga. Ahli mikrobiologi Rusia dari Institut Pasteur, Paris ini melakukan penelitian pada para petani Bulgaria yang konsumsi rutin yogurt setiap hari. Para petani Bulgaria tersebut tetap sehat sampai usia lanjut serta berumur panjang.

Elie Metchnikof juga melanjutkan penelitian dr Grigorov. Metchnikof berhasil merinci komposisi yogurt dengan lebih mendetail lagi. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam buku 'The Prolongation of Life' yang terbit di tahun 1908. Penelitiannya tersebut mendapat penghargaan Nobel pada tahun 1908.

Manfaat Yogurt

Saya cukup kaget dengan hasil penelitian tentang para petani Bulgaria yang rajin mengkonsumsi yogurt tersebut. Hadirnya Lactobacillus Bulgarius dalam yogurt mempunyai kemampuan stimulasi yang efektif pada fungsi lambung dan usus kecil. Sehingga zat-zat yang mengandung racun akan berkurang.

Pembuatan yogurt dengan fermentasi susu menggunakan bakteri Lactobacillus Bulgaricus, Streptpcoccus Thermophilus dan Lactobacillus Casei. Ketiga macam bakteri ini akan menguraikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktat.

Sebenarnya apa saja manfaat yogurt? Ini nih manfaat yogurt yang lebih lengkap:

1. Perbaikan nilai gizi
Kandungan gula pada yogurt akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap Fosforus dan Calsium, sehingga mudah diserap oleh penderita Lactose Intolerance. Kandungan Asam Laktat dapat mempercepat pengeluaran cairan lambung, menyebabkan transport makanan ke usus lebih cepat.

2. Keseimbangan mikroflora usus
Tubuh manusia teracuni oleh senyawa-senyawa yang dibentuk oleh bakteri-bakteri putrefaktif dalam saluran pencernaan. Bakteri di dalam susu fermentasi mengkolonisasi saluran pencernaan dan menekan bakteri putrefaktif. Bakteri tersebut memiliki kemampuan menempel (adhesi) yang baik. memperbaiki metabolisme protein, menyerap senyawa Nitrogen dan merawat organ hati.

3. Pencegahan kanker
Enzim B-Glukuronidase, Azorereduktase, Nitroreduktase yang dibentuk oleh mikroflora dalam usus dapat mengubah prokarsinogen jadi karsinogen. Keberadaan bakteri asam laktat dapat mengurangi jumlah ketiga enzim tersebut. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker.

Pantesan para petani Bulgaria selalu sehat dan panjang umur. Ternyata ini rahasianya. Jaman dahulu pembuatan yogurt masih secara tradisional. Yogurt tradisional dibuat dari susu mentah (susu kerbau atau domba). Proses pembuatannya dilakukan di rumah dengan peralatan ala kadarnya.

Saat ini industri yogurt menggunakan bahan susu sapi. Pembuatannya dengan menggunakan peralatan canggih. Yogurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak perlu didinginkan. Pada banyak negara produk disebut yogurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi dan tidak punya bakteri hidup disebut susu fermentasi (minuman).

Yogurt saat ini hadir dengan kemasan yang siap minum. Selain itu juga memiliki tambahan aneka rasa. Lebih nikmat rasanya. Jadi tidak masalah kalau konsumsi yogurt secara teratur saat ini. Mau sehat? minum yogurt secara teratur.




Foto by Yoforia Yogurt Indonesia


Referensi tambahan:
1. https://republika.co.id/
2. https://www.sains.kompas.com
3. https://www.bbc.com/indonesia/

Komentar

  1. Wahh selama ini taunya yogurt dari eropa ternyata yang menemukannya orang2 turki ya, menariknya itu pun ga sengaja.

    Debgan banyaknya kandungan baik, bagus untuk kesehatan terutama pencernaan dan bagus juga untuk kecantikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku juga baru tahu kalau orang Turki yang pertama 'menemukan'.

      Iya. Ternyata yogurt bagus banget buat masker. Nggak perlu pakai skincare antiaging lagi hehe.

      Hapus
  2. Wah, anakku suka banget jajan yoghurt di minimarket mba Ugik, alhamdulillah ya daripada jajan micin-micin.. Mending yoghurt sehat dan banyak manfaatnya. Btw, baru tahu kalau yang menemukan yoghurt itu org Turky. Thanks for the info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah banget nih Mbak, anaknya sudah suka yogurt.

      Sama-sama.

      Hapus
  3. Yoghurt emang enak dikonsumsi,baik utk pencernaan dan cocok untuk kecantikan dijadikan masker.

    BalasHapus
  4. Wah, aku juga seperti tengah mengulang kebiasaan masa lalu, nih. Soalnya suka pakai yoghurt untuk maskeran. Bikin lembut sih di wajah. Hati-hati, pakainya yang plain aja biar lidah nggak ikutan nyolek yoghurt yang sudah kadung nempel di wajah, hehehe ...

    Eh, ternyata yoghurt justru berasal dari Timur Tengah, ya. Aku kira dari Eropa, lho. Soalnya di kepalaku yang terbayang ya bahwa bangsa Eropa itu hidangan khasnya susu dan keju. Ternyata salah. Untuuung, sempat jalan-jalan ke tulisan ini, yaaa.

    Makasih, lho ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama MBak. Iya ya kalau dikapai buat masker yang ada rasanya bisa-bisa jadi pengen makan saja haha.

      Hapus
  5. Yogurt yang selama ini kita kenal lebih tenar dari Eropa ya, sebenarnya kurang suka dengan yogurt karena rasanya yang asam. Tapi kalau tau manfaatnya ya auto pengen rajin minum, biar bisa umur panjang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu juga nggak suka. Coba-coba eh lama-lama terbiasa hehe.

      Hapus
  6. Saya penyuka Yogurt lho...
    malah dulu pas hamil mudah yogurt menjadi penghilang mual, jadi tiada hari tanpa Yogurt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tahu yogurt bisa ngilangin mual pas hamil Bisa dicoba nih Mbak.

      Hapus
  7. Aku suka yogurt, apalagi pas lagi hamil 7 tahun lalu. Yogurt bisa menghentikan mual dikala ngidam, mungkin karena rasanya yang asem dan kecut hehe

    BalasHapus
  8. Kalau bisa beli yoghurt, selalu hampir tidak kebagian karena rebutan dan mengalah demi anak. Hehehe... Yoghurt ini selain enak memang banyak khasiat untuk kesehatan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih Mbak. Ya bagaimana lagi emang pada suka yogurt sekeluarga hehe.

      Hapus
  9. Saya dan anak-anak penyuka yogurt.
    Apalagi jika diminum dingin siang hari. Segaaar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diminum dingin emang enak banget ya Mbak.

      Hapus
  10. Banyak makanan diberi bakteri jadi tambah khasiatnya ya?
    Salah satunya tempe yang sekarang malah dimakan mentah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak tapi aku masih belum bisa makan tempe mentah.

      Hapus
  11. Banyak juga manfaatnya ya. Saya kenal yogurt pas istri buat salad dan jd suka hehe

    BalasHapus
  12. Aku minum yogurt secara langsung lumayan jarang, tapi kalau dibuat untuk campuran salad doyan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aliran minum langsung, Mbak Reni aliran buat salad hehe.

      Hapus
  13. Baru tauu sejarah awal mula Yoghurt 😍 dan yoghurt ini favorit banget, apalagi yg memiliki rasa buah2an gitu, makin seger. Udah enak kaya manfaat lagi.. katanya juga bikin awet muda ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bisa bikin awet muda katanya kalau konsumsi yogurt rutin.

      Hapus
  14. Wah, baru tahu sejarah yogurt rupanya dari timur tengah. Thanks informasinya, jadi nambah wawasan.😁

    BalasHapus
  15. Apa daya saya yang gak suka yoghurt padahal katanya enak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa Kak kalau nggak suka. Jangan dipaksain.

      Hapus
  16. Oh ... Sejarah yogurt ternyata dari timur tengah, banyak manfaatnya ya minum yogurt untuk kesehatan

    BalasHapus
  17. Aku suka yogurt. Anak2 jg suka, biasanya dikonsumsi gtu aja atau dicampur beragam buah sih. Wah ternyata manfaatnya banyak sekali ya mbak buat kesehatan. Aku taunya selama ini ya buat pencernaan aja gtu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau anak-anak sudah suka yogurt.

      Hapus
  18. Aku doyan banget mengonsumsi yogurt. Berbagai merk di pasaran dan harga yang kompetitif kadang suka bingung beli yg mana ya gitu hehehe ..... Suka rasa buah stroberi sih..rasa lain juga.. bisa dijadikan campuran bahan kue enak loh. Buat kesehatan kulit yogurt oke bangeeeet 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pilih yang lagi ada promo mbak. Lumayan bisa langsung nyetok banyak hehe.

      Hapus
  19. Yogurt ini enak..
    Dan juga sehat ya..
    Makanya aku slalu stok yogurt di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Harus stok di rumah nih kayaknya.

      Hapus
  20. Ternyata yogurt pertama kali ditemukan oleh orang Turki ya, baru tahu. Saya dan anak suka sekali dengan yogurt.

    BalasHapus
  21. Kian praktis ya dengan yogurt siap konsumsi. Aku juga suka stok kalau seandainya ga ada bahan berserat dirumah

    BalasHapus
  22. Nah ini dia yoghurt yang ku suka mbak, tiap habis minum yoghurt aku berasa pencernaanku jdi lbh lancar rr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak. Aku juga lebih lancar (maaf) BAB.

      Hapus
  23. apa cuma aku ya yang gak pernah coba yogurt.
    padahal pengen coba rasanya, tapi agak-agak enek gitu liatnya.
    tapi kalau makan susu sama keju aku biasa sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yang yogurt drink saja dulu Kak. Mungkin nggak enek lihatnya.

      Hapus

Posting Komentar