Cara Perpanjangan SIM di Surabaya

cara perpanjangan sim surabaya


Kebetulan SIM saya akan habis masa berlakunya. Perpanjangan SIM bisa dengan cara online saat ini. Saya tanya beberapa teman yang sudah pernah perpanjangan SIM online. Kebetulan, saya baru ingat SIM mati pas pada tanggal kadaluarsa. Beberapa teman menyarankan untuk perpanjangan SIM secara offline saja. Resiko terlalu tinggi kalau perpanjangan SIM secara online. Khawatir ada kendala dan SIM belum jadi dalam satu hari. 

SIM Corner Surabaya

Ya sudahlah. Suami juga menyarankan perpanjangan SIM langsung saja. Saya memilih untuk perpanjangan SIM di Golden City Mall Surabaya. Tempat ini paling dekat dengan rumah. Ternyata SIM Corner GoCi Mall tutup jam 13.00. Sementara saya baru sadar SIM mati setelah dhuhur. Tidak cukup waktu. Saya mau ke SIM Corner Taman Bungkul Surabaya ternyata sudah tidak ada. Ya sudah pilihannya hanya perpanjangan SIM di Tunjungan Plasa 1 Surabaya. Cara perpanjangan SIM di Surabaya mudah, Saya sudah berkali-kali mengurus perpanjangan SIM sendiri. Kebetulan SIM Corner Tunjungan Plasa 1 Surabaya buka sampai jam 20.00. 

Langsung saja ke SIM Corner Tunjungan Plasa 1 Surabaya. Lokasinya di lantai UG. Masuk dari pintu utama Tunjungan Plasa 1 Surabaya lalu turun tangga di depan pintu masuk. Setelah anak tangga paling akhir langsung belok kiri. Jalan saja lurus lalu belok kiri lagi. Lokasinya memang di pojok. Dulu bisa lewat jalan tembusan dari Mc Donald. Sekarang sudah tidak bisa.

perpanjangan sim di surabaya


Tes Kesehatan

Begitu datang di SIM Corner Tunjungan Plasa 1 Surabaya, saya dapat no antrian untuk periksa kesehatan. Eh iya untuk saat ini surat keterangan sehat dari Puskesmas atau dokter di luar sudah tidak bisa. Harus periksa kesehatan di mitra SIM Corner TP 1 Surabaya. Setelah dapat nomer antrian, saya disuruh periksa kesehatan. Tempat praktek dokter ada di Tunjungan Plasa 2 Surabaya. Lantai yang sama dengan SIM Corner. Jalan saja ke arah Tunjungan Plasa 2 lalu belok kanan. Tempat tes kesehatan dekat pintu masuk kecil Tunjungan Plasa 2.

Saat saya sudah sampai di tempat, ternyata antrian sudah panjang. Saya berbaris sesuai dengan urutan nomer. Begitu dipanggil nomer saya, langsung masuk. Ada 2 petugas di belakang meja. Saya disuruh timbang badan. Lalu SIM asli dan fotocopy SIM diminta. Mbak Petugas menuliskan data saya di selembar kertas dan SIM asli serta fotocopinya dijepret pada bagian depan kertas tersebut. Saya diminta bayar Rp 40.000 untuk biaya tes kesehatan. Saya kaget, soalnya pas tes kesehatan di Puskesmas hanya bayar Rp 5.000. Untung, saya bawa uang lebih. 

Lalu ditanya sedang sakit flu atau tidak. Terakhir sakit flu batuk kapan. Berapa tinggi badan. Lalu tensi darah. Setelah itu saya diminta membaca angka dalam aneka bentuk gambar latar yang berwarna-warni. Kemudian, saya disuruh baca huruf di dinding. Pemeriksaan mata selesai. Saya diminta untuk tes psikologi.

Tes Psikologi

Tempat tes psikologi pas di sebelah ruang tes kesehatan. Ada seorang petugas di belakang meja dan beberapa kursi yang lengkap dengan meja kecil. Lembaran data dari tempat tes kesehatan diminta. Diperiksa petugas, lalu saya disuruh bayar Rp 75.000. Kemudian saya dikasih lembar pertanyaan dan jawaban. Saya hanya diminta mengisi 1 lembar soal. Pada bagian atas ada nama lembaga tes psikologi yang beralamat di Jakarta.

Alhamdulillah petanyaannya tidak susah. Pertanyaannya seputar sikap kita selama berkendaraan. Saya sempat deg-degan khawatir pertanyaannya susah. Kalau sampai tidak lulus tes psikologi melayang sia-sia uang Rp 75.000. 

Psikotes tidak memakan waktu lama. Pertanyaannya sedikit. Pokoknya jujur saja mengisinya. Ada dua orang yang urutan setelah saya malah cepat sekali isinya. Ketika saya tanya, Beliau berdua asal jawab saja lalu dikumpulkan. Saya tidak berani. Daripada nanti tidak lulus tes. Saya bisa nangis bombay kalau disuruh mengulang. Selesai tes psikologi, saya diminta kembali ke SIM Corner Tunjungan Plasa 1 Surabaya.

sim corner di surabaya


Proses Perpanjangan SIM

Begitu masuk SIM Corner Tunjungan Plasa 1, saya di arahkan ke loket di sebelah kanan pintu masuk. Petugas meminta surat keterangan dari tempat tes kesehatan dan psikotes. Lalu saya diberi form yang harus diisi. Form ini berisi rincian informasi saya untuk perpanjangan SIM. Setelah semua form terisi dengan benar, saya disuruh ke loket BRI untuk pembayaran. Saya hanya bayar biaya perpanjangan SIM. Tidak ada biaya asuransi. 

Selesai urusan pembayaran, tunggu di ruang duduk untuk dipanggil foto. Ternyata tidak perlu tunggu lama, 15 menit sudah dipanggil. Saya disuruh cek data dari layar monitor. Lalu cap sidik jari. Lanjut tanda tangan. Kemudian foto. Selesai seluruh proses, saya disuruh tunggu lagi di ruang duduk. Sekitar 10 menit, saya dipanggil untuk ambil SIM baru. Selesai. Alhamdulillah pas tidak ramai. Jadi bisa cepat seluruh proses perpanjangan SIM.     

Biaya Perpanjangan SIM

Untuk perpanjangan SIM A Rp 80.000 sedangkan SIM C Rp 75.000. Sedangkan untuk biaya prikotes dan tes kesehatan ada perbedaan. SIM Corner Tunjungan Plaza 1 (awal tahun 2022), tes kesehatan Rp 40.000 dan tes psikologi Rp 75.000. Sementara untuk di SIM Corner Golden City Mall (Mei 2023), Tes Kesehatan Rp 40.000 dan tes psikologi Rp 50.000. 

Semoga biaya perpanjangan SIM di seluruh SIM Corner Surabaya terus turun. Semoga hasil tes kesehatan di Puskesmas berlaku lagi. Tes kesehatan yang dilakukan sama. Tes kesehatan di Puskesmas Surabaya juga sangat murah. Cukup bayar Rp 5.000.

Komentar