Wisata Alam di Sumatera Utara

air terjun di sumatera utara
Air Terjun Sipiso-piso

Sudah hampir akhir tahun. Hawa liburan mulai menyengat. Banyak promo hotel dan tiket pesawat murah muslim liburan berseliweran. Saatnya searching tempat liburan nih. Cari informasi tentang tempat wisata. Tentu saja sambil banyak baca review hotel. Biar tidak kecewa nanti pas menginap.

Mulailah searching aneka tempat wisata. Tentu saja yang paling utama ke blog traveller. Pas main ke travel blogger Medan kok banyak tempat wisata alam Sumatera Utara yang bagus. 

1. Kolam Air Soda
Ini yang bikin saya penasaran sekali. Wishlist pertama kali. Saya sungguh penasaran dengan Kolam Pemandian Air soda yang berada di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Kolam air soda ini termasuk keajaiban alam. Hanya ada 2 di dunia, di Venezuela dan Indonesia. 

Kenapa dinamakan air soda? kolam di sini airnya berbuih seperti soda tapi tidak terasa panas. Apakah rasanya seperti soda? ini yang bikin saya penasaran. Kalau untuk mencicipi nggak lah. Itu kolam buat mandi dan berendam orang banyak. Tebayang segala bakteri yang ada di sana. Konon katanya air soda ini bisa mengobati gatal-gatal, asam urat dan rematik. Masih belum ada bukti medis sih.

Sempat browsing ada juga di Berastagi, Kabupaten Karo. Tepatnya di Pemandian Sidebuk-Debuk. Sebenarnya di tempat ini adalah9 pemandian air panas tapi ada satu kolam yang disebut sebagai pemandian air soda.  

2. Air Terjun Sipiso piso
Saat melihat foto Air Terjun Sipiso-Piso saya langsung teringat film kartun Up. Ini tempat tinggal impian Nenek Ellie, istri Kakek Carl. Rumah di pinggir tebing. Sebelah rumah ada air terjun vertikal yang tinggi. Meski di film Up mengambil setting Angel Fall di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Air Terjun Sipiso-Piso ini mirip sekali.

Air Terjun Sipiso-Piso ini air yang turun berbentuk vertikal lurus. Debit air dari ujung sampai bawah sama derasnya. Tinggi air terjun ini sekitar 120m. Tebayang ini kalau pas di bawah air terjun. Pasti deras sekali kecepatan air yang meluncur. Pengunjung bisa melihat air terjun ini dari atas dan dari bawah. Kalau dari atas ada di seberang tebing air terjun, agak jauh.

Lokasinya ada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Air terjun ini ada di dekat Gunung Sipiso-piso. Kalau membaca ulasan local guide, tempat paling nyaman melihat air terjun ini di atas. Kalau turun ke bawa jauh jalurnya. Capek sekali kalau bukan yang biasa naik Gunung. Apalagi pas balik jalurnya menanjak. Kalau mau turun harus bawa baju ganti. Pasti basah pas dibawah air terjun.

Tenang. Ada banyak warung di tempat wisata ini. Baik yang dibagian atas ataupun bawa. Banyak juga penjual jasa foto. Tak perlu kawatir kalau haus atau lapar karena capek berkeliling ambil foto di sini.

3. Taman Wisata Alam Sibolangit
Saat main ke blog Kak Trisuci saya langsung salfok dengan pohon besar dan tinggi menjulang. Foto pohon besar ini ada di artikel Taman Wisata Alam Sibolangit. Langsung tempat wisata ini masuk wishlist. Kita bisa trekking di sini. Sepertinya tidak susah. Tinggal mengikuti jalan paving. 

wisata alam di sumatera utara
Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Ada persewaan sepeda juga. Lengkap dengan helmnya. Saya paling suka kalau bisa sepedaan di alam terbuka. Terbayang pemandangan indah sepanjang jalan saat sepedaan. Kalau sepedaan di Taman Wisata Alam Insyaa Allah lebih aman. Jalurnya jalannya adalah tempat wisata.

Bagi para pecinta burung. Selamat berbahagia. Ada tempat penangkaran burung di sini. Terutama Burung Rangkong julang emas. Burung ini adalah penghuni asli hutan Sibolangit. Suaranya melengking indah. Para pecinta burung tak akan kecewa jika ke sini.   

4. Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Hah! Ada salju di Sumatera Utara? Kok bisa? kenapa juga saljunya panas? Bikin penasaran tingkat dewa saja. Saya kan jadi semangat browsing. Pas liat foto dan videonya. Aku langsung jatuh cinta. Cantik banget. Mirip di Pamukkale, Turki. Kalau Pamukkale artinya benteng kapas. Kalau di Indonesia ada salju panas. 

Lokasi tempat wisata ini di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tempat ini adalah kolam pemandian air panas alami. Kolamnya terbentuk dari endapan kapur. Kolamnya bertingkat-tingkat. Bagian atas sendiri ada satu kolam yang tidak boleh digunakan. Suhunya sangat panas. Ada gelembung-gelembung yang masih kelaur dari bagian bawa kolam.

Seluruh area tempat wisata ini bebatuan dan pasirnya berwarna puti. Penampakannya memang mirip dengan salju. Kandungan kapurnya masih banyak. Air kolamnya juga biru jernih. Khas pemandangan di bukit kapur. Salju panas Dolok Tinggi Rja buka setiap hari. 24 jam. Plus tidak ada tiket masuk.

Fasilitasnya lengkap juga. Ada parkir luas, toilet umum dan tempat mandi bilas. Banyak juga warung penjual makanan. Penjualnya masyarakat sekitar tempat wisata ini. Kalau mau menginap juga bisa di sekitar pemandian ini banyak penginapan murah. 

6. Danau Toba
Jika berkunjung ke Sumatera Utara tanpa datang ke Danau Toba kurang lengkap. Rasanya seperti makan Sayur Asam tanpa Asam. Danau terbesar di Indonesia ini sayang untuk dilewatkan.

Tiket masuk ke Danau Toba Rp 5.000/orang untuk hari kerja. Sedangkan akhir pekan Rp 10.000/orang. Sedangkan harga tiket untuk naik Feri ke Pulau Samosir adalah Rp 15.000/orang. Ada apa di Danau Toba? ya ada danau. Lebih baik naik feri ke Pulau Samosir. Pulau Samosir ada di tengah Danau Toba. Banyak tempat menarik di sini. Keliling Pulau Samosir tak lama, sekitar 6-7 jam. Ini kalau tanpa berhenti. Jika ingin sambil berkunjung ke tempat wisata sekitar satu hari selesai berkeliling. 

Mau menginap di sini juga bisa. Tak perlu terburu-buru kalau ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata. Banyak hotel di Pulau Samosir. Harga bervariasi. Paling murah sekitar Rp 200.000. Kalau mau menginap nyaman dengan fasilitas super lengkap bisa juga. Paling mahal sekitar Rp 600.000. Teman makan juga banyak dan enak-enak.

5. Bukit Holbung
Niat hati ingin ke Gunung Sibayak tapi bimbang. Kuat apa tidak? Ingginnya ke Gunung Sibayak tapi khawatir tidak kuat trecking. Ya sudahlah trecking ke Bukit Holbung saja. Mumpung lagi bahas Pulau Samosir. Bukit ini tidak terlalu tinggi. Untuk mencapai puncak butuh waktu sekitar 15 menit. Tentu saja dengan catatan berjalan tanpa henti dengan kecepatan konstan. Ini untuk 1 bukit. Ada 8 bukit di sini. Kalau mau naik ke 1 bukit saja tak apa. Kita tetap bisa pemandangan yang bagus.

tempat wisata di sumatera utara
Air Terjun Elfrata

Mata akan dimanjakan dengan pemandangan sabana hijau di sepanjang jalan. Jalur trecking suda tanah semen. Tak perlu kawatir tersesat. Pemandangan di puncak bukit adalah barisan bukit yang memanjang dan Danau Toba. Sudah jadi rahasia umum kalau Danau Toba diliat dari ketinggian jauh lebih indah. 

Tempat wisata ini buka 24 jam setiap hari. Bukit Holbung cocok sekali buat camping. Kita bisa melihat matahari terbit dan terbenam sekaligus. Wah ini enak banget. Sama seperti naik ke Puncak Gunung. Sebelum naik ke bukit ini jangan lupa pakai topi dan bawa bekal. Ada banyak warung di area pintu masuk. Bisa beli makanan dan minuman. Toilet umum ada di area parkir dan pintu masuk.

Lokasi Bukit Holbung ada di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Tempat ini juga dekat dengan Desa Wisata Hariarapohan. Kalau ke Bukit ini sepertinga harus mampir juga ke Desa Wisata itu. 

7. Air Terjun Efrata
Mumpung masih bahas tentang Samosir. Mampir dulu ke Air Terjun Efrata. Air terjun ini lokasinya di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Sekitar 20km dari pusat kota Kabupaten Samosir. 

Air terjun Efrata setinggi 20 meter. Air yang jatuh melebar. Debit airnya lumayan deras. Apalagi kalau musim hujan. Dibagian air terjun, bebatuannya bertingkat. Air yang jatu tak langsung turun. Mampir dulu ke babatuan yang menjorok. Tentu saja cipratan airnya lebih luas karena tinggi dan melebar. arus siap baju ganti kalau ke sini.

Tiket masuk sebesar Rp 8.000/orang. Untuk parkir Rp 2.000. Saya tidak menemukan penjelasan harga untuk parkir mobil. Fasilitasnya lengkap. Tempat parkir luas, banyak kamar mandi, banyak warung penjual makanan. Juga ada tempat penitipian barang. Ini perlu banget. Kalau barang ikut dibawa ke dekat air terjun bisa basah semua. 

8. Ekowisata Tangkahan (Taman Nasional Gunung Leuser)
Aku tahunya tempat penangkaran gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Ternyata ada juga tempat pelestarian gajah di Sumatera Utara. Lokasinya di Ecotourism Tangkahan. Tempat ini berada dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser. Ekowisata ini ada di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Perjalanan dari Medan sekitar 3 jam lewat Tol Stabat-Binjai.

Kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik di sini. Trecking keliling hutan dan river tubing di Sungai Tangkaan. Ada beberapa air terjun kecil di wilayah Ekowisata Tangkaan. Ternyata kolam air hangat juga ada. Kita juga bisa menyusuri jembatan gantung. Tentu saja yang pasti kita bisa memandikan dan menunggangi gajah.

Tersedia beberapa penginapan juga di kawasan wisata hutan Tangkahan ini. Tenang saja. Tak perlu kawatir belum puas beraktivitas alam seharian. Tinggal menginap saja di sini. Lanjut lagi besok ari. 

E iya di sini ada Penginapan Terrario Tangkahan milik Nicholas Saputra. Lokasi penginapannya paling ujung. Hanya ada 3 kamar. Kalau menginap harus minimal 2 malam. Kalau menginap di sini dapat fasilitas makan sehari 3 kali. Tarifnya 1.5juta/kamar. Tiap kamar bisa untuk 3 orang.   

9. Air Terjun Ba Biak
Lokasi air terjun ini ada di Desa Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Jaraknya dekat dengan kota Pematang Siantar. Jalan menuju Air Terjun Ba Biak melewati kebun te Bah Butong Sidamanik. Sebelum ke air terjun ini mampir dulu ke Kebun Teh. Ada Pabrik Teh juga. 

Ada 3 air terjun yang berjajar. Bagian kanan dan kiri yang besar. Bagian tengah kecil debit airnya. Air terjun ini landai. Pengunjung bisa naik ke bebatuan dekat air terjun. Resikonya besar. Pasti licin terkena cipratan air terus menerus. 

Tempat wisata ini buka setiap hari. Tiket masuk Rp 2.000. Parkir motor Rp 3.000. Parkir mobil Rp 10.000. Kalau ke sini lebih baik jangan pas musim hujan. Air terjun berasal dari aliran sungai di atas. Selain itu tempat wisata ini dikeliling sungai. Kalau pas ujan deras khawatir air sungai meluap atau debit air yang turun tiba-tiba membesar.

Ah selesai sudaj bikin daftar tempat wisata yang ada di Sumatera Utara yang ingin saya kunjungi. Sekali-kali main ke alam. 


Foto: pinjam pakai dari Google

Komentar

  1. Kalau mau didatangin semua butuh waktu minimal 3 hari, sebab sudah beda kota dan kabupaten. Tapi kalo berhasil, waaah puasnya bukan main.

    Air terjun Bah Biak itu dikampungku di Kecamatan Sidamanik. Letaknya di tengah-tengah perkebunan teh. Airnya sejuk sebab air pegunungan...

    Ditunggu kedatangannya ke Sumut, hehee

    Btw, terimakasih BLnya ya, kak :)

    BalasHapus

Posting Komentar