10 Makanan yang Sering Muncul di Drama Korea Selatan

makanan di drama korea
Kimchi

Drama Korea Selatan bukan sekedar drama tapi juga sebagai media promosi. Baik promosi pariwisata, budaya ataupun produk. Pemerintah Korea Selatan juga pandai memanfaatkan berbagai drama populer untuk promosi berbagai program yang berjalan di pemerintah. 

Sebagai penulis lifestyle blog, saya sangat tertolong. Hanya dengan menonton drama Korea Selatan, saya bisa belajar berbagai gaya hidup masyarakat di sana.

Saat saya menonton drama Korea Let's Eat kental sekali aroma promosi. Drama ini mempromosikan berbagai makanan Korea Selatan. Beberapa makanan yang dibahas dalam drama ini adalah

1. Kimchi
Ini adalah salah satu makanan tradisional Korea Selatan. Kimchi ini sayur yang difermentasikan. Kalau di Indonesia sejenis asinan sayur. Biasanya menggunakan sayur sawi putih atau lobak. Kebanyakan sih menggunakan sayur sawi putih karena tekstur lebih crunchy meski disimpan lama. 

Sayuran akan dicuci bersih. Lalu digarami dan bumbu dicampurkan. Bumbu yang digunakan adalah udang kering, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai. Konon bumbu akan lebih meresap jika menggunakan sawi putih.

Kimchi ini makanan tradisional Korea Selatan yang sudah ada sejak jaman kerajaan. Dahulu makanan ini khusus untuk Raja, keluarga kerajaan dan para bangsawan. 

Saat ini, kimchi untuk lauk tambahan makan sehari-hari. Biasanya juga untuk tambahan makan ramyeon. Ada juga sup kimchi yang dimasak sebagai sup panas atau sup dingin. Pada Let's Eat session 3 ada seorang tokoh wanita yang suka dengan nasi goreng kimchi. Bahkan saat selesai makan daging bakar, sisa bumbu di penggorengan pasti diberi nasi putih. Lalu ditambah kimchi dan dimasak jadi nasi goreng.

2. Jajangmyeon
Makanan ini adalah mie goreng pakai saus kacang kedelai. Saus ini biasanya menggunakan pasta kacang kedelai yang sudah difermentasikan. Warna saus hitam pekat. Teksturnya kental. Rasanya cenderung asin. Jika makan Jajangmyeon harus dalam kondisi panas. Jika dingin mie dan saus akan menggumpal. 

Ada yang menyebut kalau Jjajangmyeon ini ada pengaruh makanan dari Tionghoa. Zhajiangmeon namanya kalau versi Tionghoa. Hanya saja Zhajiangmeon pakai tambahan sayur mentah seperti timun, wortel atau lobak. Sedangkan Jajangmyeon hanya mie dan saus kacang kedelai. Biasanya di saus ini ada tambahan daging sapi atau babi yang dicincang.

3. Ramyeon
Ramyeon ini adalah mie kuah. Biasanya menggunakan mie instan. Seringkali dalam drama Korea masak ramyeon langsung di panci. Lalu langsung dimakan dari panci. Lauk tambahan biasanya menggunakan kimchi dingin dari kulkas. 

Pernah ada salah satu tokoh drama yang mencampur ramyeon dengan kerang dan udang. Cara masaknya mudah. Bikin kaldu dulu. Kerang dan udang dibersihkan lalu direbus sampai matang. Lalu ramyeon dimasukkan beserta bumbu-bumbunya. Jika mie sudah lunak, matikan api. Terakhir masukkan daun pre cincang.

Saat scene makan ramyeon, semua pemain yang makan pasti bilang enak. Bahkan ramyeon seafood ini dapat sebutan remyeon paling enak sedunia. Kalau dibayangkan sih enak kayaknya ada tambahan kaldu udang dan kerang. Saya belum pernah coba bikin seperti ini, sih. Jadi penasaran ingin coba. 

makanan korea di indonesia
Ayam goreng manis pedas

4. Aneka Sup
Sup adalah salah satu hidangan wajib ada di Korea. Setiap kali ada menu set Korea pasti ada sup. Begitupun dengan berbagai scene drama Korea, sup selalu hadir. Ada aneka jenis sup di Korea, yaitu sup daging, sup kimchi, sup taoge, sup ikan kering, sup pengar, sup tuna, sup rumput laut, sup darah sapi, sup daging dan sup iga.

Sup pengar ini adalah sup penawar minuman keras. Korea termasuk salah satu negara yang masyarakatnya gemar minuman keras. Sup pengar ini biasanya disantap pagi hari, setelah mabuk semalam.

Saya paling suka dengan sup merah yang ada irisan tahu diatasnya. Tahu ini biasanya dimasukkan setelah sup matang dna siap diangkat. Semacam setup. Ada juga sup seafood yang sedap. Isiannya adalah aneka seafood yang dibumbu seperti kari. Oh iya setiap sup ini mempunyai nama Korea masing-masing. Saya menyebutnya dengan bahasa Indonesia . Biar pembaca awam masakan Korea lebih mudah membayangkan. 

Sup yang paling unik adalah sup tauge dan sup rumput laut. Sup taoge isinya hanya taoge utuh panjang dengan kuah bening. Rasanya sangat ringan, nyaris hampar. Kalau sup rumput laut ini istimewa. Biasanya dihidangkan kalau ada anggota keluarga yang ulang tahun. Bagi Ibu yang baru melahirkan juga wajib makan sup rumput laut untuk memulihkan tenaga.     

5. Roti ikan
Makanan ini bentuknya memang seperti ikan. Nama Koreanya Bungeoppang. Adonan roti dari tepung terigu, telur, gula pasir dan air. Semua bahan dicampur lalu dituangkan pada cetakan berbentuk ikan. Pada bagian tengah diberi pasta kacang merah. Tekstur pasta ada yang halus sekali, ada juga yang setengah kasar. 

Rasa roti ini perpaduan manis dan gurih. Rasa manis dari pasta kacang merah. Sedangkan rotinya gurih. Tekstur roti ini renyah di luar dan lembut di bagian dalam. Paling enak dimakan saat masih panas. Ada juga yang mengguankan isian cream custard. Roti ikan paling banyak sih menggunakan isian pasta kacang merah.

Roti ikan juga ada di Jepang. Bahan, isian, bentuk dan rasanya sama. Saya tidak tahu negara pertama yang menciptakan roti ikan. Roti ikan Jepang sebutannya Taiyaki. Isian roti lebih bervariasi. Selain pasta kacang merah, ada coklat, vla, keju atau sosis.    

6. Daging bakar
Scene makan daging bakar di drama Korea termasuk sering. Paling sering scene makan bareng sepulang kerja atau makan malam bersama rekan tim kantor. Daging yang dibakar biasanya daging sapi, ikan belut atau perut babi. Daging sapi termasuk mahal di Korea Selatan. Scene makan daging sapi biasanya kalau pas ada perayaan atau hari istimewa. 

Lauk pelengkapnya adalah kimchi, sayur rebus, aneka soas celupan dan selada air. Saat menonton drama Korea Let's Eat session 3, saya dapat tips menarik. Lee Ji-woo (Baek Jin-hee) membungkus daging dengan selada air terbalik. Bagian bawah (bagian tulang selada dan permukaan yang kasar) dijadikan lapisan dalam pembungkus. Bagian yang kasar dan tulang selada air bertemu langsung dengan daging bakar panas dan bawang putih dan kimchi. Rasanya lebih crunchy dan juicy. 

7. Tteokbokki
Ini adalah makanan Korea Selatan yang bahan utamanya tepung beras. Tteokbokki ini bentuknya silender kecil memanjang. Ada kuah kental yang dimasak dengan bumbu gochujang. Rasanya pedas manis tapi lebih dominan pedas. Makanan ini salah satu street food favorit warga Korea.

Drama Korea yang tema dan pemainnya anak muda sering ada scene makan tteokbokki. Biasanya makan kalau bukan di warung kecil atau penjual kaki lima. Tteokbokki biasanya dijual bersama aneka sate dan bermacam-macam gorengan. 

Kalau di Indonesia banyak dijual tteokbokki instan. Tinggal tuang ke panci lalu dipanaskan. Bisa juga diberi sedikit air lalu dipanaskan ke microwive.

makanan korea instan
Gimbab segitiga


8. Gimbab
Makanan ini disebut juga nasi gulung. Gimbab ini adalah nasi dengan berbagai isian lalu digulung dengam lembaran lebar rumput laut. Setelah tergulung rapat lalu dipotong-potong seukuran sekali lahap. Makanan ini mirip dengan sushi Jepang.

Gimbab di drama Korea yang sering muncul bentuk segitiga. Jarang sekali bentuk gulung. Biasanya ada scene pemain yang beli gimbab di minimarket untuk sarapan atau makan siang. Gimbab yang dibeli selalu bentuk segitiga yang dibungkus plastik.

Ada satu scene di drama Korea dimana tokoh cowok memberi tutorial membuka plastik Gimbab segitiga yang betul pada tokoh cewek. Biar plastik gampang dibuka dam nori tidak lepas dari badan Gimbab. Tutorialnya lengkap dan detail pula. Si cewek gagal mencoba. Lalu diulang lagi tutorialnya. Ada yang bisa menebak di drama apa ini?       

9. Bibimbap
Saya pernah lihat seorang pemeran pria sedang kelaparan. Setting waktu pulang kerja malam banget. Sampai rumah, hanya ada nasi putih, kimchi di kulkas dan sisa-sisa lauk makan malam. Si tokoh langsung ambil mangkuk besar. Dia masukkan nasi, kimchi, sisa-sisa lauk dan saos botol. Lalu masuk tokoh lain ke frame.
"Makan apa?"
"Bibimbap." jawab tokoh pria sambil mengunyah.

Loh. Gitu saja namanya kok bibimbap. Kalau di restoran Korea tampilannya beda jauh. Lapisan dasar mangkuk nasi putih ditata meleber. Bagian atas nasi ada berbagai sayuran rebus yang ditata rapi, tumis daging sapi dipotong tipis atau dadu dan telur ceplok setengah matang di tengah. Pas makan semua nasi dan lauk dicampur dan ditambah saus pedas gochujang. Lah sementara di drama Korea tersebut makanan sesimple itu bernama bibimbap.

Ternyata, bibimbap secara harfiah artinya nasi campur. Maksudnya nasi dan lauk yang dicampur. Tak peduli apapun lauknya. Oalah ternyata begitu to. Baru paham saya saat itu.

Konon, bibimbap sudah ada saat jaman perang Imjin. Saat itu rakyat yang diminta menyiapkan makanan yang praktis dan mudah untuk para tantara yang melewati desanya. Lalu terciptalah bibimbap ini.

10. Ayam Goreng
Makanan satu ini paling sering muncul di drama Korea. Ayam goreng versi Korea digoreng berbumbu. Biasanya dimakan tanpa nasi putih. Digado kata Orang Jawa. Meski begitu, ayam goreng tepung biasa juga ada.

Paling sering muncul di drama Korea adalah yang berbumbu. Ada 3 jenis ayam goreng yang biasanya disantap yaitu yangnyeom chicken (ayam goreng pedas manis), gangjeong chicken (ayam goreng saus madu) dan ganjang chicken (ayam goreng kecap asin).

Jadi ingin makan Korea? Gampang. Saat ink banyak makanan Korea instan halal yang beredar di Indonesia. Restoran Korea halal juga banyak. Saya pernah coba restoran Makanan Korea di Malang dan Surabaya. Rasanya sama dengan yang asli Korea.

Komentar

  1. dibalik suatu drama atau karya apalagi ada promosi tertentu ya.
    kayak anime pasti jepang. trus ada nih tsubasa,, untuk meningkatkan semangat sepak bole jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Promosinya secara halus pula. Penonton jadi nggak nyadar kalau ada promosi terselubung hehe. Suka juga sih jadinya. Tidak terasa tempelan promosinya.

      Hapus
  2. Kalo di komik-komik Korea di Webtoon ada 2 makanan yang bikin saya penasaran: Tteokbokki dan makan ayam yang dipasangin dengan cola.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tteokbokki sudah banyak yang instan dan beredar di Indonesia. Banyak juga yang halal di e-commerce. Bisa dicoba tuh Kak. Ayam yang dimakan dengan cola namanya ayam goreng Korea. Ini enak juga.

      Hapus
  3. Halo Mba, asli makanan-makanan Korea emang lagi viral dan mostly sesuai sama lidah Indonesia. Emang bener kimbap salah satu yang paling simpel tapi wenak dan bikin kenyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena rasa masakan Korea banyak yang mirip dengan masakan Indonesia jadi lebih gampang disukai orang Indonesia.

      Sama Mbak. Gimbab ini lumayan ganjel kalau pas lapar dan belum ada makanan. Sejenis dengan arem-arem lah ya hehe.

      Hapus

Posting Komentar