Keunggulan SMK 1 Buduran Sidoarjo

Masa anak-anak masuk sekolah sudah usai. Anak sudah masuk ke sekolah pilihannya. Orang tua bisa bernafas lumayan lega setelah tabungan terkuras. Urusan cari sekolah buat anak biasanya sudah dilakukan jauh sebelum anak lulus sekolah. Apalagi kalau cari sekolah lanjutan atas. Survey sekolah bisa sejak anak masuk SMP. Mau pilih SMA atau SMK juga butuh pemikiran yang lama. 
  
Bulan Juni lalu, saya dapat undangan acara promosi vokasi SMK. Acara ini lokasinya ada di EdOTEL Sidoarjo. Tempatnya di sebelah SMK 1 Buduran Sidoarjo. Salah satu agenda acara ini adalah keliling ke semua teaching factory SMK 1 Buduran Sidoarjo.

Saya akan cerita secara lengkap semua teaching factory di sekolah ini. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan para orang tua, yang akan memilih sekolah lanjutan untuk anaknya.

Teaching Factory SMK 1 Buduran Sidoarjo
Bagi saya yang bukan warga SMK, penasaran banget dengan teaching factory. Kedua kata ini sering disebut selama workshop promosi vokasi. Akhirnya searching lah. Biar rasa penasaran berakhir.

Teaching factory adalah suatu konsep pembelajaran yang dilakukan di SMK berbasis pada dunia industri. Seluruh konsep pembelajaran dilakukan sesuai standar dan prosedur di dunia bisnis. Para siswa agar bisa merasakan secara nyata bekerja di dunia industri atau bisnis. Teaching factory SMK 1 Buduran Sidoarjo yaitu:     

1. Hotel EdOTEL
Saya asli kaget. Ternyata EdOTEL ini salah satu teaching factory. Hotel ini sudah standar hotel bintang 3 pada umumnya. Wow banget. Ada 15 kamar di sini. Superior, deluxe dan suite. Lengkap dengan meeting room, hall dan auditorium. Kalau mau bikin acara di sini bisa banget. Harganya juga murah. 

Lokasi hotel ini juga strategis. Dekat Bandara, Terminal Bis Bungurasih, dan Stasiun Kereta Api Waru. Kalau mau ke Surabaya atau pusat kota Sidoarjo juga dekat. Hotel ini ada di pinggir jalan besar dan gampang dicari. Akses kendaraan mudah. Kalau mau ke Museum Mpu Tantular tinggal jalan kaki.

Saya paling suka dengan hotel ini karena semua makanannya enak. Bagi Anda yang ingin jajan di luar hotel tak masalah. Banyak tempat makan di sekitarnya. Apalagi kalau hari sabtu-minggu. Banyak penjual makanan dan jajanan di jalan depan hotel. Tinggal jalan kaki keliling. Hotel murah ini bisa jadi pilihan para traveller yang ingin menginap di Sidoarjo atau Surabaya.

smk 1 buduran sidoarjo
Tiap kamar di Hotel EdOTE beda-beda temanya
   

2. Halloday Travel Agent
Teaching factory sekolah ini juga ada travel agent. Halloday Travel Agent lokasinya ada di lobby EdOTEL. Layanannya lengkap. Tiket pesawat, kereta dan kapal laut. Kalau mau jalan-jalan bisa ambil paket wisata di sini. Kalau butuh guide tour saja tak masalah. Bisa dilayani. 

Tersedia aneka paket wisata dengan harga terjangkau. Para siswa jurusan pariwisata yang mengoperasikan travel agent ini. Tentu saja dengan pengawasan para guru.   

3. Satu kopi
Mau kopi enak plus tempat nongkrong cozy? di sini saja. Kopi aneka jenis tersedia. Lokasinya ada di sebelah kiri pintu masuk hotel EdOTEL. Pas di depan pagar batas luar komplek sekolah. Terlihat dari jalan besar.  

Tempat duduk untuk pengunjung ada 2 area. Dalam cafe yang berada di depan barista. Sedangkan outdoor ada di teras cafe. Pengunjung bisa ngopi santai sambil melihat lalu lalang kendaraan di jalan. Saya sudah coba kopinya. Tidak bikin kembung sama sekali. Aman nih buat lambung saya yang sensitif. Saya terkadang kalau minum es kopi perut langsung kembung.  

4. Pawon Satu
Lapar? Tenang ada Restoran Pawon Satu. Tempat makannya cozy. Makanannya juga enak banget. Lokasinya ada di sebelah Cafe Satu Kopi. Tempat ini menyediakan aneka masakan Indonesia. Saat berkunjung ke restoran ini tak terasa kalau teaching factory. Sama seperti restoran pada umumnya.   

Tempat makan dalam ruangan luas plus pendingin. Ruangannya nyaman. Kalau mau makan di teras restoran ini juga bisa. Namun hanya ada 3 set meja kursi. Siapa cepat, dia dapat. Kalau saya lebih suka makan di teras. Suasananya lebih santai. Banyak pemandangan dari jalan dan Cafe Satu Kopi.

Restoran ini tersedia hanya untuk para tamu hotel. Namun juga menerima pesanan catering dari luar pengunjung hotel. Mau pesan nasi box juga tak masalah. Tersedia aneka paket dengan harga yang menarik. Kalau ada acara di meeting room, hall atau auditorium hotel bisa pesan prasmanan di sini.   

5. Edosalon
Eh di sini juga ada EdoSalon. Mau potong rambut, facial, hair mask atau spa? Bisa banget. Layanan perawatan kecantikan lengkap dengan harga terjangkau. Tersedia juga aneka produk perawatan wajah, rambut dan tubuh. 

EdoSalon buka untuk umum. Buka hari senin-jum'at jam 09.00 - 14.00. Lokasi salon ini pas di sebelah Cafe Satu Kopi. Dekat dengan lobby Hotel. Para tamu hotel akan lebih mudah kalau mau perawatan di sini.  

6. Ageman Butik
Waduh ada acara dadakan. Tidak bawa baju, nih. Tenang. Ada Ageman Batik. Lokasinya di sebelah kanan Hotel EdOTEL. Pas di depan pintu masuk SMK 1 Buduran Sidoarjo. Ageman diambil dari Bahasa Jawa Kromo Halus yang artinya pakaian.

Koleksinya lengkap. Dress, atasan, bawahan. Ada batik dengan aneka motif cantik juga. Mau gaya formal atau informal komplit. Tinggal pilih warna, ukuran dan model yang cocok dengan selera kita. Plus tema acara yang akan dihadiri. 

7. Laboratorium Fashion Design 
Kalau mau baju yang custom bisa atau tidak? Tentu saja bisa. Bagian belakang Ageman Butik ada Laboratorium Fashion Design. Aneka baju cantik hadir dari sini. Para siswa jurusan tata busana membuat design baju dan menjahitnya. 

Setiap tahun, ada peragaan busana yang dilakukan oleh para siswa kelas 12 dan 13. Biasanya peragaan busana bersama ini diadakan bulan Mei menjelang kenaikan kelas dan kelulusan sekolah. 

Setiap SMK mempunyai jumlah teaching factory yang berbeda. Kualitasnya juga berbeda tiap sekolah. Tugas kita sebagai ornag tua dan calon murid harus jeli mengumpulkan banyak informasi saat survey SMK. Jangan sampai sudah masuk sekolah lalu kecewa karena tidak sesuai dengan yang diinginkan. Selamat ikhtiar mencari sekolah terbaik untuk anak.

Komentar

  1. Beneran bikin kagum ini SMK 1 Buduran Sidoarjo, keren-keren euy Teaching factory SMK 1 Buduran Sidoarjo ini. Pasti akan menghasilkan lulusan yang siap ke dunia kerja dengan ketrampilan dan karyanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah. Aamiin. Alhamdulillah lulusan SMK ini banyak dicari para pengusaha.

      Hapus

Posting Komentar