Nama Teknik Memasak ala chef

nama teknik memasak ala chef


Bagi yang suka nonton acara masak-memasak, pasti pernah menonton video atau acara memasak yang dipandu Chef terkenal. Chef terkadang menyebutkan teknik dalam memasak yang hanya diketahui para chef atau kru dapur.

Orang awam banyak yang tak tahu. Meski istilahnya dalam bahasa inggris dan gampang dicari artinya. Ada beberapa istilah teknik memasak yang sering muncul di video masak para chef. Apa sajakah itu? Saya akan membahas satu persatu. 


Pan Seared

Biasa disebut juga dengan sebutan searing. Teknik memasak ini menggunakan pan atau wajan dengan api kecil. Saat menggunakan teknik ini hanya pakai minyak sedikit. Tujuan menggoreng dengan teknik ini untuk mendapatkan bagian luar yang kering tapi bagian dalamnya lembut. 

Biasanya teknik ini digunakan untuk bahan makanan yang cepat matang. Tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Teknik memasak searing biasanya digunakan untuk menggoreng ikan, udang dan steak. Kalau steak yang dimasak pakai teknik ini adalah jenis rare dan medium rare.   


Saute

Saute berasal dari kata bahasa Perancis yang artinya melompat ke atas. Biasanya bahan makanan hanya digoyang-goyang dan dibalik dengan cara dilempar. Inilah kenapa disebut dengan saute. Meski ada juga yang menggunakan teknik saute ini tetap pakai serok atau sutil

Teknik ini biasanya untuk memasak sayuran, misalnya kacang polong, asparagus, wortel, jagung manis atau buncis. Saute adalah menumis dengan sedikit minyak dan suhu tinggi. Proses memasak sebentar saja untuk mendapatkan tekstur yang crunchy. Selain itu untuk menjaga agar makanan tetap segar. 

Saute biasa disebut juga teknik memasak kering. Hal ini dikarenakan saat memasak memakai sedikit minyak. Teknik memasak ini adalah salah satu cara mengolah sayuran yang sehat. Saat menggunakan teknik ini pastikan agar sayuran sering dibolak-balik agar tidak gosong. 


Frying

Frying berasal dari kata bahasa inggris yang artinya menggoreng. Salah satu teknik dasar memasak dasar untuk para pecinta masak. Ternyata ada beberapa teknik menggoreng yang biasa digunakan oleh para chef. Beda jenis masakan, beda juga teknik menggoreng yang digunakan. 

- Stir Frying : Stir artinya menggerakkan. Teknik menggoreng ini biasanya untuk memasak makanan Tiongkok. Teknik menggoreng dengan menggunakan suhu tinggi. Wajan sering digerak-gerakkan. Waktu memasak relatif cepat. Wajan sering digerak-gerakkan agar makanan cepat matang.

- Pan Frying : Bagi yang suka bikin steak di rumah, pasti tak asing dengan teknik memasak yang satu ini. Teknik menggoreng ini menggunakan suhu tinggi dan minyak sedikit. Waktu masak relatif tergantung tingkat kematangan daging yang diinginkan. 

- Shallow Frying : Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya mengoreng dangkal. Maksudnya menggoreng dengan minyak tidak terlalu banyak. Bisa pakai api sedang atau api besar tergantung bahan makanan dan tingkat kematangan yang diinginkan. Teknik menggoreng ini biasnaya untuk memasak bahan makanan yang cepat matang seperti ikan, udang, cumi-cumi, aneka kerang dan ayam yang dimasak setengah matang untuk dioven atau dipanggang.

- Deep Frying : Cara menggoreng yang satu ini menggunakan deep frying. Penggorengan kotak yang seperti di restoran cepat saji. Teknik menggoreng ini pakai minyak banyak.  Bahan makanan harus terendam minyak panas. Makanan yang digoreng dengan teknik ini misalnya ayam tepung, kentang, tempura, agemono dan semacamnya. Teknik menggoreng satu ini kelihatannya mudah tapi ternyata cukup sulit. Kalau terlalu lama dipenggorengan, makanan bisa terlalu kering dan keras. Kalau terlalu sebentar, makanan tidak kering sempurna. Kuncinya adalah pada ketepatan waktu untuk mengangkat dari penggorengan.  


Boiling

Boiling dari kata Bahasa Inggris yang artinya mendidih (air mendidih). Teknik memasak ini dengan cara merebus bahan makanan dengan air mendidih. Ini termasuk teknik paling dasar. Biasanya untuk merebus sayuran atau membuat aneka sup. Perlu diperhatikan bahwa teknik merebus ini tidak boleh terlalu lama agar kandungan gizi pada bahan makanan tidak hilang.


Braise

Kata braise arti sebenarnya adalah bara. Kalau dalam kamus bahasa Inggris mempunyai 2 arti yang berbeda, yaitu daging yang dimasak pelan-pelan (kata benda) dan memasak pelan-pelan (kata kerja). Teknik merebus ini menggunakan api kecil dan waktu yang lama. Bisa sampai berjam-jam. 

Biasanya untuk memasak daging atau ayam agar daging empuk dan bumbu meresap sempurna. Masakan yang menggunakan teknik memasak ini adalah rendang, gule, gulai, bacem dan semacamnya. Sebagian besar masakan Sumatera menggunakan teknik memasak braise


Blanch atau Blanching

Proses ini caranya dengan memasak sayuran ke air mendidih. Begitu sayuran matang segera diangkat dan dicelupkan ke air dingin. Tujuannya agar tekstur sayuran tetap crunchy dan warna sayuran tetap cerah. Air untuk merebus harus benar-benar mendidih agar sayuran matang sempurna. 

Air dingin  menggunakan air suhu normal yang dicampur dengan es batu. Saat mencelupkan ke air dingin sebentar saja. Hanya untuk menghentikan proses memasak yang dilakukan oleh air mendidih. Kalau rebus sayuran untuk pecel dan urap-urap bisa menggunakan teknik blanch


Steaming

Arti kata steam dalam bahasa inggris adalah uap. Teknik memasak steam menggunakan uap panas. Steaming dalam kamus kuliner adalah mengukus dengan menggunakan uap panas. Makanan tidak tersentuh air mendidih sama sekali, hanya terkena uap panasnya saja. 

Teknik memasak ini tidak akan merusak rasa makanan dan kandungan gizinya. Makanan dapat matang sempurna. Teknik memasak ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang diet. Makanan yang lazim menggunakan tekning steaming adalah dimsum dan bakpao. Namun semua jenis bahan masakan bisa di-steam, misalnya sayuran, ikan dan ayam.


Grill

Kata ini dalam Bahasa Inggris artinya memanggang (kata kerja) dan alat panggang (kata benda). Kalau dalam bahasa kuliner artinya memanggang diatas arang. Bahan makanan dimatangkan dengan api. Bahan makanan tidak boleh dimasak terlalu dekat dnegan arang agar warnanya tidak hitam dan cepat gosong. 

Teknik masak grill contohnya barbeque. Masakan Indonesia banyak yang menggunakan cara masak grill. misal: sate, ayam panggang dan ikan bakar.


Saya yakin Anda sudah sering memasak menggunakan berbagai teknik diatas. Hanya saja belum tahu namanya. Selamat masak. Semoga kita semua selalu sehat.


Komentar

  1. Dulu sering menjumpai istilah-istilah masak ini justru bukan saat booming acara masterchef. Tapi saat main game cooking academy dari gamehouse. Sekarang kalau nonton acara yang ada professional chefnya udah gak kaget lagi. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya jadi ingat game ini. Kalau main game ini rasanya sudah seperti chef profesional aja hehe

      Hapus
  2. Ternyata frying itu ada banyak jenisnya ya. Saya juga baru denger sama istilah Saute, itu yang tanpa sutil, cuma dilempar-lempar sambil apinya ke mana-mana itu kan ya?

    Selama ini tahunya cuma ngerebus, nggoreng, dan numis.

    Maklum memang jarang masak. Karena buat saya, masak itu mudah...yang sulit bikin masakan yang bisa dimakan hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau frying yang sampai keluar apinya itu stir frying, Mas. Biasanya buat masak chiness food. Kalau saute dilempar-lemarnya lebih soft. Saute ini legi ke France style. Gaya anggun elegan gitu lah hehe.

      Setuju banget paling susah emang bikin masakan yang bisa dimakan dan dihabiskan sampai tetes terakhir.

      Hapus
    2. Masaknya sih, tinggal sreng-sreng. Rasanya...lah kuwi.

      Hapus
  3. Selain teknik memasak, nama bahan makanan yang aneh-aneh juga aku baru tahu pas nonton Masterchef haha. Walaupun sebetulnya sebagian besar ya disebutkan dalam bahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mas. Aku juga begitu belajrnya di masterchef.

      Hapus
  4. Wah MAs Ugik, aku tahu nama teknik-teknik memasak ini setelah nonton masterchef loh. Saute itu apa, selama ini tahunya goreng, tumis sama rebus aja. ternyata banyak juga ya tekniknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Aku juga tahunya dari acara itu.

      Hapus
  5. Kukira Saute itu hanya menumis saja, ternyata ada yg lebih khusus yaitu dg minyak yg sedikit ya.. Terima kasih juga untuk istilah2 masak lainnya..

    BalasHapus
  6. Wah makasih penjelasannya. Walau dulu saya suka nonton acara masak, sedikit2 tahu. Kadang bengong juga sih, sama istilah-istilahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Aku belajarnya juga dari acara masak-masak

      Hapus
  7. Ih aku paling suka banget loo...liat orang pinter masak.
    kok bisa yaah...??
    Tapi aku juga tahu banget kalau ini latihannya gak sebentar. Dan istilah ini harus dipahami agar gak salah dalam men-treat bahan makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Aku juga selalu takjub sama orang yang pinter masak. Jago banget

      Hapus
  8. Aku belajar istilah2 di atas ggara suka nonton masterchef Australia dan US mbak. Sebenernya semuanya teknik dasar aja ya yg ibu di dapur pasti udah praktekkan srbagian besar teknik tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Sebenarnya semua teknik ini sudah sering dipakai waktu masak setiap hari. Nggak ngerti namanya saja hehe.

      Hapus
  9. Aku baru tahunya baru boiling, frying, sama grill. Ternyata frying aja banyak macamnya yaa.

    Jadi yg sealam ini aku pake tuh masih stir frying aja ya, karena seringnya nulis. Jadi pengetahuan baru nih. Makasih mas Ugik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tahu Mbak kalau frying itu banyak macamnya. Aku tahunya ya nggoreng gitu aja hehe.

      Hapus

Posting Komentar